Ayu Setya Rini culinary enthusiast

12 Oleh-Oleh Khas Sidoarjo Murah Dan Bikin Rindu

5 min read

petis sidoarjo

Sedang liburan ke Sidoarjo? Sekalian mampir membeli buah tangan untuk keluarga dan kerabat. Walau tak semasyhur Surabaya atau kota-kota lain, Sidoarjo memiliki tempat wisata dan kuliner yang tak kalah menarik. Dan jika sudah berada di Sidoarjo rasanya kurang lengkap kalau tak membawa pulang sesuatu seperti oleh-oleh atau cinderamata khasnya. Kebanyakan oleh-oleh yang ditawarkan adalah kuliner khas Sidoarjo yang sayang dilewatkan. Adapun sejumlah oleh-oleh Sidoarjo yang laris bahkan sampai dijual di berbagai daerah. Penasaran apa saja buah tangan favorit wisatawan? Simak rekomendasi 12 oleh-oleh khas Sidoarjo berikut ini.

1. Wader Crispy

wader crispy
Wader Crispy, Foto Oleh Bukalapak Com

Jajanan Wader Crispy memang sudah lama menjadi incaran wisatawan. Oleh-oleh khas Sidoarjo ini bercita rasa gurih dan renyah, tak heran jika masyarakat setempat kebanyakan memproduksi Wader Crispy karena selalu laris pembeli. Sedangkan wader sendiri adalah sejenis ikan berukuran kecil sedang yang terdiri dari beberapa jenis, yaitu wader air tawar dan wader laut.

Dan oleh-oleh dari Sidoarjo satu ini dibuat dari wader laut sehingga lebih terasa gurihnya. Tak hanya sebagai cemilan, Wader Crispy juga bisa disantap dengan nasi putih sebagai lauk. Apalagi jika dicocol dengan sambal terasi khas Sidoarjo, dijamin mau nambah lagi dan lagi!

Harga: Sekitar Rp12.000

2. Kerupuk Udang

kerupuk udang
Kerupuk Udang, Foto Oleh Ceroboh Com

Oleh-oleh khas Sidoarjo satu ini memang sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia. Namun, tentu lebih nikmat jika membawa langsung dari daerah asalnya. Seperti namanya, kerupuk jenis ini memakai bahan utama udang yang diolah hingga menghasilkan cita rasa gurih dan lezat.

Uniknya, karena melalui proses pengolahan dengan baik maka Kerupuk Udang tidak menimbulkan rasa amis maupun tengik. Tak sulit menemukan oleh-oleh ini saat di Sidoarjo, mulai dari supermarket sampai toko oleh-oleh khas Sidoarjo pasti menjualnya dengan harga terjangkau. Jika sedang mencari buah tangan yang tidak mudah basi, maka Kerupuk Udang adalah pilihan tepat.

Tempat: Kerupuk Udang Tanjung 1
Alamat: Jalan Mojopahit No 106, Sidowayah, Celep, Sidoarjo
Harga: Sekitar Rp10.000

3. Terasi Sidoarjo

terasi sidoarjo
Terasi Sidoarjo, Foto Oleh Bukalapak Com

Kebanyakan orang termasuk ibu rumah tangga pasti mengenal terasi. Terasi merupakan bahan makan yang difermentasi dari udang rebon atau ikan. Aromanya menyengat tetapi akan tergiur ketika sudah dicampur dengan beragam kuliner. Selain dipakai untuk menumis, Terasi khas Sidoarjo juga bisa digunakan untuk membuat sambal.

Karena kepopulerannya, masyarakat Sidoarjo pun berinisiatif menjadikan terasi sebagai oleh-oleh khas. Hampir di semua toko oleh-oleh Sidoarjo menjual terasi udang rebon. Rasa terasi khas Sidoarjo lebih sedap dan padat dibanding terasi di daerah lain. Tertarik membawa pulang Terasi Sidoarjo dan menyajikannya sebagai sambal?

Tempat: Ny. Siok
Jam Buka: Jalan Gajah Mada No. 34, Sidoarjo
Harga: Mulai Rp20.000

4. Bandeng Asap

bandeng asap
Bandeng Asap, Foto Oleh Medium Com

Sidoarjo memiliki hasil laut yang melimpah, termasuk memanfaatkannya sebagai kuliner Bandeng Asap. Ikan Bandeng diolah dengan teknik pengasapan sehingga beraroma sedap bahkan masih tercium ketika menyantapnya. Kadar air dalam ikan pun akan hilang dengan sendirinya sehingga awet.

Tak perlu khawatirkan rasa, sudah pasti oleh-oleh ini lezat dan cocok sebagai teman makan siang. Dibuat tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Karena berperan sebagai oleh-oleh, maka Bandeng Asap bisa bertahan 3-4 hari karena proses pengasapannya. Saat membeli Bandeng Asap di Sidoarjo, kamu akan mendapatkan sambal pedas manis yang sudah disediakan dalam satu bungkusnya. Praktis bukan?

Harga: Mulai Rp12.000 – Rp30.000

5. Tas dari Tanggulangin

tas tanggulagin
Tas Tanggulangin, Foto Oleh Republika Co Id

Tanggulangin adalah sebuah kecamatan di Sidoarjo yang menjadi sentra pembuatan tas dan dompet. Bermacam jenis tas dan dompet mulai dari yang kecil sampai besar dibandrol dengan harga murah kantong. Tas produksi masyarakat Tanggulangin juga tak kalah berkualitas dengan tas yang ada di department store.

Sebagian pengrajin juga memakai bahan kulit imitasi untuk mengimbangi tas produk China yang mulai menyerbu pasar. Tak heran jika banyak wisatawan menganggap bahwa produk tas dari Tanggulangin adalah hasil impor. Jadi, sempatkan waktu mengunjungi toko Tas Tanggulangin dan dapatkan kepuasan setelah membelinya.

Tempat: Bandara Tas Tanggulangin Sidoarjo
Alamat: Jalan Raya Kludan No. 26, Sidoarjo
Harga: Mulai Rp75.000 – Rp500.000

6. Ote-Ote Porong

ote-ote porong
Ote-Ote Porong, Foto Oleh Bisnisukm Com

Berkunjung ke Sidoarjo tidak akan lengkap jika belum menemukan Ote-Ote Porong. Bicara soal Porong, Porong adalah nama sebuah kecamatan di Sidoarjo. Di daerah ini kamu bisa menemui Ote-Ote super lezat dan sering oleh wisatawan dijadikan buah tangan.

Beberapa masyarakat menyebut sejenis gorengan ini sebagai bakwan atau weci. Ote-Ote yang dijual di Porong berbeda dengan ote-ote lain, karena oleh-oleh khas Sidoarjo ini berisi rumput laut dan tiram. Jadi, selain enak pastinya juga bergizi dan menambah energi. Tetapi, tak jarang pula penjual menawarkan Ote-Ote memakai daging babi, sehingga jika kamu muslim sebaiknya memastikan terlebih dahulu sebelum membeli.

Harga: Sekitar Rp10.000

7. Telur Asin

telur asin
Telur Asin, Foto Oleh Bangsaonline Com

Tak hanya terkenal di Brebes, melainkan Sidoarjo juga menjadi salah satu daerah produksi Telur Asin. Telur Asin ialah telur bebek yang diolah melalui proses pengasinan. Sehingga tak heran jika jenis olahan telur ini bisa tahan sampai satu bulan. Kamu bisa menjumpai produksi Telur Asin di beberapa sentra yang ada di daerah Kebonsari, Sidoarjo.

Tidak perlu bingung ketika membeli oleh-oleh khas Sidoarjo ini, karena kamu bisa membelinya dengan harga grosir maupun satuan. Jika membawa pulang Telur Asin di Sidoarjo, kamu bisa mendapat beberapa rasa loh, mulai dari rasa udang sampai rasa kepiting. Penasaran ingin mencoba Telur Asin khas Sidoarjo?

Tempat: Telur Asin Rahayu
Alamat: Jalan H. Husein Idris, Bebekan, Sidoarjo

8. Petis

petis sidoarjo
Petis Sidoarjo, Foto Oleh Tokopedia Com

Selain terasi, ada lagi bumbu dapur khas Sidoarjo yang sampai sekarang menjadi oleh-oleh laris manis, Petis namanya. Bahan makanan satu ini menyerupai saus, bertekstur kental dan gelap pekat. Walau dari segi bahan pembuatannya sama dengan terasi, yakni memakai udang, aroma Petis tentu tidak sekuat terasi. Sehingga aman ketika dibawa naik transportasi umum. 

Biasanya bumbu dapur ini dipakai untuk membuat rujak cingur, kupang lontong, tahu campur atau menjadi dipping sauce saat menikmati kerupuk. Petis khas Sidoarjo bisa ditemukan di berbagai supermarket maupun toko oleh-oleh. Jadi, jangan sampai melewatkan Petis sebagai oleh-oleh istimewa!

Tempat: Ny. Siok
Alamat: Jalan Gajah Mada No. 34, Sidoarjo
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp25.000

9. Kue Lumpur

kue lumpur
Kue Lumpur, Foto Oleh Loveusaha Com

Pernah menyantap Kue Lumpur? Jika belum mari berkenalan terlebih dahulu dengan Kue Lumpur khas Sidoarjo. Bagi masyarakat Indonesia, kue satu ini memang tidak asing lagi dan menjadi salah satu favorit ketika ditemukan acara besar maupun kumpul keluarga. Cita rasa oleh-oleh khas Sidoarjo ini legit dan tidak terlalu manis.

Teksturnya pun lembut seperti puding, juga aroma santan terasa menggiurkan. Kue Lumpur Sidoarjo terbuat dari terigu, santan, gula, telur ayam kampung, garam dan beberapa bumbu lain. Setelah tercampur membentuk adonan barulah dimasukkan ke dalam cetakan, kemudian dimasak dengan tungku berisi arang yang nantinya diletakkan di bagian atas dan bawah cetakan. Selain itu, yang menjadi favorit masyarakat saat memakannya adalah teksturnya lumer ketika digigit.

Tempat: Kue Lumpur Muda Mudi Jaya
Alamat: Jalan Dr. Wahidin No. 96B, Sidoarjo
Harga: Mulai Rp2.000

10. Keripik Teripang

keripik teripang
Keripik Teripang, Foto Oleh Keluyuran Com

Beberapa orang mungkin menganggap teripang atau timun laut tidak bisa diolah menjadi makanan, tetapi lain halnya jika sudah meluncur ke Sidoarjo. Di Sidoarjo, hewan berbentuk menyerupai timun ini dapat diolah menjadi keripik, namanya Keripik Teripang. Buah tangan bercita rasa gurih dan nagih ini menjadi favorit wisatawan dan dapat menjadi lauk pula.

Sebelum diproses menjadi keripik, teripang dijemur dan dibumbui rempah terlebih dahulu. Setelah itu teripang digoreng kering agar semakin tercipta tekstur renyahnya. Keripik Teripang dikemas dan dijual di berbagai toko oleh-oleh khas Sidoarjo. Serukan hari dengan menikmati kelezatan Keripik Teripang khas Kota Sidoarjo.

Harga: Mulai Rp10.000

11. Kerajinan Tempurung

kerajinan tempurung
Kerajinan Tempurung, Foto Oleh Lupalibur Com

Tak hanya tas Tanggulangin, ada pula Kerajinan Tempurung yang bisa menjadi pilihan cinderamata khas Sidoarjo. Produk kerajinan Tempurung sudah terkenal hingga luar Pulau Jawa termasuk Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Bali sampai Papua. Beberapa kerajinan tempurung di antaranya hiasan dinding, gelas, kotak tisu, mainan anak dan masih banyak lagi.

Gelas tempurung juga kerap dijual di restoran sekitar Sidoarjo, sedangkan produk lain dijadikan cinderamata berkualitas dan murah. Tentunya kerajinan ini akan cocok jika dibagikan kepada sanak saudara di rumah.

12. Batik Sidoarjo

batik sidoarjo
Batik Sidoarjo, Foto Oleh Tribunnews Com

Kabupaten Sidoarjo juga menyimpan ragam batik khas yang menciptakan keunggulan daerah tersebut. Saat kamu berkunjung ke Sidoarjo, Batik Sidoarjo juga bisa menjadi pilihan cinderamata menarik untuk dibagikan dengan keluarga maupun kerabat. Salah satu motif batik yang khas adalah motif Teboan. 

Motif ini persis dengan kembang tebu, bermakna bahwa Sidoarjo terkenal dengan penghasil gula terbesar di Pulau Jawa. Bukan hanya itu, Batik khas Sidoarjo juga identik dengan warnanya yang terang sehingga terkesan luwes dan memikat. Setelah puas berbelanja buah tangan, ada baiknya mampir ke toko batik Sidoarjo untuk mendapatkan batik khasnya.

Tempat: Batik Kunto Sidoarjo
Alamat: Jalan Kartini No. 18-20, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Sidoarjo

Itulah 12 oleh-oleh khas Kabupaten Sidoarjo yang tak pernah mengecewakan setiap orang. Beragam oleh-oleh yang tersedia di Sidoarjo senantiasa membuat hati senang karena harganya terjangkau juga berkualitas. Setelah kenyang dengan kulinernya, kamu bisa mampir di beberapa toko oleh-oleh dan borong setiap buah tangan khas Sidoarjo untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *