1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-Oleh Khas Manado, Mulai dari Kue hingga Sambal

Oleh-oleh khas Manado punya memiliki daya tarik tersendiri. Kota yang terletak di ujung utara Sulawesi, Indonesia, adalah destinasi wisata kuliner yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta makanan. 

Terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya, Manado juga menyuguhkan kekayaan ragam kuliner yang menggugah selera. Dari hidangan berbahan dasar hasil laut hingga makanan tradisional yang kaya rasa. 

Artikel kali ini akan membahas berbagai pilihan oleh-oleh yang dapat kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari Manado. Penasaran? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

10 Daftar Oleh-Oleh Khas Manado 

1. Halua Kenari

halua-kenari-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: Indonesia Kaya

Oleh-oleh khas Manado yang satu ini terbuat dari olahan kacang kenari dengan campuran gula merah yang punya rasa manis, dan asin. Jajanan ini bentuknya seperti geti atau gula-gula kacang yang punya tekstur sedikit lengket dan punya warna coklat keemasan.

Untuk mendapatkan oleh-oleh yang satu ini, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp10.000 hingga Rp45.000. Selain halua kenari, kamu juga bisa menemukan berbagai olahan kacang kenari lainnya.

2. Panada

panada-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: tokopedia

Panada merupakan oleh-oleh khas Manado yang terbuat dari ubi dengan membentuknya menyerupai kulit yang bagian dalamnya berisi ayam suwir pedas. Makanan ini mirip seperti jalangkote dari Makassar. Namun bedanya, panada punya kulit yang lebih tebal.

Camilan yang satu ini cocok untuk kamu nikmati sambil bersantai minum kopi atau teh. Kamu bisa membeli makanan ini di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional yang menjual jajanan pasar dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp3.500 per biji.

3. Pia Amurang

Pia-Amurang-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: Salsa Wisata

Oleh-oleh khas Manado yang satu ini cukup terkenal yaitu pia amurang. Pia khas Manado ini berbeda dengan pia dari daerah lainnya karena kulitnya mempunyai tekstur yang lebih kering dan penuh dengan isian berupa kacang yang punya rasa manis dan legit.

Pia ini punya berbagai bentuk, ada yang berbentuk seperti bunga dan ada pula yang bulat pipih. Kamu bisa mendapatkan kue ini dengan pergi ke pusat oleh-oleh. Harganya pun cukup murah yaitu Rp2.500,00 biji.

Baca juga: 5 Makanan Khas Singkawang yang Unik dan Wajib Dicoba!

4. Dodol Amurang

Dodol-Amurang-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: IDN Times

Selain pia, salah satu daerah Minahasa Selatan yakni amurang punya makanan khas yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Manado yaitu dodol amurang. Dodol ini terbuat dari kenari dan tambahan bahan lainnya yang terbungkus daun lontar kering. 

Makanan yang satu ini punya rasa manis dan gurih dengan tekstur yang kenyal seperti dodol pada umumnya. Bagi kamu yang tertarik untuk membelinya, bisa datang ke pusat oleh-oleh terdekat dengan harga yang cukup murah yaitu mulai dari Rp1.000 per biji.

5. Klappertaart

Klappertaart-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: Link UMKM

Klappertaart merupakan oleh-oleh khas Manado yang kekinian dan menjadi kue favorit banyak orang. Makanan ini mirip seperti kue tart yang punya rasa gurih dan manis. Bentuk kue ini pun beragam dengan variasi ukuran mulai dari yang kecil hingga besar. 

Kue ini punya berbagai pilihan topping seperti kacang kenari, coklat, kismis, dan almond. Klappertaart terbuat dari air kelapa, gula, susu, mentega, dan tepung. Kamu bisa mendapatkan kue ini di klapertart kawanua yaitu salah satu merek yang terkenal dengan variasi rasa yaitu original dan extra rhum. Harga kue tart ini mulai dari Rp15.000 hingga Rp200.000 tergantung ukurannya.

6. Sambal Ikan Roa

Sambal-Ikan-Roa-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: Dapurtetangga

Salah satu oleh-oleh khas Manado yang satu ini yaitu berupa sambal yang terbuat dari ikan roa yang terlebih dahulu diasapi dan mencampurkannya dengan perpaduan bumbu pedas dan asin. Makanan ini dapat bertahan hingga enam bulan dengan penyimpanan di luar lemari es. Kamu bisa membeli sambal ini dalam kemasan botol yang praktis di pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 20.000 per botol.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Gorontalo yang Menarik Untuk Dicoba

7. Sambal Cakalang

Sambal-Cakalang-oleh-oleh-khas-manado
Sumber: sambal.co

Jenis olahan sambal lainnya yang terbuat dari ikan dan bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh khas Manado adalah sambal cakalang. Sambal ini terbuat dari ikan cakalang asli dengan rasa pedas yang nikmat. Cocok menjadi teman makan nasi hangat dengan tambahan lauk lainnya.

Daya tahan sambal ini bisa sampai enam bulan dengan penyimpanan di luar lemari es. Kamu bisa mendapatkan sambal ini dalam bentuk kemasan botol plastik di pusat oleh-oleh. Harga sambal ini berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000 per botolnya tergantung ukuran.

8. Kue Bagea Kenari

Kue-Bagea-Kenari-khas-manado
Sumber: cookpad

Oleh-oleh yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan yaitu kue bagea kenari. Kue yang satu ini punya rasa yang gurih dan lezat, serta punya teksturnya yang renyah. Kue ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan gula merah, kayu manis dan pala lalu dibakar hingga kering. Pada bagian atasnya terdapat tambahan kacang kenari yang membuat kue ini semakin nikmat.

Kue bagea menggunakan daun lontar sebagai bungkusannya sehingga memiliki aroma yang khas. Kue ini bisa kamu beli di toko pusat oleh-oleh dengan harga sekitar Rp 30.000 sebungkusnya.

9. Kacang Goyang

Kacang Goyang khas manado
Sumber: tiket.com

Jajanan manis lain yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, yaitu kacang goyang. Camilan ini terbuat dari kacang tanah yang berbalut adonan tepung dengan berbagai warna. Sesuai dengan namanya, proses pembuatan camilan ini dengan cara digoyang. Kacang ini bisa kamu beli di pusat oleh-oleh Manado dengan harga sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per bungkus tergantung ukurannya. 

Baca juga: Rekomendasi 9 Oleh-Oleh Khas Kupang yang Wajib Dicoba!

10. Manisan Pala

Manisan Pala oleh oleh khas manado
Sumber: Shutterstock/Rani Restu Irianti

Manisan pala yang satu ini menjadi oleh-oleh yang unik dengan ciri khas rasa manis  dengan sedikit rasa asam dan pedas. Proses pembuatan manisan ini dengan merebusnya menggunakan campuran cairan gula dan garam.  Kamu bisa membeli manisan ini di pusat oleh-oleh dengan harga sekitar Rp45.000 untuk kemasan besar.

 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu beli untuk di bawa pulang. Semoga, artikel ini dapat membantu yaa, Sobat Kuliner. Selamat berbelanja oleh-oleh!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-Oleh Khas Manado, Mulai dari Kue hingga Sambal

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]