1. Kuliner

15 Makanan Khas Lamongan Populer dan Wajib Dicoba

Mendengarkan nama Kabupaten Lamongan pasti akan langsung terbayang kenikmatan Sotonya. Itulah sebabnya, kabupaten di Jawa Timur ini disebut sebagai Kota Soto. Tidak hanya kepopuleran Soto Lamongan saja yang menjadi ikon kotanya, namun masih banyak kuliner khas Lamongan terlezat dan patut kamu coba. Untuk itu, mau tahu apa saja ragam kuliner Lamongan yang tidak kalah nikmat daripada Soto? Simak ulasan lengkap rekomendasi 15 makanan khas Lamongan ala Kuliner Kota berikut ini.

1. Pecel Lele Lamongan

pecel lele lamongan
Pecel Lelel Lamongan, Foto Oleh Food Detik Com

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pecel Lele? Tampaknya sebagian warga Indonesia mustahil untuk tidak mengenal kuliner khas Lamongan satu ini. Perpaduan rasa sambal terasi dan gurihnya lele begitu sulit terlupakan. Proses pembuatan makanan khas Lamongan ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu menggoreng ikan lele kemudian dipadukan bersama manis pedasnya sambal terasi. Terasa makin nendang jika diberi tambahan nasi putih dan lalapan.

Tempat: Warung Pecel Lele
Alamat: Jalan Pendidikan Nomor 27, Waru Tengah, Warukulon, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan

2. Rawon Khas Lamongan

rawon khas Lamongan
Rawon Khas Lamongan, Foto Oleh M Tribunnews Com

Ketika kamu berada di area Jawa Timur, maka kuliner Rawon pasti bisa dengan mudah kamu jumpai, tidak terkecuali saat berada di Lamongan. Lamongan punya kuliner khas Rawon bercita rasa unik dan menggoda. Rawon khas Lamongan punya rasa yang otentik karena tambahan kunyit pada kuahnya sehingga lebih nampol.

Perpaduan rasa kuah yang otentik makin terasa nikmat saat dihidangkan bersama nasi, tauge, sambal terasi, telur asin, kerupuk dan empal goreng. Dijamin rasa gurih nan lezat dari makanan khas Lamongan Jawa Timur ini bikin kamu ingin nambah lagi dan lagi.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp12.000 per porsi.

3. Asem Bandeng

asem bandeng
Asem Bandeng, Foto Oleh Mediaresep Site

Masyarakat sekitar Lamongan memang terampil dalam hal memanfaatkan hasil laut, misalnya saja Asem Bandeng. Makanan khas Lamongan Jawa Timur ini adalah hidangan favorit yang memiliki cita rasa gurih dan asin. Perpaduan tekstur ikan bandeng yang sudah diolah bersama berbagai rempah dan dipadukan dengan kuah bening, dijamin bikin ngiler ingin segera menyantapnya. Dipadukan dengan nasi hangat bakal bikin kamu tergoda ingin menyantapnya sampai habis.

4. Perkedel Lamongan

perkedel lamongan
Perkedel Lamongan, Foto Oleh Javatravel Net

Lauk perkedel, merupakan hidangan pelengkap yang selalu ada dalam ragam hidang nusantara, baik itu nasi uduk, rawon sampai dengan nasi kuning. Meskipun kamu bisa dengan mudah menemukan perkedel di berbagai daerah, saat berada di Lamongan Perkedel kentang juga wajib dicoba. Memiliki rasa lezat dan tentunya warna kuning makin menggugah selera. Perpaduan rasa yang sempurna akan terasa makin nikmat ketika disantap sebagai lauk pelengkap beragam masakan.

Tempat: Perkedel Khas Lamongan
Alamat: Jalan Basuki Rahmat No.35, Rangge, Sukomulyo, Lamongan, Kabupaten Lamongan.

5. Soto Lamongan

soto lamongan
Soto Lamongan, Foto Oleh Id Pinterest Com

Ini dia rajanya kuliner Lamongan, Soto. Sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Perpaduan bumbu koya yang berperan sebagai pelengkap terbaik untuk menghadirkan rasa gurih nan sedikit asin. Ketika kamu mengkonsumsi Soto Lamongan maka akan mendapatkan Isian berupa suwiran daging ayam, irisan daun kol, irisan tomat, mie bihun, potongan telur rebus dan daun bawang. Perpaduan isian yang lengkap dan kaya akan terasa makin nikmat ketika kamu menyantapnya bersama seporsi nasi hangat dan es teh manis. Tentunya bikin kamu ingin makan lagi dan lagi ketika mengkonsumsi kuliner Lamongan satu ini.

Harga: Mulai Rp20.000 – Rp25.000 per porsi.

6. Tahu Campur Lamongan

tahu campur Lamongan
Tahu Campur Lamongan, Foto Oleh Fimela Com

Tidak hanya terkenal akan olahan rawon, Jawa Timur juga terkenal akan ragam olahan tahu yang tentunya nikmat. Sebut saja Tahu Campur khas Lamongan satu ini. Seperti namanya, makanan khas Lamongan ini menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya. Tentunya, Tahu Campur juga dilengkapi dengan petis udang, kacang tolo dan perkedel yang makin membuat rasanya sempurna. Perpaduan rasa gurih dan tentunya bikin kamu berselera untuk segera mengkonsumsinya. Ketika kamu memesan Tahu Campur Lamongan maka akan mendapatkan isian berupa lontong, tahu, tauge, perkedel, daun singkong dan kerupuk. Gurihnya rasa yang pas dan tentunya bikin kenyang membuat olahan tahu ini wajib kamu coba.

Tempat: Tahu Campur Lamongan Mbak Yati
Alamat: Jalan Panglima Sudirman, Nomor 73, Banjarmendalan, Lamongan

7. Nasi Boran

nasi baronan
Nasi Boran, Foto Oleh Food Detik Com

Nasi Boran adalah kuliner khas Lamongan selain soto yang juga wajib kamu coba. Nama Boran berasal dari julukan wadah anyaman bambu yang dipakai sebagai piring nasi, termasuk nasi khas Lamongan satu ini. Nasi Boran otentik dengan nasi campur. Dimana hidangan yang disajikan berupa daging ayam, ikan bandeng, jeroan, telur dadar, tahu, tempe dan telur asin. Tidak hanya itu, tambahan ikan sili makin membuat cita rasa Nasi Boran semakin kaya dan tentunya nikmat. Untuk itu, tertarik mencoba bagaimana kelezatan kuliner Lamongan ini?

Alamat: Desa Sumberejo, Lamongan
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp25.000 per porsi.

8. Bandeng Colo

bandeng colo
Bandeng Colo, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Beragam tambak yang ada di Lamongan, membuat ragam kulinernya tidak jauh dari olahan ikan, sebuat saja Bandeng Colo ini. Bandeng Colo sepintas memiliki tampilan mirip dengan Asem Bandeng, bedanya hidangan khas Lamongan ini tentunya punya cita rasa pedas dan tidak terlalu asam. Paduan kuah kuning dan tentunya sayuran serta bandeng yang segar membuat kuliner Lamongan ini penuh cita rasa dan tentunya nikmat. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Lamongan, akan terasa pas saat menyantap menu Bandeng Colo sebagai hidangan makan siang bersama seporsi nasi hangat.

Alamat: Jalan Sunan Giri, Lamongan
Harga: Sekitar Rp13.000 per porsi

9. Wingko Babat

wingko babat
Wingko Babat, Foto Oleh Blog Tokowahab Com

Tidak hanya dimanjakan dengan keunikan makanan khas Lamongan yang penuh rasa, kamu juga bisa membawa jajanan Wingko Babat sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Terbuat dari perpaduan tepung ketan, kelapa dan tentunya gula membuat hidangan ini nikmat serta legit dalam tiap gigitannya. Selain itu, bentuknya yang mungil makin membuat hidangan ini terasa pas ketika disantap. Itulah sebabnya, ketika bertandang ke Lamongan belum sah ketika tidak membawa pulang oleh-oleh khasnya satu ini.

Tempat: Wingko Babat Loe Lan Ing
Alamat: Jalan Raya Babat No.189, Banaran, Babat, Babat, Lamongan

10. Dawet Siwalan

dawet siwalan
Dawet Siwalan, Foto Oleh Ksmtour Com

Tak hanya makanan khasnya yang menjadi primadona, tetapi minuman khas Lamongan juga tak mau kalah lezat untuk dicoba. Dengan kesegaran yang ditawarkan, tak heran bila Dawet Siwalan menjadi incaran penghilang dahaga di Kota Lamongan. Pembuatan minuman ini menggunakan bahan santan dan sirup gula merah sebagai bahan dasarnya. Tidak hanya itu saja, tentunya potongan siwalan makin membuat perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya menyegarkan. Untuk itu, ketika kamu bertandang ke Lamongan, akan semakin lengkap rasanya jika kamu melepaskan dahaga dengan minuman khas dari Lamongan ini.

Alamat: Sekitar daerah Paciran
Harga: Mulai Rp5.000 per gelas.

11. Marning

marning jagung
Marning, Foto Oleh Tokopedia Com

Bagi kalian pecinta olahan jagung, maka kuliner Lamongan Marning bakal jadi favoritmu. Marning adalah camilan khas Lamongan dimana terbuat dari jagung yang dikeringkan kemudian ditambahkan aneka bumbu perasa. Perpaduan rasa dan teksturnya yang renyah serta gurih membuat camilan ini cocok dijadikan teman segala macam suasana. Tidak hanya itu, tentunya Marning juga awet dan cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lamongan untuk keluarga di rumah. Jadi, ketika kamu bertandang kesini dan mau membawa pulang jajanan renyah sebagai buah tangan, Marning adalah pilihan terbaik untuk itu.

12. Jumbrek

jumbrek
Jumbrek, Foto Oleh Kompasiana Com

Camilan tradisional Jumbrek tak mau kalah dengan buah tangan khas Lamongan lainnya. Memiliki bentuk yang cukup unik yaitu berbentuk kerucut dengan bahan dasar gula aren, tepung beras dan kelapa tentunya membuat Jumbrek terasa nikmat. Tidak cukup sampai disitu, perpaduan rasa manis yang khas dan tahan lama membuat jumbrek juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Itulah sebabnya belum sah rasanya ketika bertandang ke Lamongan nggak membawa pulang jajanan satu ini sebagai buah tangan.

Harga: Sekitar Rp30.000 per bungkus

13. Keripik Sunduk

keripik sunduk
Keripik Sunduk, Foto Oleh Javatravel Net

Bagi kamu yang gemar makan cemilan gurih dan renyah, wajib banget untuk coba Keripik Sunduk sebagai cemilan utama ketika bertandang ke Lamongan. Seperti namanya, Keripik Sunduk terbuat dari ikan sunduk yang diperoleh dari hasil laut. Perpaduan rasa gurih serta teksturnya yang renyah membuat Keripik Sunduk khas Lamongan biasa dijadikan sebagai lauk pelengkap beragam menu makanan. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Lamongan, belum lengkap rasanya jika tidak memborong jajanan ini di berbagai pusat oleh-oleh khas Lamongan sebelum kembali ke kampung halaman.

Harga: Sekitar Rp20.000 per 250 gram.

14. Rempeyek Cita Rasa

rempeyek cita rasa
Rempeyek Cita Rasa, Foto Oleh Bukalapak Com

Bagi kamu pecinta lauk pelengkap rempeyek, maka Rempeyek Cita Rasa wajib banget menjadi kuliner yang tidak terlewatkan. Makanan khas Lamongan ini tidak hanya cocok dijadikan cemilan, tapi juga buah tangan untuk keluarga di rumah. Terbuat dari telur, tepung beras ketan, bawang putih, ketumbar, garam, kunyit dan tentunya ragam rempah lainnya membuat rempeyek khas Lamongan ini punya cita rasa yang otentik. Tidak hanya itu, teksturnya yang renyah, gurih dan sedikit asin makin membuatnya terasa sempurna saat dijadikan sebagai pelengkap beragam menu masakan.

Uniknya lagi, Rempeyek Cita Rasa juga menggunakan dua jenis topping, yaitu kacang tanah dan kacang hijau. Perpaduan rasa yang sempurna dan teksturnya yang pas bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantap camilan khas Lamongan ini. Jadi, tertarik ingin mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Lamongan ini?

Tempat: Rempeyek Gawean Wong
Harga: Sekitar Rp3.000 per bungkus

15. Gula Merah Siwalan

gula merah siwalan
Gula Merah Siwalan, Foto Oleh Bukalapak Com

Meski namanya tetap gula merah, namun jangan salah gula merah khas Lamongan ini punya cita rasa unik dan khas manfaat. Gula Merah Siwalan, seperti namanya gula merah khas Lamongan ini menggunakan sadaan air mayang pohon siwalan dan gula merah sebagai bahan dasarnya. Tentunya rasa manis yang dihasilkan lebih otentik dan berbeda dari gula kebanyakan. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Lamongan, Gula Merah Siwalan ini wajib kamu bawa pulang.

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus.

Bertandang salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memang makin pas jika kamu mencicipi ragam makanan khas Lamongan yang siap memanjakan lidah. Itulah sebabnya siapkan budget dan nikmati pesona rasa mulai dari kuliner, minuman, tempat makan sampai dengan oleh-oleh khas yang bikin ingat terus tentang Lamongan. Jadi, ketika berkesempatan datang ke kabupaten ini, makanan khas Lamongan mana yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Makanan Khas Lamongan Populer dan Wajib Dicoba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending