1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Dibawa Pulang

Sudah puas berwisata dan mengeksplor keindahan Kota Manado? Nah, sekarang saatnya kamu berburu oleh-oleh khas Manado. Kurang lengkap rasanya jika datang ke Kota Manado tanpa membawa pulang buah tangan untuk keluarga di rumah. Kali ini Kuliner Kota akan memberi rekomendasi 10 oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu bawa pulang agar liburan kamu makin tak terlupakan. Mau tau apa saja oleh-oleh khasnya? Langsung aja yuk simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Sambal Roa

Oleh-oleh khas Manado pertama yang pastinya β€œManado” banget adalah Sambal Roa. Sambal ini harus kamu jadikan buah tangan karena tidak akan kamu temui di tempat lain. Yang membuatnya istimewa adalah campuran ikan roa yang diasap. Untuk memudahkan kamu membawanya sebagai buah tangan, Sambal Roa sudah dikemas dalam bentuk toples kecil dan bisa tahan selama enam bulan apabila disimpan dalam suhu ruangan. Sedangkan apabila disimpan dalam lemari es Sambal Roa bisa tahan selama satu tahun. Sangat tahan lama bukan? Jadi, tidak perlu ragu untuk segera membawa pulang Sambal Roa.

Sambal Roa Oleh-oleh khas Manado
Sambal Roa Manado, Jual Asli Sambal Roa WordPress Com

2. Klappertaart

Mendengar namanya, makanan satu ini seperti bukan makanan asli Indonesia, ya? Klappertaart adalah kue khas Belanda yang sudah diberi sentuhan agar cocok dengan lidah orang Indonesia. Di Manado, kue satu ini sangat populer dijadikan sebagai buah tangan. Kue ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin dan air kelapa. Klappertaart memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut dan biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Jika kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Manado satu ini, jangan lupa untuk segera memasukkannya ke dalam lemari es setelah sampai di rumah agar kenikmatan Klappertaart tetap terjaga!

Kue Klappertaart khas Manado
Kue Klappertaart Manado, Foto oleh Rinaldi Munir WordPress Com

3. Cakalang Fufu

Siapa sih yang tidak kenal ikan cakalang? Ikan cakalang termasuk ikan yang punya nilai komersial tinggi. Olahan cakalang yang terkenal yaitu dengan cara diasap atau disebut dengan Cakalang Fufu. Pengasapan ini bertujuan untuk mengawetkan ikan supaya tidak mudah terkontaminasi jamur dan bakteri. Cakalang kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Selain itu, cakalang punya tekstur daging yang tebal. Meski proses pengasapan ikan cakalang memakan waktu yang lama, tetapi Cakalang Fufu tetap menjadi oleh-oleh khas Manado yang banyak diburu wisatawan, lho! Satu buah Cakalang Fufu dihargai sekitar Rp50.000 sampai Rp80.000.

Cakalang Fufu khas Manado
Cakalang Fufu Manado, Foto oleh Buka Lapak Com

4. Halua Kenari

Oleh-oleh khas Manado berikutnya yang wajib kamu bawa pulang adalah Halua Kenari. Halua Kenari berbentuk gula-gula kacang dengan cita rasa manis dan gurih. Halua Kenari terbuat dari kacang kenari kupas yang dicampur dengan gula merah. Makanan satu ini cocok sebagai teman saat perjalanan pulang maupun untuk dibagikan kepada keluarga di rumah. Kamu bisa dengan mudah menemui Halua Kenari toko oleh-oleh yang ada di Kota Manado. Untuk harganya cukup terjangkau mulai dari Rp10.000 sampai Rp45.000 tergantung ukuran dan berat. 

Halua Kenari Oleh-oleh khas Manado
Halua Kenari Manado, Foto oleh Toko Pedia Com

Baca Juga : Puaskan Lidah Anda dengan 15 Makanan Khas Maluku

5. Saguer

Mau bawa pulang minuman khas Manado, Saguer bisa jadi pilihannya. Minuman khas Manado satu ini, terbuat dari pohon enau. Dalam budaya Manado, biasanya Saguer disuguhkan pada acara-acara tertentu baik resmi maupun tidak resmi. Minuman ini secara alamiah sudah mengandung alkohol sekitar 5%. Jadi, jika ingin mengkonsumsinya jangan sampai berlebihan ya!

Saguer Oleh-oleh Manado
Saguer Manado, Foto oleh Instagram

6. Kacang Goyang

Camilan kacang mungkin sudah biasa, tetapi kacang khas Manado satu ini harus kamu beli sebagai oleh-oleh karena keunikannya. Namanya Kacang Goyang. Dinamakan Kacang Goyang karena dalam proses pengolahannya, kacang tanah yang masih dibalut kulit, disangrai dengan pasir sambil digoyang-goyang. Makanan ini juga tergolong non kolesterol karena dimasak tanpa memakai minyak. Agar makin menarik, Kacang Goyang diberi beberapa warna seperti putih, coklat, merah muda dan hijau. Warna ini berasal dari lelehan gula yang sebelumnya telah dicampur dengan pewarna makanan. Menarik bukan untuk dijadikan sebagai buah tangan?

Kacang Goyang Manado
Kacang Goyang Manado, Foto oleh Kacang Goyang WordPress Com

7. Pala Manis

Mau bawa manisan khas Manado sebagai oleh-oleh? Pala Manis bisa jadi pilihannya. Pala manis merupakan manisan khas Manado yang terbuat dari buah pala yang diberi cairan gula. Tidak hanya rasa manis, ada juga varian pala manis yang punya cita rasa pedas-manis dan manis-masam. Manisan khas Manado satu ini cocok dinikmati saat udara sedang panas-panasnya. Saking terkenalnya, pala manis ini sudah diekspor sampai ke Malaysia. Kamu bisa menemui oleh-oleh khas Manado yang satu ini di berbagai pusat oleh-oleh di Kota Manado.

Pala Manis Manado
Pala Manis Manado, Foto oleh Oleh Oleh Manado Com

8. Dodol Amurang

Bukan cuma Pulau Jawa yang punya dodol, Manado juga punya dodol yang tidak kalah nikmat. Dodol Amurang namanya. Oleh-oleh khas Manado satu ini termasuk makanan tradisional yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti gula aren, beras ketan dan minyak kelapa. Jika kamu tertarik membawa pulang Dodol Amurang sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemuinya di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Manado.

Dodol Amurang Manado
Dodol Amurang Manado, Foto oleh Shopee Co Id

9. Kue Pinende

Kalau kamu penyuka kue dengan cita rasa manis dan gurih, oleh-oleh khas Manado satu ini wajib banget kamu bawa pulang. Kue Pinende merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang diatasnya diberi sirup gula merah lalu ditaburi parutan kelapa. Bentuknya kecil-kecil jadi pas untuk sekali makan. Tertarik membelinya? Langsung saja datang ke pusat oleh-oleh di Kota Manado.

Kue Pinende Manado
Kue Pinende Manado, Foto oleh Travel Tribun News Com

10. Pia Amurang

Bukan cuma populer dengan jajanan dodolnya, Amurang juga dikenal karena kuliner khasnya yang lain yaitu Pia Amurang. Seperti pia pada umumnya, Pia Amurang juga terbuat dari adonan tepung yang dicampur gula dan diisi kacang hijau kemudian dipanggang. Memiliki tekstur kulit luar yang renyah tapi lembut didalam. Tidak perlu khawatir, Pia Amurang ini adalah oleh-oleh yang bisa dibilang tahan lama. Dalam suhu ruangan normal, kue khas Manado ini bisa bertahan hingga 3 bulan. Satu buah Pia Amurang dipatok mulai Rp2.500 saja. Wah, sudah enak, ramah di kantong pula! Cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga.

Dodol Amurang Oleh-oleh Manado
Pia Amurang Manado, Foto oleh Shopee Co Id

Jadi setelah berkunjung ke Kota Manado tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh khasnya untuk keluarga di rumah. Jangan lupa sebelum anda menentukan mau bawa oleh-oleh khas Manado apa untuk keluarga di rumah, perhatikan jarak tempuh dan tanggal kadaluarsanya ya! Agar cita rasa oleh-oleh tersebut tetap nikmat sampai di rumah.

Artikel menarik lainnya tentang Manado :

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 10 Oleh-oleh Khas Manado yang Wajib Dibawa Pulang
  • 12 Juni 2020

    Emang sih, oleh-oleh Manado paling ditunggu-tunggu saat abis ngerantau.

    semogalah pandemi segera berlalu biar bisa pulang kampung bawa oleh-oleh

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Trending

Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut iniΒ  5 makanan […]