1. Kuliner

17 Minuman dan Makanan Khas Mojokerto Enak Banget

Masyarakat Mojokerto pasti sudah mengenal dengan baik apa saja ragam keunikannya, mulai dari destinasi wisata hingga kuliner. Daerah utama penyangga sekaligus kota maju di Provinsi Jawa Timur ini termasuk dalam wilayah dengan perkembangan cukup pesat dibandingkan kota lain. Selain terkenal akan perekonomiannya yang maju, wisata unik dan menarik, Mojokerto pun menyediakan lezatnya hidangan khas. Setiap makanan khas Mojokerto dijamin bisa menggoyang lidah siapapun yang mencobanya. Penasaran apa saja kuliner khas Mojokerto? Mari simak ulasannya dalam artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Nasi Wader

nasi wader
Nasi Wader, Foto Oleh Viva Co Id

Ketika sedang berwisata ke daerah Pacet Mojokerto, kamu akan menemukan sejumlah warung yang menjual Nasi Wader khasnya. Nasi Wader menjadi salah satu hidangan yang mesti dicoba kalau sudah mampir ke Kota Mojokerto. Dalam seporsinya berisi nasi putih, ikan wader goreng dan tambahan lalapan.

Cita rasa ikan wadernya gurih, apalagi setelah dibumbui semakin menambah kenikmatan sejak gigitan pertama. Bagi kamu pecinta pedas juga wajib menjajal Nasi Wader khas Mojokerto, rasa pedas membakar lidah berpadu dengan kesegaran lalapan dijamin membuat nafsu makan bertambah. Kalau sudah mencoba nikmatnya Nasi Wader, jangan lupa mampir kedua kali dengan keluarga maupun teman!

Tempat: Wader Trowulan Bu Tin
Alamat: Jalan Pendopo Agung No. 99, Nglinguk, Trowulan, Mojokerto
Harga: Mulai Rp8.000

2. Botok Tempe

botok tempe
Botok Tempe, Foto Oleh Goodminds Id

Botok Tempe menjadi salah satu lauk yang wajib dicoba ketika bertandang ke Mojokerto. Hidangan tradisional ini merupakan jenis makanan terbuat dari ampas kelapa yang dicampur bahan penyedap lain seperti udang, tempe, tahu dan teri. Di Mojokerto biasanya menyajikan Botok Tempe bersama nasi jagung atau sajian khas lain.

Karena bercita rasa khas, tak heran jika kuliner satu ini kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Bagi kamu yang tertarik membelinya, jangan lupa bawa teman maupun anggota keluarga dan beli Botok Tempe di daerah asalnya.

3. Gulai Entok

gulai entok
Gulai Entok, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Mojokerto berikutnya datang dari lezatnya Gulai Entok. Hidangan ini terbuat dari daging itik atau entok yang memang banyak diternakkan di sekitar wilayah Jawa Timur. Karena tekstur dagingnya lembut dan tebal, tentu bisa disantap semua kalangan dan cocok dijadikan gulai. 

Rasa khas gulainya pun tak membuat eneg, bahkan dijamin kamu bisa ketagihan saat pertama kali coba. Kuahnya berbumbu dan berminyak, cocok sebagai santapan siang dengan sepiring nasi. Namun jika berada di Mojokerto, maka kamu akan lebih sering menemukan Gulai Entok menjadi hidangan utama makan malam.

Tempat: Warung Paulina
Alamat: Jl. Residen Pamuji No. 99, Mojokerto

4. Kerupuk Memble

kerupuk memble
Kerupuk Memble, Foto Oleh Medium Com

Meski namanya sedikit asing dan unik, tetapi Kerupuk Memble merupakan salah satu lauk yang wajib dicoba ketika berada di Mojokerto. Tak jarang para wisatawan membawa kerupuk ini sebagai buah tangan, tentu karena di daerah asalnya dijual dengan harga terjangkau juga gurihnya nagih. Selain itu, bentuknya yang panjang dan mudah disantap membuat jenis kerupuk ini semakin menambah selera.

Uniknya, makanan khas Mojokerto ini memerlukan dua wajan sekaligus dalam pengolahannya, dikarenakan menggoreng Kerupuk Memble memang memerlukan dua tahapan agar tercipta rasa gurihnya. Selain untuk cemilan, jajanan ini pun cocok pula dijadikan teman bersantai ketika menunggu makan malam.

Harga: Mulai Rp10.000

5. Sate Bangil

sate bangil
Sate Bangil, Foto Oleh Gotravelly Com

Hidangan sate selalu memiliki kekhasannya di setiap daerah, termasuk Mojokerto yang memiliki Sate Bangil sedapnya. Sate ini merupakan sate kambing yang bisa kamu pilih isiannya sesuai selera. Mulai dari jeroan sampai lemak bisa dipesan tentu dengan harga bervariasi. Satu porsinya berisi 10 tusuk sate, biasanya disajikan bersama bumbu kacang, sambal dan irisan bawang merah. Makin enak makan Sate Bangil dibarengi nasi hangat dan segelas teh.

Tempat: Kedai Bang Soleh
Alamat: Jl. Majapahit No. 428, Mojokerto
Harga: Sekitar Rp10.000

6. Bubur Sruntul

bubur sruntul
Bubur Sruntul, Foto Oleh Wowkeren Com

Menikmati Bubur Sruntul saat sarapan sudah menjadi hal biasa bagi masyarakat Mojokerto. Makanan khas Mojokerto ini menjadi favorit sejak dulu, bukan hanya karena rasa manisnya melainkan tekstur bubur yang lembut dan mengenyangkan. Terbuat dari tepung sagu yang diolah dengan bumbu khas sehingga menghasilkan Bubur Sruntul yang lezat.

Legit manis yang tak bisa ditemukan pada bubur manapun membuat sajian ini semakin diburu wisatawan. Apalagi jika ditambah dengan kuah buburnya yang kental tentu lebih menambah selera. Jika sedang berada di Mojokerto, tak ada salahnya mencoba bubur khas satu ini ya sobat Kuliner Kota!

7. Sambal Wader

sambel wader
Sambal Wader, Foto Oleh Wowkerbahagia Com

Selain lezatnya nasi wader, Kota Mojokerto pun mengolah ikan wader sebagai sambal. Sambal Wader berasal dari ikan wader air tawar yang dicampur bumbu sambal. Rasa pedasnya tentu menggoda selera, apalagi jika sambal ini menjadi tambahan lauk nasi wader, dijamin tak tahan ingin nambah lagi dan lagi. Masyarakat Mojokerto biasanya mencari ikan wader di sungai atau membudidayakannya langsung. Meski hanya berupa sambal, tetapi sajian ini masuk dalam daftar makanan khas Mojokerto favorit masyarakatnya.

Tempat: Warung Sambal Wader
Alamat: Jalan Raya Meri, Mergelo, Kranggan, Mojokerto

8. Pangsit Mie Benteng Pancasila

mie ayam bentengg pancasila
Mie Ayam Benteng Pancasila, Foto Oleh Gotravelly Com

Ingin merasakan sensasi berbeda makan mie pangsit? Coba Pangsit Mie Benteng Pancasila ketika berada di Mojokerto. Bukan hanya terkenal, hidangan ini pun berbeda dari olahan mie pangsit lain dari sisi kuah dan isiannya. Kuahnya lebih gurih dan cenderung sedikit, isiannya lebih banyak dibanding kuahnya.

Buat kamu yang tidak terlalu menyukai hidangan pedas bisa langsung mencoba kuliner Mojokerto ini. Dari berbagai jenis mie pangsit di Mojokerto pun, Pangsit Mie Benteng Pancasila selalu menjadi andalan masyarakat maupun wisatawan. Jadi, sebelum pulang ke kampung halaman sebaiknya cicipi lezatnya mie pangsit khas Mojokerto satu ini.

Tempat: Pangsit Mie Benteng Pancasila
Alamat: Jalan Benteng Pancasila No. 25, Mergelo, Balongsari, Mojokerto
Harga: Mulai Rp7.000

9. Rawon Mojokerto

rawon mojokerto
Rawon Mojokerto, Foto Oleh Tribunnews Com

Rawon menjadi hidangan yang sulit ditolak kehadirannya saat berkunjung ke Jawa Timur. Siapa sangka Rawon Mojokerto berbeda dari rawon jenis lain, yakni pada penggunaan bahan dan kuahnya. Daging dipotong kecil-kecil, bumbu ditumis dan dicampur dengan air. Daging tersebut dimasukkan ke dalam rebusan sampai empuk dan kuahnya mendidih.

Setelah matang, Rawon Mojokerto pun siap disantap dengan sepiring nasi hangat. Paling enak makan rawon ditaburi tauge dan bawang goreng. Rasanya lebih menggugah selera serta semakin gurih.

Tempat: Gado-Gado dan Nasi Rawon Bu Zaini
Alamat: Jalan Sersan Harun, Mergelo, Purwotengah, Mojokerto
Harga: Mulai Rp10.000

10. Sate Keong

sate keong
Sate Keong, Foto Oleh Tagar Id

Sate Keong bukanlah sate biasa yang banyak ditemukan di berbagai wilayah. Seperti namanya, sate ini menggunakan daging keong sebagai bahan utama. Karena bahannya jarang ditemukan maka penjual hidangan ini pun sulit dijumpai. Tetapi ketika sudah berada di Mojokerto, kamu masih dapat mendapatkan lezatnya Sate Keong.

Cara membuatnya pun cukup mudah asalkan selalu memperhatikan kebersihan dan ketelatenan, tentu agar cita rasanya tetap menggugah selera. Sebelum melepas cangkang, terlebih dahulu keong direbus, barulah dilepas dan diolah menjadi sate. ketika sedang berada di Mojokerto, wajib mencoba kuliner satu ini karena kemungkinan akan sulit kamu temukan di tempat lain.

Harga: Sekitar Rp12.000

11. Onde-Onde

onde-onde
Onde-Onde, Foto Oleh Gernesia Com

Masyarakat Indonesia pastinya sudah familiar dengan jajanan Onde-Onde. Selain banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah, cemilan tradisional ini pun juga hadir di Mojokerto loh. Hampir di setiap penjuru kota kamu akan menemui pedagang yang menjajakan Onde-Onde dengan berbagai varian. Kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga dan sebagai teman di saat bersantai.

Terbuat dari tepung ketan dan campuran bahan lain yang kemudian dibentuk menyerupai bola kecil. Isiannya yang paling banyak ditemukan adalah kacang hijau, namun sampai saat ini pun Onde-Onde telah berinovasi dengan rasa lain yakni coklat, keju, matcha dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, bagian luar Onde-Onde ditaburi wijen sehingga semakin lezat dan menimbulkan rasa khas dari jajanan lain.

Tempat: Hoo Liang
Alamat: Jalan Gajah Mada No. 136 A, Mergelo, Balongsari, Mojokerto
Harga: Mulai Rp8.000

12. Kerupuk Upil

kerupuk upil
Kerupuk Upil, Foto Oleh Javatravel Net

Makin lezat jika menyantap kuliner Mojokerto didampingi gurihnya Kerupuk Upil. Namanya memang unik begitu pula dengan cara pembuatannya. Terbuat dari bahan dasar yang sama seperti kerupuk biasa. Hanya saja kerupuk ini digoreng memakai pasir sehingga menghasilkan rasa berbeda pula. Kerupuk Upil biasanya disandingkan dengan gado-gado dan sambal petis. Karena lauk gurih ini sudah ada hingga ke luar daerah maka tak perlu bingung lagi tak bisa merasakan kelezatannya. Menarik bukan?

Tempat: Kerupuk Gorengan Pasir
Alamat: Tenggilis Kulon Mojokerto, Mengelo, Miji, Mojokerto

13. Kerupuk Rambak

kerupuk rambak
Kerupuk Rambak, Foto Oleh Medium Com

Kalau sudah ada kerupuk upil, tentu tak akan lengkap jika tidak mengenal Kerupuk Rambak. Jenis kerupuk ini cukup populer di Mojokerto termasuk oleh masyarakat yang mendiami Desa Doas. Terbuat dari kulit sapi kering yang diolah khusus bersama bumbu khas sehingga menghasilkan rasa gurih dan tekstur unik ketika dikunyah.

Kerupuk Rambak lebih cocok sebagai buah tangan karena dapat bertahan hingga satu tahun asalkan menggunakan wadah kedap udara. Tak cukup sampai disitu, kebanyakan penjual kerupuk ini pun mengandalkan kualitas tinggi dari penggunaan kulit sapi, yakni memakai kulit sapi impor. Tak usah bingung mencari tempat jualnya, karena jika ada kerupuk upil maka selalu ada Kerupuk Rambak.

Tempat: Rambak Kulit Sapi
Alamat: Jalan Dharma, Kauman, Mojokerto

14. Es Grojongan Majapahit

es grojongan
Es Grojongan Majapahit, Foto Oleh Zizahst2 Blogspot Com

Minuman khas Mojokerto yang hingga kini masih tetap eksis adalah Es Grojongan Majapahit. Jenis minuman ini tergolong banyak diminati segala kalangan terutama saat memasuki lebaran. Rasanya segar, berisi agar-agar, santan yang sudah direbus daun pandan, es batu dan sirup.

Apalagi ketika cuaca terik di Mojokerto, hidangan segar ini semakin dicari bahkan penjualnya terkadang sudah kehabisan sebelum waktu tutup. Termasuk ke dalam minuman legendaris Mojokerto, tak heran jika kebanyakan wisatawan pun mengetahui dengan baik cita rasa Es Grojongan.

15. Es Cendol

es cendol
Es Cendol, Foto Oleh Javatravel Net

Selain segarnya es grojongan, Mojokerto pun menghadirkan minuman khas lain berupa Es Cendol. Minuman ini memang ada hampir di setiap daerah, termasuk Mojokerto yang menjadi salah satu penjual Es Cendol terbanyak. Dikenal sejak puluhan tahun silam jadi termasuk ke dalam kategori minuman legendaris.

Masyarakat Mojokerto suka dengan rasa manis segarnya, jadi dipastikan akan menyesal jika tak mencoba minuman ini. Meski rasanya sama dengan Es Cendol biasa, namun ketika sudah mencicipinya di Mojokerto kamu akan menemukan sajian berbeda dari es daerah lain.

Tempat: Es Cendol Hitam
Alamat: Jalan Jayanegara No. 167, Mergelo, Banjaragung, Mojokerto
Harga: Sekitar Rp5.000

16. Sinom

sinom
Es Cendol, Foto Oleh Javatravel Net

Membahas seputar minuman khas dari Mojokerto, kali ini ada minuman Sinom yang segar dan menyehatkan. Sinom baik dikonsumsi ketika cuaca panas di Mojokerto. Karena termasuk minuman herbal menyegarkan, tak heran banyak wisatawan rela datang ke Mojokerto untuk mendapatkan sebotolnya. Terbuat dari daun asam muda, minuman ini kerap dijadikan oleh-oleh yang bisa awet dalam waktu lama. Untuk itu jika sedang berada di Mojokerto, jangan lupa beli Sinom dan rasakan tubuh yang hangat ketika meneguknya.

17. Keciput Wijen

keciput
Keciput Wijen, Foto Oleh Nusadaily Com

Jika dilihat sekilas Keciput Wijen persis dengan onde-onde. Namun, tentu berbeda dengan teksturnya jika dibandingkan dengan onde-onde, Keciput Wijen bertekstur keras renyah seperti jajanan ringan dengan bentuk yang kecil. 

Cita rasanya manis bercampur gurih membuat Keciput semakin nagih. Kamu dapat menemukannya di berbagai toko kue maupun pusat oleh-oleh dengan harga terjangkau. Nikmati waktu bersantai sambil menunggu makan malam ditemani gurihnya Keciput Wijen.

Harga: Sekitar Rp18.000

Mojokerto tak selalu tentang destinasi wisatanya, banyak hidangan yang mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum mengetahuinya. Sehingga ketika kamu bertandang ke kota ini, 17 makanan khas Mojokerto rekomendasi dari Kuliner Kota wajib banget untuk dicoba. Selain nikmat, tentunya juga ramah di kantong. Jadi, tertarik mencoba kuliner Mojokerto mana lebih dulu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 17 Minuman dan Makanan Khas Mojokerto Enak Banget

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]

    Trending