1. Oleh-Oleh Khas

11 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kendari yang Wajib Diborong!

Sobat Kuliner sedang berlibur ke Kendari? Tak hanya wisata alamnya yang patut dikunjungi, tapi Kendari juga menyimpan berbagai oleh-oleh khas yang wajib kamu beli untuk keluarga dan kerabat. Mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang sangat unik. Apa saja oleh-oleh khas Kendari yang wajib dibawa pulang? Yuk, simak rekomendasi Kuliner Kota kali ini!

1. Kacang Mete

Sumber: senangrekreasi

Tahukah kamu? Kota Kendari adalah salah satu daerah penghasil kacang mete terbaik di Indonesia. Bahkan, kacang mete asal daerah ini sudah diekspor ke beberapa benua, dari Asia hingga Eropa. Jika kamu berkunjung ke Kendari, pastikan kamu membeli kacang metenya ya. Umumnya kacang mete yang dijual sudah digoreng. Ada pula yang menjual mete ini dalam paket yang terdiri dari beberapa rasa sekaligus, seperti rasa original, madu, keju, pedas, balado, dan lain sebagainya. Namun, saat ini sudah banyak kreasi makanan dengan kacang mete yang tidak boleh kamu lewatkan, Sobat Kuliner.

2. Keripik Mete

Sumber: idntimes

Salah satu olahan mete yang sangat populer di Kendari adalah keripik mete. Keripik ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Kini keripik mete juga tersedia dalam beberapa varian rasa. Keripik mete ini dibandrol dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu saja. Selain itu, keripik mete juga tahan lama, jadi sangat cocok untuk Sobat Kuliner jadikan oleh-oleh untuk kerabat atau saudara.

3. Cokelat Mete

Sumber: pesonanusantara

Untuk Sobat Kuliner penggemar makanan manis, jangan lewatkan untuk membeli olahan mete yang satu ini. Perpaduan manisnya coklat dan gurihnya kacang mete pasti bakal bikin Sobat Kuliner ketagihan. Harga coklat mete ini juga terjangkau, mulai dari Rp 15 ribuan saja. Cokelat mete ini bisa jadi alternatif oleh-oleh yang praktis dan pasti disukai oleh seluruh anggota keluarga. Wajib untuk diborong nih, Sobat Kuliner!

Baca juga: 5 Oleh-Oleh Khas Jepara yang Wajib Kamu Jadikan Buah Tangan

4. Bagea

Sumber: orami

Bagea adalah salah satu kue kering yang legendaris di Kendari. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung sagu dan kerap ditambahkan dengan kacang tanah atau biji kenari. Kue ini memiliki rasa yang khas karena adanya campuran beberapa rempah, seperti kayu manis dan cengkeh. Umumnya, masyarakat setempat mengkonsumsi kue ini bersama secangkir kopi atau teh. Teksturnya sedikit keras saat digigit. Tetapi, beberapa orang suka untuk mencelupkan kue ini ke dalam minuman hangat sebelum dimakan, agar teksturnya lebih lembut.

5. Abon Ikan Marlin

Sumber: kemanaa

Kota Kendari memang memiliki hasil laut yang melimpah, sehingga banyak ditemukan olahan laut, salah satunya abon ikan marlin. Ikan marlin adalah ikan yang cukup banyak ditemui di perairan sekitar Kendari. Meski tidak terbuat dari daging sapi, tekstur abon ikan ini mirip dengan abon sapi, lho. Rasanya juga lebih gurih, sangat pas untuk dijadikan pelengkap menu utamamu. Karena tahan lama, abon ikan marlin ini sangat pas untuk Sobat Kuliner jadikan buah tangan untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

6. Karasi

Sumber: fimela

Oleh-oleh legendaris dari Kendari berikutnya adalah Karasi. Kue ini terbuat dari tepung beras yang dicetak berbentuk jala atau rambut. Oleh karena itu, kue ini sering dijuluki sebagai roti jala atau roti rambut. Cita rasa kue ini manis dan teksturnya juga renyah. Sangat pas dijadikan camilan yang ditemani secangkir teh atau kopi.

Meski terlihat sederhana, ternyata proses pembuatannya cukup rumit. Untuk membuat karasi, diperlukan batok kelapa yang telah diberi beberapa lubang kecil. Lalu, adonan dituang ke cetakan batok kelapa dan digoreng dengan minyak panas hingga berbentuk sarang. Kue karasi ini kerap disajikan saat ada acara penting, seperti pernikahan dan lebaran.

7. Brownte

Sumber: pesonanusantara

Olahan mete yang tak kalah populer dari Kendari adalah brownte. Brownte adalah kepanjangan dari brownies dan kacang mete. Brownies yang lembut ditambah dengan renyahnya taburan topping kacang mete pasti sangat nikmat. Kacang mete yang melimpah juga menambah cita rasa gurih, pas untuk menyeimbangkan rasa manis dari browniesnya. Brownte juga punya berbagai varian rasa yang sangat kekinian, seperti vanilla, coklat, pandan, taro, dan lain-lain. Harga satu kotak brownte ada di kisaran Rp. 70 ribu.

8. Bolu Kukus Mete

Sumber:keluyuran

Selain keripik coklat, dan brownies, ada lagi inovasi olahan mete yang hits dan bisa kamu jadikan pilihan oleh-oleh, yaitu bolu kukus mete. Penampilannya memang tampak seperti bolu kukus pada umumnya, tetapi bolu kukus ini ditambahkan kacang mete dalam adonannya, membuat rasanya manis dan memiliki sedikit sensasi gurih. Tidak hanya wisatawan, masyarakat setempat pun menggemari makanan yang satu ini. Sobat Kuliner bisa dengan mudah menemukan kue ini di berbagai toko oleh-oleh.

Baca juga: 11 Oleh Oleh khas Wonosobo Paling Banyak Dicari Wisatawan

9. Terasi Udang

Sumber: senangrekreasi

Kalau Sobat Kuliner senang memasak, jangan lewatkan oleh-oleh khas Kendari yang satu ini. Terasi udang Khas Kendari ini terbuat dari udang pilihan dan dapat dijadikan pelengkap hidangan agar lebih lezat. Tidak perlu khawatir akan aromanya yang menyengat saat kamu bawa bepergian, karena terasi ini pasti dikemas dengan baik.

10. Kerajinan Perak

Sumber: triptrus

Selain makanan, kamu juga bisa membeli cinderamata sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat. Kota Kendari terkenal akan berbagai pernak-pernik yang terbuat dari perak. Kerajinan perak yang tersedia juga beragam, mulai dari cincin, kalung, anting, gelang, hingga bros. Konon, kerajinan perak ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dalam bahasa Belanda, kerajinan ini disebut “Kendari Werk” yang artinya “Karya Kendari”. Uniknya lagi, para pengrajin setempat juga masih menggunakan metode tradisional tanpa bantuan mesin otomatis dalam proses pembuatannya.

11. Kain Tenun

Sumber: beautiful-indonesia

Ada lagi oleh-oleh khas Kendari yang berbeda dari daerah lain, yaitu kain tenun. Kain tenun ini memiliki warna yang unik, seperti kuning, jingga, hijau lumut, biru laut, dan merah samar. Motif yang terkenal bernama Tolaki, dengan ciri khas benang emas yang membentuk garis halus serta aksen bunga di sekitarnya. Harga sehelai kain tenun ini bisa mencapai Rp 300 ribu. Meski begitu, kualitas yang ditawarkan juga sangat baik, sehingga wisatawan kerap berburu kain ini sebagai oleh-oleh.

Baca juga: 11 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Ciamis untuk Dibawa Pulang

Itulah sederet rekomendasi oleh-oleh khas Kendari yang bisa Sobat Kuliner bawa pulang untuk keluarga dan kerabat. Selamat berburu oleh-oleh khas Kendari!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 11 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kendari yang Wajib Diborong!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]