Ayu Setya Rini culinary enthusiast

27 Makanan Khas Pontianak Terenak Banget di 2020 #3

8 min read

Jorong-Jorong

Saat kita hendak berkunjung ke Pontianak, satu hal yang pasti terlintas adalah oleh-oleh dan makanan khasnya menggugah selera. Pontianak terkenal dengan Kota Khatulistiwa yang pastinya kuliner khas Pontianak tentu tak kalah nendang dibanding hidangan di daerah lain. Ada beragam kuliner yang bisa kamu coba mulai dari basah, kering, lembut, keras, kenyal dan masih banyak lagi. Untuk itu, bagi kamu yang berencana pergi ke Kota Khatulistiwa, 27 makanan khas Pontianak ini wajib banget jadi jujugan saat berwisata kuliner. Siapkan budget dan tulis mana yang akan kamu cicipi pertama kali saat berada di Pontianak.

1. Bubur Pedas

Bubur Pedas
Bubur Pedas, Foto Oleh Indonesia Go Id

Bagi kamu pecinta olahan bubur, maka makanan khas Pontianak Bubur Pedas wajib banget dicoba. Meskipun memiliki nama bubur, kuliner Pontianak ini merupakan olahan berbahan dasar pucuk daun pakis, kangkung, daun kesum, daun lengkuas dan dedaunan lain. Tidak hanya itu, Bubur Pedas khas Pontianak juga disajikan dengan taburan kacang goreng dan teri di atasnya sehingga cita rasanya nikmat dan nampol banget. Tentunya ketika menyatapnya kamu akan merasakan sensasi kelezatan yang bakal bikin melek dan ingin menyuap lagi dan lagi.

Tempat: Bubur Pedas Pak Ngah
Alamat: Jalan P Natakusuma Nomor 74, Sungai Bangkong, Pontianak Kota.
Harga: Mulai Rp11.000.

2. Soto Pangkong

Sotong Pangkong
Sotong Pangkong, Foto Oleh Ksmtour Com

Bagi para pecinta sotong, makanan ini tentunya tidak asing ditelinga kalian? Yaps, Sotong Pangkong. Makanan khas dari Pontianak berbahan utama cumi kering dan sambal kacang. Dimana, cumi kering dipanggang dan dipukul agar dagingnya lebih terasa empuk, kemudian setelah melalui proses pemanggangan, cumi disiram bersama kuah sambal kacang. Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan bakal makin terasa nikmat ketika kamu menyantapnya di siang hari. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya makanan khas Pontianak satu ini?

Alamat: Jalan Merdeka Pontianak
Harga: Mulai dari Rp20.000 – Rp30.000

3. Burung Punai

Burung Punai
Burung Punai, Foto Oleh Saungancol Blogspot Com

Seperti namanya, makanan khas Pontianak Kalimantan Barat ini menggunakan olahan Burung Punai sebagai bahan dasar. Burung Punai merupakan sejenis burung merpati, berwarna hijau juga paruhnya yang kemerahan. Makanan Khas Pontianak ini dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar sehingga bertekstur lembut serta bercita rasa yang khas. Kamu bisa menyantap olahan Burung Punai bersama seporsi nasi hangat dan juga sambal agar lebih nikmat tiap suapannya.

Tempat : Rumah Makan Medan Baru

4. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan
Lek Tau Suan, Foto Oleh Kooliner Com

Makanan ringan khas Pontianak satu ini terbuat dari kacang hijau kupas, Lek Tau Suan namanya. Terdengar dari namanya kuliner ini merupakan makanan hasil akulturasi budaya Tionghoa. Dimana, Lek Tau Suan terbuat dari campuran kuah kental yang berbahan dasar pandan, tepung tapioka dan gula. Kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat ini biasanya dihidangkan berdampingan dengan Cakwe kering. Rasanya yang khas dan pastinya nikmatnya tiada dua membuat kamu wajib banget coba kuliner Pontianak ini.

Alamat: Jalan Gajahmada, Pontianak.

5. Mie Tiaw

Mie Tiaw
Mie Tiaw, Foto Oleh Selerasa Com

Kamu penggemar berat mie? Ketika berada di Pontianak wajib banget mencoba Mie Tiaw. Seperti namanya makanan khas Pontianak ini berbahan dasar mie dengan varian goreng dan kuah. Mie Tiaw khas Pontianak disajikan bersama jeroan, kulit, daging sapi, daun sawi dan tauge. Cita rasanya yang khas dan pastinya nikmat bakal makin terasa lengkap ketika disantap saat cuaca hujan di Pontianak. Bikin ingin tidak berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Mie Tiaw Apollo
Alamat:  Jalan Patimura Nomor 63, Darat Sekip
Harga: Mulai Rp13.000

6. Coklat Wijen

Coklat Wijen
Coklat Wijen, Foto Oleh Martabakborneo Com

Mau camilan khas Pontianak berbahan dasar coklat? Maka Coklat Wijen bisa jadi pilihan. Seperti namanya, Coklat Wijen berbahan utama coklat yang bercampur dengan wijen. Dimana perpaduan cita rasa manis dan gurih bakal bikin kamu lupa diet ketika mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, karena terbilang awet Coklat Wijen juga cocok dijadikan sebagai buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Jadi, mau membawa manisnya liburan di Pontianak sampai ke kampung halaman, bawa saja Coklat Wijen ini sebagai buah tangan untuk keluar di rumah!

Harga: Mulai Rp20.000

7. Pengkang

Pengkang
Pengkang, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Pengkang merupakan makanan khas dari Pontianak berbahan utama beras ketan dengan isiannya ebi. Kedua bahan tersebut kemudian dicampur dan dibungkus menggunakan daun pisang. Pengkang memiliki bentuk kerucut dan diikat dengan bambu untuk dibakar. Biasanya kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat ini akan lebih nikmat disajikan bersama sambal kerang. Perpaduan rasa gurih yang khas dan pastinya murah meriah serta tiada duanya menjadikan Pengkang wajib jadi kuliner Pontianak yang tidak boleh terlupakan.

Alamat: Desa Peniti
Harga: Mulai Rp4.500

8. Lempok Durian

Lempok Durian
Lempok Durian, Foto Oleh WowKeren Com

Kalimantan memang terkenal dengan olahan durian, tidak terkecuali ketika berada di Pontianak. Ada Lempok Durian yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Kota Katulistiwa ini. Lempok Durian merupakan kuliner khas Pontianak yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam buah durian.

Selain itu, Lempok Durian juga bertekstur kenyal seperti dodol, hanya saja tidak memakai campuran bahan ketan. Cita rasanya yang khas dan pastinya juga awet menjadikan Lempok Durian juga cocok dijadikan sebagai buah tangan sekaligus camilan ketika minum teh maupun kopi. Jadi, belum sah rasanya datang ke Kalimantan ketika belum mencoba olahan Lempok Durian. Untuk itu tertarik membawanya pulang sebagai oleh-oleh keluarga tersayang?

Tempat: Lempok Durian Setiabudi
Alamat: Jalan Dr. Setiabudi, Nomor 46C, Pontianak.
Harga: Mulai Rp50.000 – Rp200.000.

9. Kwe Cap

Kwe Cap
Kwe Cap, Foto Oleh 99 Co

Sudah pernah dengar tentang Kwe Cap? Kwe Cap yang diperjualkan di Pontianak mengalami perubahan tampilan dan rasa. Penjual makanan khas Pontianak Kalimantan Barat ini tidak dapat terhitung jari. Panganan yang sudah cukup langka khas Pontianak ini merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa. Dimana Kwe Cap terbuat dari lembaran tepung beras yang sudah dimasak, lalu dihidangkan bersama kuah khusus juga tambahan kulit babi goreng sebagai topping. Rasanya sudah tentu enak dan mengenyangkan.

Tempat: Kwe Cap Veteran.
Alamat: Jalan Muara Karang Raya No. 159, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara
Harga: Mulai dari Rp50.000 – Rp100.000

10. Chai Kwe atau Chi Pan

chai kue atau chi pan
Chai Kwe atau Chi Pan, Foto Oleh Cookpad Com

Chai Kwe merupakan cemilan kue khas Pontianak yang berisi sayur dan dibalut menggunakan adonan tepung beras. Kue tradisional khas Pontianak ini memiliki Isian talas, rebung, kucai, bengkoang dan kacang. Biasanya Makanan ringan khas dari Pontianak ini dihidangkan dalam dua varian, yaitu kukus dan goreng. Memiliki tekstur yang hampir mirip dengan siomay khas Jawa menjadinya cocok dijadikan sebagai camilan paling nikmat saat cuaca hujan. Jadi, tertarik mencoba kuliner Pontianak satu ini?

Harga: Mulai Rp1.000 – Rp2.000

11. Bakmi Kepiting

Bakmi Kepiting
Bakmi Kepiting, Foto Oleh Food Detik Com

Bagi kalian pecinta kepiting tentu tak akan melewatkan kesempatan menyantap makanan ini saat berada di Pontianak. Makanan khas Pontianak Bakmi Kepiting memiliki tekstur lembut, berukuran kecil serta rasa asin manis yang memanjakan lidah. Bakmi Kepiting menggunakan isian mewah, yaitu daging kepiting. Cita rasanya yang khas serta pastinya tekstur bakmi yang kenyal bakal jadi menu favorit kamu para pecinta olahan mie. Jadi, mau mencoba kenikmatan Bakmie Kepiting khas Pontianak ini?

Tempat: Bakso & Bakmi Pak Usu
Harga: Mulai Rp30.000

12. Sagu Gunting

Sagu Gunting
Sagu Gunting, Foto Oleh Id Pinterest Com

Makanan khas Pontianak Kalimantan Barat ini memiliki cita rasa manis, terbuat dari gula merah dan susu kemudian dicampur sagu, Sagu Gunting namanya. Sekilas olahan khas Pontianak ini memiliki tekstur mirip agar-agar namun cita rasanya berbeda. Untuk itu bagi kamu yang ingin merasakan bedanya kuliner Pontianak Sagu dengan agar-agar, saat berada di Kota Katulistiwa jangan lupa mencoba kelezatan makanan ini ya sobat Kuliner Kota!

13. Kwe Kia Theng

Kwe Kia Theng
Kwe Kia Theng, Foto Oleh Indozone Id

Kwe Kia Theng hampir memiliki kemiripan dengan Kwe Cap, hanya saja berbeda kuah dan isiannya. Kuliner khas Pontianak ini tentunya hanya dapat dicicipi di daerah asalnya, Pontianak. Isian dari Kwe Kia Theng adalah telur kecap, daging babi juga jeroan seperti jantung, hati dan usus. Cita rasanya yang khas dan pastinya nikmat banget bakal bikin kamu ketagihan kalau hanya mencoba satu porsi saja.

Harga: Mulai Rp25.000

14. Bubur Ikan

Bubur Ikan
Bubur Ikan, Foto Oleh Kompas Com

Kamu suka dengan segala olahan bubur? Bubur ikan Pontianak ini mempunyai tampilan dan rasa yang khas daripada bubur pada umumnya. Berisi nasi, kuah, sayuran serta taburan jenis ikan laut dan sungai tentunya juga telur ayam kampung.

Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan bakal cocok mengganjal perut kamu yang lapar. Uniknya lagi, bubur khas Pontianak ini berbeda dengan bubur yang lain dihidangkan untuk sarapan, Bubur Ikan sering dinikmati saat menjelang malam. Jadi, cocok bukan sebagai pilihan makan malam yang tidak terlalu berat bagi kamu yang sedang diet?

Harga: Mulai Rp25.000 – Rp60.000

15. Kue Bulan

Kue Bulan
Kue Bulan, Foto Oleh Blibli Com

Bicara soal makanan yang berasal dari Tionghoa. Kue Bulan atau orang menyebutnya Yue Ping. Memiliki ciri khas berbentuk bundar dan besar serta rasanya yang manis membuat panganan ini disukai banyak orang. Sayangnya makanan ringan khas Pontianak ini mengandung minyak babi. Jadi, bagi kalian seorang muslim berhati-hati ya ketika ingin mencicipi olahan satu ini!

Harga: Mulai Rp100.000

16. Kiam Ko Kwe

Kiam Ko Kwe
Kiam Ko Kwe, Foto Oleh Putratravel Ne

Kiam Ko Kwe berbahan dasar tepung beras yang ditaburi ayam cincang. Kuliner Pontianak ini terbuat dari adonan tepung beras yang dipotong membentuk kotak, ditumis dengan bawang ebi kemudian diberi bumbu kecap,merica, garam dan tambahan telur. Teksturnya kenyal serta rasa gurih ebi, manis kecap dan renyahnya kucai membuat makanan ini bakal jadi favorit kamu. Tidak cukup sampai disitu, pastinya kuliner ini juga halal dan cocok dijadikan sebagai camilan saat bersantai. Untuk itu tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner ini?

Harga: Mulai Rp10.000

17. Bingke Berendam

Bingke Berendam
Bingke Berendam, Foto Oleh Borneo24 Com

Satu lagi makanan khas Pontianak yang terbuat dari tepung dan telur, Bingke Berendam namanya. Memiliki beragam varian rasa mulai dari original, kentang durian, keju dan masih banyak lagi. Kue khas Pontianak ini biasanya dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari gula dan putih telur. Rasanya yang khas dan pastinya nikmat banget bakal bikin kamu ketagihan mencobanya berulang kali. Selain itu, Bingke Berendam juga mempunyai tekstur lembut dan kenyal, jadi tentunya memudahkan kamu tiap gigitannya.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp20.000

18. Kue Kantong Semar

Kue Kantong Semar
Kue Kantong Semar, Foto Oleh Id Pinterest Com

Seperti namanya, camilan khas pesisir Kalimantan Barat ini berbahan utama tumbuhan kantong semar, Kue Kantong Semar namanya.Tumbuhan kantong semar sendiri biasanya dijadikan sebagai wadah adonan beras pulut yang dicampur dengan kacang merah kukus. Rasanya yang khas dan tentunya juga menarik, menjadikan kuliner Pontianak ini wajib jadi makanan yang tidak boleh terlewatkan.

Harga: Mulai Rp3.000 – Rp5.000

19. Pisang Goreng Srikaya

Pisang Goreng Srikaya
Pisang Goreng Srikaya, Foto Oleh Pontianak Tribunnews Com

Makanan ringan khas Pontianak selanjutnya yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Pisang Goreng Srikaya. Berbeda dengan pisang goreng pada umumnya, makanan khas dari Pontianak ini menggunakan pisang nipah yang hanya dapat tumbuh di Pontianak. Untuk selai srikaya sendiri terbuat dari campuran telur dan buah srikaya. Perpaduan cita rasa manis dan asam yang khas dari Pisang Goreng Srikaya cocok dijadikan sebagai menu sarapan ataupun camilan saat berkumpul bersama keluarga.

Harga: Mulai Rp6.000

20. Jorong-Jorong

Jorong-Jorong
Jorong-Jorong, Foto Oleh Sumber Com

Saat bulan Ramadhan tiba, Jorong-jorong merupakan makanan khas Pontianak yang tidak boleh terlewatkan. Jorong-Jorong khas ramadhan terbuat dari tepung beras dan santan kental. Meskipun terbilang menggunakan bahan sederhana, namun ketika ada sedikit saja kesalahan dalam memasukkan bahan, alhasil rasa dan teksturnya bisa berubah total. Untuk itu ketika kamu berada di Pontianak ketika bulan puasa tiba, wajib banget icip-icip kuliner satu ini.

21. Mochi Pontianak

Mochi Pontianak
Mochi Pontianak, Foto Oleh Kumparan Com

Kuliner khas Pontianak memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Mochi Pontianak yang wajib banget dicoba. Mochi merupakan jajanan terbuat dari adonan tepung kanji yang dipotong dan dibentuk kotak kecil. Tidak lupa, taburan kacang dalam adonan. Itulah sebabnya Mochi Pontianak mempunyai cita rasa nikmat serta aromanya yang khas. Untuk itu, bagi kalian pecinta mochi wajib banget mencoba kuliner Pontianak satu ini.

Harga: Mulai Rp16.000

22. Stik Keladi

stick keladi
Stik Keladi, Foto Oleh Tokomesin Com

Stik Keladi adalah salah satu makanan ringan khas dari Pontianak yang mudah untuk dibuat. Bahan dasarnya yaitu talas atau dalam bahasa Pontianak disebut Keladi. Talas yang dipakai merupakan talas yang ditanam khusus untuk dibuat stik keladi. Memiliki tekstur renyah serta rasanya yang gurih membuat jajanan ini cocok dijadikan menu pelengkap segala macam suasana. Tidak hanya itu, Stik Keladi juga cocok dijadikan sebagai buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Karena pastinya awet, praktis dan mudah dibawa kemanapun. Oleh sebab itu, mau makan ataupun mencari buah tangan? Yuk bawa saja Stik Keladi ini sebagai pilihannya.

Harga: Mulai Rp10.000 – 30.000

23. Tart Susu

tart susu
Tart Susu, Foto Oleh Id Pinterest Com

Persis seperti namanya, makanan khas dari Pontianak ini berbahan utama susu dengan warna kuning yang menggugah selera. Perpaduan warna kuning yang terbuat dari kuning telur serta rasa legit bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Selain itu, Tart Susu juga memiliki tekstur kulit luar yang renyah yang pastinya makin tambah nikmat. Perpaduan rasa gurih dan manis dari susu serta teksturnya yang empuk bakal bikin kamu tidak ingin berhenti mengunyah kue khas Pontianak satu ini.

Harga: Mulai Rp35.000 – Rp150.000

24. Che Hun Tiau

Che Hun Tiau
Che Hun Tiau, Foto Oleh Food Detik Com

Mau mencicipi olahan cendol khas Pontianak, kamu bisa mencoba Chen Hun Tiau. Olahan cendol khas Pontianak ini terbuat dari campuran ketan hitam, cincau, santan, kacang merah, bongko dan gula merah. Perpaduan cita rasa gurih dan manis yang khas menjadikan kuliner satu ini memikat untuk terus menyuap lagi dan lagi. Apalagi harganya juga murah meriah, jadi tak heran menggoda siapa pun untuk segera menyantapnya.

Harga: Mulai Rp15.000

25. Kembang Tahu

Kembang Tahu
Kembang Tahu, Foto Oleh Kompas Com

Saat cuaca panas dan sedang berada di Pontianak, kamu harus mencoba kuliner satu ini, Kembang Tahu. Minuman khas dari Pontianak yang cocok jadi pelepas dahaga di segala macam suasana. Perpaduan rasa segar bercampur dengan manisnya gula merah serta hangatnya kuah jahe bakal bikin kamu tidak berhenti menyeruputnya sampai habis.

26. Pasong (Sambas)

pasong
Pasong (Sambas), Foto Oleh Idntimes Com

Kuliner khas dari Pontianak yang tidak kalah nikmat dan patut dicoba adalah Pasong (Sambas). Jajanan kering khas Pontianak ini berbentuk kerucut dan berbalut daun pisang. Memiliki tekstur legit juga isinya berwarna kecoklatan bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya.

Selain itu, camilan tradisional khas Pontianak ini memiliki dua varian rasa, yaitu rasa lemak dan rasa manis. Tapi perlu sobat Kuliner Kota tahu, kue bercita rasa menggoda ini hanya ada pada hari ke-27 saat bulan Ramadhan di Pontianak. Jadi, ketika kamu sedang pulang kampung atau mengunjungi Pontianak di bulan Ramadhan, jangan sampai melewatkan icip-icip kue nikmat satu ini.

27. Es Krim Petrus

es krim petrus
Es Krim Petrus, Foto Oleh KSMTour Com

Kamu pecinta es krim? Maka kuliner khas Pontianak Es Krim Petrus wajib banget dicoba. Es krim khas Pontianak ini terkenal dengan cita rasanya yang nikmat, segar dan memiliki beragam pilihan rasa. Kamu bisa memilih mulai dari rasa vanila, coklat, dan rasa buah seperti nangka. Uniknya lagi, Es krim Petrus merupakan es krim ala rumahan yang disajikan menggunakan gelas, roti sampai batok kelapa. Jadi, pastinya terlihat nikmat dan menyegarkan ketika kamu menyantapnya di siang hari ketika berada di Pontianak.

Tempat: Depan sekolah Santo Petrus
Harga: Mulai Rp8.000

Bagaimana cukup beragam bukan makanan khas di Pontianak? Untuk itu jangan sampai melewatkan momen berwisata kuliner ketika berada di Kota Katulistiwa. Siapkan daftar khusus, budget dan pastinya waktu untuk mencoba semua kuliner diatas yang pastinya nikmat, nagih dan bikin ingin datang lagi. Jadi, dari sekian makanan khas Pontianak yang jadi rekomendasi Kuliner Kota mana yang sudah pernah kamu cicipi?

Last Updated on November 19, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *