1. Oleh-Oleh Khas

9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tegal yang Enak dan Populer

Oleh-oleh khas tegal punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Tak lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh saat berkunjung ke Tegal. Ragam sajian oleh-oleh khas Tegal, mulai dari gurih, manis, dan pedas ada disini. Penasaran apa saja oleh-oleh khasnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Tegal:

1. Kacang Bogares

kacang bogares khas tegal
Sumber: Tokopedia

Kacang bogares merupakan jajanan rumahan khas Tegal yang berasal dari daerah Bogares, Kecamatan Pangkah. Kacang bogares terbuat dari kacang tanah yang disangrai menggunakan pasir, sehingga membuat cemilan ini unik dan khas. Rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah bikin kamu ketagihan untuk menyantapnya. Jika kamu ingin membeli kacang bogares, sudah banyak toko oleh-oleh yang menyediakannya. Untuk harganya berbeda-beda tergantung jenis ukuran kemasannya, biasanya untuk isi 250 gram bisa dijual dengan harga mulai dari Rp18.000.

2. Keripik Tahu

keripik tahu khas tegal
Sumber: Tokopedia

Tegal menjadi daerah yang terkenal dengan produksi keripik tahu. Biasanya, tahu yang digunakan yaitu tahu kuning karena memiliki tekstur yang lebih padat daripada tahu putih. Sehingga, saat dibuat menjadi keripik tidak akan mudah hancur. Cemilan ini punya tekstur yang renyah, namun kelembutan dari tahunya juga masih terasa. Proses pembuatan kripik ini hanya menggunakan tepung beras dan garam, sehingga terdapat rasa gurih dan tekstur yang renyah. Kamu bisa membeli keripik ini di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp15.000 untuk kemasan 250 gram.

3. Pilus Kletuk

pilus kletuk
Sumber: Bukalapak

Camilan gurih khas Tegal yang tak kalah enak, yaitu pilus kletuk. Camilan ini berbeda dengan pilus pada umumnya yang terdapat isian kacang. Pilus khas Tegal ini hanya berupa adonan tepung yang dibentuk bulat kecil-kecil tanpa isian kacang pada bagian dalamnya. Camilan pilus kletuk ini merupakan produk rumahan yang dibuat oleh masyarakat Tegal. Rasanya yang gurih membuat cemilan yang satu ini banyak diburu oleh wisatawan. Jika tertarik untuk membelinya, kamu dapat datang ke pasar tradisional atau toko oleh-oleh. Harganya pun masih sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000 saja tergantung dengan banyak isinya.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Manado, Mulai dari Kue hingga Sambal

4. Telur Asin

telor asin
Sumber: Shopee

Meskipun telur asin sudah banyak kita temui di pasar, namun telur asin khas tegal yang satu ini punya ciri khasnya tersendiri, yaitu punya rasa yang cenderung lebih asin. Selain itu, telur asin khas Tegal tersedia beberapa varian, seperti telur asin rebus, telur asin bumbu pindang, telur asin bakar dan telur asin panggang. Jika kamu tertarik untuk membelinya, ada salah satu penjual telur asin yang populer, yaitu “telur asin Yes”. Harga jualnya, yaitu mulai dari Rp47.000 per paket isi 10 telur asin. Tertarik untuk mencobanya?

5. Dodol Sirsak

dodol sirsak
Sumber: Tokopedia

Selain Garut, Tegal juga punya oleh-oleh dodol, loh. Bahan dasar untuk membuat dodol ini memang tak beda jauh dengan dodol pada umumnya, namun bedanya dodol khas Tegal punya khas pada kombinasi rasa buah, seperti sirsak. Cemilan yang manis ini cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh karena daya simpannya cukup lama. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harganya yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp20.000 sudah bisa mendapatkan dodol khas Tegal ini.

6. Latopia

latopia khas tegal
Sumber: bakingworld

Makanan manis khas Tegal yang satu ini mirip seperti bakpia khas Jogja. Bedanya, latopia mempunyai ukuran yang lebih besar dan isi yang lebih padat. Bentuknya juga cenderung lebih kotak, dibandingkan dengan bakpia yang berbentuk bulat. Latopia punya isian rasa yang beragam, seperti kacang hijau, cokelat, susu manis, keju, durian, dan ketan hitam. Cita rasa yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat kamu ingin terus menyantapnya. Cemilan manis ini mudah kamu temui di toko oleh-oleh Kota Tegal dengan harga mulai dari Rp30.000 per paket isi 10.

7. Manisan Cermai

manisan cermai
Sumber: Ana Lainda

Manisan cermai merupakan salah satu makanan khas di daerah wisata Guci, Kabupaten Tegal. Jika kamu berkunjung ke objek wisata pemandian air panas di Guci, jangan lupa mencoba manisan yang satu ini, ya karena hanya tersedia disana. Manisan cermai biasanya berwarna merah dengan cita rasa manis dan sedikit asam. Banyak wisatawan yang membeli cemilan manis ini untuk disantap dalam perjalanan maupun sebagai oleh-oleh. Harga manisan cermai cukup terjangkau, yaitu Rp20.000 untuk ukuran seperempat kilogram.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Kekinian dan Populer

8. Kerupuk Antor

kerupuk antor
Sumber: Lazada

Cemilan gurih yang satu ini tak kalah nikmat dari cemilan khas Tegal lainnya. Kerupuk antor terbuat dari singkong yang diiris tipis dan disangrai menggunakan pasir. Cita rasa yang gurih, pedas, dan rasa bawang membuat cemilan yang satu ini cocok untuk disajikan saat makan. Kamu bisa membeli kerupuk antor di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Tegal. Harganya per bungkus kerupuk antar, yaitu mulai dari Rp10.000 untuk ukuran seperempat kilogram.

9. Kue Kamir

kue kamir
Sumber: Instagram/@kamiraraffah

Jika kamu menempuh perjalanan pulang yang tidak terlalu jauh, kue kamir bisa jadi pilihan untuk oleh-oleh yang lezat. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, ragi, singkong, dan mentega. Kue kamir terdapat beberapa pilihan rasa, seperti coklat, nangka, dan pisang. Jika kamu tertarik untuk membelinya, ada salah satu penjual kue kamir yang cukup terkenal yaitu kue kamis Poniyem. Harganya pun cukup murah, dengan Rp10.000 saja kamu bisa mendapatkan satu kue kamir yang lezat ini.

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi oleh-oleh khas Tegal yang bisa jadi referensi untuk kamu bawa pulang ke rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berburu oleh-oleh, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tegal yang Enak dan Populer

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending