1. Oleh-Oleh Khas

Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

Kupang adalah ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini terletak di bagian barat daya Pulau Timor, menghadap Laut Sawu. Kupang memiliki banyak sekali daya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Salah satu daya tarik wisata di Kupang yang paling terkenal di Indonesia yaitu taman nasional komodo. Taman nasional ini terletak di Kepulauan Komodo, yang berjarak sekitar 100 kilometer dari Kupang. Taman nasional ini merupakan habitat bagi komodo, yang merupakan hewan purba yang masih hidup hingga saat ini.

Selain itu, kota ini memiliki banyak sekali oleh-oleh khas yang menarik untuk dicoba. Penasaran apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

Kopi Bajawa 

kopi bajawa flores
Sumber: floresku

Sobat Kuliner yang suka mengkonsumsi kopi wajib mencoba jenis kopi ini atau bisa kamu jadikan oleh-oleh. Walaupun kopi bajawa merupakan kopi Flores, kamu bisa temukan kopi ini di Kupang. Berkat aroma dan cita rasanya yang unik, kopi bajawa memiliki daya tarik hingga terkenal ke seluruh dunia. Biji kopi flores mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan biji kopi pada umumnya.

Sambal lu’at

sambal-luat-khas-kupang
Sumber: Instagram/indiramaharanisanjaya

Masyarakat Indonesia pastinya merasa tidak lengkap jika makan tanpa adanya sambal. Tidak heran, setiap daerah mempunyai ciri khas sambalnya masing-masing salah satunya sambal khas NTT yaitu sambal lu’at. Sambal ini punya cita rasa yang pedas dan asam. Sambal lu’at terbuat dari bahan seperti bawang merah, cabai, terasi, jeruk nipis, daun kemangi, daun bawang, dan tomat. 

Keripik Paru Sapi

keripik paru khas kupang
Sumber: bukalapak

Kupang terkenal dengan olahan dari sapi yang salah satunya yaitu paru sapi yang melalui proses pengolahan menjadi keripik dengan tekstur renyah dan cita rasa yang gurih. Makanan ini cocok untuk sebagai cemilan dan oleh-oleh yang punya daya tahan lama. Kamu bisa membeli keripik paru sapi di berbagai toko oleh-oleh khas Kupang.

Baca juga: Oleh-Oleh Makanan dan Minuman Khas Probolinggo yang Populer

Sei Sapi

sei sapi
Sumber: mengenalindonesia

Kalau kamu berkunjung ke Kupang, NTT wajib untuk mencoba sei sapi, namun kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Sei sapi merupakan daging yang diiris tipis-tpis memanjang dan diasap. Kamu bisa membelinya dalam keadaan mentah atau matang. Makanan ini cocok menikmatinya dengan nasi hangat dan sambal sehingga menggugah selera makan.

Jagung titi

jagung titi
Sumber: keluyuran

Jagung titi cocok kamu jadikan oleh-oleh cemilan gurih khas Kupang yang terkenal. Sekilas cemilan ini mirip dengan emping melinjo, namun bedanya jagung titi terbuat dari jagung pulut yang menghasilkan rasa yang lebih gurih meskipun tanpa menggunakan bumbu tambahan. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Kupang.

Kue Jawada

kue-jawadah
Sumber: topijelajah

Kue jawadah merupakan cemilan manis yang terbuat dari gula merah, tepung, dan santan yang digoreng dengan bentuk segitiga mirip seperti rambut atau mie goreng kering. Kue ini juga biasa disebut sebagai kue rambut yang cocok kamu jadikan oleh-oleh karena punya daya tahan lama karena termasuk ke dalam jenis kue kering.

Kacang Sembunyi

kacang sembunyi khas kupang
Sumber: kulinerhunter

Kacang sembunyi cocok sebagai oleh-oleh khas Kupang karena bentuk dan rasanya yang unik. Cemilan ini mempunyai tekstur yang renyah dengan bahan kacang tanah yang terdapat dalam balutan kulit tepung. Cemilan ini tentunya melalui proses penggorengan untuk mendapatkan tekstur yang renyah. Kamu bisa membelinya langsung di toko oleh-oleh khas Kupang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mojokerto yang Wajib Dicoba!

Manisan Buah

Oleh-Oleh-Khas-Kupang-Manisan-Buah
Sumber: republikseo

Oleh-oleh khas Kupang yang satu ini terbuat dari buah yang direndam dengan larutan gula. Manisan buah khas Kupang biasanya menggunakan buah seperti mangga, nangka dan lontar. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Kupang.

Abon Sapi

abon sapi
Sumber: tokopedia

Selain sei dan keripik, olahan daging sapi khas Kupang lainnya yaitu abon sapi. Abon sapi cocok untuk oleh-oleh karena tahan lama dan punya cita rasa yang berbeda dengan abon sapi lainnya. Makanan ini cocok sebagai pelengkap atau lauk saat makan dengan nasi.

Jika kamu berkunjung ke Kupang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Kupang untuk keluarga dan teman-teman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba oleh-oleh khas Kupang, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending