21 Makanan Khas Lampung Yang Terkenal Enak, Ada seruit

Seruit
Bertandang di pulau Sumatra akan makin terasa lengkap jika kamu mencicipi 21 makanan khas Lampung yang terkenal enak
Daftar isi

Provinsi Lampung terkenal dengan Taman Nasional Way kambas sekaligus menjadi salah satu daerah dengan multi etnis yang berasal dari suku Jawa, Lampung dan Sunda. Keanekaragaman destinasi wisata dan budaya menjadikan provinsi ini layak dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata saat berada di Pulau Sumatra. Oleh karena itu, berkunjung ke Lampung akan makin terasa berkesan jika kamu mencicipi ragam kuliner khas yang pastinya nikmat dan siap menggoyang lidah. Dari beragam makanan khas Lampung yang ditawarkan 20 kuliner ini wajib untuk sobat Kuliner Kota coba. Mau tau apa saja kuliner khas Lampung tersebut ? Yuk, cek dalam artikel berikut ini. 

1. Tempoyak

Tempoyak
Tempoyak, Foto Oleh Mala hayati Ac Id

Bagi kalian para pecinta sambal, wajib mencoba makanan khas Lampung yang satu ini. Tempoyak merupakan salah satu jenis sambal yang berasal dari fermentasi buah durian. Memiliki perpaduan cita rasa asin,  manis dan sedikit pedas membuat tempoyak cocok dijadikan sambal cocolan saat menikmati ikan.

Selain cita rasanya yang unik, cara membuat sambal Tempoyak juga cukup mudah loh sobat kuliner kota! Cukup campurkan buah durian, garam dan cabai untuk mempercepat proses fermentasi. Selanjutnya simpan pada tempat bersuhu dingin selama 2 hari – 5 hari untuk menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat.

Jika kamu berkunjung ke Lampung, tak susah untuk menemukan kuliner khas Lampung, tempoyak, karena sudah dijual di rumah-rumah makan yang ada di wilayah Lampung. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp12.000 saja, kalian sudah bisa mendapatkan 100 gram tempoyak.

Tempat: Tempoyak Musi Rawa 
Alamat: Jalan Angkatan 45 No 18.
Harga: mulai Rp12.000 

2. Seruit

Seruit
Seruit, Foto Oleh Idn Times Com

Seruit adalah salah satu makanan khas Lampung berbahan dasar ikan sungai yang digoreng atau dibakar. Jenis ikan sungai yang biasa dipakai yaitu ikan belide, baung, lais dan berbagai jenis ikan lainnya. Seruit memiliki cita rasa yang lezat dan khas karena selama proses memasaknya, ikan bakar dioles dengan bumbu campuran kecap manis, ketumbar bawang putih dan garam.

Artikel Terkait

Hidangan ikan bakar khas Lampung ini biasanya disajikan bersama lalapan dan sambal tempoyak. Aroma bakaran yang khas berpadu dengan cita rasa sambal tempoyak bakal bikin perpaduan yang pas di mulut sejak suapan pertama.

Oleh karena itu, bagi sobat Kuliner Kota yang ingin mencicipi Seruit, datang saja ke salah satu tempat makan di Lampung, Cikwo Resto and Cafe. Untuk harganya sendiri sangat bervariasi, mulai dari Rp40.000/ porsinya.

Tempat: Cikwo Resto and Coffee
Alamat: Jalan Kimaja (Kimaja Icon), samping Jaya Bakery, 10m sebelum fly over Tanjung Senang, Sepang Jaya, Labuhan Ratu, Sepang Jaya, Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung.
Harga: mulai Rp20.000

3. Gulai Taboh

Gulai Taboh
Gulai Taboh, Foto Oleh Hasbudoya Com

Gulai Taboh merupakan makanan khas Lampung yang dilihat sekilas mirip dengan sayur lodeh. Makanan berkuah yang dimasak bersama racikan bumbu-bumbu khas Lampung ini memiliki cita rasa kaya rempah dan gurih. Gulai Taboh biasanya disajikan dengan 2 jenis ikan, jika disajikan dengan ikan laut terdapat tambahan sayuran daun tangkil, sedangkan saat disajikan dengan ikan sungai akan ditambah dengan campuran kluwek atau tuba.

Tertarik mencoba kuliner khas Lampung ini ? tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan harga sekitar Rp20.000 sobat Kuliner Kota sudah bisa menikmati seporsi makanan berkuah khas Lampung ini bersama nasi hangat. Dijamin bikin kenyang dan nggak ingin berhenti mengunyah.

Tempat: Cikwo Resto and Coffee
Alamat: Jalan Kimaja (Kimaja Icon), samping Jaya Bakery, 10m sebelum fly over Tanjung Senang, Sepang Jaya, Labuhan Ratu, Sepang Jaya, Kec. Kedaton, Kota Bandar Lampung, Lampung
Harga: mulai Rp20.000

4. Geguduh

Geguduh
Geguduh, Foto Oleh Cookpad Com

Lampung juga memiliki jajanan khasnya yaitu Geguduh. Cemilan manis ini terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan dan dicampur dengan selai, susu serta tepung terigu lalu digoreng. Geguduh biasanya dijadikan sebagai suguhan tamu atau acara keluarga serta juga bisa jadikan sebagai teman minum kopi. 

Untuk mendapatkan kuliner khas Lampung ini pun juga cukup mudah, kamu bisa membelinya di berbagai pasar tradisional atau rumah makan yang ada di wilayah Lampung. Untuk harganya sendiri, mulai dari Rp2.000 per biji.

5. Gabing

Gabing
Gabing, Foto Oleh Trip Lampungku Blogspot Com

Gabing adalah makanan khas Lampung berbahan dasar unik, pasalnya makanan berkuah ini terbuat dari batang kelapa muda. Untuk proses pembuatan gabing sendiri cukup sederhana, mulai dari batang kelapa yang diiris tipis, kemudian direbus dan bersama bumbu rempah hingga matang. 

Baca Juga:  32 Makanan Khas Malang yang Terkenal Enak Menggoyang Lidah

Agar cita rasa Gabing lebih gurih dan lezat tambahan jamur dan daging. Perpaduan rasa gurih bersama dengan empuknya daging bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap lagi dan lagi. Jika sobat Kuliner Kota tertarik mencicipi makanan khas Lampung ini, datang saja ke berbagai rumah makan di Lampung. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp10.000/ porsi. 

Tempat: Pondok Indah Makanan Khas Lampung
Alamat: Jalan Ir H Juanda, Pahoman, Tlk. Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung
Harga: mulai Rp10.000

6. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit
Kue Lapis Legit, Foto Oleh Cookpad Com

Bagi kalian pecinta kue lapis maka, Kue Lapis Legit wajib jadi makanan yang harus kamu cicipi saat berada di Lampung. Kue Lapis Legit sebenarnya merupakan kue khas Lampung peninggalan zaman kolonial. Selain terkenal di Lampung, kue ini juga terkenal di berbagai kota di Indonesia sebagai suguhan menu Lebaran.

Kue Lapis Legit sendiri, berbahan dasar tepung terigu, mentega, telur, gula dan rempah-rempah sehingga menghasilkan aroma harum dengan rasa yang legit dan bertekstur lembut.

Kuliner khas Lampung ini cocok untuk dijadikan teman minum teh atau kopi saat bersantai. Tidak hanya cocok dijadikan jajanan pelengkap saat ngeteh maupun kopi, sobat Kuliner Kota juga bisa membawanya sebagai buah tangan lho. Cukup dengan harga mulai dari Rp40.000 saja maka kamu akan mendapatkan manis dan legitnya kue lapis khas Lampung ini. 

7. Engkak

Engkak
Engkak, Foto Oleh Youtube Com

Selain Lapis Legit, jajanan manis khas Lampung lainnya yang juga wajib kamu coba adalah Engkak. Engkak merupakan jajanan manis yang terbuat dari campuran tepung ketan, telur, gula pasir, santan, susu dan mentega. Selanjutnya, adonan dipanggang selama 30 menit – 60 menit sampai matang.

Teksturnya yang lembut berpadu dengan cita rasa manis yang khas menjadikan Engkak cocok dijadikan sebagai menu sarapan maupun camilan. Oleh karena itu saat kamu berkunjung ke Lampung, wajib banget mencicipi kuliner Lampung ini sebagai camilan maupun buah tangan untuk keluarga di rumah. 

8. Sambal Asam Kembang

Sambal Asem Kembang
Sambal Asam kembang, Foto Oleh Resepi Masak Terbaik Com

Selain tempoyak, Lampung juga memiliki sambal khas lain yang tak kalah nikmat. Sambal Asam Kembang, terbuat dari terasi yang diulek bersama buah kemang yang mirip dengan mangga muda serta aneka bumbu lainnya. Kombinasi dari aneka bumbu ini menghasilkan cita rasa asam yang khas dan nikmat. 

Oleh karena itu, jika sobat Kuliner Kota tertarik ingin mencicipi Sambal Asam Kembang sebagai lauk makan siang maupun oleh-oleh, kamu bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Lampung. Untuk soal harga, sambal asam kembang ini cukup terjangkau mulai dari Rp20.000/ botol. Jadi, tertarik untuk membawanya pulang sebagai buah tangan keluarga di rumah?

9. Pempek Lampung

Pempek Lampung
Pempek Lampung, Foto Oleh Idn Times Com

Selain di Palembang, pempek juga terkenal di Lampung loh sobat Kuliner Kota!. Soal rasa, pempek Lampung pun juga tak kalah nikmat dari pempek Palembang.  Perpaduan cita rasa yang khas dari pempek berpadu sempurna bersama dengan cuko. Selain cita rasanya yang khas, Pempek Palembang juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah lho sobat Kuliner Kota. Kamu hanya membutuhkan budget sekitar Rp5.000/ porsinya. Jadi, tertarik untuk mencicipi kuliner Lampung satu ini? 

Tempat: Pempek 123
Alamat: Jalan Jend. Sudirman Nomor 15, Bandar Lampung
Harga: mulai Rp5.000

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Palembang, Dari Pempek Sampai Kuenya yang Populer

10.  Kue Sekubal

Kue Sekubal
Kue Sekubal, Foto Oleh M Medcom Id

Kue Sekubal merupakan kue khas Lampung berbahan dasar beras ketan dan santan yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dimasak dengan cara dikukus selama 8 jam – 10 jam. Cita rasa Kue Sekubal yang gurih akan cocok disantap bersama bumbu rendang atau dengan tape ketan. Perpaduan rasa yang khas bakal bikin lidah tidak ingin berhenti bergoyang untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Selain cita rasanya yang khas, kuliner Lampung, Kue Sekubal juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau mulai dari Rp5.000/buah. Jadi, tertarik mencicipi kelazatan Kue Sekubal saat berada di Lampung?:

11.  Mie Lampung

Mie Lampung
Mie Lampung, Foto Oleh Sylviar Hodia WordPress Com

Bagi kamu, penggemar mie harus coba Mie Lampung. Mie khas Lampung ini berbeda dengan mie di daerah lainnya. Mie lampung memiliki tekstur sedikit padat, tidak lembek dengan bermacam variasi. Ada Mie ayam, mie bihun dan kwetiau yang bisa dipilih sesuai selera.

Semangkok Mie Lampung sendiri berisi mie, potongan daging ayam serta siraman kuah rempah. Perpaduan cita rasa gurih dengan kenyalnya mie bakal bikin siapa saja tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. Jika sobat Kuliner Kota tertarik mencicipi Mie Lampung, cukup dengan menyiapkan budget sekitar Rp20.000 saja. Jadi tertarik untuk mencicipi kuliner khas Lampung satu ini?

Tempat: Mie Lampung III
Alamat: Jl. Gajah Mada no. 76F, Bandar Lampung
Harga: mulai Rp20.000

12.  Serbat Kweni

Serbat Kweni
Serbat Kweni, Foto Oleh Masak Itu Jempol Blog Spot Com

Selain makanan khas, Lampung juga punya minuman khas yang menarik dan menggoda selera untuk dicoba. Serbat Kweni merupakan minuman khas Lampung yang terbuat dari buah kweni atau sejenis buah mangga. Memiliki cita rasa yang sedikit asam dan manis, membuat Serbet Kweni bakal makin cocok dinikmati saat cuaca sedang panas.

Jika kamu tertarik mencicipi Serbet Kweni, maka siapkan budget mulai dari Rp15.000/gelas. Terjangkau bukan? Jadi, tertarik mencicipi Serbet Kweni saat berada di Lampung?

13.  Kopi Lampung

Kopi Lampung khas lampung
Kopi Lampung, Foto Oleh Shopee Co Id

Bagi kamu para pecinta kopi, belum sah rasanya kalo belum mencoba kopi yang satu ini. Yaps, Kopi Lampung adalah salah satu jenis kopi yang terkenal karena keunikan rasanya. Memiliki warna yang pekat dengan cita rasa pahit yang khas bakal makin terasa nikmat saat kamu menyeduhnya di tengah cuaca hujan saat berada di Lampung. 

Kopi Lampung juga termasuk jenis kopi robusta yang memiliki aroma khas serta cita rasanya nikmat yang bakal bikin kamu tidak ingin berhenti menyeruput lagi dan lagi. Selain rasanya yang khas, Kopi Lampung juga cocok dijadikan buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Cukup mengeluarkan budget mulai dari Rp18.000 per satu kilo gram maka kamu bisa membawa kenikmatan kopi khas Lampung untuk keluarga di rumah. 

Tempat: Aneka Sari Rasa : Pusat Produk Oleh Oleh Khas Lampung
Alamat: Jalan Ikan Kakap Nomor 26 – 28, Pesawahan, Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung,
Harga: mulai Rp18.000

14.  Umbu

Umbu khas lampung
Umbu, Foto Oleh Hasbun Doya Com

Makanan khas Lampung memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Umbu yang wajib kamu coba saat berada di provinsi ini. Umbu sendiri merupakan kuliner Lampung yang terbuat dari rotan muda yang direbus hingga lembut. Cita rasanyanya yang sedikit pahit membuat makanan satu ini cocok diolah menjadi sayur maupun sebagai lalapan.

Kuliner khas Lampung, Umbu sendiri sering kita jumpai dalam acara adat, acara keagamaan maupun acara keluarga di daerah Lampung. Tapi tenang, kini sobat Kuliner Kota bisa mencicipi Umbu di berbagai tempat makan di daerah Lampung dengan harga mulai dari Rp20.000/porsinya. Jadi, tertarik untuk mencoba kenikmatan Umbu saat berada di Lampung?

Tempat : Rumah Makan Jejama 3
Alamat : Seray, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung
Harga: mulai Rp20.000

15.  Lempok Durian

Lempok Durian khas lampung
Lempok Durian, Foto oleh Twitter Com

Makanan khas Lampung ini bentuknya seperti dodol. Lempok durian disebut juga dodol durian. Meski mirip dengan dodol, proses pembuatannya berbeda dengan dodol khas Kota Garut. Lempok Durian terbuat dari buah durian yang dicampur dengan gula pasir.

Kuliner Lampung ini, cita rasanya manis, legit dengan tekstur yang kenyal sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Saat kamu tertarik membawa Lempok Durian maka siapkan budget mulai dari Rp45.000/porsinya. Jadi, tertarik membawa makanan khas Lampung ini sampai ke kampung halaman?

Tempat: Toko Oleh-oleh Khas Lampung (Krakatau Rest Area)
Alamat: Tj. Heran, Kec. Penengahan, Lampung Selatan, Lampung
Harga: mulai Rp45.000

Baca Juga:  Berada di Area Jabodetabek, Yuk Cicipi Kuliner Depok Ini!

16.  Benjak Enjak

Benjak Enjak khas lampung
Benjak Enjak, Foto Oleh Rasa Sayange Co Id

Bagi kalian penyuka olahan berbahan dari pisang, kuliner khas Lampung ini wajib dicoba, Benjak Enjak. Benjak Enjak merupakan jajanan khas Lampung yang memiliki cita rasa manis, gurih serta mengandung serat tinggi. 

Jenis pisang yang digunakan untuk membuat Benjak Enjak adalah pisang raja yang sudah tua dicampur dengan ketan, gula dan santan. Kemudian adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang.

Kuliner Lampung ini, biasanya dihidangkan sebagai kudapan saat acara adat atau keluarga oleh masyarakat Lampung. Tapi kini, kamu bisa mencicipi makanan khas satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Kota Lampung dengan harga mulai Rp5.000/bijinya. 

17.  Pindang Lampung

Pindang Lampung khas lampung
Pindang Lampung, Foto Oleh Makanan Khas Daerah Blog Spot Com

Bagi kalian penyuka olahan ikan, maka Pindang Lampung wajib jadi menu yang tidak boleh terlewatkan. Pindang Lampung merupakan olahan ikan yang dimasak menggunakan bumbu rempah lengkap sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa asam, gurih pedas yang bercampur menjadi kesatuan yang sempurna sejak pertama kali menyantapnya.  Tidak hanya punya cita rasa yang nikmat, kuah kuning pekat pada Pindang Lampung juga bakal terasa makin nikmat dan menyegarkan saat disantap bersama nasi hangat.

Oleh karena itu, jika sobat Kuliner Kota tertarik menikmati kelezatan kuliner Lampung satu ini, siapkan budget mulai Rp20.000/porsinya. Terjangkau bukan? Selain terjangkau pastinya juga nikmat dan bikin kenyang. Untuk itu tertarik untuk mampir di berbagai tempat makan di Lampung dan mencoba kelezatan kuliner satu ini?

Tempat: Rumah Makan Pindang Meranjat Riu
Alamat: Jalan Pangeran M Noer, Bandar Lampung 35116 Indonesia
Harga : mulai Rp20.000

18.  Kemplang

Kemplang khas lampung
Kemplang, Foto Oleh Lampung Idn Times Com

Selain diolah menjadi makanan berat, di Provinsi Lampung ikan juga diolah menjadi cemilan ringan yang berbentuk seperti keripik, Kemplang. Kemplang merupakan makanan ringan khas Lampung yang diolah dengan cara dipanggang sehingga cocok dijadikan camilan bagi kamu yang sedang diet. Rasanya yang renyah dan gurih membuat Kemplang selalu jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kamu bisa menikmati kuliner Lampung, Kemplang sebagai lauk maupun dijadikan buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Harganya yang terjangkau mulai dari Rp17.000/bungkus membuat jajanan ini wajib jadi cemilan kamu saat berada di Provinsi Lampung. Tempat : TOKO DEWI (Pusat Oleh – Oleh Khas Lampung)

Alamat: Jalan Bakauheni, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

19.  Keripik Pisang

Keripik Pisang khas lampung
Keripik Pisang, Foto Oleh Id Carousell Com

Buah pisang memang cukup melimpah di Provinsi Lampung, oleh karena itu masyarakat Lampung berinovasi untuk membuat keripik pisang. Keripik pisang khas Lampung tidak hanya punya cita rasa gurih dan manis yang khas, namun juga memiliki berbagai varian rasa. Mulai dari rasa keju, cokelat, sapi panggang, melon dan berbagai rasa lainnya. 

Tidak cukup sampai disitu, Keripik Pisang khas Lampung pastinya juga murah meriah dan cocok dijadikan oleh-oleh. Cukup dengan harga mulai dari Rp15.000 saja, kamu bisa mendapatkan satu bungkus kelezatan Keripik pisang khas Lampung. Jadi, tertarik untuk ngemil saat di Lampung dengan Keripik Pisang? 

Tempat: Toko Yen-Yen
Alamat:  jalan Ikan Kakap No.86 di pusat kota Lampung
Harga: mulai dari Rp15.000

20.  Keripik Nangka

Keripik Nangka khas lampung
Keripik Nangka, Foto Oleh Keripik Lampung Tandreo Blog Spot Com

Bagi kalian pecinta olahan keripik maka, Keripik Nangka juga bakal jadi favorit camilan saat berada di Lampung. Seperti namanya, Keripik Nangka merupakan jajanan berbahan dasar buah nangka yang diolah dengan cara dipanggang untuk menghilangkan kadar air di dalamnya. Teksturnya yang renyah dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang khas, bakal bikin kamu tidak ingin berhenti memakannya. 

Biasanya Keripik Nangka khas Lampung, dijual dalam bentuk kemasan sebagai oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Oleh karena itu, jika sobat Kuliner Kota ingin menikmati gurihnya Keripik Nangka maka datang saja ke berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di sudut kota. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau, mulai dari Rp27.000/bungkus nya. Jadi, tertarik membelinya sebagai oleh-oleh maupun camilan saat berada di Provinsi Lampung?

Tempat: Toko Yen Yen
Alamat:  jalan Ikan Kakap No.86 di pusat kota Lampung
Harga: mulai Rp27.000

21.  Pisro

Pisro khas lampung
Pisro, Foto Oleh Linda Dwi Hapsari Com

Makanan khas Lampung selanjutnya ini merupakan hidangan sehari-hari masyarakat Pepadun, Pisro. Pisro merupakan makanan berbahan dasar Ikan betok dan tembakang yang dimasak bersama gula aren, terasi, cabai serta kuah kental yang bikin perpaduan yang sempurna saat kamu mulai menikmatinya.

Perpaduan cita rasa manis, gurih dan pedas yang khas membuat kuliner khas Lampung ini cocok disantap sebagai menu makan siang saat berada di Lampung. Jika sobat Kuliner Kota tertarik mencicipi kelazatan Pisro, kamu bisa memesannya di berbagai rumah makan di lampung dengan harga mulai dari Rp20.000/porsinya. 

Cukup menggiurkan bukan berbagai kuliner khas Lampung di atas? Oleh karena itu siapkan budget khusus dan icip-icip berbagai cita rasanya. Jangan sampai kamu kembali ke kampung halaman tanpa memanjakan lidah dengan ragam makanan khas Lampung rekomendasi dari Kuliner Kota diatas! Jadi, kapan ingin menghabiskan waktu liburan dengan kulineran di Provinsi Lampung?

Baca Juga : 12 Pusat Oleh-Oleh Lampung Yang Wajib Kamu Kunjungi

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *