1. Oleh-Oleh Khas

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli!

Oleh-oleh khas Solo menjadi hal yang wajib kamu beli jika berkunjung ke kota ini. Selain memiliki ciri khas budaya dan keramahan warga lokalnya, kuliner Kota Solo menjadi pesona dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan selama berkunjung. Dari gudeg yang melegenda hingga kue serabi yang lezat, Solo menyuguhkan berbagai sajian istimewa yang siap memanjakanmu. 

Setelah puas menikmati keindahan alam dan ragam wisatanya, jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh–oleh khas Solo, ya! Berikut ini, Kuliner Kota merangkum 10 rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang bisa kamu bawa pulang. Penasaran apa saja? Yuk simak pembahasan di bawah ini.

Daftar 10 Oleh-Oleh Khas Solo

1. Serabi Khas Solo

serabi
Sumber: koranmemo

Setelah mencoba makanan berat, pastinya penasaran dan tertarik untuk mencicipi jajanan ataupun kue khas Kota Solo. Serabi Solo merupakan kue yang sudah terkenal dan banyak peminatnya. Serabi merupakan jajan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan cita rasa yang manis dan bertekstur lembut. Kue ini terbuat dari santan yang kental, sehingga memiliki cita rasa manis dan gurih. Harganya pun cukup murah, yaitu hanya Rp2.000 per serabi. Wah, cukup menggiurkan untuk dicoba bukan?

2. Serundeng

serundeng
Sumber: Omiyago

Serundeng merupakan salah satu rekomendasi oleh–oleh dari Kota Solo yang terbuat dari olahan parutan kelapa yang digoreng dengan campuran bumbu rempah-rempah. Serundeng punya cita rasa manis dan gurih yang membuat makanan satu ini digemari oleh banyak orang, mulai dari warga lokal hingga wisatawan yang datang berkunjung. Sekilas, makanan ini mirip seperti abon. Cara menikmatinya pun cukup sama, yaitu sebagai lauk yang dimakan dengan nasi hangat. Harga satu bungkus serundeng dapat bervariasi tergantung beratnya, yaitu mulai dari Rp15.000.

3. Intip

Intip
Sumber: Travelingyuk

Intip merupakan oleh-oleh legenda khas Kota Solo yang identik dengan makanan “wong ndeso”. Makanan ini terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan dan barulah kemudian digoreng. Intip punya cita rasa yang gurih, asin dan renyah. Terdapat 2 varian rasa, yaitu intip polos dan intip dengan siraman gula jawa cair pada bagian atasnya. Harga oleh-oleh ini cukup murah, yaitu kisaran Rp10.000 sampai Rp50.000 saja. Tak heran banyak wisatawan berkunjung ke Solo yang selalu menyempatkan untuk membeli makanan satu ini sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 9 Oleh-Oleh Khas Makassar yang Kekinian dan Populer

4. Ampyang

Ampyang oleh oleh khas solo
Sumber: Tribunnews

Oleh–oleh Solo selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi adalah ampyang. Jajanan tradisional yang sudah legendaris ini terbuat dari olahan kacang tanah, gula jawa merah dan jahe yang dicampur dan kemudian dicetak. Ampyang memiliki cita rasa yang manis, legit, gurih dan pastinya enak. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari harga Rp4.000 sampai Rp15.000 saja. Ampyang cocok disajikan bersamaan dengan secangkir kopi maupun teh hangat. Kamu bisa membelinya ke pusat toko oleh-oleh di Kota Solo.

5. Solo Pluffy

Solo-Pluffy oleh oleh khas solo
Sumber: Tokopedia

Solo pluffy merupakan kue manis kekinian yang terdiri dari 3 lapis dengan tekstur yang halus dan lembut. Pada bagian tengahnya terdapat filling cream yang lumer dan lembut dengan varian rasa yang ditawarkan, seperti choco, cheese, strawberry dan cornflake. Selain itu, pada bagian luar kue terdapat topping crust yang pastinya lembut dan manis. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung varian rasanya, yaitu mulai dari Rp60.000 sampai Rp80.000 saja. 

6. Roti Orion

Roti Orion khas solo
Sumber: Tokopedia

Roti orion atau yang terkenal dengan sebutan roti mandarijnnya merupakan salah satu oleh-oleh kue khas Solo yang sudah terkenal sejak tahun 1930. Kue ini punya daha tahan yang cukup lama yaitu selama satu minggu, loh. Roti orion termasuk ke dalam jenis kue basah yang bagian tengahnya terdapat lapisan selai nanas. Sekilas, kue ini mirip seperti kue lapis Surabaya, namun ciri khas dari roti orion ini yaitu pada varian rasanya, seperti original, kismis, dan mandarijn spesial. Harga kue yang satu ini cukup bervariasi tergantung rasa dan ukurannya, yaitu mulai dari Rp150.000.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Manado, Mulai dari Kue hingga Sambal

7. Bakpia Balong

bakpia balong khas solo
Sumber: Shopee

Tidak hanya di Kota Jogja saja yang punya bakpia, tapi Kota Solo juga punya bakpia balong yang menjadi oleh–oleh khas Solo. Memiliki tekstur yang lembut, Bakpia balong selalu menjadi incaran para wisatawan yang mampir ke Solo. terdapat varian rasa bakpia balong yang otentik yaitu, ketan, kacang hitam, coklat, keju, durian, dan isi daging. Harga untuk satu kotak bakpia balong yaitu mulai dari Rp43.000 hingga Rp56.000 saja.

8. Balung Kethek

Balung kethek khas solo
Sumber: Beepdo

Nama oleh–oleh Solo yang satu ini cukup unik yakni Balung Kethek artinya dalam bahasa Indonesia yaitu tulang monyet. Terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong seperti irisan keripik dengan varian rasa balado, ayam bakar, pedas, keju. Cita rasa dari cemilan yang satu ini yaitu renyah dan gurih. Daya tahan makanan ini cukup lama, jadi cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Harganya pun cukup murah, yaitu sekitar Rp10.000 sampai Rp15.000 saja.

9. Brem Solo

Brem oleh oleh khas solo
Sumber: Detimes

Brem Solo merupakan oleh–oleh khas Kota Solo yang berbentuk bulat dan padat. Makanan ini terbuat dari fermentasi sari ketan hitam yang punya rasa unik dan teksturnya yang lumer saat dimasukan ke dalam mulut. Brem Solo memberikan sensasi menyegarkan di dalam mulut dalam satu gigitan saja. Dengan rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau mulai dari Rp20.000, tak heran wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo selalu menyempatkan untuk mampir membeli oleh–oleh khas Solo yang satu ini. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang yang Terkenal dan Enak

10. Solo Prabu

roti prabu khas solo
Sumber: Mamikos

Solo Prabu menjadi salah satu oleh–oleh yang menjadi primadona para wisatawan. Pastry kekinian yang satu ini terdapat lapisan cream dan topping pada bagian atasnya. Nama makanan ini sangat unik karena pengambilan nama menu yang berasal dari nama pandawa lima dan pewayangan. Adapun varian rasanya, yaitu yudhistira O’cheese, bima green tea, arjuna blueberry, nakula chocolate, sadewo taro, semar keju, dan petruk tiramisu. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari harga Rp30.000 sampai Rp100.000. 

 

Nah, itu tadi ulasan rekomendasi oleh–oleh khas Solo yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga maupun kerabat terdekat. Kenikmatan rasa yang ditawarkan dan harga yang terjangkau membuat para wisatawan tak pernah absen untuk mampir dan membeli buah tangan khas Kota Solo. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berburu oleh-oleh khas Kota Solo, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Wajib Dibeli!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]