1. Tempat Makan

Mau Kulineran? 15 Tempat Makan di Blitar Ini Wajib Kamu Coba

Singgah di Kota Blitar tidak hanya akan menikmati berbagai destinasi wisata sejarah yang menarik dan berbagai kuliner enak saja. Ada banyak tempat makan di Blitar yang menawarkan berbagai makanan khas ditemani dengan suasana homey sehingga kamu bisa betah berlama-lama berada disana. Saat kamu sedang bingung mencari tempat makan tersebut, Kuliner Kota punya rekomendasi 15 rumah makan Blitar yang bisa jadi tujuan untuk berwisata kuliner. Mau tau apa saja tempat makan Blitar tersebut? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Ayam Bakar Bu Mamik Blitar

Ingin menikmati berbagai masakan Jawa saat berada di Blitar? Kamu bisa datang ke Ayam Bakar Bu Mamik Blitar. Merupakan salah satu tempat makan di Blitar dimana kamu bisa menemukan berbagai menu mulai dari ayam bakar dengan cita rasa yang nikmat dan khas, sop buntut, sayur lodeh, ikan goreng dan berbagai menu lainnya yang pastinya lezat dan bakal bikin nagih.

Ayam Bakar Bu Mamik Blitar
Ayam Bakar Bu Mamik Blitar, Foto oleh Warung Sederhana Bu Mamik Business Site

Tidak hanya itu Ayam Bakar Bu Mamik Blitar juga mengusung konsep rumah makan tempo dulu dengan berbagai hiasan barang antik dan bangunan joglo yang melengkapinya serta alunan musik Jawa yang semakin membuat kamu betah berlama-lama berada di tempat ini.

Alamat: Jalan Kalimantan No.11a, Sananwetan, Kota Blitar
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp5.000

2. Pecel Mbok Bari Blitar

Nasi Pecel merupakan salah satu makanan khas Blitar yang wajib kamu coba. Untuk mencicipi hidangan ini, ada pilihan tempat makan di Blitar yang menyediakan olahan pecel dengan cita rasa nikmat dan sudah melegenda, Pecel Mbok Bari Blitar namanya. Merupakan tempat makan Blitar yang menyediakan nasi pecel yang kombinasi daun singkong, tauge lalu disiram dengan bumbu pecel bercita rasa gurih dan pedas, tidak lupa juga dilengkapi dengan tempe dan iwak peyek sebagai lauk pelengkapnya.

Pecel Mbok Bari Tempat makan di Blitar
Pecel Mbok Bari Blitar, Foto oleh Blitar Insomnia Blogspot Com

Tidak hanya itu kamu juga bisa memilih berbagai tambahan lauk lainnya lho! Seperti urap-urap, botok tawon, dan berbagai menu lain yang tidak kalah nikmat dan lezat. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Alamat: Jalan Ir. Soekarno No. 189, Sentul, Kepanjen Kidul, Kota Blitar
Jam Buka: 05.30 – 03.00  WIB
Harga: Mulai Rp5.000

3. Es Mini Blitar

Es Mini Blitar
Es Mini BlitarFoto oleh Es Mini 2 Business Site

Mau melepas dahaga di Kota Blitar? Kamu bisa datang ke Es Mini Blitar. Tempat makan di Blitar satu ini menyajikan berbagai menu es mulai dari es kopyor, es rumput laut, es gula asem, aneka jus dan berbagai menu lainnya yang pastinya nikmat dan menyegarkan. Tidak hanya itu berbagai menu lainnya seperti nasi rames, ayam bumbu rujak dan nasi rawon juga ada lho! Menarik bukan? Kamu bisa melepas dahaga sembari mengenyangkan perut.

Alamat: Jalan Dokter Wahidin No.14A, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp3.000

4. Lesehan Presiden Resto

Lesehan President Resto Blitar
Lesehan Presiden Resto, Foto oleh Presiden Lesehan 2 Business Site

Tempat makan di Blitar selanjutkan yang menawarkan berbagai kuliner enak dengan ditemani suasana tempat yang homey adalah Lesehan President Resto. Merupakan salah satu tempat makan di Blitar yang berlokasi di pusat kota. Tempat makan ini menawarkan berbagai menu lezat mulai dari ayam masak pedas, ayam mentega, ayam asam manis, capcay dan berbagai menu lainnya yang bakal memanjakan lidah. Tertarik untuk mencobanya?

Alamat: Jalan Ir. Soekarno No. 276, Sentul, Kepanjenkidul, Kota Blitar
Jam Buka: 10.30 – 21.00 WIB

5. Warung Tewel Mbah Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi
Warung Tewel Mbah MartumiFoto oleh Google Com

Mau menikmati sajian kuliner ndeso dengan cita rasa nikmat dan lezat? Kamu bisa datang ke Warung Tewel Mbah Martumi. Merupakan tempat makan di Blitar yang menyajikan menu sayur tewel dengan cita rasa pedas dan nikmat serta ayam lodho yang bakal membuat kamu ketagihan untuk mencoba kedua kalinya. Cita rasa yang khas di temani tempat yang sederhana membuat tempat ini tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Kota Blitar.

Alamat:  Jalan Mastrip No. 05, Desa Ngoran, Nglegok, Rejosan, Kota Blitar
Jam Buka: 05.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai Rp5.000

6. Soto Daging Bok Ireng

Soto Daging Bok Ireng Tempat makan di Blitar
Soto Daging Bok Ireng, Foto oleh Blitar Insomnia Blogspot Com

Mau mencoba kulineran soto, kamu bisa datang ke Soto Daging Bok Ireng. Merupakan salah satu tempat makan di Blitar yang menyajikan olahan soto daging dengan cita rasa yang khas dan nikmat. Soto daging di tempat ini dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan tungku dari tanah liat, sehingga aromanya khas dan menggugah selera.

Alamat: Jalan Kelud, Kepanjen Lor, Kota Blitar
Jam Buka: 07.00 – 14.00 WIB

7. Nasi Ampok dan Tiwul Totokan Jatinom

warung totokan
Warung Totokan Jatinom, Foto Oleh Jelajahblitar Com

Nasi ampok dan tiwul merupakan hidangan tradisional yang kerap dijumpai di sudut Kota Blitar, tak terkecuali di warung Totokan Jatinom. Dalam seporsinya terdapat nasi tiwul atau nasi ampok dengan lauk ikan asin dan sayur. Warung ini juga cocok bagi yang tidak terlalu suka asin, karena ikan asinnya pun diolah dan disesuaikan dengan lidah setiap orang. Dipadukan sayur lompong yang pedasnya juara. Tak perlu khawatir kehabisan kursi, karena tempatnya pun luas dan bisa memilih duduk di mana saja.

Alamat: Jalan Maluku, Jatinom, Kanigoro, Blitar
Jam Buka: 17.00 – 20.00 WIB
Harga: Mulai Rp4.000

8. Tahu Bumbu Lawu

tahu bumbu lawu
Tahu Bumbu Lawu, Foto Oleh Samkuliner Com

Tak akan afdol berkunjung ke Blitar tanpa mampir ke warung Tahu Bumbu Lawu. Tahu bumbu merupakan jenis olahan tahu yang disiram sambal kacang, bumbunya pun khusus dan biasa dinikmati dengan lontong. Warung Tahu Bumbu Lawu hingga sekarang menjadi incaran wisatawan karena cita rasa tahu bumbunya berbeda dengan warung lain.

Apalagi ketika menjelang malam, warung ini akan bertambah ramai dengan pengunjung luar daerah. Kebanyakan masyarakat Blitar pun jika ingin menikmati lezatnya tahu bumbu selalu mampir ke sini. Puasnya menikmati kuliner tahu di warung Tahu Bumbu Lawu Blitar!

Alamat: Jalan Lawu, Kauman, Blitar
Jam Buka: 15.30 – 00.00 WIB

9 Soto Babat Mardi Waluyo

Tempat Makan di Blitar soto babat mardi waluyo
Soto Babat Mardi Waluyo, Foto Oleh Reservasiku Com

Kalau sudah kenyang dengan olahan tahunya, mari beralih mencicipi soto babat di warung Soto Babat Mardi Waluyo. Tempat makan ini letaknya dekat rumah sakit Mardi Waluyo, jadi kamu pun bisa mampir makan siang jika berada di daerah sekitaran sini Soto babat di sini selain lezat, harga yang dibanderol juga bersahabat.

Selain soto babat, ada pula minuman favoritnya yakni es teh dan beragam varian kopi. Karena tempatnya mudah dijangkau, tak heran hingga sekarang pun warung ini menjadi andalan wisatawan dan masyarakat setempat menikmati lezatnya soto babat. Jika tertarik makan di sini, jangan lupa ajak keluarga agar dapat menikmati bersama kelezatan soto babatnya.

Alamat: Jalan Kalimantan No. 113, Karangtengah, Blitar
Jam Buka: 07.00 – Sampai habis
Harga: Mulai Rp6.000

10. Es Pleret Kebon Rejo

Tempat Makan di Blitar es pleret kebon rejo
Es Pleret Kebon Rejo, Foto Oleh Eastjavatraveler Com

Menyantap kuliner Blitar semakin seru jika sudah didampingi segarnya Es Pleret. Di Kebon Rejo kamu bisa menemukan tempat menjual es pleret murah dan ampuh menghilangkan dahaga. Es Pleret sendiri merupakan es yang di dalamnya berisi bola-bola kecil dan bagian tengahnya berlubang.

Di tempat ini memang hanya dikhususkan menikmati es pleret, jadi kebanyakan menunya adalah minuman. Tetapi, adanya cemilan seperti gorengan pun tak pernah luput dari perhatian pengunjung. Kamu juga bisa membungkus es pleret untuk dibawa pulang.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 12, Bendogerit, Sananwetan, Blitar
Jam Buka: 08.00 – 02.00 WIB
Harga: Mulai Rp3.000

11.Uceng Warung Barokah Pak Sabar

Tempat Makan di Blitar uceng warung barokah pak sabar
Uceng Warung Barokah Pak Sabar, Foto Oleh Kulinaneblitar Blogspot Com

Siapa yang tega meninggalkan Blitar tanpa membawa pulang uceng? Jika begitu, datang saja ke Uceng Warung Barokah Pak Sabar. Di warung ini kebanyakan menunya terbuat dari uceng, termasuk uceng mentah. Beberapa di antaranya diolah menjadi peyek, uceng goreng, sambal dan masih banyak lagi.

Sedangkan menu andalan lainnya yakni lele goreng, puyuh goreng, nila goreng dan sayur lodeh. Untuk minumannya pun disediakan serba segar seperti es jeruk, es campur, es kacang hijau dan beberapa jus. Tertarik untuk berkunjung ke tempat kuliner Blitar ini?

Alamat: Jalan Semeru No. 18, Babadan, Blitar
Jam Buka: 06.00 – 19.00 WIB

12. Warung Mak Ti

Tempat Makan di Blitar warung mak ti
Warung Mak Ti, Foto Oleh Tripadvisor Com

Nama Warung Mak Ti diambil dari pemilik warungnya, tak lain adalah Mak Ti. Tempat makan ini menyediakan aneka sayuran segar yang diolah menjadi hidangan lezat. Kamu bisa makan dengan berbagai lauk yang bisa dipilih sendiri, salah satunya adalah hidangan iwak kali. Warung Mak Ti sudah ada sejak tahun 2000 dan dulunya masih menjadi warung kecil di pinggir jalan. 

Namun, sekarang tempat makan di Blitar ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata kulineran di Blitar loh. Setiap menu pun harganya terjangkau dan tentunya cita rasa beragam menu disini, enak serta bikin nagih.

Alamat: Jalan Mawar, Nglaos, Jatinom, Kanigoro, Blitar
Jam Buka: 06.00 – 20.00 WIB
Harga: Sekitar Rp2.000 – Rp8.000

13. Rujak Petis Ngegong

Tempat Makan di Blitar rujak petis ngegong
Rujak Petis Ngegong, Foto Oleh Travel Kompas Com

Selain pecel, ada pula hidangan khas Blitar yakni rujak petis. Kamu bisa menikmati kelezatan rujak petis di warung Rujak Petis Ngegong. Sekilas rujak petis khas Blitar mirip dengan rujak cingur, hanya saja rujak petis tidak menggunakan cingur di dalamnya.

Aneka sayur bercampur dalam seporsi rujak membuatnya semakin digemari, karena selain lezat kita juga mendapatkan gizi melimpah. Memang sudah banyak warung yang menjual rujak petis, namun tak ada yang bisa menandingi kelezatan hidangannya di warung Ngegong. Meski hanya berupa warung kecil, rumah makan ini tetap ramai pengunjung bahkan di hari libur.

Alamat: Jalan Trowulan No. 75, Bendogerit, Sananwetan, Blitar
Jam Buka: 24 jam

14. Mie Ayam Pak Ridho

Tempat Makan di Blitar mie ayam pak ridho
Mie Ayam Pak Ridho, Foto Oleh Javatravel Net

Selanjutnya ada tempat makan Mie Ayam Pak Ridho yang populer karena hidangannya nagih. Apa lagi kalau bukan mie ayam khas Blitar, tempat ini cocok sebagai tujuan makan siang dengan menu berat. Mie Ayam Pak Ridho termasuk tempat kuliner yang dijajakan keliling.

Karena terkenal akan kelezatannya, tak heran jika banyak masyarakat Blitar yang buru-buru membeli mie ayam ini saat mulai berkeliling. Biasanya kamu akan menemukannya di daerah Gedog Blitar. Selain rasanya nendang, harga makanannya pun bersahabat.

Alamat: Jalan Cemara No. 49, Sukorejo, Blitar
Harga: Sekitar Rp10.000

15. STMJ Lawu

Tempat Makan di Blitar stmj lawu
STMJ Lawu, Foto Oleh Tastistuka Blogspot Com

Salah satu warung minuman khas Blitar yang tak boleh terlewatkan adalah STMJ Lawu. STMJ atau susu jahe sudah menjadi favorit masyarakat Blitar ketika memasuki musim hujan. Tak hanya menjadi tempat jual minuman hangat, tetapi warung ini sering pula sebagai tujuan nongkrong anak muda.

STMJ Lawu bahkan semakin ramai ketika memasuki malam hari. Selain susu jahenya, tentu kamu akan ditemani dengan aneka jajanan tradisional serta gorengan. Jadi, kamu bisa semakin betah menghadapi cuaca dingin di Blitar jika sudah menemukan warung STMJ Lawu.

Alamat: Jalan Lawu, Kauman, Kepanjenkidul, Blitar
Jam Buka: 18.00 – 00.00 WIB
Harga: Sekitar Rp6.000

Berbagai tempat makan di Blitar menawarkan kuliner enak yang wajib untuk dicoba. Jangan sampai kamu melewatkan untuk singgah di 16 rumah makan Blitar rekomendasi dari Kuliner Kota tersebut. Lidah kamu dijamin akan terhipnotis dengan berbagai menu lezat dan pastinya bikin ketagihan untuk datang kedua kalinya.

Baca Juga : 12 Makanan Khas Jombang Favorit, Enak dan Murah

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mau Kulineran? 15 Tempat Makan di Blitar Ini Wajib Kamu Coba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending