1. Oleh-Oleh Khas
  2. Tak Berkategori

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang yang Terkenal dan Enak

Liburan ke Semarang tidak puas rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Semarang untuk dibawa pulang. Semarang punya beragam oleh-oleh yang terkenal dan juga enak, loh! Pastikan kamu membeli salah satu dari rekomendasi di bawah ini, karena jangan sampai menyesal jika tidak membelinya.

Berikut ini Daftar Oleh-Oleh Khas Semarang

1. Moaci Gemini

moaci gemini khas semarang
Sumber: liputan6

Moaci gemini merupakan oleh-oleh khas Semarang yang cukup terkenal yaitu berupa mochi. Makanan manis ini cocok untuk dijadikan sebagai cemilan. Sebagai orang memang sudah tak asing lagi dengan mochi yang memiliki tekstur kenyal dan terdapat berbagai isian dengan rasa yang beragam.

Namun, moaci gemini khas Semarang punya ciri khasnya yang terdapat pada rasanya yang autentik karena resepnya sudah turun temurun sejak tahun 1985 dan juga terdapat taburan wijen yang menambah cita rasanya yang unik. Berbagai isian mochi khas Semarang yaitu ada rasa kacang merah, cokelat, keju, pandan, kacang hijau, strawberry, jeruk, durian, dan cookies & cream. 

Kamu bisa langsung membeli ke tokonya yang berlokasi di Jl. Kentangan Barat. Selain itu, kamu juga bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh khas Semarang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp20.000 hingga Rp50.000 tergantung isi kemasannya.

2. Bandeng Presto Juwana

bandeng presto juwana khas semarang
Sumber: Shopee

Olahan ikan yang satu ini sangat terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, yaitu bandeng presto. Ikan yang dimasak dengan cara di presto ini menghasilkan ikan yang punya tulang lunak dan mudah dimakan, serta bumbu yang meresap.

Kamu bisa membeli bandeng presto ke salah satu produsen yang sudah cukup terkenal yaitu Bandeng Juwana Elrina yang berlokasi di Jl. Pandanaran 57 Semarang. Kamu bisa memilih berbagai macam ukuran ikan yang harganya mulai dari Rp64.000 hingga Rp71.000.

Baca juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Lezat

3. Wingko Babat Cap Kereta Api

Wingko Babat Cap Kereta Api khas semarang
Sumber: kompasiana

Cemilan khas Semarang yang tak kalah terkenal yaitu wingko babat. Jajanan ini terbuat dari campuran ketan dan parutan kelapa yang kemudian dibentuk pipih dan bakar. Rasanya yang gurih dan tekstur yang lembut membuat jajanan yang satu ini sangat populer.

Salah satu merek terkenal dan populer di Semarang yaitu wingko babat cap kereta api. Jajanan ini punya berbagai pilihan rasa selain original, yaitu strawberry, durian, pisang, hingga cokelat. Kamu bisa membeli jajanan ini di toko oleh-oleh khas Semarang dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp25.000 per kotaknya

4. Waiki Lapis Legit 

Waiki Lapis Legit khas semarang
Sumber: hollifood

Lapis legit atau spekkoek merek Waiku yang satu ini punya bentuk yang unik seperti lontong. Tidak seperti biasanya kalau lapis legit dikemas dengan bentuk balok, namun yang satu ini berbeda, loh. Sehingga kue ini dikenal dengan sebutan lontong spekkoek.

Lapisan kue lapis legit ini punya rasa yang tak kalah nikmat dari lapis legit biasanya. Terdapat berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih seperti cokelat, blueberry, dan juga pandan. Kamu bisa membelinya langsung ke toko yang berlokasi di Jl. Senjoyo 2 No.1 Semarang. Harga kue ini mulai dari Rp18.000 hingga Rp20.000,00 per lonjor kuenya.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Menarik Untuk Dicoba

5. Brilian Super Cake

brillian super cake oleh oleh khas semarang
Sumber: Shopee

Roti brillian merupakan merek roti terkenal di Semarang yang sudah ada sejak tahun 80-an. Roti ini mirip seperti kue lapis yang punya berbagai varian rasa seperti coklat, keju, almond, kismis, dan oreo. Brillian super cake punya tekstur yang lembut dan rasanya yang manis, namun tidak membuat eneg sehingga banyak orang yang menyukainya.

Kamu bisa membeli kue ini secara online maupun datang langsung ke tokonya yang berlokasi di Kompleks Simpang Lima Semarang. Harga yang ditawarkan untuk kue ini yaitu sekitar Rp100.000 per kotaknya.

6. Roti Ganjel Rel

Roti-Ganjel-Rel oleh oleh khas semarang
Sumber: salsa wisata

Roti yang satu ini punya nama yang unik karena bentuknya memanjang mirip seperti balok kayu yang menjadi bantalan rel kereta api. Roti ganjel rel punya tekstur kue yang  alot dan padat, serta rasa khas rempah dari kayu manis. 

Biasanya, roti ini ada saat perayaan bulan Ramadhan. Roti lawas yang satu ini memang sudah cukup langka, namun kamu tetap bisa membelinya di beberapa toko kue yang menyediakan roti ganjel rel seperti di Pasar Johar dan Waroeng Semawis. Harga per kotak kue ini bervariasi tergantung ukurannya yaitu mulai dari Rp24.000 hingga Rp37.000.

Baca juga: 7 Destinasi Kuliner Malam Semarang, Murah Meriah dan Enak!

7. Kopi Banaran

kopi banaran khas semarang
Sumber: Banaran Online Store

Bagi pecinta kopi, kamu bisa mencoba kopi khas Semarang yang satu ini yaitu kopi banaran yang cukup terkenal di Semarang dan sudah di ekspor ke Italia dan Amerika. Kopi banaran merupakan kopi berjenis robusta yang terkenal karena rasa asam dan pahit yang khas aroma moka, tak heran kopi ini hingga diberi julukan sebagai Java Mocha. Kamu dapat membelinya langsung di tempat agrowisata Kampoeng Kopi Banaran atau menemukannya di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp15.000 per 100 gram. 

8. Brownies Opium

Brownies Opium khas semarang
Sumber: Menu Kuliner

Brownies opium menjadi salah satu incaran wisatawan karena rasanya yang manis dan lembut. Brownies ini terkenal cukup premium dengan varian rasa seperti coklat almond, vanila, pandan, dan pisang. Kamu bisa membelinya langsung ke toko Opium Premium Brownies and Chocolate yang berlokasi di Jl. Jati Raya, Banyumanik Semarang. Harga untuk satu kotanya bisa bervariasi tergantung rasanya mulai dari Rp25.000 hingga Rp40.000.

 

Nah, itu tadi 8 rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu coba beli dan bawa pulang untuk keluarga maupun teman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Kuliner yang membaca dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya, yaa!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang yang Terkenal dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending