1. Oleh-Oleh Khas

11 Oleh-Oleh Khas Salatiga Terpopuler & Wajib Dibawa Pulang

Berlokasi di area selatan kota Semarang, Salatiga memiliki banyak destinasi wisata dan juga oleh-oleh khas yang tidak boleh kamu lewatkan, Sobat Kuliner. Mulai dari jajanan tradisional, kopi, hingga kerajinan tangan, semua bisa kamu jadikan pilihan buah tangan untuk keluarga ataupun kerabat di rumah. Berikut 11 rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga yang wajib Sobat Kuliner beli ketika berlibur ke sana.

1. Enting-Enting Gepuk

Sumber: jenginten

Enting-enting gepuk adalah salah satu oleh-oleh khas Salatiga yang legendaris di kalangan para wisatawan. Makanan ini terbuat dari kacang. Memiliki tampilan yang unik, enting-enting gepuk ini punya rasa yang manis dan gurih. Teksturnya juga padat namun renyah, juga tidak akan lengket di mulut. Rasanya sedikit mirip dengan geti khas Blitar. Satu kemasan enting-enting gepuk ini bisa kamu beli dengan kisaran harga Rp 20 ribu saja, Sobat Kuliner.

2. Ampyang

Sumber: sonora

Camilan manis yang satu ini juga merupakan oleh-oleh yang terkenal di Salatiga. Ampyang atau yang sering kali disebut gula kacang ini kerap menjadi buruan para wisatawan. Ampyang punya perpaduan rasa gurih dari kacang dan manis dari gula jawa. Teksturnya juga renyah. Camilan ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 15 ribu per kemasan. Ampyang bisa Sobat Kuliner jadikan oleh-oleh andalan yang pasti disukai oleh seluruh anggota keluarga.

3. Bakpia Pathok

Sumber: parboaboa

Bukan hanya Jogja yang punya bakpia, Salatiga adalah salah satu daerah yang juga terkenal dengan bakpianya. Bakpia pathok ini  menjadi oleh-oleh yang kerap diburu wisatawan. Terdapat banyak varian rasa yang bisa Sobat Kuliner pilih, mulai dari original, kacang hijau, hingga coklat dan keju. Bakpia ini punya umur simpan yang cukup lama, sehingga pas untuk Sobat Kuliner jadikan oleh-oleh untuk keluarga ketika berkunjung ke Salatiga.

 

Baca juga: 11 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kendari yang Wajib Diborong!

4. Gethuk Kethek

Sumber: gastronomy.salatiga.go

Oleh-oleh dari Salatiga yang juga sangat legendaris adalah gethuk kethek. Terdengar unik ya, namanya? “Kethek” adalah kosa kata bahasa jawa yang memiliki arti “monyet”. Konon, nama gethuk kethek ini berasal dari pemiliknya yang memelihara monyet di area depan rumahnya, agar pengunjung dapat lebih mudah mengingat tempat ini.

Gethuk ini berbahan dasar singkong, yang kemudian dicetak dengan bentuk kotak sebelum dikemas. Satu kotak biasanya berisi sekitar 20 potong gethuk. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Selain itu, gethuk kethek ini juga bisa jadi camilan yang cukup mengenyangkan.

5. Singkong Keju

Sumber: gastronomy.salatiga.go

Selain gethuk, ada lagi olahan singkong khas Salatiga yang patut kamu beli, yaitu singkong keju. Singkong keju ini tentunya terbuat dari singkong atau telo. Namun, singkong keju ini diberi campuran bumbu keju, membuat rasanya semakin gurih dan lezat. Biasanya, singkong keju ini dijual dalam kemasan frozen yang sudah siap untuk digoreng.

Salah satu brand yang terkenal adalah Singkong Keju D-9. Konon, ide nama ini berasal dari pemiliknya yang memiliki ide usaha ini saat sempat mendekam di penjara. D adalah blok khusus lapas kasus narkoba, dan angka 9 adalah nomor tempat pemilik usaha ini tinggal. Singkong Keju D-9 ini bisa Sobat Kuliner dapatkan di toko Argomulyo, Salatiga.

6. Roti Wonder

Sumber: harga.web

Untuk Sobat Kuliner penggemar roti, jangan lewatkan oleh-oleh khas Salatiga yang satu ini. Di Salatiga, terdapat sebuah bakery yang legendaris yang menjual berbagai macam roti, sehingga kerap disebut roti wonder. Roti wonder adalah makanan yang wajib dibeli sebagai oleh-oleh. Selain karena rasanya yang enak, roti ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari keju, pisang, dan coklat. Rotinya yang lembut dan mengenyangkan, bisa jadi pilihan pas untuk camilan berat selama perjalanan, maupun kamu jadikan pengganti sarapan. Roti ini pasti disukai berbagai kalangan, dari anak-anak hingga lansia.

7. Kerupuk Godril

Sumber: inibaru

Setelah makanan yang manis, mari beralih ke camilan yang gurih, salah satunya kerupuk godril ini. Kerupuk ini berbahan dasar singkong. Kerupuk godril juga terlihat menarik, dengan ciri khas garis merah dan hijau pada bagian tengah kerupuk yang berwarna putih. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, menjadikan kerupuk ini salah satu camilan yang sangat pas untuk Sobat Kuliner jadikan buah tangan.

8. Keripik Paru

Sumber: wowkeren

Keripik ini terbuat dari paru sapi pilihan dan memiliki rasa yang gurih. Teksturnya yang renyah, membuat keripik ini jadi favorit banyak wisatawan. Keripik ini banyak ditemui di pusat oleh-oleh dengan harganya yang terjangkau, mulai dari Rp 20 ribu saja per kilogram.

Baca juga: 11 Oleh Oleh khas Wonosobo Paling Banyak Dicari Wisatawan

9. Kopi Biji Salak

Sumber: limakaki

Siapa sangka kopi bisa terbuat dari biji salak? Kalau Sobat Kuliner penggemar kopi, jangan lewatkan untuk membeli kopi unik yang satu ini. Terbuat dari biji buah salak, kopi ini tidak mengandung kafein, jadi aman untuk Sobat Kuliner yang memiliki riwayat penyakit lambung, hipertensi, ataupun asam urat.

Kopi ini bisa kamu nikmati di Warung Kebon Salak (WKS) yang terletak di Jalan Srikandi, Kelurahan Grogol, Salatiga. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp 5 ribu rupiah per gelasnya. Kopi ini juga tersedia dalam kemasan sachet yang praktis dan bisa Sobat Kuliner jadikan oleh-oleh. Sobat Kuliner bisa membeli kopi ini sesuai ukuran kemasan yang tersedia.

10. Kopi Babah Kacamata

Sumber: gastronomy.salatiga.go

Selain kopi biji salak yang unik, Kota Salatiga juga memiliki kopi robusta yang autentik dan legendaris. Kopi Babah Kacamata ini sudah terkenal lebih dari 50 tahun, sejak tahun 1965. Bubuk kopi ini memiliki tekstur yang halus, dan biasanya dinikmati dengan cara ditubruk. Uniknya, ampas kopi ini juga sangat lembut. Kopi Babah Kacamata ini biasanya dijual dalam kemasan 100 gram hingga 1 kilogram. Sobat Kuliner pasti bisa dengan mudah menemui kopi ini di toko pusat oleh-oleh khas Salatiga. Pastikan untuk membelinya untuk stok ngopi di rumah bersama keluarga!

11. Batik Bambu

Sumber: fedep.salatiga.go

Tidak hanya makanan, ada satu lagi oleh-oleh khas Salatiga yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu batik bambu. Batik bambu adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bambu, yang kemudian dihias dengan motif batik yang cantik. Bentuk kerajinan ini pun beragam, seperti vas bunga, baki, hingga rantang. Batik bambu ini bisa dibeli dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu, tergantung dengan ukurannya.

Baca juga: Serunya Beli Buah Tangan di 7 Pusat Oleh Oleh Karawang Ini

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Salatiga yang paling populer. Harganya yang terjangkau juga pasti tidak akan membuat kantongmu kering. Sudah terpikir mau beli oleh-oleh apa saja untuk keluarga di rumah?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 11 Oleh-Oleh Khas Salatiga Terpopuler & Wajib Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending