1. Kuliner

9 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Unik dan Lezat!

Makanan khas Jepara telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi budaya dan citarasa unik Jepara. Mulai dari hidangan laut segar hingga makanan tradisional yang lezat, Jepara menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas kelezatan makanan khas Jepara yang mungkin bisa jadi pertimbangan untukmu sebelum mencobanya. Penasaran? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Daftar 9 Makanan Khas Jepara 

1. Bongko Mento

Bongko mento makanan khas jepara yang unik
Sumber: Sajian Sedap

Bongko mento merupakan kuliner yang berasal dari Kerajaan Kalinyamat, Keraton Jepara. Makanan ini terbuat dari dadar yang terbuat menggunakan tepung beras dan pada bagian dalamnya berisi ayam suwir, soun, jamur kuping dan siraman santan.penyajian bongko mento menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Untuk membuat makanan ini yaitu dengan cara dikukus, namun bahan isian dalamnya terlebih dahulu ditumis.sekilas, makanan ini mirip seperti pepes, namun bedanya bongko mento menggunakan dadar dan isian yang beraneka macam. Kamu dapat menemukan makanan khas ini pasar tradisional atau warung makan dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp3.000 per bungkusnya.

2. Lontong Krubyuk

Lontong Krubyuk khas jepara
Sumber: detikFood

Lontong krubyuk merupakan makanan khas kebanggaan masyarakat Jepara dan Karimunjawa. Masakan tradisional ini terbuat dari bahan utama lontong yang penyajiannya menggunakan kuah kaldu dan berbagai pelengkap seperti sayur tauge atau kol, irisan daun seledri, suwiran ayam semur, dan tahu.

Makanan ini punya cita rasa yang manis dari ayam semur bercampur dengan gurih asin kuah kaldu sapi. Lontong krubyuk dapat kamu nikmati selagi masih hangat. Selain enak, harganya pun cukup murah, cukup membayar Rp15.000 per porsinya kamu dapat menikmati makanan yang lezat ini.

3. Pindang Serani

Pindang Serani khas Jepara
Sumber: Instagram/numpangsaveresep.id

Makanan khas Jepara terkenal dengan olahan ikannya, salah satunya yaitu pindang serani. Makanan khas yang satu ini sejenis sup ikan yang punya cita rasa khas asam, pedas, dan manis. Biasanya, ikan yang digunakan yaitu ikan bandeng, ikan kakap, dan ikan kerapu.

Pindang serani menggunakan bahan ikan segar yang dimasak dengan campuran belimbing wuluh, tomat, dan daun bawang. Santapan ini cocok menikmatinya dengan menggunakan nasi hangat. Kamu dapat mencoba kuliner yang satu ini di warung makan atau restoran dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp38.000 untuk satu porsinya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Sumatera Utara yang Unik dan Lezat

4. Blenyik

blenyik makanan khas jepara
Sumber: Wikipedia

Salah satu kuliner hasil laut selain pindang serani yang terkenal di Jepara yaitu ada blenyik. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan teri yang biasanya banyak dipanen saat musim hujan. Cara memasak blenyik selain digoreng juga bisa dikukus.

Untuk menikmati blenyik, kamu bisa menambahkan sambal untuk menyantapnya dengan nasi hangat. Biasanya, kamu bisa membeli blenyi di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp10.000 per bungkusnya.

5. Soto Jepara

soto jepara makanan khas jepara
Sumber: Instagram/@tsaniwismono

Soto khas Jepara yang satu ini berbeda dengan soto dari daerah lainnya, walaupun sekilas mirip seperti soto ayam biasa. Soto Jepara punya cita rasa yang gurih dan letak perbedaanya yaitu pada kuah sotonya yang berisi kucai. 

Kuah soto ini terbuat dari kuah kaldu yang berwarna kekuningan dan bersantan. Biasanya untuk menikmati soto ini menggunakan pelengkap seperti tahu, tempe, horok-horok, rempah, dan sate jeroan. Kamu dapat membeli soto jepara di warung makan yang khusus menyediakan soto ini, biasanya harganya tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp14.000 per porsinya.

6. Sayur Betik

Sayur Betik khas jepara
Sumber: Sajian Sedap

Sayur betik merupakan makanan khas Jepara yang terbuat dari campuran bahan utama pepaya muda dan daging tetelan, serta tambahan bumbu pelengkap seperti daun salam, serai, garam, gula, daun jeruk, dan santan. Kuah santan pada sayur betik membuat rasanya semakin gurih, apalagi dinikmati dengan nasi hangat. Sayur ini dapat kamu beli di warung makan sekitar Jepara dengan harga yang cukup murah yaitu mulai dari Rp10.000 per porsinya.

Baca juga: 5 Makanan Khas Singkawang yang Unik dan Wajib Dicoba!

7. Opor Panggang

opor panggang khas jepara
Sumber: lifestyle.sindonews

Opor panggang khas Jepara merupakan hidangan untuk upacara keagamaan atau adat di Jepara. Namun, saat ini sudah banyak warung makan yang menjual hidangan opor panggang. Sebenarnya, opor ini hampir mirip seperti opor bakar kudus. 

Cara memasak opor ini yaitu ayam yang sudah dimasak dengan kuah opor, kemudian dipanggang menggunakan paso dan disajikan dengan kuah opor lagi. Paso merupakan wadah yang terbuat dari tanah liat, tempat untuk memanggang ayam. Walaupun, ada beberapa warung makan yang sudah beralih menggunakan oven. Harga untuk satu porsi opor panggang yaitu sekitar Rp15.000.

8. Singit 

Singit makanan khas jepara
Sumber: Sajian Sedap

Singit merupakan makanan khas Jepara berupa olahan daging sapi bagian sengkel, yaitu bagian depan atas dari kaki sapi. Sekilas makanan ini mirip seperti rendang, bedanya singit punya cita rasa yang manis dan gurih serta tekstur bumbunya yang lebih encer.

Cara memasak makanan ini yaitu digodok dengan campuran santan, kecap manis, cabai merah, garam, gula merah, bawang merah dan bawang putih. Makanan ini cocok dihidangkan dengan nasi putih dan tambahan sambal. Satu porsi singit biasanya dijual seharga Rp20.000.

9. Kuluban 

kuluban khas jepara
Sumber: insiden24

Kuluban merupakan sayur urap khas Jepara yang terbuat dari macam-macam jenis sayuran, seperti daun singkong, kangkung, labu siam, dan sawi. Sayuran tersebut terlebih dahulu direbus lalu diaduk dengan kelapa yang sudah tercampur bumbu. 

Ciri khas dari kuluban yaitu penggunaan bumbunya yang terbuat dari gula, garam, terasi, kencur, bawang putih, dan cabe. Selain itu, kuluban menggunakan nangka muda rebus yang berbeda dengan sayur urap pada umumnya. Kuluban dapat kamu temukan di pasar-pasar tradisional Jepara, terutama di Pasar Karangrandu yang menjadi sentra jajanan khas Jepara. Harganya pun cukup murah yaitu mulai dari Rp5.000 untuk satu porsi.

Baca juga: 11 Rekomendasi Makanan Khas Serang yang Wajib Kalian Coba!

 

Nah, itu tadi 9 rekomendasi makanan khas Jepara yang bisa kamu coba, mulai dari hidangan laut hingga makanan tradisionalnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat menjelajahi kuliner khas Jepara, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Rekomendasi Makanan Khas Jepara yang Unik dan Lezat!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]