1. Kuliner

8 Makanan Tradisional Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

Makanan tradisional Kalimantan terkenal sebagai destinasi kuliner yang menjadi surga para pecinta makanan. Selain mempunyai warisan budayanya yang masih kental, makanan khas Kalimantan memiliki sajian yang berbeda di tiap daerahnya masing-masing. Soal rasa, pastinya tidak akan mengecewakan. Kira-kira apa saja makanan khasnya? Yuk, simak artikel berikut ini.

Daftar 8 Makanan Khas Kalimantan 

1. Soto Banjar

Soto Banjar makanan tradisional kalimantan
Sumber: Craved

Makanan ini tentunya tidak asing bagi penduduk Jawa, karena berbagai jenis soto menjadi makanan khas dari sejumlah kota di Jawa. Begitu juga dengan makanan berkuah khas Banjar ini. Soto Banjar berbahan utama ayam suwir dengan perpaduan kuah yang kaya akan rempah seperti biji pala, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, dan tanpa memakai kunyit. 

Soto khas Kalimantan ini ada yang kuahnya keruh dan bening. Isian soto ini juga sangat komplit dengan tambahan perkedel, wortel, soun, dan potongan telur rebus. Untuk membuat hidangan ini semakin spesial, biasanya penjual soto Banjar juga menyajikan sate ayam sebagai lauk pendampingnya. 

2. Ketupat Kandangan 

ketupat kandangan khas kalimantan
Sumber: Burneo24

Makanan yang selalu ada pada momen lebaran ini tentunya sudah tidak asing bukan? Sama seperti ketupat pada umumnya, bahan baku untuk membuatnya adalah beras. Jika ketupat di Jawa biasa disajikan bersama opor, maka ketupat khas Kalimantan disajikan berbeda, yaitu dengan ikan gabus sebagai pendampingnya. Ikan gabus yang telah dipanggang akan disiram kuah bersantan dengan racikan rempah-rempah tradisional, seperti pala, kayu manis, cengkeh dan kapulaga. Ketupat kandangan memiliki tekstur kuah agak kental dan gurih. 

3. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam khas kalimantan
Sumber: banjarmasinpost

Di beberapa daerah, ikan khas Hulu Sungai Tengah terkenal dengan sebutan pakasam atau iwak semu. Sebelum diolah, iwak pakasam terlebih dahulu melalui proses pengawetan menggunakan garam dan beras ketan sehingga menghasilkan rasa yang sedikit asam akibat dari fermentasi bakteri asam laktat. 

Namun, jika sudah digoreng dengan irisan bawang merah, tomat dan cabe hijau, makanan khas Kalimantan tersebut akan menghasilkan cita rasa yang gurih. Karena pembuatannya melalui proses pengawetan, olahan ikan khas Kalimantan ini daya simpan yang lama dan banyak yang menjual dalam bentuk mentah di pasaran. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Cilegon yang Wajib Kalian Coba

4. Gangan Humbut

Gangan Humbut makanan tradisional kalimantan
Sumber: tribunnewswiki

Gangan humbut menjadi salah satu makanan yang wajib ada saat hajatan atau acara pernikahan. Selain itu, sayur tradisional khas Kalimantan ini merupakan salah satu santapan yang biasa banyak tersedia saat bulan suci Ramadhan sebagai hidangan buka puasa. 

Makanan tradisional Kalimantan ini terbuat dari potongan iga sapi dan rebung muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan segar. Kamu bisa menikmati gangan humbut dengan nasi hangat.

5. Amparan Tatak

amparan tatak khas kalimantan
Sumber: orami

Amparan tatak merupakan kue tradisional Kalimantan, khususnya Suku Banjar yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan pisang raja. Kue ini termasuk kedalam kategori kue basah yang punya rasa gurih dan manis, sehingga menjadi salah satu jajanan pasar.

Sekilas kue ini mirip dengan kue nagasari, namun yang membedakan dengan amparan tatak yaitu penyajiannya yang tidak menggunakan bungkusan daun pisang melainkan langsung dikukus menggunakan loyang dan disajikan dengan potongan berbentuk segitiga maupun persegi panjang.

6. Mandai Basanga

mandai makanan tradisional Kalimantan Selatan
Sumber: Instagram/@elabundaela

Mandai merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang berbahan dasar kulit tiwadak atau cempedak yaitu buah-buahan yang punya rasa dan wangi seperti nangka. Kulit cempedak yang sudah bersih akan melalui proses fermentasi, barulah setelah itu digoreng. 

Biasanya, penyajian mandai yaitu dalam bentuk sambal goreng dengan campuran bawang, cabai, dan tomat. Selain itu, mandai juga dapat disajikan dengan sayur atau daging. Banyak masyarakat yang menyukai makanan ini karena punya tekstur yang kenyal, tidak lembek, namun tetap lembut. Bukan hanya teksturnya saja, namun rasanya pun sungguh nikmat dan kaya akan vitamin A dan C, sumber karbohidrat, protein, lemak, kalsium, dan fosfor.

Baca juga: 10 Rekomendasi Makanan Khas Ternate, Wajib Kalian Coba!

7. Bubur Pedas

bubur pedas makanan tradisional kalimantan
Sumber: instagram/@buburpedasmakcik

Orang Melayu biasa menyebut makanan khas Kalimantan ini dengan bubbor paddas. Pedas dari nama ini bukan karena bubur yang terasa pedas karena cabai, namun kata ‘padas’ merupakan istilah yang berarti sayuran dengan berbagai ragam dan rempah. 

Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur ini lebih sehat karena bahan utamanya adalah sayur-sayuran seperti kangkung, pakis, dan daun kesum. Selain itu, terdapat tambahan topping, seperti teri goreng dan kacang tanah. Meskipun namanya bubur pedas, namun bubur ini tidak punya rasa pedas sama sekali.

8. Mie Sagu

Mie Sagu khas Kalimantan
Sumber: tukang jalan jalan

Berbeda dengan olahan mie pada umumnya, mie yang satu ini berbahan dasar tepung sagu yang kaya akan nutrisi. Itulah yang membuat mie sagu memiliki tekstur berbeda dengan mie yang berbahan dasar tepung terigu. Hidangan Mie sagu biasanya menggunakan tambahan Ikan Bilis, tauge serta irisan daun kucai. Mie khas ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, sehingga dapat menjadi santapan yang aman bagi penderita diabetes. 

 

Itulah 8 ulasan dari makanan tradisional Kalimantan yang dapat menjadi ide wisata kuliner kamu, mulai dari makanan bercita rasa gurih dan lezat hingga kudapan manisnya yang pas sebagai cemilan selama perjalanan. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat berwisata kuliner, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Makanan Tradisional Kalimantan yang Wajib Kamu Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]