12 Makanan Khas Jombang Favorit, Enak dan Murah

tahu pong gloria
Akan semakin melegakan ketika sudah menemukan 12 makanan khas Jombang berikut. Jangan lewatkan setiap kulinernya ya!
Daftar isi

Bukan hanya populer dengan julukan Kota Santrinya, Jombang pun menyimpan bermacam kuliner khas yang tak sebaiknya dilewatkan. Cita rasa setiap makanan khas Jombang unik dan menggugah selera, berasal dari kreasi bahan serta resep turun temurun. Ketika kamu singgah ke Kota Santri ini, jangan lupa mencicipi setiap hidangan khas Jombang agar semakin lengkap ketika berwisata. Kamu juga bisa membawa pulang beberapa hidangan untuk disantap bersama keluarga. Agar semakin paham apa saja makanan khas Jombang, mari simak ulasannya dalam rekomendasi kuliner khas Jombang berikut.

1. Ketan Merdeka

ketan merdeka
Ketan Merdeka, Foto Oleh Ngopibareng Id

Jalan-jalan ke Jombang sambil menikmati lezatnya Ketan Merdeka merupakan suatu hal yang tak boleh terlewatkan. Terbuat dari ketan yang proses memasaknya masih memakai cara tradisional. Hidangan ini biasanya disantap ketika sarapan, dan selesai mengkonsumsinya kamu sudah siap memulai hari dengan tenaga baru.

Pada proses pembuatannya, ketan dimasak dengan santan kemudian dikukus sampai jadilah jajanan ketan yang menggiurkan. Tak heran jika makanan khas Jombang ini bercita rasa gurih juga menggiurkan. Kamu bisa menemukan Ketan Merdeka dengan mudah karena outletnya pun tak pernah sepi pengunjung. Jadikan sarapanmu lebih menyenangkan dengan menyantap Ketan Merdeka.

Tempat: Ketan Merdeka
Alamat: Jl. Merdeka No. 29, Jombang
Harga: Mulai Rp3.000

2. Nasi Kikil

nasi kikil
Nasi Kikil, Foto Oleh Travelingyuk Com

Sudah pernah dengar Nasi Kikil khas Jombang? Kuliner ini terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau yang kenyal. Memerlukan banyak tenaga ketika membuat Nasi Kikil. Dikarenakan kikil mesti melalui proses memasak cukup lama sampai teksturnya empuk dan sedap untuk disantap.

Tambahan berbagai bumbu racikan membuat kuliner ini semakin nendang. Nasi Kikil kerap disajikan bersama makanan khas Jombang lain. Ada pula lauk pelengkapnya yakni, empal daging yang dimasak bacem, orek tahu atau tempe dan sayur bung. Selain rasanya, penyajian hidangan ini juga unik, yaitu memakai daun pisang. Dijamin kamu akan ketagihan sejak gigitan pertama.

Artikel Terkait

Tempat: Nasi Kikil Bu Tandur
Alamat: Jalan KH. Hasyim Asy’ari No. 144, Jombang
Harga: Sekitar Rp8.000

3. Pecel Pincuk Bu Djiah

pecel pincuk
Pecel Pincuk Bu Djiah, Foto Oleh Gotravelly Com

Pecel Pincuk Bu Dijah merupakan salah satu hidangan primadona masyarakat Jombang. Tak heran bila penjual Pecel Pincuk ini selalu laris diburu pecintanya. Seperti pecel kebanyakan, pecel khas Jombang ini menyediakan isian sayuran segar mulai dari kembang pepaya, kemangi, dendhoyo, daun pepaya sampai kecambah bisa kamu pilih sesuai selera.

Baca Juga:  12 Kue Natal Paling Populer Untuk Temani Kumpul Keluarga

Ada pula tambahan tahu, tempe, peyek serta sambal kacang.Yang membedakannya adalah rasa yang dominan manis dan bumbu halusnya tercium sedap. Bukan hanya dari kalangan masyarakat setempat, bahkan Pecel Pincuk Bu Djiah juga digemari beberapa artis. 

Tempat: Pecel Pincuk Bu Djiah
Alamat: Jl. Wahid Hasyim 9A, Jombang

4. Sop Buntut Bu Henny

sop buntut
Sop Buntut Bakar Bu Henny, Foto Oleh Food Detik Com

Nomen tepat ketika menyantap sop buntut di pagi hari yang dingin, termasuk menjajal Sop Buntut Bakar Bu Henny. Kamu akan ketagihan ketika sudah menemukan hidangan satu ini. Sop Buntut Bakar Bu Henny menjadi salah satu tujuan kuliner yang cukup ramai diburu pengunjung. Diracik memakai bumbu rahasia membuat cita rasa sop khas Jombang ini terasa berbeda dibandingkan sop lain. Rasa gurih segarnya dijamin dapat membuatmu kenyang dan ketagihan nambah lagi dan lagi!

Tempat: Sop Buntut Bakar Bu Henny
Alamat: Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 45 – 46, Jombang

5. Sego Sadukan

sego sadukan jombang
Sego Sadukan, Foto Oleh Putritrisna022 Blogspot Com

Makanan khas Jombang selanjutnya adalah Sego Sadukan. Hidangan lezat satu ini termasuk jenis nasi bungkus yang disajikan dengan cara berbeda. Penjual membungkus Sego Sadukan memakai daun pisang, jadi lebih terasa kesan tradisional ketika menyantapnya. Lauk yang ditawarkan berupa tempe, tahu yang dipotong kecil dan mie goreng serta ikan teri sebagai penambah selera.

Sekilas, Sego Sadukan memang serupa dengan nasi kucing khas Jogja, namun tentu rasanya berbeda. Sehingga ketika menemukan makanan khas Jombang ini sebaiknya segera mampir dan bawa pulang untuk disantap bersama keluarga.

6. Ayam Panggang Urap

ayam panggang urap
Ayam Panggang Urap, Foto Oleh Budaya-indonesia Org

Kuliner Jombang satu ini terkenal akan cita rasa nendangnya. Terbuat dari daging ayam kampung yang diolah sampai menghasilkan Ayam Panggang Urap favorit semua orang. Berbagai rempah pilihan juga ikut andil membuat rasa dagingnya semakin menggiurkan.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal Enak Wajib Dicoba

Saat melalui proses pemanggangan, daging ayam diolesi bumbu khusus yang sebelumnya sudah diracik. Tidak heran jika rasa kuliner ini lebih lezat dibandingkan rasa ayam panggang di daerah lain. Seperti namanya, ayam panggang khas Jombang memakai urap sebagai lauk, atau bisa juga menjadi lalapan. Paling enak menyantap hidangan khas Jombang ini di siang hari ditemani segelas teh hangat.

Tempat: Ayam Panggang Bu Tris
Alamat: Jl. Cempaka No. 17A, Simpang Tiga, Jombang
Harga: Sekitar Rp10.000

7. Es Degan Khas Jombang

es degan jombang
Es Degan Khas Jombang, Foto Oleh Jombangcityguide Blogspot Com

Cuaca terik di Jombang memang paling cocok dipadukan dengan segarnya Es Degan. Selain segar dan lezat, minuman ini mampu mengembalikan elektrolit tubuh, sehingga memungkinkan bisa menjaga kesehatan dari berbagai penyakit. Tubuh akan terasa lebih segar setelah meminumnya. 

Bahkan kamu juga dapat menyandingkan Es Degan bersama kuliner Jombang. Karena bukan hanya berperan sebagai penghilang dahaga, namun minuman khas Jombang ini terkenal dengan rasa manisnya yang menggiurkan. Tambahan buah alpukat dan nata de coco semakin menambah energi dan kepuasan ketika menyantapnya.

Tempat: Es Degan Asli Plandi Jombang
Alamat: Jalan SUmatera No. 22, Jombang
Harga: Mulai Rp7.000

8. Onde-onde Kacang Merah

onde-onde kacang merah
Onde-onde Kacang Merah, Foto Oleh Budaya-indonesia Org

Onde-onde dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru tanah air, tetapi berbeda lagi jika sudah menemukan Onde-onde Kacang Merah. Jajanan tradisional ini populer dengan kelezatannya, bahkan sudah ada diberbagai daerah sekitar Jombang. Jika umumnya onde-onde berisi kacang hijau halus, berbeda lagi kalau sudah masuk ke daerah Jombang, yakni dengan kacang merah yang tentu lebih padat teksturnya.

Meski mirip, rasa yang dihasilkan Onde-onde Kacang Merah tentu lebih unik. Kudapan ini semakin lezat jika disantap bersamaan dengan teh manis. Karena juga merupakan oleh-oleh, maka Onde-onde bisa bertahan hingga beberapa hari. Jadi, tertarik membawa pulang jajanan satu ini?

Tempat: Onde-Onde Alief
Alamat: Jalan Laksda Adi Sucipto, Sambong Dukuh, Jombang
Harga: Sekitar Rp5.000

9. Sate Ringin Contong

sate ringin contong
Sate Ringin Contong, Foto Oleh Jombangcityguide Blogspot Com

Masyarakat Jombang pasti familiar dengan Sate Ringin Contong. Makanan khas Jombang ini dikenal karena kelezatan yang tak tertandingi. Terbuat dari daging kambing dan tambahan bumbu yang nantinya menghasilkan kenikmatan khas sate Jombang. 

Baca Juga:  35 Makanan Khas Banyumas Terkenal Enak dan Bikin Ngiler

Bukan hanya itu, daging kambing yang dipakai juga berkualitas jadi empuk ketika disantap. Agar semakin terasa kelezatannya, kamu bisa menyantapnya dengan sop kambing serta nasi hangat. Dijamin kamu akan menemukan rasa baru sate kambing ketika sudah menemukan hidangan khas Jombang ini.

Tempat: Sate Kambing P. Slamet
Alamat: Jalan Hayam Wuruk, Jelakombo, Jombang
Harga: Mulai Rp12.000

10. Jenang Kupas

jenang kupas
Jenang Kupas, Foto Oleh Putratravel Net

Mungkin kamu bisa menemukan hidangan Jenang di berbagai daerah, termasuk Jombang yang tak mau absen menyajikan jajanan khasnya. Namanya Jenang Kupas, jajanan kuno ini memang hampir sama dengan jenang lain. Namun, kamu dapat menemukan rasa berbeda pada gigitan pertama jajanan ini.

Legit dan manisnya bisa membuat siapapun tersihir ingin memakannya lagi dan lagi. Tak hanya itu, makanan dari Jombang ini juga menjadi incaran wisatawan, tentu karena rasanya yang sulit ditemukan di daerah lain. Dikemas sederhana membuatnya cocok sebagai oleh-oleh menarik untuk keluarga di rumah.

Tempat: Pusat Oleh-Oleh Khas Jombang Risell
Alamat: Jalan Laksda Adi Sucipto No. 21, Sambong Dukuh, Jombang

11. Tahu Pong Gloria

tahu pong gloria
Tahu Pong Gloria, Foto Oleh Detikfood Com

Seperti jenang kupas, Tahu Pong Gloria juga kerap dijadikan buah tangan. Enaknya tahu pong memang tak pernah surut dari lidah masyarakat Jombang. Bagian tengah tahunya kosong, sehingga tampak lebih mengemang dan menggiurkan untuk terus disantap.

Walau terlihat sederhana, namun kamu akan dibuat kagum setelah mencicipinya beberapa kali. Agar semakin lezat, kuliner ini biasanya dikonsumsi dengan saus tomat atau cabe mentah. Teksturnya renyah, gurih saat digigit dan cocok menjadi teman minum teh selagi bersantai.

12. Rawon Rosobo

rawon rosobo
Rawon Rosobo, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Salah satu kuliner khas Jombang legendaris sekaligus menjadi ikon kotanya yakni Rawon Rosobo. Tempat jualannya pun terkenal karena menu rawon satu ini bikin ketagihan. Yang menjadi pembeda antara Rawon Rosobo dengan rawon lain adalah potongan daging atau empalnya berukuran besar dan tebal. 

Selain itu, kuahnya pun lezat dan gurih ketika diseruput. Kamu bisa menambahkan sambal dan kerupuk udang sebagai lauk pelengkap. Jadikan harimu lebih menyenangkan dengan menyantap kelezatan Rawon Rosobo.

Tempat: Rawon Rosobo
Alamat: Jl. Raya Mojoagung, Jombang

Itulah 12 makanan khas Jombang Jawa Timur yang dapat kamu datangi dan cicipi kelezatannya. Selagi menikmati panorama alam Jombang, jangan sampai lupa mengisi perut dengan berbagai kuliner. Tak perlu khawatirkan budget, dijamin kamu tak akan kecewa karena setiap hidangan Jombang tak akan menguras dompet. Jadi, sudah menemukan pilihan kulineran di Jombang?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *