10 Makanan Khas Bengkul yang Terkenal dengan Cita Rasa Unik

Bay Tat Bengkulu
Jangan lupa icip-icip 10 makanan khas Bengkulu yg bercita rasa nikmat dan lezat ini.
Daftar isi

Bengkulu, kota yang terkenal akan keindahan wisata alam dan budaya serta memiliki destinasi wisata sejarah yang sudah sangat populer yaitu Benteng Marlborough. Berkunjung di kota ini tidak hanya mata anda yang akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan indah nan eksotis, lidah anda juga akan terpuaskan dengan berbagai cita rasa makanan khas Bengkulu yang nikmat dan lezat. Kuliner Kota punya rekomendasi 10 kuliner Bengkulu yang tidak boleh anda lewatkan saat sedang traveling disini. Cita rasa makanan tradisional yang khas bakal bikin anda ingin menikmatinya berulang kali. Mau tau apa saja kuliner khas Bengkulu tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Lema

Jika anda pernah mencicipi tempoyak saat berkunjung ke Palembang, maka makanan khas Bengkulu Lema ini juga wajib anda coba. Lema merupakan kuliner khas dari suku Rejang yang mirip dengan tempoyak, jika tempoyak merupakan fermentasi durian bedanya Lema terbuat dari fermentasi rebung yang dikombinasikan dengan Ikan Mujair. 

Lema Bengkulu
Lema dari Bengkulu, Foto oleh Wikipedia Org

Proses pembuatannya, semua bahan yang sudah dicampur, dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu ditutup rapat hingga beberapa hari. Aromanya yang khas dan cita rasanya yang nikmat bakal membuat anda tidak ingin berhenti mengunyah saat menyantapnya. Untuk menikmati makanan satu ini anda bisa mendapatkan di berbagai tempat makan di Bengkulu? Tertarik mencicipi keunikannya.

2. Teh Oolong

Teh Oolong Bengkulu
Teh Oolong dari Bengkulu, Foto oleh Travel Today Indonesia Com

Minum teh di sore hari memang saat nikmat, apalagi Teh Oolong khas Bengkulu ini. Teh Oolong merupakan teh khas Bengkulu yang diolah dengan cara semi fermentasi sehingga memiliki warna kuning dan aroma yang khas. Cita rasanya yang nikmat saat diseduh serta memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, mencegah karang gigi, memperbaiki ginjal dan berbagai macam khasiat lainnya  membuat kuliner Bengkulu ini wajib anda coba.

Baca Juga:  21 Makanan Khas Lampung Yang Terkenal Enak, Ada seruit

3. Pendap

Pendap Bengkulu
Pendap dari Bengkulu, Foto oleh Toko Mesin Com

Bagi anda pecinta olahan ikan, maka makanan khas Bengkulu ini wajib anda coba, Pendap. Merupakan kuliner khas Bengkulu yang terbuat dari ikan yang diolah dengan berbagai macam bumbu seperti kencur, bawang putih, cabai dan juga kelapa muda lalu dibungkus menggunakan daun talas dan dikukus selama delapan jam hingga bumbunya meresap. Cita rasa yang nikmat dan aroma yang khas dari daun talas bakal menggugah selera makan anda. Apalagi anda menyantapnya bersama nasi hangat? Bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut saat anda menyantapnya. Tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait

4. Mie Terbang

Mie Terbang Bengkulu
Mie Terbang dari Bengkulu, Foto oleh Potensial Lokal Com

Kuliner Bengkulu selanjutnya yang wajib anda cicipi adalah Mie Terbang.  Merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang dipelopori oleh Salman yaitu pemilik rumah makan di pusat jajanan yang terletak di jalan Raflesia. Mie Terbang merupakan kuliner berbahan dasar mie dan berbagai macam bumbu lalu disajikan dalam mangkuk yang dibuat terbang sehingga terlihat unik dan menarik. Cita rasanya yang khas serta tampilannya yang unik membuat kuliner ini selalu jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tertarik untuk mencoba makan mie yang unik ini saat di Bengkulu?

5. Lemang Tapai

Lemang Tapai Bengkulu
Lemang Tapai dari Bengkulu, Foto oleh Asgol News Com

Bagi anda pecinta tapai maka, Lemang Tapai khas Bengkulu wajib anda coba. Lemang Tapai merupakan perpaduan dari Lemang yaitu beras ketan yang dimasak menggunakan santan lalu dibungkus dengan daun pisang setelah itu dimasukan kedalam bambu muda dan dibakar. Lemang disajikan bersama dengan Tapai ketan hitam saat ingin menyantapnya sehingga disebut dengan Lemang Tapai. Perpaduan cita rasa gurih, legit yang khas membuat makanan khas satu ini jadi favorit untuk disantap saat lebaran maupun kudapan di sore hari. Pastinya bakal memanjakan lidah anda jika menyantap kuliner Bengkulu ini.

6. Manisan Terong

Manisan Terong Bengkulu
Manisan Terong dari Bengkulu, Foto oleh Ramah Traveler Com

Jika biasanya anda menikmati manisan buah, maka saat di Bengkulu Manisan Terong wajib anda coba. Merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari terong dengan cita rasa manis dan tekstur yang legit mirip seperti kurma. Cita rasa manis yang khas dan nikmat serta awet membuat Manisan Terong tidak hanya nikmat disantap untuk teman minum kopi atau pun teh tetapi juga cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Tertarik untuk mencicipi kurma versi Bengkulu ini?

7. Gulai Pisang

Gulai Pisang Bengkulu
Gulai Pisang dari Bengkulu, Foto oleh Food Nesia Net

Jika biasanya anda menyantap gulai ayam maupun kambing maka saat berada di Bengkulu Gulai Pisang wajib anda coba. Cita rasanya yang unik dan lezat membuat Gulai Pisang selalu jadi pilihan untuk menu santap siang saat berada di Bengkulu. Terbuat dari pisang yang disajikan dengan kuah gulai sehingga menghasilkan cita rasa manis, gurih, legit dan kaya rempah bakal bikin pecah di mulut anda saat menyantapnya. Anda juga bisa menyantapnya menggunakan nasi hangat lho! Pastinya nikmat dan bakal bikin anda kenyang lebih lama.

Baca Juga:  Asrinya Nuansa Pedesaan di Rumah Makan Bambu Oju Neglasari

8. Bay Tat Bengkulu

Bay Tat Bengkulu
Bay Tat Bengkulu, Foto oleh Pesona Travel

Ingin menyantap yang manis-manis, Bay Tat Bengkulu bisa jadi pilihan. Merupakan kue tart nya orang Bengkulu, makanan khas satu ini terbuat dari telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega. Cita rasa manis yang pas dan tidak eneg membuat makanan khas Bengkulu ini cocok sebagai teman untuk minum kopi dan teh di sore hari. Anda pun juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh lho! Karena Bay Tat Bengkulu dijual di seluruh pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu.

9. Bagar Hiu

Bagar Hiu Bengkulu
Bagar Hiu dari Bengkulu, Foto oleh Like Kuliner Blogspot Com

Mau mencoba kuliner yang jadi favorit presiden Soekarno saat masa pengasingan dahulu? Saat anda berada di Bengkulu Bagar Hiu wajib anda cicipi. Merupakan makanan khas Bengkulu yang terbuat dari daging hiu punai yang diolah dengan berbagai macam bumbu sehingga memiliki cita rasa yang nikmat dan tidak beraroma amis. Dagingnya yang lembut dan rasanya yang khas, tak heran jika presiden Soekarno dulu menyukai kuliner satu ini. Tertarik untuk mencoba kenikmatannya?

10. Kopi Bengkulu

Kopi Bengkulu
Kopi Bengkulu, Foto oleh Kopi Rafflesia Blogspot Com

Daerah Sumatra memang terkenal akan penghasil kopi dengan cita rasa nikmat dan aromanya yang khas, oleh karena itu saat anda sedang di Bengkulu kopi khas Bengkulu juga wajib anda coba. Kopi Bengkulu memiliki ciri khas aroma yang sedap dan warna yang pekat sehingga membuatnya akan terasa nikmat saat diseduh. Apalagi anda menikmatinya saat sore hari bersama dinginnya angin di Kota Bengkulu? Bakal bikin lidah ada terpuaskan dan tidak ingin berhenti untuk menyeruputnya. Tertarik untuk menikmatinya?

 


Berbagai makanan dan minuman khas Bengkulu bakal melengkapi liburan anda saat berada di kota ini. Tak hanya bercita rasa nikmat dan khas, makanan khas Bengkulu juga unik dan cocok menjadi pilihan untuk mengisi perut anda yang sedang lapar. Jangan sampai sudah berada di Bengkulu tapi melewatkan untuk icip-icip berbagai kuliner khas rekomendasi Kuliner Kota diatas ya sobat! Karena pastinya nanti anda akan kecewa saat pulang dan melewatkan momen berwisata kuliner di Kota Bengkulu ini.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Comments 1

  1. Althof says:

    Sudah kangen banget masakan Bengkulu ini,
    Mau pulang kampung masih pandemi…

    Terima kasih Kuliner Kota mengobati rasa rindu meskipun secara virtual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *