1. Kuliner
  2. Tak Berkategori

10 Rekomendasi Makanan Khas Ternate, Wajib Kalian Coba!

Ternate merupakan salah satu kota di Maluku Utara yang penuh akan sejarah dan kaya rempah sejak masa penjajahan sehingga diberi julukan sebagai Kota Rempah atau The Spicy Island. Ternate terkenal mempunyai tanah yang subur untuk ditanami rempah-rempah seperti pala, lada, dan cengkeh.

Keindahan alam Kota Ternate juga semakin dikenal masyarakat terutama bagi pecinta diving. Namun, selain wisata alam, kamu juga bisa menikmati wisata rempah seperti museum atau pasar rempah.

Masyarakat Ternate melakukan pengembangan hasil rempah-rempah untuk dijadikan makanan atau minuman. Jadi, Sobat Kuliner yang sedang berkunjung ke Kota Ternate jangan sampai terlewatkan untuk mencoba makanan khas disana, loh! Rasa makanan khas Ternate, Maluku Utara pastinya kaya akan rempah.

Apa saja sih makanan khas Ternate, Maluku Utara? Ini dia rekomendasi kuliner khas Ternate yang wajib kamu coba!

Ikan Kuah Kuning

ikan kuah kuning
Sumber: unimmafm

Ikan Kuah Kuning menjadi makanan khas Ternate yang menggunakan olahan ikan kakap merah. Namun, ada juga yang menggunakan ikan tongkol atau ikan barakuda. Sesuai dengan namanya yaitu kuah kuning, makanan ini menggunakan bumbu kunyit untuk menghasilkan warna kuning tersebut.

Kuah ikan yang dibuat tidak terlalu kental menggunakan campuran bumbu yang kaya akan rempah. Selain itu, untuk menghilangkan bau amis dari ikan yaitu menggunakan jeruk nipis dan daun kemangi.

Biasanya, masyarakat setempat menikmati ikan kuah kuning menggunakan papeda karena rasanya yang tawar sangat cocok disantap dengan ikan kuah kuning yang gurih.

Sobat Kuliner dapat mencoba kuliner ikan kuah kuning di restoran atau rumah makan di Ternate yang tersebar luas. Harga untuk menyantap ikan kuah kuning bisa bervariasi di setiap resto tergantung ukuran dari ikan. Biasanya ukuran ikan yang besar bisa dibandrol dengan harga sekitar Rp50,000-300,000 untuk porsi 2 sampai 4 orang.

Gohu Ikan

gohu ikan
Sumber: primarasa

Selanjutnya ada gohu ikan yaitu makanan khas Ternate yang juga terbuat dari olahan ikan. Jika di Jepang ada sashimi yaitu masakan yang dimakan langsung secara mentah-mentah, maka di Kota Ternate dinamakan dengan gohu ikan. Biasanya gohu ikan menggunakan olahan ikan tuna maupun ikan cakalang mentah yang segar.

Gohu mempunyai arti mengunyah makanan yang mentah. Ikan mentah yang segar dipotong kotak-kotak seperti dadu, lalu dicampur bahan-bahan seperti perasan jeruk dan garam untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Selain itu, terdapat campuran tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari. Biasanya, di beberapa resto disiram dengan minyak panas.

Gohu ikan mempunyai rasa yang asam, pedas, dan segar. Sobat Kuliner bisa menikmati gohu ikan di resto dan rumah makan dengan harga sekitar Rp25.000 – 40.000 untuk satu porsi.

Baca juga: 15 Makanan Khas Bima yang Wajib Dicoba, Unik dan Lezat!

Ikan Komu Asar

ikan komu asar
Sumber: phinemo

Makanan khas Ternate yang terbuat dari olahan ikan selanjutnya yaitu ikan komu asar. Makanan favorit masyarakat Ternate ini menggunakan ikan cakalang, tongkol, atau tuna yang pembuatannya dengan cara ditusuk dengan bambu dan kemudian diasap hingga kering dan kecoklatan.

Untuk menikmati ikan komu asar, biasanya dihidangkan dengan sambal colo-colo yaitu sambal khas daerah timur yang rasanya pedas. Sobat Kuliner bisa coba menikmati ikan ini jika tidak suka makanan yang berkuah atau mentah. Harga ikan komu asar beraneka ragam tergantung ukurannya yaitu sekitar Rp25.000 – 50.000 per ekor.

Sagu Woku Komo-Komo

sagu woku komo komo
Sumber: makanandimaluku

Selain olahan makanan ikan, Ternate juga mempunyai makanan khas yang terbuat dari sagu. Masyarakat sekitar mengolah makanan ini sebagai makanan pokoknya sehingga resepnya turun temurun sejak zaman nenek moyang.

Woku komo-komo terbuat dari sagu yang direndam air selama kurang lebih sekitar 1 jam, kemudian menggunakan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, serai, dan santan. Rasa yang dihasilkan makanan ini yaitu legit, gurih, dan aromanya yang khas dari rempah-rempah.

Pengolahan sagu woku komo-komo menggunakan daun pisang untuk membungkus adonan kemudian dibakar hingga matang. Bagi Sobat Kuliner yang penasaran ingin coba, kamu bisa dapatkan di resto atau rumah makan dengan harga sekitar Rp10.000 – 15.000 per porsi.

Papeda

papeda
Sumber: mommyasia

Kalau Sobat Kuliner berkunjung ke Ternate, jangan sampai lupa untuk mencicipi papeda. Makanan khas ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan air hangat lalu diaduk hingga menyerupai bubur. Untuk menikmati papeda, kamu bisa menyantapnya dengan ikan kuah kuning yang memberikan rasa gurih karena pada dasarnya papeda tidak ada rasanya atau tawar.

Cara memakan papeda juga terbilang cukup unik, kamu perlu menggunakan sumpit untuk mengambil papeda dengan cara diputar-putar hingga terputus. Pasalnya, papeda mempunyai tekstur yang lengket.

Sobat Kuliner bisa membeli papeda di resto atau rumah makan dengan harga sekitar Rp30,000 untuk satu porsi. Namun, harga dapat bervariasi di setiap tempat.

Baca juga: 13 Rekomendasi Makanan Khas Pasuruan yang Enak, Yuk Cicip!

Ketam Kenari

Ketam Kenari
Sumber: intiwhiz

Ketam kenari atau disebut dengan gatang kenari atau kepiting kenari merupakan makanan khas Ternate yang terbuat dari kepiting. Berbeda dari kepiting biasanya, kepiting kenari mempunyai ukuran yang lebih besar, dagingnya yang lebih tebal, dan rasanya yang manis.

Penyajian kepiting kenari biasanya dengan cara rebus atau goreng dengan menggunakan saus padang atau asam manis. Makanan ini banyak diburu oleh para wisatawan sehingga memicu harga yang tinggi sekitar Rp600,000 hingga 800,000 per porsi.

Pali-Pali

Pali-pali
Sumber: 1001indonesia

Pali-pali merupakan makanan khas Ternate yang bentuknya seperti lontong. Namun, bedanya dengan lontong lainnya yaitu pembungkusnya menggunakan anyaman daun lontar. Rasa yang keluar dari daun lontar pun berbeda dengan bungkusan daun pisang. Inilah yang menjadi ciri khas dari pali-pali.

Lontong khas Ternate ini bisa dinikmati bersama dengan makanan khas Ternate lainnya. Sobat Kuliner bisa membeli pali-pali di resto maupun rumah makan dengan harga yang cukup murah.

Kohu-Kohu

Kohu-Kohu
Sumber: tribunnewswiki

Kohu-kohu merupakan makanan khas Ternate yang terbuat dari sayur-sayuran rebus seperti buncis, kacang panjang, bayam, atau kangkung. Makanan ini sekilas mirip dengan urap karena memiliki campuran dengan kelapa parut yang diberi bumbu. Namun, kohu-kohu jelas berbeda dari sayur urap biasanya yaitu ada tambahan suwiran ikan asar yang memberikan rasa gurih.

Baca juga: 11 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kendari yang Wajib Diborong! 

Sambal Colo

sambal colo
Sumber: zonamakan

Ternate juga punya sambal khas yang bisa Sobat Kuliner nikmati yaitu sambal colo. Sambal ini menggunakan bahan-bahan seperti tomat, bawang merah, dan cabai yang dipotong sedang, serta ditambah dengan gula, jeruk nipis, garam dan kecap. Sambal ini bisa kamu dengan makanan khas lainnya seperti ikan komu asar.

Lapis Palaro

lapis palaro
Sumber: zonamakan

Rekomendasi makanan khas Ternate yang terakhir yaitu lapis palaro. Makanan ini terdengar seperti kue lapis, namun sebenarnya ini adalah makanan olahan dari daging sapi yang dipotong pipih dan diracik dengan bumbu rempah.

Rasanya tidak jauh berbeda dengan rendang, namun biasanya lebih pedas dan kaya akan rempah khas Ternate. Sobat Kuliner bisa dapatkan di resto maupun warung makan setempat dengan harga sekitar Rp35.000 per porsi.

Itu tadi rekomendasi makanan khas Ternate, Maluku Utara yang unik, menarik, dan wajib kalian coba jika berkunjung kesana. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan selamat ber kulineran Sobat Kuliner! Kamu pasti ketagihan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Rekomendasi Makanan Khas Ternate, Wajib Kalian Coba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]