1. Resep

Resep Kue Kacang ala Rumahan yang Enak, Renyah, dan Gurih!

Kue kacang merupakan jenis kue kering yang biasanya menjadi hidangan kue khas Lebaran selain nastar. Kue ini terbuat dari bahan utama kacang tanah yang dihaluskan dan bahan lainnya seperti tepung terigu, gula, dan telur.

Bentuk kue kacang bervariasi, ada yang berbentuk bulat, persegi, atau dengan kreasi bentuk lainnya. Kue kacang mempunyai cita rasa yang manis dan juga gurih, cocok sebagai camilan saat bersantai. Biasanya, kue ini  disajikan dalam toples.

Untuk mendapatkan kue kacang yang renyah, kamu harus menggunakan oven untuk memasaknya. Walaupun ada banyak cara untuk memasak kue kacang tanpa oven seperti menggunakan teflon, hasilnya tentu akan berbeda. 

Variasi Resep Kue Kacang

Resep kue kacang bisa kamu kreasikan dengan menambah bahan-bahan pelengkap atau mengganti bahan utamanya dengan bahan substitusi, seperti menggunakan kacang hijau, atau kacang mete. 

Berikut ini variasi kue kacang yang bisa jadi inspirasi:

  • Kue Kacang Coklat
    Untuk membuat kue kacang coklat, kamu bisa menambahkan coklat bubuk atau pasta coklat ke dalam adonan. Coklat akan memberikan rasa yang lebih manis dan pada kue kacang.
  • Kue Kacang Keju
    Untuk membuat kue kacang keju, kamu bisa menambahkan keju cheddar parut ke dalam adonan atau bisa juga sebagai topping pada bagian atasnya. Keju akan memberikan rasa yang lebih gurih pada kue kacang.
  • Kue Kacang Hijau
    Untuk membuat kue kacang kacang hijau, kamu bisa menambahkan kacang hijau atau mengganti kacang tanah dengan kacang hijau ke dalam adonan. Kacang hijau akan memberikan rasa yang lebih manis dan gurih pada kue kacang.
  • Kue Kacang Oatmeal
    Untuk membuat kue kacang oatmeal, kamu bisa menambahkan oatmeal atau mengganti tepung terigu dengan oatmeal ke dalam adonan. Oatmeal akan memberikan tekstur yang lebih lembut dan padat pada kue kacang.
  • Kue Kacang Mete
    Untuk membuat kue kacang dengan menggunakan kacang mete, kamu bisa menambahkan atau mengganti kacang tanah dengan kacang mete ke dalam adonan atau sebagai topping pada bagian atas. Kacang mete akan memberikan rasa yang lebih gurih.

Penasaran resep kue kacang yang renyah dan gurih? Simak penjelasan berikut ini.

Resep Kue Kacang Renyah dan Gurih

Resep kue kacang khas lebaran yang akan kali ini yaitu menggunakan kacang tanah. Bahan ini yang umumnya digunakan untuk membuat kue kacang. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

resep-kue-kacang

Resep Kue Kacang

Kuliner Kota
Course Dessert
Cuisine Indonesian
Servings 500 gram

Equipment

  • oven
  • Loyang pemanggangan
  • Kues kue
  • Toples 500 gram

Ingredients
  

Bahan utama:

  • 500 gram kacang tanah
  • 1 kg tepung terigu
  • 250 gram gula halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanili ekstrak

Bahan olesan:

  • 2 butir kuning telur
  • 2 sendok teh minyak sayur/goreng

Instructions
 

Cara membuatnya:

  • Pertama, cuci bersih kacang tanah lalu tiriskan. Setelah itu, sangrai sedikit demi sedikit kacang tanah sampai berwarna kecoklatan. Kemudian, pisahkan kulit kacangnya hingga bersih dan blender hingga teksturnya halus.
  • Kedua, campur kacang tanah yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula halus, garam, dan minyak dalam satu wadah. Lalu, aduk hingga adonan merata dan giling adonan dengan penggiling manual.
  • Ketiga, cetak adonan sesuai dengan keinginan dan tata adonan yang sudah dibentuk diatas loyang yang sudah dioles dengan margarin.
  • Keempat, campur 2 butir kuning telur dengan 2 sendok teh minyak dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. Kemudian, oleskan pada adonan pada bagian atasnya.
  • Selanjutnya, panaskan oven dengan api atas bawah pada suhu 170 derajat selama kurang lebih 10 menit. Lalu, masukan loyang yang berisi adonan dan panggang selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah kue matang, keluarkan loyang dan tunggu adonan hingga tidak terlalu panas atau mencapai suhu ruang, baru setelah itu masukan ke dalam toples dengan susunan yang rapi agar kue tidak hancur.
  • Kue kacang siap menjadi cemilan untuk menemani hari raya Lebaran.
Keyword resep kue kacang

Nah, itu tadi resep kue kacang yang cocok untuk camilan atau menemani saat hari raya Lebaran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, yaa. Selamat mencoba membuat kue kacang, Sobat Kuliner. Semoga berhasil!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Kue Kacang ala Rumahan yang Enak, Renyah, dan Gurih!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]