1. Kuliner

26 Makanan Khas Madura Terkenal Enak Selain Sate dan Soto

Hampir di setiap kota di Indonesia menyajikan makanan khas Madura, hal itu dikarenakan Pulau Garam memang memiliki banyak kuliner lezat yang siap menggoyang lidah. Setiap kuliner khas Madura selalu punya kenangan sendiri di setiap gigitannya. Salah satu kuliner Madura yang populer adalah soto dan satenya. Tak hanya cita rasanya yang menggugah selera, namun makanan tersebut juga mudah untuk didapat. Selain soto dan sate Madura, ternyata masih banyak lagi makanan khas Madura yang nendang dan bikin ketagihan! Penasaran? Yuk simak ulasannya lengkapnya berikut ini.

1. Topak Ladeh

Topak Ladeh
Topak Ladeh, Foto Oleh Food Detik Com

Makanan khas Madura yang tidak boleh terlewatkan adalah Topak Ladeh. Panganan ini hampir mirip seperti opor ayam, namun yang menjadikannya berbeda yaitu Topak Ladeh dibumbui pedas dengan kuahnya merah pekat. Isian dari kuliner khas Madura ini menggunakan daging sapi dan lontong.

Cita rasanya yang kuat dan lezat membuat kuliner Topak Ladeh ada di setiap warung di Madura. Jangan lupa juga, tambahkan kerupuk sebagai lauk pendamping Topak Ladeh agar rasanya semakin berwarna di setiap suapannya.

Harga: Sekitar Rp20.000 – Rp25.000

2. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot, Foto Oleh Trans7

Kaldu Kokot merupakan menu khas Madura berbahan kacang hijau yang dimasak bersama kaldu sumsum atau kikil, daging dan juga tulangnya. Kamu dapat mengingat aroma gurih khusus Kaldu Kokot ini hanya setelah sekali memakannya.

Kuah kaldunya berlemak, kental, ditambah lagi dengan empuk daging bakal bikin kamu tergoda sejak dari suapan pertama. Apalagi ketika menyantapnya bersama nasi hangat? Bikin ingin nambah porsi kedua kaliannya.

Harga: Mulai Rp40.000

3. Bebek Songkem

Bebek Songkem
Bebek Songkem. Foto Oleh Cookpad Com

Jika dilihat sekelebat, Bebek Songkem ini seperti telah melewati proses dipepes sebelum dihidangkan. Bebek Songkem khas Madura ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah khas serta dibungkus daun pisang kemudian dikukus.

Aromanya yang khas serta dagingnya yang empuk membuat Bebek Songkem selalu diminati di hati setiap pecinta olahan bebek. Apalagi kamu menyantapnya di Madura langsung bersama seporsi nasi hangat dan es teh manis? Bikin ingin ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Bebek Songkem Pak Salim
Alamat: Jalan Raya Ketegan No. 85, Ketegan, Tunjung, Bangkalan
Jam Buka: Mulai Rp25.000 – Rp30.000

4.Bebek Sinjay

Bebek Sinjay
Bebek Sinjay, Foto Oleh Pergikuliner Com

Kamu pecinta olahan Bebek? Hidangan satu ini patut menjadi rujukan saat sedang di Madura. Banyak Wisatawan yang rela mengantri demi mencicipi makanan khas Madura Bebek Sinjay .Tekstur daging bebek yang lembut dan diolah dengan menggunakan aneka macam bumbu rempah membuat Bebek Sinjay punya cita rasa khas dan nikmat banget. Apalagi, Bebek Sinjay digoreng kering dan disajikan dengan tambahan sambal mangga muda yang rasanya pedas asam? Bikin nggak ingin berhenti untuk ngunyah terus lagi dan lagi. 

Jam Buka: Mulai Rp25.000 – Rp30.000
Alamat: Jalan Raya Ketegan No. 85, Ketegan, Tunjung, Bangkalan
Jam Buka: Mulai Rp25.000 – Rp30.000

5. Nasi Serpang

Nasi Serpang Khas Madura
Nasi Serpang, Foto Oleh Ksmtour Com

Bagi kamu penggemar nasi campur, wajib banget untuk mencoba makanan khas Madura, Nasi Serpong.  Nasi ini berisi suwiran daging sapi dan ayam, ditambah dengan potongan telur, sayur oseng buncis, sambal goreng kentang, krecek, oseng tahu, tempe goreng dan bihun. Dari seporsi makanan tersebut kamu akan merasakan perpaduan rasa yang tentunya beragam dan mengenyangkan. Tidak hanya itu pastinya juga murah meriah dan bikin kamu tidak ragu membeli dua porsi maupun porsi makanan selanjutnya.

Harga: Mulai Rp18.000.

6. Nasi Jagung

Nasi Jagung Khas Madura
Nasi Jagung, Foto Oleh Faktualnews Co

Sedang kelaparan saat berlibur ke Madura? Nasi Jagung ini jawabannya. Cara pengolahannya juga cukup sederhana. Beras dan Jagung menjadi bahan utamanya, kedua bahan tersebut dimasak sampai empuk. Kemudian kuliner khas Madura tersebut dihidangkan bersama lauk pauk dan sayuran segar, seperti urap, pepes ayam atau ikan, ikan teri dan lalapan. Berbagai isian tersebut tentunya memberi rasa yang bermacam pula, seperti rasa pedas, manis, asin serta urih yang pastinya ingin menyuap lagi dan lagi.

Tempat: Nasi Serpang Bangkalan
Alamat: Jalan Ki Lemah Duwur No. 4A, Bangkalan
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp10.000

7. Nasi Setan Madura

Nasisetan madura Khas Madura
Nasi Setan Madura, Foto Oleh Tempatwisataunik Com

Cocok dengan namanya, Nasi Setan Madura memiliki rasa pedas yang menjamin lidahmu akan terbakar. Isian dari makanan khas Madura tersebut juga cukup komplit, yaitu nasi putih, empal daging, perkedel jagung, oseng tempe, ikan tongkol pindang, oseng kentang dan sambal khas Madura yang menjadi primadona pedasnya. Hidangan ini terasa lebih nikmat jika dimakan bersama keluarga dengan ditemani es teh manis. Bagi kalian pecinta pedas pasti ingin makan lagi dan lagi kuliner khas Madura ini.

Harga: Mulai Rp12.000

8. Campor

Campor
Campor, Foto Oleh MADURA MOVIE

Campor adalah makanan khas Madura yang terbuat dari perpaduan kaldu yang dicampur dengan bumbu kacang. Jangan khawatir soal rasa, Campor ini memiliki cita rasa gurih dan teksturnya kental. Dalam seporsi Campor, kamu akan mendapat singkong rebus potong, lontong, tulang muda sapi dan sumsum, juga bihun yang dicampur dengan kuah santan serta bumbu kacang. Tambahan topping daun bawang di atas Campor, dijamin akan semakin menambah selera makan kamu.

Harga: Mulai Rp10.000.

9. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur, Foto Oleh Id Tastemade Com

Makanan legendaris ini identik dengan kota Surabaya. Namun, tentunya masih ada perbedaan antara Rujak Cingur khas Madura dengan rujak cingur lain, yaitu bumbu petisnya. Petis yang digunakan dalam pembuatan makanan khas di Madura ini menggunakan ikan pindang, yang tentunya menjadikan rasa petis lebih gurih. Bukan hanya terpesona soal rasa, saat kamu mencoba Rujak Cingur Madura ini juga dapat membuat perut kenyang dan juga harganya yang terjangkau.

Tempat: Rujak CIngur Madura
Alamat: Jalan Kejawan Putih Tambak No. 6, Kejawaan Putih Tamba
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp10.000

10. Sate Laler Pamekasan

sate laler pamekasan
Nasi Laler Pamekasan, Foto Oleh Yukepo Com

Kamu pecinta Soto? Jika kamu berkunjung ke Madura, tidak perlu heran jika makanan satu ini hampir ada di setiap warung dan restoran di sana, Soto Mata Sapi namanya. Olahan soto tersebut bukan soto dengan paduan telur mata sapi, tetapi menggunakan mata sapi sungguhan sebagai ciri khasnya.

Mata sapi yang masih terselimuti dengan tulang dihidangkan bersama bumbu khas sehingga cita rasa gurih, segar berpadu dengan lembutnya mata sapi bakal bikin kamu nampah porsi lagi. Apalagi menyantapnya dalam keadaan masih hangat? So Yummy dan ingin nggak ingin berhenti ngunyah. 

Tempat: Warung Sate Lalat Pak Ento
Alamat: Jl. Niaga, Selatan alun-alun Pamekasan
Harga: Sekitar Rp5.000

11. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi
Soto Mata Sapi, Foto Oleh Ksmtour Com

Kamu pecinta Soto? Jika kamu berkunjung ke Madura, tidak perlu heran jika makanan satu ini hampir ada di setiap warung dan restoran di sana, Soto Mata Sapi namanya. Olahan soto tersebut bukan soto dengan paduan telur mata sapi, tetapi menggunakan mata sapi sungguhan sebagai ciri khasnya.

Mata sapi yang masih terselimuti dengan tulang dihidangkan bersama bumbu khas sehingga cita rasa gurih, segar berpadu dengan lembutnya mata sapi bakal bikin kamu nampah porsi lagi. Apalagi menyantapnya dalam keadaan masih hangat? So Yummy dan ingin nggak ingin berhenti ngunyah. 

Tempat: Soto Mata Sapi Bu Mis
Alamat: Pancar, Burneh, Bangkalan
Harga: Sekitar Rp12.000

12. Nasi Petis

Nasi Petis
Nasi Petis, Foto Oleh Emharifin Blogspot Com

Jangan terkecoh dengan namanya. Nasi Petis adalah nasi yang memiliki banyak varian lauk kemudian disiram dengan kuah santan. Dalam seporsi kuliner khas Madura ini, kamu akan mendapat telur rebus potong, jeroan sapi, dendeng, limpa dan hati sapi. Cita rasanya yang gurih dan lezat bakal bikin kamu tergoda untuk mencicipinya lagi dan lagi. Apalagi bagi kamu pecinta aneka macam olahan jeroan? Bakal langsung masuk daftar makanan favorit saat ketika datang dan mencicipinya.

Tempat: Amboina
Alamat: Jalan Sultan Abdul Kadirun 8 Utara Masjid Agung Alun-Alun, Bangkalan
Harga: Sekitar Rp20.000

13. Tajin Sobih

Tajin Sobih
Tajin Sobih, Foto Oleh Travel Tribun News Com

Jika kamu tahu tentang bubur sumsum, maka Tajin Sobih ini adalah kembarannya. Namun, tentu ada beberapa perbedaan Makanan khas Madura satu ini. Tajin Sobih terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung ketan yang dibasahi dengan gula merah cair. Kemudian kuliner Madura ini dihidangkan di atas wadah daun pisang. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan rasa manis serta kenyal bakal cocok disantap sebagai menu sarapan pagi ketika berada di Madura.

Tempat: Tajin Sobih
Alamat: Tunjung, Kecamatan Burneh, Bangkalan
Harga: Sekitar Rp2.500 – Rp5.000

14. Apem Manis

Apem Manis
Apem Manis, Foto Oleh Makanabis Com

Bukan hanya hidangan lauk yang menggugah selera, Madura juga menyajikan camilan khas, yaitu Apem Manis. Makanan ini hampir sama seperti kue serabi, hanya saja jajanan khas Madura ini terbuat dari campuran tepung beras dan garam. Selain itu, kue khas Madura ini juga dihidangkan bersama kuah gula merah. Rasanya yang manis dan legit memang paling cocok dijadikan sebagai teman minum kopi saat berada di Madura. Jadi, tertarik untuk mencoba kelezatan kuliner khas Madura ini?

Harga: Sekitar Rp5.000 – Rp8.000

15. Es Kobbu

Es Kobbu
Es Kobbu, Foto Oleh Cookpad Com

Cuaca panas di Madura terkadang membuat rasa haus semakin menjadi.  Nah, Es Kobbu ini dapat jadi alternatif untuk penghilang dahaga. Es Kobbu terbuat dari gula aren yang direbus dengan rempah cengkeh, jahe dan pala, juga air pandan. Kemudian minuman khas Madura ini dihidangkan bersama campuran cinca atau kelapa muda. Jelas rasanya sudah pasti manis, menyegarkan bahkan sekaligus menyehatkan bagi tubuh. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba kelezatan Es Kobbu ketika berada di Madura.

Harga: Mulai Rp10.000.

16. Lorjuk

lorjuk
Lorjuk, Foto Oleh Indonesia Go Id

Menikmati sate Madura lebih nendang jika dibarengi dengan enaknya Lorjuk. Makanan berbahan dasar kerang khas Madura ini menjadi salah satu penganan populer setelah sate. Cita rasa Lorjuk tak kalah nikmat dibandingkan jenis kerang lain, begitu pula dengan kandungan gizinya yang tinggi menambah hidangan Madura ini semakin diminati.

Bentuk Lorjuk persis seperti pisau, tak heran jika beberapa orang menyebutnya dengan istilah Jackknife. Ukuran kerangnya berkisar antara 2-3 inchi serta memanjang dan meruncing pada salah satu ujungnya. Selain menjadi hidangan yang dimakan begitu saja, Lorjuk pun bisa diolah menjadi kuliner Campur Lorjuk, yakni sejenis soto bercita rasa manis gurih.

Tempat: Campur Lorjuk Bu Hamidah
Alamat: Sawah, Majungan, Pademangan
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp15.000

17. Soto Madura

soto madura
Soto Madura, Foto Oleh Review Bukalapak Com

Kembali membahas tentang kuliner soto, Soto Madura berbeda dengan soto di daerah lainnya. Makanan khas dari Madura ini mempunyai kuah rempah yang diolah bersama santan dan semua bahan soto tidak direbus tetapi digoreng, kemudian dicampur dengan kuah soto yang gurihnya nagih.

Selain itu, kaldunya yang bening juga membuat kuliner Madura ini menjadi primadona di segala macam suasana sebagai hidangan utama. Jadi, ketika berada di Madura tidak alasan untuk tidak mencicipinya.

Tempat: Depot Soto Madura H’ Dja’far
Harga: Sekitar Rp10.000

18. Sate Madura

Sate Madura
Soto Madura, Foto Oleh Cookpad Com

Satu hal yang dinanti setiap orang ketika berada di Madura, yakni menikmati kelezatan Sate Madura khasnya. Hingga sekarang, makanan khas Madura ini terus berkembang dan semakin mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, di daerahnya sendiri Sate Madura malah susah dicari bahkan hampir hilang keberadaannya.

Tapi bukan berarti hidangan ini tidak lagi diproduksi, tetapi banyak masyarakat mulai mengolah Sate Madura sendiri sebagai panganan sehari-hari. Berbahan baku kambing atau ayam yang dibumbui campuran kacang tumbuk petis dan bawang merah. Rasa sate khas Madura ini dominan gurih pedas dan sedikit manis. Jangan sampai melewatkan nikmatnya Sate Madura favorit satu ini.

Tempat: Gerobak Sate Madura
Alamat: Jalan Juwet, Tambaksari, Surabaya
Harga: Mulai Rp15.000 – Rp30.000

Baca Juga : Resep Sate Kambing Empuk dan Anti Bau Amis

19. Otok

otok madura Khas Madura
Otok, Foto Oleh Shopee Co Id

Otok adalah sejenis hidangan terbuat dari biji kacang panjang. Biji tersebut dijemur sampai kandungan air di dalamnya hilang. Setelah biji kacang kering, barulah digoreng kering dan ditaburi campuran bumbu cabai, garam dan gula merah. Otok juga memiliki berbagai varian rasa, seperti perisa asam manis dan keju.

Biasanya, hidangan ini disajikan sebagai teman bersantai atau bisa juga untuk oleh-oleh khas Madura. Otok ini sudah terkenal hampir ke seluruh wilayah tanah air, tentu karena cita rasa lezat dan cara pembuatannya yang mudah. Jika menemukan Otok, jangan sampai lupa memberikannya juga kepada saudara di rumah.

Tempat: Pusat Oleh-Oleh Nusa Indah
Alamat: Jalan KH. Mohamad Kholil No. 105, Kemayoran
Harga: Mulai Rp15.000 – Rp20.000

20. Kaldu Sumsum

kaldu sumsum Khas Madura
Kaldu Sumsum, Foto Oleh Pinterest Com

Jika mengunjungi berbagai tempat makan di Madura, maka kamu akan sering menemukan hidangan Kaldu Sumsum. Kuliner khas Madura ini berukuran besar dan dihidangkan dengan tempurung tulang sapi, daging tetelan dan tulang muda. Istimewanya lagi adalah pada cara menikmati sumsum, yaitu terletak di dalam tulang sehingga menyantapnya dengan disedot menggunakan sedotan.

Tekstur sumsumnya lembut dan gurih, membuat siapapun ketagihan ketika menyantapnya. Selain itu, daging yang menempel di tulangnya juga empuk, maka dari itu bisa disantap bagi semua kalangan termasuk orang tua. Karena porsi besar Kaldu Sumsum, tak heran jika kebanyakan orang membawa pulang untuk dimakan dengan keluarga. Di rumah makan Madura pun hidangan ini juga menyediakan dalam porsi keluarga, sehingga tak perlu khawatir tidak kebagian.

Harga: Sekitar Rp10.000

21. Keripik Paru

keripik paru Khas Madura
Keripik Paru, Foto Oleh Wowkeren Com

Daging paru sudah cukup terkenal di Madura, termasuk mengolahnya menjadi Keripik Paru. Paru Sapi diiris tipis menyambung kemudian dijemur di bawah sinar matahari, barulah digoreng dengan tepung. Sama dengan keripik lain yang dijual di Madura, keripik Paru memiliki berbagai varian rasa, seperti balado, keju dan original.

Ukurannya pun besar dan banyak ketika sudah dikemas, jadi bisa dimakan bareng keluarga di rumah tanpa takut tidak kebagian. Kamu pun bisa dengan mudah menemukan Keripik Paru di berbagai toko oleh-oleh atau swalayan Madura.

Tempat: Keripik Paru Bu Suwadi
Alamat: Dusun Pondok, Karang Panasan, Perum Griya
Harga: Sekitar Rp10.000

22. Kerupuk Tangguk

kerupuk tangguk Khas Madura
Kerupuk Tangguk, Foto Oleh Antarafoto Com

Dalam Bahasa Indonesia Tangguk berarti caping atau topi petani. Di Madiun nama Tangguk ini dijadikan julukan sebuah cemilan khas Pulau Garam. Julukan Kerupuk Tangguk diberikan karena ukurannya relatif besar bahkan bisa sampai menutupi kepala. Sebelum digoreng pun ukuran kerupuk ini bisa mencapai 50 X 35 cm, apalagi ketika mengemban setelah digoreng. Oleh sebab itu, menggorengnya pun sedikit rumit, yakni membutuhkan wajan besar dan harus dalam keadaan panas. Tertarik menjadikan Kerupuk Tangguk sebagai lauk makanan khas Madura lainnya?

Harga: Sekitar Rp3.000 – Rp5.000

23. Tattabun

tattabun Khas Madura
Tattabun, Foto Oleh Grid Id

Tattabun tergolong jenis kue basah yang menjadi cemilan sehari-hari masyarakat Pulau Madura. Berbahan dasar gula merah dan campuran ubi jalar rebus. Bentuknya seperti potongan dadu sehingga lebih menarik dan menggugah selera.

Saat disajikan Tattabun ditaburi parutan kelapa di atasnya. Cemilan ini harus ada saat acara besar dan dapat menjadi pengganti nasi saat sarapan atau menjadi teman minum kopi. Biasanya kue basah ini disandingkan dengan kue apem dan lebih sering ditemukan ketika acara pernikahan atau reuni. Kamu bisa menemukan Tattabun di pasar tradisional Madiun atau toko oleh-oleh.

Harga: Mulai Rp2.000 – Rp3.000

24. Jubada

tattabun Khas Madura
Jubada, Foto Oleh Njajanjatimanyuk Blogspot Com

Jajanan khas daerah Sumenep, Madura ini terbilang cukup legendaris. Terbuat dari air nira yang sudah dikenal masyarakat Madura sejak dulu. Kudapan ini bahkan merebak sampai ke luar daerah, tak heran kamu bisa dengan mudah menemukan Jubada di Madura.

Pembuatannya pun cukup mudah serta memakai bahan-bahan yang familiar dicari. Air nira, tapioka, tepung jagung dan gula pasir dicampur dengan takaran satu banding satu. Meski terbuat dari bahan tapioka dan tepung jagung, rasa yang dihasilkan dominan manis gula merah. Hidangan ini bisa dijadikan cemilan santai maupun oleh-oleh khas.

Harga: Sekitar Rp2.000 – Rp3.000

25. Los Elos

los elos Khas Madura
Los Elos, Foto Oleh Topijelajah Com

Singkong menjadi panganan yang sering ditemukan menjadi bahan pangan, apalagi jika sudah meluncur ke Madura. Masyarakat berinisiatif mengolah singkong menjadi panganan Los Elos. Tergolong jenis kue basah dan hanya bisa dijumpai di Pulau Madura.

Selain berbahan dasar singkong, ada pula gula merah yang menjadi isiannya. Adonan Los Elos berbentuk bulat memanjang, dibungkus dengan daun pisang agar semakin praktis. Memasaknya pun unik, yakni dengan cara dikukus sampai warnanya hijau kecoklatan. Paling enak menyantap kuliner khas Madura ini sambil ditemani rintik hujan di sore hari.

Tempat: Pasar Tradisional Pamekasan
Harga: Sekitar Rp2.000 – Rp3.000

26. Kocor

kocor Khas Madura
Kocor, Foto Oleh Youtube Com

Kocor atau masyarakat luar Madura biasa menyebutnya cucur, merupakan salah satu kudapan yang sering hadir pada acara-acara besar. Bahan dasar kue ini terbilang simpel, yakni memakai tepung beras dan gula pasir atau gula merah. Karena perpaduan gulanya yang kuat maka rasa manisnya pun lebih dominan. Proses pembuatan Kocor pun unik, karena perbandingan jumlah takaran tepung dan gula membuat teksturnya lebih padat. Paling enak makan Kocor ketika hangat karena masih terasa kenyal.

Harga: Sekitar Rp3.000

Bagaimana cukup beragam bukan makanan khas dari Madura di atas? Kuliner Madura tersebut dapat kamu jadikan rujukan jika hendak berburu makanan di Pulau Garam. Jangan sampai melewatkan berbagai hidangan dan camilan yang enak ya sobat kuliner Kota! Karena harganya pun relatif  terjangkau dan nggak bikin kantong tipis. Jadi, sudah menentukan pilihan mau mencicipi kuliner khas Madura mana terlebih dahulu ketika singgah di Pulau Garam?

Baca Juga : 12 Oleh-Oleh Khas Madura Murah dan Paling Recomended

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 26 Makanan Khas Madura Terkenal Enak Selain Sate dan Soto

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending