Ayu Setya Rini culinary enthusiast

15 Makanan Khas Kudus Terkenal Kaya Rasa dan Murah

6 min read

lentog jagung

Kota Kudus dikenal sebagai penghasil rokok kretek terbesar yang ada di Jawa Tengah. Kota ini menyimpan banyak sejarah wisata religi nan cukup eksis seperti masjid menara kudus dan makam walisongo. Setiap perjalanan yang kamu tapaki di kota ini tidak akan mengecewakan jika sudah mendapatkan beragam panorama wisata maupun ragam kuliner yang memanjakan lidah. Tidak hanya otentik akan rasa masakan tapi beragam kuliner Kudus juga murah meriah dan siap memanjakan lidah. Untuk itu siapkan budget dan sempatkan waktu mencicipi ragam makanan khas Kudus rekomendasi berikut ini.

1. Lentog Tanjung

lentog jagung
Lentog Tanjung, Foto Oleh Travel Kompas Com

Jika berada di Kota Kudus, sempatkan waktumu untuk mencicipi Lentog Tanjung. Lentog Tanjung adalah makanan khas Kudus Jawa Tengah yang cocok disantap saat sarapan atau makan siang. Kuliner Kudus ini berbahan utama lontong yang sudah diiris kecil, dilengkapi dengan tahu lodeh, sayur gori dan kani. Kani adalah jenis santan kental yang memiliki rasa gurih. Lentog Tanjung akan semakin nikmat disantap bersama sate telur puyuh, bakwan atau kerupuk. Perpaduan rasa dalam satu porsi Lentog Tanjung bakal bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Lentog Tanjung Ashadi
Alamat: Jalan AKBP Agil Kusumadya No. 20
Harga: Sekitar Rp9.000 per porsi.

2. Soto Kudus

Soto Kudus
Soto Kudus, Foto Oleh Craftlog Com

Makanan khas Kudus satu ini terkenal dengan aroma lezatnya, Soto Kudus. Hidangan penuh selera yang selalu laris diburu pelanggan. Soto Kudus terbuat dari daging kerbau yang dimasak dengan cara khusus sehingga menghasilkan cita rasa khas. Tetapi selain menggunakan daging kerbau, Soto Kudus juga dapat memakai daging ayam, rasanya tentu tidak kalah nikmat.

Perpaduan dari gurihnya kuah Soto Kudus selalu membuat mulut ingin terus melahapnya sampai habis. Untuk Isian Soto Kudus berupa seledri, tauge, irisan kol dan taburan bawang goreng yang makin bikin kamu berselera untuk segera menyantapnya. Untuk itu, tertarik mencoba kelezatan kuliner khas Kabupaten Kudus ini?

Tempat: Soto Kudus Bu Jatmi
Alamat: Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim Nomor 43, Panjunan, Kabupaten Kudus
Harga: Sekitar Rp12.000 per porsi.

3. Garang Asem

garang asem
Garang Asem, Foto Oleh Kompas Com

Kamu pecinta makanan pedas asam? Ada baiknya untuk mencoba Garang Asem sebagai tujuan utama saat bertandang ke Kudus. Garang Asem adalah hidangan berbahan dasar daging ayam atau jeroan, ikan dan tahu sebagai isiannya. Cita rasa pedas asam bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya. Apalagi dilengkapi irisan cabai dan tomat hijau, tentunya menambah selera makan. Kuliner khas Kudus Jawa Tengah disajikan menggunakan daun pisang dan dikukus sampai matang. Perpaduan rasa yang sempurna, akan lebih nikmat disantap bersama seporsi nasi hangat.

Tempat:  Sari Rasa
Alamat: Jl. AKBP Agil Kusumadya No. 20, Kecamatan Jati, Kudus
Harga: Mulai Rp20.000 – Rp27.500 per porsi.

4. Nasi Pindang Kerbau

nasi pindang kerbau
Nasi Pindang Kerbau, Foto Oleh Jateng Tribunnews Com

Nasi Pindang Kerbau
Makanan khas Kudus ini terkenal akan keistimewaan daging yang digunakan sebagai bahan dasarnya, Nasi Pindang Kerbau namanya. Seperti namanya hidangan ini menggunakan bahan daging kerbau bersama kuah pindang yang makin membuatnya terlihat menarik. Kuah pindang kerbau memiliki warna kecoklatan dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih. Tidak lupa tambahan pelengkap seperti daun melinjo dan nasi putih yang bakal makin menggugah selera. Dalam proses penyajiannya, Nasi Pindang Kerbau disajikan di atas piring yang dilapisi dengan daun pisang. Itulah sebabnya kuliner Kudus ini punya perpaduan pas antara aroma khas serta rasa nikmat yang ingin nambah terus.

Tempat: Nasi Pindang Kudus dan Soto Sapi
Alamat: Jalan Gajahmada Nomor 89B, Semarang
Harga: Sekitar Rp12.000 per porsi.

5. Opor Bakar Sunggingan

opor bakar sunggingan
Opor Bakar Sunggingan, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Opor adalah salah satu makanan khas lebaran yang digemari masyarakat Indonesia. Ada beragam sajian opor dengan keunikan tersendiri yang tersebar di berbagai kota, seperti Opor Bakar Sunggingan khas Kudus ini. Selain rasanya yang nikmat, Opor Bakar Sunggingan juga memiliki cara pengolahan unik. Dimana ayam kampung akan dimasak utuh tanpa dipotong terlebih dahulu, kemudian jeroan dari daging ayam tersebut dikeluarkan dan bumbu-bumbunya dimasukkan ke dalam rongga perut ayam.

Setelah matang barulah, ayam dibakar sampai merata dan dicincang serta disajikan bersama hangatnya kuah opor. Perpaduan rasa yang sempurna dan tentunya kuah yang nikmat bakal terasa makin nikmat ketika disantap bersama seporsi nasi hangat.

Tempat: Nasi Opor Sunggingan
Alamat: Jalan Niti Semito No. 9, Ploso Kudus
Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

6. Sate Kerbau

sate kerbau
Sate Kerbau, Foto Oleh Gotravelly Com

Olahan daging kerbau memang bisa dengan mudah kamu temui di Kabupaten Kudus, seperti Sate Kerbau ini. Selain bahan yang digunakan tidak biasa dari sate kebanyakan, cara membuat Sate Kerbau juga unik. Yakni daging kerbau diiris kecil-kecil kemudian dimemarkan, lalu diberi bumbu dan didiamkan selama beberapa jam sampai bumbu meresap sempurna.

Selanjutnya, barulah potongan-potongan tersebut ditusuk menggunakan tusukan sate serta dibakar di atas bara panas. Tidak cukup sampai disitu, bumbu Sate Kerbau ini juga istimewa karena dicampur dengan serundeng, bawang merah dan bawang putih, kacang tanah yang sudah dihaluskan juga kentang. Tentunya makin bikin perpaduan rasa sempurna yang bikin kamu wajib untuk mencobanya.

Tempat: Sate Kerbau Pak Min Jastro
Alamat: Jalan Agus Salim, Kecamatan Jati, Kudus

7. Lepet

lepet
Lepet, Foto Oleh Merdeka Com

Lepet adalah salah satu makanan khas yang menjadi ikon kuliner Kota Kudus. Dalam istilah Jawa, Lepet berarti luput, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut kesalahan. Biasanya kuliner khas Kudus ini banyak dijumpai saat hari ke 7 Idul Fitri saja, tetapi tak menutup kemungkinan ada tempat makan di Kudus yang menjualnya hidangan ini.

Lepet sendiri terbuat dari beras ketan, bahan tersebut dicampur bersama parutan kelapa dan direbus layaknya merebus lontong. Tak hanya menggunakan parutan kelapa, campuran lain seperti kacang tolo atau pisang dan nangka akan kamu temui dalam kuliner Lepet. Jadi, tertarik ingin mencoba kenikmatan Lepet khas Kudus ini?

Harga: Sekitar Rp10.000 per empat buah.

8. Ayam Gongso

ayam gongso
Ayam Gongso, Foto Oleh Cookpad Com

Kamu pecinta olahan ayam? Wajib untuk mencicipi makanan khas Kudus, Ayam Gongso. Dalam bahasa Jawa, Gongso artinya tumisan, jadi bisa dikatakan bahwa Ayam Gongso adalah tumisan ayam yang diolah menggunakan bumbu kecap. Itulah sebabnya, perpaduan rasa olahan ayam ini gurih, manis dan makin menggugah selera. Untuk itu, siap memanjakan lidah dengan olahan Ayam Gongso saat berada di Kudus?

9. Pecel Pakis Colo

pecel pakis colo
Pecel Pakis Colo, Foto Oleh Cookpad Com

Ketika kamu sedang berada di Kota Kudus tepatnya di Desa Colo, salah satu menu andalan yang pasti disediakan di sana adalah Pecel Pakis Colo. Sesuai dengan namanya, kuliner khas di Kudus ini terbuat dari tanaman pakis yang tumbuh di daerah lereng gunung muria. Tanaman pakis tersebut akan diambil daunnya kemudian dicampurkan dengan bahan lain seperti tauge dan potongan kacang panjang.

Pada mulanya, Pecel Pakis dihidangkan bagi keluarga keraton Solo, namun seiring berkembangnya zaman maka sajian tersebut dijual untuk masyarakat di berbagai kalangan. Perpaduan rasa yang sempurna akan lebih nendang ketika kamu menyantapnya ditemani dengan segelas teh hangat sambil melihat pemandangan pegunungan muria

Alamat: Desa Colo, Dawe, Kudus
Harga: Sekitar Rp10.000 per porsi.

10. Wedang Coro

Wedang Coro
Wedang Coro, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Tak lengkap rasanya ketika berkunjung ke Kudus tanpa menyeruput minuman khasnya, Wedang Coro. Sajian khas Kudus yang terbuat dari campuran gula aren, serai, irisan kelapa yang sudah digoreng, cengkeh, jahe, merica dan tepung beras. Dengan cita rasa manisnya yang khas serta sedikit pedas gurih tentunya akan membuat badan terasa hangat dan nikmat. Teksturnya yang kental dan tentunya nikmat membuat kamu wajib banget mencoba minuman satu ini.

11. Sayur Kangkung Santan

sayur kangkung santan
Sayur Kangkung Santan, Foto Oleh Selerasa Com

Pernahkan kamu mendengar sayur kangkung dengan santan sebagai bahan campurannya? Tentu hidangan unik itu akan kamu temui di Kota Kudus, Sayur Kangkung Santan namanya. Jika umumnya sayur kangkung hanya ditumis biasa, maka berbeda dengan kuliner Sayur Kangkung khas Kudus ini. Olahan kangkung ini akan ditambahkan santan, sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat. Perpaduan rasa unik dan sempurna dari Sayur Kangkung Santan bakal terasa makin nikmat ketika disantap bersama nasi hangat.

12. Tahu Kecap

tahu kecap
Tahu Kecap, Foto Oleh Cookpad Com

Kamu, pecinta olahan tahu maka makanan khas Kudus Jawa Tengah, Tahu Kecap wajib dicoba. Tahu Kecap sering diartikan sebagai makanan sederhana berupa nasi hangat dan potongan tahu goreng juga siraman bumbu kacang. Tapi, jangan salah Tahu Kecap khas Kudus ini punya cita rasa nikmat daripada olahan tahu pada umumnya. Dimana perpaduan rasa yang dominan manis serta gurih karena terbuat dari campuran gula aren dan kecap manis. Untuk itu, tertarik mencoba bagaimana kenikmatan Tahu Kecap khas Kudus ini?

Harga: Mulai Rp9.000 – Rp14.000 per porsi.

13. Nasi Ayam Mentog Kasmini

nasi ayam mentog kasmini
Nasi Ayam Mentog Kasmini, Foto Oleh Gramho Com

Bukan hanya daging kerbau, namun hidangan dengan olahan ayam juga menjadi favorit masyarakat Kudus Salah satu menu yang patut untuk dicoba yakni Nasi Ayam Mentog Kasmini. Dalam satu porsi makanan khas Kudus ini kamu akan medapatkan ukuran daging yang cukup jumbo. Dimana, daging ayam yang digunakan menggunakan ayam kampung sehingga teksturnya empuk. Dengan tambahan sambal makin membuat kuliner Kudus ini terasa sempurna nikmatnya.

Tempat: Ayam Goreng Mentok Hj. Kasmini
Alamat: Jalan Cempaka Barat Pasar Kliwon Kudus
Harga: Mulai Rp25.000 – Rp30.000 per porsi.

4. Intip Ketan Khas Kudus

intip ketan
Intip Ketan, Foto Oleh Jateng Tribunnews Com

Seperti namanya, Intip Ketan terbuat dari kerak ketan. Memiliki rasa gurih dan sedikit manis serta tekstur yang lembek dengan bagian luarnya renyah. Cara pembuatan Intip Ketan cukup sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama. Ketan giling yang dicampur bersama parutan kelapa langsung dituangkan di atas wajan khusus dengan api kecil. Perpaduan rasa yang sempurna makin membuat kamu wajib membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Kudus untuk keluarga di rumah.

Tempat: Lapak Suprapti (42)
Alamat: Depan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus
Harga: Sekitar Rp2.500 per porsi.

15. Kopi Jetak

Kopi Jetak
Kopi Jetak, Foto Oleh Inibaru Id

Bagi kamu penggemar kopi wajib untuk menjajal Kopi Jetak ketika bersambang ke Kudus. Kopi ini merupakan salah satu kuliner yang dibuat oleh masyarakat Jetak sendiri. Dimana, saat penyangraian, biji kopi akan berubah warna menjadi hitam. Saat proses sangrai, biji kopi tersebut pun akan diberi tambahan air kopi. Sehingga dari proses inilah ketahanan Kopi Jetak lebih lama jika dibandingkan dengan kopi biasanya. Perpaduan rasa khas dan tentunya aroma yang menggoda membuat kamu wajib banget mencoba kelezatan Kopi Jetak khas Kudus ini.

Harga: Sekitar Rp1.500-Rp20.000 per bungkus.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan ingin menikmati makanan khas Kudus mana terlebih dulu? Tak usah galau dan risau karena semua makanan khas dari Kudus murah meriah dan tentunya nikmat. Itulah sebabnya siapkan budget dan waktu khusus untuk menikmati ragam wisata kuliner Kudus yang siap memanjakan mata. Jadi, kuliner Kudus mana favorit kamu?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *