1. Resep

Resep Susu Kurma Enak dan Segar, Cocok untuk Buka Puasa!

Ketika memasuki bulan suci Ramadhan, kurma menjadi salah satu buah yang banyak dicari karena rasanya yang manis dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu cara mengolah kurma adalah dengan menjadikannya jus kurma susu yang enak. Kali ini Kuliner Kota sudah menyajikan informasi singkat mengenai susu kurma hingga  resep susu kurma untuk dijual atau sekedar dinikmati sendiri. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Susu Kurma, Sajian Segar, Nikmat, dan Penuh Manfaat

Kurma berasal dari pohon kurma yang tumbuh di banyak daerah tropis di dunia. Olahan susu kurma merupakan salah satu cara untuk menikmati buah manis satu ini. Susu kurma memiliki cita rasa yang manis dan legit sehingga cocok menjadi sajian yang segar untuk berbuka puasa. 

Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Dibalik rasanya yang nikmat, susu kurma banyak mengandung khasiat, antara lain:

Kaya Vitamin

Tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin, karena kurma sudah mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5, serta A1 dan C. Kurma juga mampu meningkatkan energi karena mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

Kaya Protein

Kurma merupakan sumber protein yang kuat karena mengandung protein yang tinggi. Hal tersebut mampu membantu kita untuk tetap bugar dan bahkan menjaga otot kita tetap kuat.

Dapat Menurunkan Kolesterol

Tahukah kamu bahwa kurma bebas dari kolesterol? Buah manis satu ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol. Jika kamu sedang dalam program diet, kamu dapat mengkonsumsi kurma sebagai camilan.

Kandungan Nutrisi dalam Susu Kurma

Walaupun kering, kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar lainnya. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari jumlah protein yang kecil. Satu porsi 3,5 ons kurma (100 gram) memberikan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 20% dari RDI
  • Magnesium: 14% dari RDI
  • Mangan: 15% dari RDI
  • Zat Besi: 5% dari RDI
  • Vitamin B6: 12% dari RDI

2 Resep Susu Kurma Enak & Cocok untuk Jualan

Selain sebagai menu berbuka puasa, resep susu kurma madu dan resep susu kurma untuk jus ini juga bisa kamu jadikan resep susu kurma untuk jualan. 

1. Es Susu Kurma Madu

Mencari ide resep minuman segar untuk buka puasa? Es susu kurma madu nampaknya bisa kamu coba, nih. Selain rasanya yang manis dan segar, es susu kurma madu tentu sangat mudah untuk dibuat. Belum lagi, manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita juga sangat banyak, lho. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

5 minutes

Calories

277 kcal

INGREDIENTS

  1. 100 gr kurma tanpa biji

  2. 100 ml air hangat

  3. 200 ml susu cair full cream

  4. 2 sdm madu

  5. Es batu secukupnya

DIRECTION

  1. Rendam kurma dengan air hangat selama 3-4 jam atau sampai kurma melunak.

  2. Masukkan kurma dan air ke dalam blender. Kemudian masukkan susu dan madunya.

  3. Blender bahan tadi hingga halus dan tercampur rata.

  4. Tuang cairan susu kurma madu ke dalam gelas saji lalu tambahkan es batu secukupnya.

  5. Es susu kurma madu siap dinikmati.

NOTES

2. Jus Susu Kurma

Selain es susu kurma madu, jus susu kurma juga merupakan ide resep olahan kurma yang menyegarkan. Bila Sobat Kuliner sudah bosan dengan jus buah yang itu-itu saja, maka jus susu kurma ini mampu menjadi solusi yang pas untukmu. Penasaran apa saja bahan yang diperlukan, dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini resepnya:

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

5 minutes

Calories

277 kcal

INGREDIENTS

  1. 8 buah kurma tanpa biji

  2. 2 sdm gula

  3. 1 ½ gelas susu UHT full cream

  4. Es batu secukupnya

DIRECTION

  1. Cuci lalu cincang buah kurma.

  2. Masukkan ½ gelas susu, masukkan kurma, gula atau madu pada blender. Kemudian blender selama beberapa menit.

  3. Tambahkan sisa susu, es batu lalu campur semua bahan selama 3-4 menit.

  4. Saring susu kurma dan tuangkan ke dalam gelas saji.

  5. Sajikan dingin dan jus susu kurma siap dinikmati.

NOTES

Itulah informasi mengenai resep susu kurma enak dan manfaat kurma bagi kesehatan. Ternyata, selain nikmat sebagai sajian segar buka puasa, nyatanya susu kurma juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Perbanyaklah konsumsi kurma agar menjaga tubuh kamu tetap sehat dan bugar, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Susu Kurma Enak dan Segar, Cocok untuk Buka Puasa!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending