1. Kuliner

20 Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah Bikin Ngiler

Kota Bercahaya, sebuah julukan dari Cilacap Jawa Tengah. Selain terkenal dengan destinasi wisata menarik, kota Cilacap juga memiliki perpaduan unik antara budaya Banyumasan dan Sunda, maka dari itu tak heran jika dalam kebiasaan hariannya mereka menggunakan dua campuran bahasa. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki beragam keunikan yang akan menjamu hari-harimu, salah satunya adalah kuliner khas Cilacap. Hidangan khas Cilacap senantiasa menggugah selera para wisatawan, karena bumbu khusus turun-temurun dan tentunya perpaduan rasa Sunda dan Jawa. Penasaran dengan keunikan makanan khas Cilacap? Simak ulasan lengkap Kuliner Kota berikut ini.

1. Mendoan

mendoan
Mendoan, Foto Oleh Akurat Co

Mendoan adalah sajian khas Cilacap pertama yang wajib kamu coba. Makanan khas Cilacap tempe Mendoan terbuat dari tempe yang dipotong lebar dan tipis lalu dilumuri tepung yang sebelumnya sudah dicampur aneka bumbu dan daun bawang. Selanjutnya tempe tersebut akan digoreng setengah matang. Perpaduan rasa yang nikmat tentunya dengan tekstur empuk dari Mendoan membuatnya makin terasa nikmat ketika disantap dengan cocolan sambal.

Tempat: Tempe Mendoan Bu Rokiyah
Alamat: Jalan Kalidonan, Cilacap Tengah, Cilacap

2. Gembus

gembus
Gembus, Foto Oleh Cookpad Com

Gembus atau banyak orang menyebutnya donat Jawa adalah makanan khas Cilacap Jawa Tengah yang menggunakan daun singkong sebagai bahan dasarnya. Hidangan khas Cilacap ini akan dibentuk menyerupai donat kemudian di goreng sampai warnanya kecoklatan. Rasanya yang gurih dan sedikit kenyal membuat siapapun akan ketagihan ketika pertama kali mencobanya.

Kamu dapat menjumpai Gambus diberbagai penjual gorengan atau saat ada acara hiburan di kampung sekitar Cilacap. Rasanya yang nikmat tentunya akan makin memanjakan lidah ketika disantap dalam keadaan hangat bersama cocolan sambal pecel.

Tempat: Toko Marry
Harga: Sekitar Rp30.000 per 500 gram

3. Thempleng

thempleng
Thempleng, Foto Oleh Shawless Net

Kuliner khas Cilacap selanjutnya yang wajib banget kamu coba adalah Thempleng. Thempleng atau sering disebut sebagai rempeyek Cilacap, merupakan hidangan berbahan utama tepung beras dan campuran bumbu pelengkap lainnya.

Kuliner Cilacap satu ini memiliki berbagai variasi, mulai dari rempeyek kacang, teri, kedelai, rebon dan kacang hijau. Biasanya Thempleng dapat ditemukan di warung makan dengan harga yang terjangkau. Nikmat dan renyahnya Thempleng bakal makin terasa nikmat saat dijadikan lauk pelengkap beragam menu khas Cilacap.

4. Lanting Cilacap

lanting cilacap
Lanting Cilacap, Foto Oleh Inibaru Id

Bertandang ke Cilacap akan lebih terasa lengkap jika sudah bertemu dengan Lanting. Hidangan khas Kota Bercahaya ini berbahan dasar singkong berusia minimal enam bulan. Umumnya Lanting mempunyai dua jenis warna yakni merah dan putih. Selain memiliki dua pilihan warna, Lanting juga berbentuk bulat dan pada bagian tengah berlubang. Perpaduan rasa khas dan tentunya tahan lama membuat Lanting wajib banget menjadi kudapan yang kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp30.000 per bungkus.

5. Tempe Dages

tempe dages
Tempe Dages, Foto Oleh Cookpad Com

Tidak hanya mendoan yang populer di kalangan masyarakat Cilacap, Tempe Dages juga wajib banget kamu coba. Bedanya makanan khas Cilcap satu ini menggunakan bahan dari Dages (hasil fermentasi ampas tahu). Memiliki warna abu-abu dengan penampakan kotak dan padat menjadikannya terlihat menarik.

Selain itu, tentunya rasa yang ditawarkan juga gurih dan nikmat. Istimewanya lagi, makanan khas dari Cilacap Jawa Tengah ini dapat bertahan lama, tetapi jika teksturnya tak lagi kering maka bisa digoreng kembali. Perpaduan rasa serta teksturnya yang gurih sempurna bakal makin nikmat saat disantap dengan sambal maupun petis. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tempat: PasMo BSD
Alamat: Sekitar Rp500 per biji.

6. Tahu Masak

tahu masak
Tahu Masak, Foto Oleh Cookpad Com

Tahu Masak adalah makanan khas dari Cilacap berbahan dasar tahu yang digoreng menggunakan sedikit minyak, lalu dipotong-potong. Selanjutnya tidak lupa,  ditambahkan irisan kubis kerupuk banggi, kupat dan bumbu khas lain yang dipadukan dengan kacang giling.

Sekilas wujud Tahu Masak mirip seperti Kupat Tahu ala Cirebon, namun tentunya dengan isian yang berbeda. Cita rasa asam pedas, gurih dan manis dari kuliner Cilacap ini tentu bikin kamu makin ngiler ingin segera menikmatinya.

Alamat: Sepanjang jalan Cilacap
Harga: Sekitar Rp10.000 per porsi.

7. Salai Pisang

salai pisang
Salai Pisang, Foto Oleh Pedomanbengkulu Com

Jajanan dengan bahan dasar pisang akan banyak kamu temui ketika berada di Cilacap, salah satunya yakni Salai Pisang. Makanan khas Cilacap ini terbuat dari pisang ambon yang dijemur kering dan digoreng menggunakan adonan tepung. Salai Pisang memiliki dua jenis, yaitu Salai pisang basah dan kering.

Salai pisang basah memiliki tekstur kering diluar namun sedikit lembut saat digigit. Sedangkan Salai Pisang Kering cenderung bertekstur renyah luar dalam, awet dan gurih manis dalam setiap gigitannya. Tentunya jajanan khas Cilacap ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai camilan tapi juga buah tangan ketika berkunjung ke Cilacap.

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus.

8. Keripik Tempe

keripik tempe
Keripik Tempe, Foto Oleh Id Pinterest Com

Keripik Tempe menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah, seperti Banyumas dan Cilacap. Hidangan renyah ini sekilas seperti mendoan, hanya saja Keripik Tempe digoreng kering dan bentuknya tipis. Cita rasanya yang gurih, sedikit asin dan tentunya renyah membuat Keripik Tempe cocok dijadikan camilan segala macam suasana. Tidak hanya itu, karena terbilang awet, Keripik Tempe juga cocok dijadikan oleh-oleh khas dari cilacap loh sobat Kuliner Kota! Tentunya jika membawa pulang renyahnya Keripik Tempe bikin ingat terus momen manis di kota ini.

Harga: Sekitar Rp17.000 per bungkus.

9. Brekecek

brekecek
Brekecek, Foto Oleh Indonesia Go Id

Sudah pernah dengar kuliner Brekecek? Kuliner Cilacap Brekecek ini dijuluki sebagai Pathak Jahan atau Kepala Ikan Jahan. Walau memiliki nama yang cukup unik, sebenarnya Brekecek adalah hidangan berbahan dasar kepala ikan Jahan. Kepala Ikan Jahan akan dimasak bersama bumbu yang mirip rica-rica.

Istimewanya lagi ketika kamu menyantap Brekecek yaitu dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan. Perpaduan rasa nikmat dan otentik dari olahan khas Cilacap ini bakal lebih mantap saat dinikmati bersama nasi hangat.

Tempat: RM Brekecek Pathan Jahan Bu Widi
Alamat: Jalan Slamet, Nomor 05, Sidanegara, Cilacap
Harga: Sekitar Rp22.000 per porsi

10. Rempeyek Yutuk

rempeyek yutuk
Rempeyek Yutuk, Foto Oleh Akurat Co

Salah satu kuliner Cilacap yang populer dengan kerenyahan adalah Rempeyek Yutuk. Yutuk sendiri adalah hewan laut serupa dengan kepiting atau udang, masyarakat Cilacap sering memanggilnya undur-undur laut. Hewan tersebut biasanya banyak ditemui di daerah pantai Widarapayung dan sekitarnya.

Cita rasa gurih dari Rempeyek Yutuk bakal makin membuat kamu tergoda untuk tidak berhenti menikmatinya. Selain itu, warna orange kemerah-merahan makin memberi kesan unik dari olahan khas Cilacap ini. Tentunya juga bergizi, jadi aman dikonsumsi langsung maupun sebagai lauk pendamping beragam menu yang kamu coba di Cilacap.

Harga: Sekitar Rp50.000 per bungkus

11. Kerupuk Tengiri

kerupuk tengiri
Kerupuk Tengiri, Foto Oleh Merdeka Com

Belum puas ketika berada di Cilacap namun hanya membawa pulang Rempeyek Yutuk, tanpa Kerupuk Tengiri. Kerupuk Tengiri khas Cilacap memiliki bentuk bulat dengan warna kecoklatan. Tentunya rasa gurih dari ikan tengirinya terasa melekat di lidah. Perpaduan rasa yang sempurna dan pastinya awet membuat kamu harus membawanya pulang untuk keluarga di rumah.

Tempat: Kerupuk Tengiri Mr. Mackerel
Alamat: Jalan Tlk. Penyu, Cilacap

12. Keripik dan Stik Sukun

keripik dan stik sukun
Keripik dan Stik Sukun, Foto Oleh Jualstiksukunmurah Blogspot Com

Buah sukun tidak hanya nikmat disantap secara langsung, tapi juga ketika dimasak menjadi beragam olahan. Sebut saja, olahan Keripik dan Stik buah Sukun. Tidak hanya punya cita rasa nikmat, perpaduan rasa gurih layaknya roti membuat jajanan khas Cilacap ini disukai semua kalangan. Tidak hanya itu, tentunya juga renyah dan cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah.

Makanan khas Cilacap ini memiliki karakteristik bentuknya yang tipis, serta stik berbentuk persegi panjang. Rasanya yang nikmat dan tahan lama menjadikan kamu tidak perlu khawatir ketika ingin membawanya pulang dalam jarak jauh. Jadi, mau membawa renyahnya berlibur di Cilacap, jajanan inilah pilihannya

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus.

13. Lopis

lopis
Lopis, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Lopis adalah jajanan tradisional khas Cilacap yang memiliki rasa manis dan legit. Kuliner Cilacap ini berbahan utama beras ketan yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus sampai matang. Rasanya yang nikmat membuat siapa saja akan tertarik nambah lagi. Penyajian makanan khas Cilacap ini dilumuri saus gula merah juga taburan kelapa parut. Perpaduan rasa gurih dan manis yang sempurna dalam setiap suapan bakal bikin kamu ketagihan.

Harga: Sekitar Rp10.000 per bungkus

14. Cetil atau Cenil

cenil
Cenil atau Cetil, Foto Oleh Indozone Id

Kuliner Cilacap ini mempunyai nama unik, yaitu Cetil. Sebenarnya makanan khas Cilacap Jawa Tengah ini sama dengan Cenil, hanya saja masyarakat Cilacap menyebutnya sebagai Cetil. Memiliki tampilan menarik dengan cita rasa manis yang bakal membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya. Hidangan khas Cilacap tersebut terbuat dari olahan sari pati singkong yang diberi warna sesuai selera.  Dalam penyajiannya, Cetil atau Cenil disajikan bersama parutan kelapa juga kuah gula aren. Perpaduan rasa manis, gurih dan tentunya tekstur kenyal bikin siapa saja tergoda mencicipinya.

15. Lepet

lepet
Lepet, Foto Oleh Moveless Xyz

Lepet terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dibungkus dengan janur kuning. Di Cilacap sendiri, Lepet dihidangkan ketika diadakan acara tujuh bulanan kehamilan. Hal ini mengacu pada mitos masyarakatnya yang mengatakan jika rasa Lepet asin berarti bayi dalam kandungan adalah laki-laki, sedangkan jika rasanya tidak asin maka bayi tersebut perempuan. Tentunya makanan khas Cilacap ini tidak hanya menyimpan historis tapi juga nikmat. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya Lepet?

16. Jipang Kacang

jipang kacang
Jipang Kacang, Foto Oleh Cookpad Com

Kudapan dengan bahan dasar kacang tanah memang membuat siapapun ketagihan, karena rasa yang gurih dan tekstur keras menjadi kepuasan tersendiri ketika memakannya. Seperti Jipang Kacang khas Cilacap, makanan khas Cilacap berbahan dasar gula merah dan kacang tanah.

Perpaduan rasa gurih yang berasal dari kacang dan manisnya gula merah bakal jadi perpaduan cita rasa sempurna dalam setiap gigitannya. Jipang Kacang juga diolah secara tradisional dimana kacang tanah disangrai di dalam kuali bersama batu kerikil. Dijamin aroma dan rasanya bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Alamat: Sekitar daerah Sampang
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp20.000 per porsi.

17. Mie Ayam Cilacap

mie ayam cilacap
Mie Ayam Cilacap, Foto Oleh Maskurmambang Com

Bagi sobat Kuliner Kota yang sedang asyik mengunjungi tempat wisata Cilacap, ada baiknya untuk istirahat sejenak dan menikmati Mie Ayam khas Cilacap yang tak bisa terlupakan. Dari sisi penyajian mie khas Cilacap ini tidak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Namun jangan salah, tentunya rasanya bikin kamu tergoda menyantap lagi dan lagi.

Makanan istimewa khas Cilacap ini ini banyak dipengaruhi oleh masakan Cina sehingga warna mienya putih dengan tambahan sawi rebus, ayam dan kuah terpisah. Makin terasa nendang lagi ketika kamu menyantapnya bersama sambal dan kerupuk pangsit sebagai pelengkap.

18. Soto Sokaraja

soto sokaraja
Soto Sokaraja, Foto Oleh Craftlog Com

Soto khas Jawa Tengah satu ini wajib untuk tidak kamu lupakan, Soto Sokaraja namanya. Tersedia menu soto babat, soto ayam dan soto daging sapi. Dimana, isiannya berupa toge, soun, kerupuk banggi, kubis, babat, ayam, lontong atau nasi bersama kuah kuning kental. Tambahan sambal kacang atau sambal cabai membuat cita rasanya makin lengkap dan sempurna.Tentunya perpaduan rasa gurih dan nikmat dari Soto Sokaraja makin terasa lengkap ketika disantap dalam keadaan hangat.

Tempat: Soto Sokaraja Pak Sama
Alamat: Jalan Brigjend Katamso, Nomor 31. Cilacap

19. Bakso Bogem

bakso bogem
Bakso Bogem, Foto Oleh Travel Kompas Com

Dari namanya saja sudah terbayang kata “Bogem” yang berarti besar. Karena ukurannya sebesar kepalan tangan orang dewasa, sehingga terciptalah nama Bakso Bogem yang populer hingga sekarang. Penyajiannya hampir sama seperti bakso pada umumnya, yakni mie, kuah, saus, kecap dan sambal. Namun jangan salah, tidak hanya bakso seperti pada umumnya, kamu juga bisa menikmati bakso bakar Bogem yang makin membuat siapapun berselera. Rasanya yang nikmat tentu dengan tekstur khas sukses bikin siapa saja tergoda menyantap lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

20. Manggleng Singkong

manggleng singkong
Manggleng Singkong, Foto Oleh Cookpad Com

Manggleng adalah makanan khas Cilacap Jawa Tengah terbuat dari singkong yang diolah sedemikian rupa. Cemilan tradisional Indonesia ini sudah merakyat sejak zaman dulu. Rasanya yang gurih, renyah dan pedas membuat jajanan ini selalu disukai masyarakat. Istimewanya kagi, Manggleng Singkong juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Rasanya yang pedas, gurih serta tahan lama menjadikan jajanan ini cocok dinikmati disegala macam suasana.

Tempat: Thoha Snack
Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus

Cukup lengkap dan bikin bingung bukan harus memilih mana makanan khas dari Cilacap di atas? Rasanya gurih, manis, pedas siap dijadikan pilihan sesuai selera kamu. Untuk itu, siapkan budget dan waktu khusus agar kamu bisa menikmati ragam kuliner Cilacap yang nendang banget. Jadi, mau mencoba ragam makanan khas di Cilacap mana terlebih dahulu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah Bikin Ngiler

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]