Ayu Setya Rini culinary enthusiast

10 Menu Buka Puasa Irit Bisa Dicoba Bareng Keluarga Di Rumah

3 min read

salad buah

Sebagai seorang yang gemar berhemat, kamu mungkin mempertimbangkan bagaimana menu buka puasa irit tapi buat perut kenyang. Tak bisa dipungkiri bulan puasa terkadang justru membuat kita lebih boros. Namun, kamu masih dapat meluangkan waktu memikirkan hidangan buka puasa apa yang mengenyangkan dan hemat loh. Selain itu, menghemat uang saat puasa juga menjadi keuntungan sebab nantinya dapat ditabung untuk membeli kebutuhan Idul Fitri. Lalu apa saja menu buka puasa irit dan mengenyangkan? Cek 10 pilihan menunya berikut.

1. Es Kelapa dan Ayam Crispy

es kelapa
Es Kelapa, Foto Oleh Yanihelda Com

Semakin lengkap jika waktu berbuka ditemani Es Kelapa dan Ayam Crispy. Dua menu berbuka ini dapat dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan, pedagang keliling atau memesan online. Dengan Es Buah yang hanya sekitar Rp10.000 dan Ayam Crispy-nya Rp15.000 kamu dapat makan lezat sekaligus irit. Namun, perlu digaris bawahi bahwa olahan ayam tidak selalu baik dikonsumsi setiap hari apalagi sebagai menu buka puasa irit. Maka dari itu, kamu bisa coba seminggu 2 – 3 kali menyajikan olahan ayam saat hari puasa.

2. Teh Manis Hangat dan Gorengan

teh manis dan gorengan
Teh Manis dan Gorengan, Foto Oleh Facebook Com

Menu berbuka hemat selanjutnya datang dari segarnya teh manis ditemani gorengan yang renyah. Bagi masyarakat Indonesia, sudah menjadi hal biasa jika teh manis dan gorengan ada di meja ketika berbuka. Meski sederhana, menyantap kedua menu buka puasa irit tersebut dapat membuat perasaan lega dan lapar hilang loh. Dengan teh manis sekitar Rp2.000 juga gorengan Rp5.000, kamu bisa hemat sekaligus kenyang tanpa khawatir dompet tipis. Tertarik coba menu buka puasa irit satu ini?

3. Es Buah dan Roti

es buah dan roti
Es Buah dan Roti, Foto Oleh Food Detik Com

Roti dan Es Buah juga menjadi perpaduan menu buka puasa yang menyegarkan dan memanjakan lidah. Karena rasa manis Es Buah dan empuk Roti akan semakin menggugah, itulah kenapa kamu tak boleh meninggalkan menu satu ini. Bahkan, budget yang dikeluarkan tak sampai membengkak, cukup membeli seporsi Es Buah harga Rp10.000 dan Roti sekitar Rp8.000. Selain segar, kandungan buah pada Es Buah dapat mengembalikan energi. Jadi, kamu tak perlu ragu lagi memilih menu buka puasa irit satu ini karena segarnya dijamin bikin puas.

4. Es Jeruk

es jeruk
Es Jeruk, Foto Oleh Hipwee Com

Tidak semua orang memakai olahan jeruk sebagai menu buka puasa. Namun, bagi kamu yang suka minuman segar dan mudah dibuat, Es Jeruk merupakan pilihan tepat. Kamu bisa memilih ingin Es Jeruk dengan rasa manis atau asam. Tetapi perlu diketahui bahwa menu buka puasa irit ini tidak boleh setiap hari dihidangkan, karena akan memicu asam lambung sehingga puasa di hari berikutnya bisa terganggu. Selain sebagai penghilang dahaga, Es Jeruk pun mudah ditemukan. Saat tidak sempat membuat, kamu bisa membelinya dalam bentuk botol atau kemasan plastik.

5. Nugget Pisang

nugget pisang
Nugget Pisang, Foto Oleh Masakapahariini Com

Membuat nugget bukanlah suatu hal yang sulit, termasuk Nugget Pisang di Bulan Puasa. Cukup membeli pisang, tepung roti dan bahan pelengkap lain, kamu masih bisa berhemat dan membeli jajanan lain. Nugget Pisang tak hanya lezat namun juga mengandung banyak gizi. Kandungan gizi pada pisang dapat mengembalikan stamina dan membuat perut cepat kenyang. Saat bulan puasa pun banyak penjual Nugget Pisang, kamu bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sekitar Rp10.000 saja. Cukup terjangkau bukan?

6. Buah Kurma

buah kurma
Buah Kurma, Foto Oleh Lifestyle Kompas Com

Tak akan lengkap rasanya jika buka puasa tanpa adanya kurma. Buah Kurma seakan sudah menjadi pilihan kebanyakan orang untuk kudapan berbuka. Termasuk di Indonesia, akan banyak penjual kurma bahkan hampir di setiap sudut daerah dengan harga terjangkau menjelang hari puasa. Tak hanya menikmati manis asamnya, mengkonsumsi kurma dapat mengembalikan sumber energi, meningkatkan kesehatan otak, mencegah penyakit jantung dan meringankan anemia. Jadi, kamu bisa makan kurma di bulan puasa tanpa takut dompet tipis.

7. Salad Buah

salad buah
Salad Buah, Foto Oleh Goodminds Id

Jika ada es buah, maka Salad Buah tentu tak sebaiknya dilewatkan. Selain sehat dan mengenyangkan, Salad Buah pun tak membuat dompet bolong. Buah yang diperlukan juga mudah ditemui dan harganya terjangkau. Jika tidak sempat membuat, kamu masih bisa membelinya di tempat makan terdekat yang menjual Salad Buah. Resep salad buah juga mudah, cukup keluarkan budget sekitar Rp50.000 kamu bisa mendapatkan semua buah yang diperlukan. Potong-potong buah dan campurkan dengan mayones, jadilah Salad Buah yang lezat.

8. Nasi Goreng

nasi goreng
Nasi Goreng, Foto Oleh Food Detik Com

Menu buka puasa irit satu ini tentu tak dapat ditolak kehadirannya, yakni Nasi Goreng. Menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia, Nasi Goreng hingga sekarang tak pernah absen dari menu buka puasa. Ditambah lagi, kamu bisa membuat Nasi Goreng sendiri di rumah dengan bumbu tradisional maupun bumbu jadi. Jika ingin segera mencicipinya saat berbuka, keluarkan saja budget sekitar Rp10.000 untuk seporsi Nasi Goreng. Dengan begitu, perutmu bisa kenyang dengan seporsi Nasi Goreng yang lezat dan mudah dibuat.

9. Es Cendol

es cendol
Es Cendol, Foto Oleh Youtube Com

Sudah terbayang bukan bagaimana segarnya berbuka ditemani Es Cendol? Jika begitu, kamu bisa merogoh koceng sekitar Rp5.000 saja untuk segelas Es Cendol. Tetapi jika masih sempat membuat sendiri, kamu bisa menyiapkan bahannya dan luangkan waktu sekitar 30 menit untuk mendapatkan Es Cendol yang lezat. Walau membeli bahan lebih mahal dibanding membeli minumannya langsung, tetapi dengan begitu kamu bisa membuat lebih banyak kemudian membagikannya sebagai takjil. Kalau sudah menemukan menu buka puasa irit satu ini, pastikan bawa pulang juga untuk keluarga di rumah ya sobat Kuliner Kota!

10. Bubur Sumsum

bubur sumsum
Bubur Sumsum, Foto Oleh Cookpad Com

Selain es cendol, ada pula Bubur Sumsum yang hingga kini menjadi menu buka puasa irit dan mengenyangkan. Terbuat dari tepung beras membuat jenis bubur ini semakin diminati saat berbuka puasa karena mengganjal lapar. Selain itu, harga Bubur Sumsum pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp2.000 – Rp5.000 saja. Seperti es cendol, kamu pun bisa membuat bubur ini di rumah loh. Dengan bahan yang sudah disiapkan kamu hanya tinggal mengikuti resep. Jika sudah jadi, pastikan membagi Bubur Sumsum dengan keluarga dan tetangga agar dapat dinikmati bersama.

Bagaimana dengan menu berbuka di atas? Cukup hemat dan lezat pastinya. Kalau sudah menemukan hidangan yang cocok untuk berbuka, jangan lupa buat atau beli juga untuk keluarga di rumah. Berbuka puasa semakin menyenangkan jika sudah menyantap hidangan bersama. Dengan budget terjangkau kamu pun dapat berhemat kemudian bisa membeli keperluan Idul Fitri bukan?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *