1. Oleh-Oleh Khas

Daftar 12 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Dibawa Pulang

Berkunjung ke suatu tempat akan lebih afdol jika sudah membeli berbagai oleh-oleh khasnya. Termasuk saat berada di Madiun, beragam buah tangan menarik hadir memberikan kepuasan bagi wisatawan. Setiap oleh-oleh Madiun tentunya punya keunikan rasa dan sulit terlupakan. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan buah tangan khas Madiun mulai dari pinggir jalan sampai pusat oleh-oleh terkenal di kota ini. Untuk itu simak 12 oleh-oleh khas Madiun yang wajib banget masuk daftar belanjaan untuk dibawa pulang berikut ini.

1. Semprong

semprong
Semprong, Foto Oleh Umkmkitabisa Com

Jajanan satu ini tak boleh ketinggalan jika berkunjung ke Madiun. Kue Semprong tak terlalu asing di telinga masyarakat Indonesia, apalagi saat menjelang lebaran. Semprong terbuat dari campuran kelapa, gula merah, air dan tapioka. Rasanya manis gurih dan bertekstur renyah membuatnya berbeda dari olahan lain yang terbuat dari tepung. Uniknya lagi, hidangan khas Madiun ini juga dapat bertahan selama 8 bulan apabila dikemas rapi. Karena itulah, kue egg roll dari Madiun ini cocok dijadikan buah tangan keluarga di rumah.

Tempat: Kue Semprong Fajar Madiun
Harga: Sekitar Rp15.000

2. Brem

brem
Brem, Foto Oleh Bukalapak Com

Kota Madiun terkenal dengan julukan Kota Brem, dikarenakan wilayah ini populer dengan produksi Bremnya. Brem sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari sari ketan hasil fermentasi. Kue berbentuk persegi panjang ini bercita rasa manis asam dan mengeluarkan sensasi dingin di mulut. Di setiap gigitannya, Brem akan langsung melebur di mulut dan menyajikan kepuasan sendiri saat menyantapnya. Berbagai varian rasa dapat kamu temukan di daerah asalnya seperti coklat, strawberry, keju atau rasa original. Tentunya belum sah ke kota ini ketika tidak membawa brem sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp13.000

3. Bluder Cokro

bluder cokro
Bluder Cokro, Foto Oleh Traveran Com

Selain Brem dan Semprong, kue Bluder Cokro juga termasuk dalam jajanan populer yang sering dijadikan buah tangan. Bluder Cokro awal didirikan pada tahun 1889 oleh Nyonya Susana yang dulunya memakai resep dari orang Belanda. Seiring dengan berkembangnya inovasi, oleh-oleh khas Madiun ini kini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari original, keju, coklat, kismis, nutella, kacang, nanas, strawberry, abon dan smoked beef. 

Memiliki tekstur lembut dan lumer di mulut membuat jajanan ini disukai semua kalangan. Terlebih lagi, panganan ini dibuat dengan proses tradisional dan bebas pengawet. Jadi, dijamin aman, nikmat serta ingin nambah lagi dan lagi ketika menyantapnya.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Madiun.

4. Manco

manco
Manco, Foto Oleh Tagar Id

Oleh-oleh khas Madiun lainnya yakni Kue Manco. Manco adalah sejenis kue tradisional Madiun yang terbuat dari tepung ketan. Konon, jajanan ini tidak dapat diproduksi di daerah lain selain tempat asalnya, yaitu Desa Tambak Mas. Manco juga, tersedia berbagai varian rasa mulai dari kacang sampai ketan.

Kue Manco paling cocok dihidangkan bersama teh hangat atau bisa juga menjadi cemilan nongkrong, bahkan Manco juga sering disuguhkan saat acara hajatan. Dikemas dengan plastik transparan, makin menjadikan Manco semakin menggugah selera sebagai oleh-oleh Madiun untuk dibawa pulang.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp20.000

5. Sambal Pecel

sambal pecel
Sambal Pecel, Foto Oleh Bisnisusaha Com

Madiun menjadi salah satu wilayah surganya Sambal Pecel. Kamu dapat dengan mudah menemukan jenis Sambal Pecel dengan rasa legit dan gurih. Sambal Pecel khas Madiun terbuat dari kacang tanah, cabai, daun jeruk serta bumbu rempah lain. Tentunya cita rasa pedas manis dan cukup berbeda dengan sambal pecel kebanyakan. Uniknya lagi, oleh-oleh khas Madiun ini juga dikemas praktis yakni berbentuk padat. Jadi, nantinya kamu hanya tinggal menyeduh dengan air hangat. Dijamin nikmat dan enak apalagi ditambah dengan nasi hangat, bikin nggak ingin berhenti ngunyah.

Harga: Sekitar Rp5.000

6. Madumongso

madumongso
Madumongso, Foto Oleh Superapp Id

Satu lagi buah tangan lezat khas Madiun bercita rasa asam manis, Madumongso namanya. Madumongso merupakan jajanan berbahan ketan hitam yang kemudian diolah menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, adonan tersebut dimasak dengan campuran santan dan gula sampai teksturnya berubah menyerupai dodol. Bukan enak saja, biasanya oleh-oleh khas Madiun ini dibungkus kertas warna-warni sehingga terlihat menarik.

Harga: Mulai Rp30.000 – Rp40.000

7. Lempeng Puli

lempeng puli
Lempeng Puli, Foto Oleh Tokopedi Com

Lempeng Puli merupakan jajanan ringan berbentuk kerupuk berbahan utama beras. Beras yang sudah diolah menjadi nasi, kemudian digepengkan dan dijemur kering sampai berwarna kekuning-kuningan. Di berbagai pusat oleh-oleh khas Madiun kamu pasti akan menemukan kerupuk nikmat satu ini. Lempeng Puli juga dijual dalam bentuk matang maupun dalam keadaan mentah. Jadi, kamu bisa membawanya pulang dalam bentuk apapun sesuai selera. Untuk itu tertarik membawa Lempeng Puli ketika bertandang ke Madiun sebagai buah tangan?

Tempat: Kerupuk Kriuk Madiun
Alamat: Jalan Wiyata Sari, Madiun
Harga: Sekitar Rp10.000

8. Mimosa Lemon

mimosa lemon
Mimosa Lemon, Foto Oleh Serbaserbimadiun Blogspot Com

Selain buah tangan berupa makanan, Madiun juga terkenal dengan minuman khasnya yakni Mimosa Lemon. Minuman asli Madiun ini dikenal sejak dulu karena rasanya segar dan beraroma khas. Mimosa Lemon akan lebih lezat bila dihidangkan dengan campuran biji selasih dan tambahan es batu. 

Rasanya manis segar dengan aroma mirip dengan saritemu dijamin bikin kamu tergoda meneguknya sampai habis. Tentunya minuman khas Madiun ini juga bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai pusat oleh-oleh Madiun dengan harga terjangkau. Jadi, mau membawa pulang kesegaran Mimosa Lemon sampai ke kampung halaman?

Harga: Sekitar Rp28.000

9. Pentol Corah

pentol corah
Pentol Corah, Foto Oleh Zakyfamily Com

Bagi kamu pecinta pedas, kuliner Pentol Corah wajib dijadikan rekomendasi jajanan khas Madiun. Pentol Corah terbuat dari kanji, terigu dan aneka bumbu rempah yang cocok dijadikan oleh-oleh. Menurut masyarakat setempat, jajanan Pentol Corah mulai beredar di Madiun pada tahun 2000. Cita rasa Pentol Corah akan terasa nikmat ketika ditambahkan dengan cocolan saus dan kecap. Dijamin kamu ingin mengunyah terus sampai habis ketika mencicipi jajanan satu ini. Itulah sebabnya, bagi kamu pecinta pedas oleh-oleh khas Madiun, Pentol Corah wajib dibawa pulang.

Harga: Sekitar Rp3.000

10. Kue Satu

kue satu
Kue Satu, Foto Oleh Resepjuna Blogspot Com

Jika kamu gemar dengan jajanan manis dari olahan kacang hijau, maka Kue Satu ini adalah juaranya di Madiun. Kue Satu menjadi bagian dari makanan khas Madiun yang berbahan kacang ijo dan gula pasir. Memiliki cita rasa nikmat dan tentunya juga tahan lama membuat kamu wajib banget membeli Kue Satu di berbagai toko oleh-oleh Madiun. Dijamin rasa nikmat berlibur ke Madiun akan tetap bertahan ketika kamu membawa kue ini sebagai buah tangan.

Harga: Sekitar Rp20.000

11. Batik Madiun

batik madiun
Batik Madiun, Foto Oleh Kitamadiun Blogspot Com

Beberapa daerah di Indonesia memiliki batik dengan corak khas tersendiri, tak terkecuali Kota Madiun. Batik Madiun sering disebut Batik Kenongo. Hadir dengan memamerkan beragam corak membuatnya makin terlihat istimewa ketika dijadikan beragam busana. Dimana motif andalan Batik Madiun yakni bunga kenanga yang bermakna wangi atau harum. Jadi, ketika kamu bingung mencari cinderamata untuk dibawa pulang, Batik Madiun ini bisa jadi salah satu pilihannya.

Tempat: Galeri Batik Murni Madiun
Alamat: Jalan Halmahera No.21, Madiun

12. Kerajinan Khas Madiun

kerajinan madiun
Kerajinan Khas Madiun, Foto Oleh Daerahwisata Com

Tidak hanya batik yang cocok dijadikan sebagai cinderamata, kerajinan khas Madiun ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan. Bermacam kerajinan tangan khas Madiun mulai dari bahan rotan sampai daur ulang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh Madiun. Kamu bisa membawa pulang kerajinan tersebut mulai dari tas, dompet, gelang, manik-manik dan masih banyak lagi. Tentunya harganya yang terjangkau dan tampilannya menarik bakal cocok dijadikan koleksi maupun dibagikan kepada teman dan sanak saudara di rumah.

Tempat: Lil Del Amor Handmade
Alamat: Jalan Kemiri, No. 9A, Madiun

Bagaimana, cukup beragam bukan oleh-oleh khas dari Madiun? Kamu hanya perlu menyiapkan budget dan waktu khusus untuk memborong semua buah tangan diatas. Jangan sampai kamu pulang dengan tangan kosong dan melewatkan ragam oleh-oleh Madiun yang bikin ingat terus momen manis berlibur disini. Jadi, mau bawa oleh-oleh Madiun apa ketika singgah di Kota Brem?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Daftar 12 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending