1. Tak Berkategori

13 Rekomendasi Makanan Khas Pasuruan yang Enak, Yuk Cicip!

Kerap dijuluki sebagai Kota Santri, Pasuruan ternyata juga memiliki berbagai kuliner khas yang lezat dan recommended untuk dicicipi. Catat 13 rekomendasi makanan berikut bila Sobat Kuliner berencana untuk berkunjung ke Pasuruan!

 

1. Nasi Punel

Sumber: travelingyuk

Nasi Punel adalah makanan khas Pasuruan yang wajib kamu coba, Sobat Kuliner. Tekstur nasi ini lembut dan sedikit menggumpal. Makanan ini kerap disajikan dengan taburan serundeng, lentho, tahu bumbu Bali, serta irisan daging dan kikil. Nasi punel juga biasanya dilengkapi dengan kuah santan berbumbu dan parutan kelapa. Selain itu, makanan ini juga kerap ditemani dengan berbagai sayur dan lauk yang bisa Sobat Kuliner pilih sesuai selera. Diantaranya, seperti sayur rebung atau nangka muda, empal, ayam goreng, telur dadar, paru, atau dendeng. Nasi punel sangat cocok untuk jadi menu sarapan atau makan siangmu, Sobat Kuliner. 

2. Lontong Kupang Kraton

Sumber: eastjavatraveler

Makanan ini terbuat dari kupang atau kerang kecil yang kerap ditemui di pesisir timur Jawa Timur. Pasuruan adalah salah satu kota yang terkenal sebagai penghasil kupang. Salah satu tempat yang legendaris yang menjadi pusat penjualan lontong kupang adalah area sekitar Pasar Kraton, sehingga makanan ini dijuluki Lontong Kupang Kraton. Biasanya, lontong kupang disajikan bersama irisan lontong dan lentho. Lentho terbuat dari kacang tolo atau kacang hijau. Tambahan petis akan membuat rasanya semakin gurih. 

3. Lontong Balap

Sumber: masakandapurku

Menu lontong lainnya yang juga khas dari Kota Pasuruan adalah lontong balap. Lontong balap biasanya dilengkapi dengan tauge dan tahu, serta disiram dengan kuah yang diolah dari campuran kacang tanah. Menu ini dijamin mengenyangkan dan sangat cocok untuk disantap sebagai makan siang atau makan malam. 

Baca juga: 15 Makanan Khas Bima yang Wajib Dicoba, Unik dan Lezat!

4. Soto Pasuruan

Sumber: menukuliner

Pasuruan juga memiliki soto yang enak yang harus Sobat Kuliner cicipi. Soto pasuruan memiliki kuah yang lebih kental dan warna yang tidak terlalu pekat. Daging sapi pada soto ini juga memiliki tekstur yang empuk karena direbus selama berjam-jam. 

5. Rawon Sate Komoh

Sumber: ngopibareng

Bukan hanya Malang yang populer akan hidangan rawon, tapi Pasuruan juga punya rawon yang tak kalah enak. Berbeda dari rawon pada umumnya, Rawon khas Pasuruan ini menggunakan daging bagian lutut dan sandung lamur. Selain itu, hidangan ini juga disajikan dengan lauk sate komoh, yaitu sate daging yang diolah dengan racikan bumbu yang mirip dengan empal. 

6. Gulai Kacang Hijau  

Sumber: timesindonesia

Makanan khas Pasuruan selanjutnya adalah gulai kacang hijau. Tidak seperti gulai biasanya yang berisikan daging, gulai khas pasuruan ini juga diberi campuran kacang hijau. Gulai kacang hijau ini memiliki kuah yang kental karena tumbukan kacang hijau yang ditambahkan saat proses memasak. Makanan ini juga terdiri dari berbagai rempah-rempah seperti kapulaga, lengkuas, kunyit, dan pala, sehingga memiliki rasa yang khas. Biasanya, gulai kacang hijau disajikan dengan nasi atau lontong. 

7. Botok Tempe

Sumber: pinhome

Botok tempe terbuat dari campuran tempe, kelapa parut, dan berbagai bumbu khas. Botok tempe ini dibungkus dengan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus, sehingga memiliki aroma daun pisang yang khas. Kini, ada berbagai versi botok tempe yang Sobat Kuliner bisa temui. Beberapa diantaranya diberi campuran kerang, udang, dan petai cina. Ada beberapa versi bumbu botok tempe, seperti bumbu kunyit (bumbu kuning), bumbu kecoklatan, dan bumbu putih. Botok tempe ini akan semakin nikmat jika disantap dengan sayur bening dan nasi hangat.  

8. Ikan Lempuk

Sumber: jatim.nu.or

Ikan lempuk adalah salah satu ikan yang dihasilkan di perairan sekitar Pasuruan. Ikan lempuk adalah ikon dari salah satu kecamatan di Pasuruan, Kecamatan Grati. Ikan lempuk ini biasa dijadikan sebagai topping dari berbagai menu makanan. Proses pembuatannya sederhana, Ikan lempuk biasanya hanya digoreng hingga kering sebelum disimpan dalam wadah tertutup. Olahan ikan ini punya rasa yang gurih serta kerap dijadikan sebagai pengganti kerupuk. Selain itu, ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Ikan lempuk ini menjadi salah satu makanan yang diburu oleh warga lokal maupun wisatawan dari luar kota.

9. Klepon

Sumber: terakota

Kue tradisional ini cukup populer di kalangan masyarakat. Kue klepon terbuat dari beras ketan yang dibentuk seperti bola kecil yang kemudian diisi dengan gula merah. Biasanya klepon berwarna hijau karena dibuat dengan daun pandan atau daun suji. Disajikan dengan kelapa parut, kue ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih, serta tekstur yang kenyal. Di Pasuruan, Sobat Kuliner akan melihat banyak penjual klepon di area menuju Gempol, karena tempat tersebut adalah sentra produksi klepon. 

 

Baca juga: Cara Membuat Klepon Tradisional, Kenyal & Anti Pecah + Resep

10. Cenil 

Sumber: limakaki

Memiliki tekstur dan rasa yang mirip seperti klepon, cenil juga merupakan salah satu makanan khas Pasuruan yang banyak digemari. Cenil berbahan dasar tepung beras dan berbentuk memanjang. Cenil biasanya disuguhkan dengan alas daun pisang dan disajikan bersama baluran kelapa parut serta gula merah cair. 

11. Bipang Jangkar

Sumber: inews

Camilan manis khas Pasuruan selanjutnya adalah bipang jangkar. Jangkar adalah salah satu nama merk yang terkenal dengan produk bipang. Rasanya yang manis dan tekstur yang renyah pasti bikin kamu ketagihan. Harganya pun sangat terjangkau, pas untuk kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman. 

12. Permen Jahe

Sumber: my-best

Permen ini adalah salah satu olahan jahe yang sangat ikonik. Sebab, permen ini terbuat dari campuran gula merah dan jahe, menciptakan paduan rasa yang manis dan sedikit pedas. Rasa pedas dari jahenya pasti bikin Sobat Kuliner melek. Teksturnya juga kenyal, membuat kamu susah untuk berhenti ngunyah. Seiring berkembangnya zaman, permen jahe ini sekarang punya berbagai varian rasa, seperti jeruk, peppermint, hingga mangga. 

13. Kopi Jahe

Sumber: shopee

Kenyang dengan aneka makanan dan camilan, Sobat Kuliner bisa mencoba minuman khas Kota Pasuruan yang unik ini, yaitu kopi jahe. Kopi ini memiliki beragam campuran rempah di dalamnya, mulai dari kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Rempah-rempah pada kopi ini membuat aromanya semakin nikmat. Kopi ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh yang praktis untuk saudara atau teman. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Warung Angkringan Kopi Joss Jogja Paling Enak

Itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Pasuruan yang Sobat Kuliner wajib cicipi ketika berkunjung ke sana. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi saat ingin berburu kuliner di Pasuruan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 13 Rekomendasi Makanan Khas Pasuruan yang Enak, Yuk Cicip!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending