1. Oleh-Oleh Khas
  2. Tak Berkategori

13 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Legendaris & Wajib Dibeli

Kerap kali dijuluki sebagai kota santri, Sukabumi ternyata juga menyimpan berbagai kuliner khas dan juga kerajinan tangan berkualitas yang selalu jadi incaran wisatawan. Beberapa diantaranya sangat terkenal, seperti surabi dan mochi.

Kali ini Kuliner Kota akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Sukabumi yang sangat legendaris. Simak selengkapnya di sini!

1. Surabi Sukabumi

Sumber: sukabumi.jabarekspres

Siapa yang tidak kenal surabi? Sukabumi terkenal dengan hidangan surabinya, Sobat Kuliner. Surabi ini juga memiliki berbagai macam topping, seperti cokelat, susu, abon, keju, meses, hingga stroberi. Namun, surabi sukabumi terkenal dengan topping duriannya, Sobat Kuliner. Tekstur surabi ini tentunya lembut dan rasanya manis. 

2. Sagon Bakar

Sumber: priangan.tribunnews

Oleh-oleh khas Sukabumi yang satu ini terbuat dari tepung sagu serta kelapa parut yang telah dipanggang hingga kering sebelumnya. Sagon bakar adalah jajanan wajib yang kerap diburu oleh wisatawan karena cita rasanya yang khas. Kue ini punya aroma bakar, tekstur yang kering, dan rasa yang gurih. Sagon bakar sangat mudah ditemui di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh dengan variasi harga yang beragam, mulai dari Rp 20 ribu per kemasan, tergantung dari ukurannya.

3. Kue Mochi 

Sumber: boluamor

Salah satu oleh-oleh yang selalu jadi incaran wisatawan adalah kue mochi. Tekstur luar yang kenyal dan lembut di bagian dalam membuat kue ini digemari banyak orang. Mochi terbuat dari beras ketan yang diberi isian kacang tanah dan ditaburi wijen. Konon camilan ini adalah makanan yang dipengaruhi kuliner China. 

Di Sukabumi, ada 2 merk mochi yang terkenal dan legendaris, yaitu Mochi A dan Mochi Lampion. Mochi A telah berdiri selama lima puluh tahun, sejak tahun 1970-an. Andalan Mochi A adalah mochi dengan isian kacang merah atau polosan. Sedangkan, Mochi Lampion berdiri beberapa tahun setelahnya, sejak tahun 1983. Mochi ini dibuat oleh warga lokal yang berawal dari perkampungan Kaswari, Kecamatan Cikole, Sukabumi.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Kendal yang Enak, Murah, & Wajib Dibeli!

4. Kue Jahe

Sumber: idntimes

Oleh-oleh legendaris khas Sukabumi selanjutnya yaitu kue jahe. Jajanan jadul ini adalah kue kering yang punya cita rasa unik. Sebab, ada paduan rasa manis dari gula serta sensasi pedas dari jahe parut yang ada dalam adonannya. Tekstur luarnya keras, namun lumer seketika saat di mulut. Sobat kuliner bisa menemui kue jahe ini di banyak pusat oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar dua puluh ribuan saja. 

5. Roti Priangan

Sumber: travel.tribunnews

Selain mochi dan kue jahe, roti yang satu ini juga merupakan oleh-oleh jadul yang sangat legendaris dari Sukabumi. Roti Priangan namanya. Roti ini dijual di sebuah toko roti jadul milik Oey Tjiang Lie yang sudah terkenal sejak tahun 1943. Bahan dasar roti ini sama seperti roti pada umumnya, diantaranya terigu, susu, telur, dan mentega. Varian rasanya yang beraneka ragam membuat wisatawan kerap memburu roti legendaris ini. Mulai dari rasa cokelat, pisang cokelat, nanas, kismis, dan keju. Sobat Kuliner bisa membeli roti ini mulai dari harga enam ribu saja. 

6. Bolu Pisang

Sumber: boluamor

Oleh-oleh khas Sukabumi yang tidak kalah populer adalah bolu pisang. Konon, bolu pisang ini mulai dikenal berkat Ibu Onih yang berjualan bolu ini di Jalan Raya Sukaraja, Kota Sukabumi. Kombinasi rasa manis alami dari pisang dan adonan bolunya yang lembut membuat bolu pisang ini selalu dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi. 

7. Cokelat Unai

Sumber: gotravelly

Sobat Kuliner pecinta cokelat? Jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh yang satu ini jika berkunjung ke Sukabumi. Coklat Unai ini memiliki banyak varian, diantaranya cokelat permen, cokelat keju, cokelat stroberi. Oleh-oleh ini pasti disukai berbagai kalangan, khususnya anak-anak. Kamu bisa membelinya di banyak sentra oleh-oleh di Sukabumi dengan kisaran harga Rp 35 ribu per kemasan. 

8. Deblo

Sumber: sinerginkri

Deblo adalah makanan khas Sukabumi yang juga wajib kamu bawa pulang, Sobat Kuliner. Deblo adalah perkedel yang terbuat dari singkong dan bumbu pilihan, membuat cita rasanya gurih dan lezat. Ditambah dengan sambal kacang yang pedas, makanan ini akan semakin nikmat. Sobat Kuliner bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional. Harganya juga cukup terjangkau. Sobat Kuliner hanya perlu merogoh kocek lima ribu rupiah saja untuk sebungkus deblo. Sayangnya, saat ini deblo sudah semakin sulit ditemukan. Jadi, jika kamu menemukan deblo, pastikan untuk membelinya, ya.

Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Cilacap Ini Jangan Sampai Ketinggalan!

9. Pisang Cakra

Sumber: bukalapak

Pisang Cakra adalah salah satu oleh-oleh khas Sukabumi yang kekinian. Pisang ini diolah dengan cara dibalut dengan kulit lumpia, digoreng, kemudian diberi berbagai topping, seperti keju parut, susu, dan lain-lain. Tekstur pisang cakra ini renyah dan rasanya manis. Harganya pun sangat bervariasi. Sobat Kuliner juga bisa membeli kemasan frozen jika ingin dibawa untuk kerabat atau keluarga di rumah. 

10. Sate Aci

Sumber:sukabumixyz

Oleh-oleh khas Sukabumi yang satu ini terbuat dari aci atau tepung kanji. Sate aci ini memiliki rasa dan tekstur yang mirip seperti cilok namun dibakar. Agar lebih nikmat, Sobat Kuliner bisa menambahkan taburan bawang goreng. Kamu bisa dengan mudah membeli sate aci di beberapa warung di pinggir jalan dengan kisaran harga delapan ribu rupiah saja per porsi. 

11. Ciuk 

Sumber: budaya-indonesia.org

Olahan aci khas Sukabumi selanjutnya adalah ciuk atau aci suuk. Ciuk terbuat dari tepung kanji atau aci yang dicampur dengan bumbu seperti bawang dan kacang. Teksturnya kenyal dan rasanya gurih, mirip seperti papeda. Biasanya, ciuk disantap dengan bumbu kacang pedas. Sobat Kuliner bisa membeli ciuk mentah dengan harga yang sangat terjangkau, hanya seribu rupiah saja per potong. 

12. Kerajinan Bambu

Sumber: indonesiakaya

Tidak hanya makanan, Sukabumi juga menawarkan berbagai kerajinan tangan yang bisa kamu jadikan alternatif oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga di rumah. Salah satunya kerajinan bambu ini. Mulai dari harga puluhan ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan berbagai jenis kerajinan seperti wadah lampu, tas, hingga aneka perabotan yang terbuat dari bambu. Untuk membelinya, Sobat Kuliner dapat mengunjungi sentra kerajinan bambu di Jalan Pasar Baru, Cisaat. 

13. Kerajinan Tanduk Kerbau

Sumber: merahputih

Satu lagi kerajinan khas Sukabumi yang patut kamu jadikan cinderamata adalah kerajinan tanduk kerbau. Bentuk kerajinan ini amat beragam, mulai dari cicin, perhiasan, sisir, gantungan kunci, hingga aneka miniatur yang unik. Semua kerajinan ini juga murni berbahan dasar tanduk. Konon, kerajinan tanduk ini diperkirakan sudah ada bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka lho, Sobat Kuliner. Bahkan, kerajinan tanduk kerbau ini sudah diekspor ke beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Malaysia, hingga Jerman. Jadi, kamu tidak perlu lagi ragu akan kualitasnya. 

Baca juga; 10 Oleh-oleh Khas Palu Paling Dicari & Wajib Diborong!

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan hingga kerajinan khas yang wajib kamu beli saat berlibur ke Sukabumi. Sobat Kuliner tidak perlu bingung lagi untuk membeli oleh-oleh apa untuk kerabat maupun keluarga di rumah. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 13 Oleh-Oleh Khas Sukabumi yang Legendaris & Wajib Dibeli

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending