1. Tempat Makan

18 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Favorit dan Enak

Berkunjung ke Banyuwangi tidak hanya tentang berbagai macam destinasi wisata menarik dan wajib dikunjungi para wisatawan. Berwisata kuliner juga harus masuk agenda wajib yang tidak boleh terlewatkan. Ada banyak tempat makan di Banyuwangi yang menawarkan aneka jenis kuliner khas sampai makanan kekinian juga ada. Oleh karena itu, bagi kamu yang sedang bingung mencari tempat untuk berwisata kuliner di Banyuwangi, Kuliner Kota punya 18 rekomendasi tempat makan Banyuwangi yang bisa jadi pilihan. Pastikan kamu sudah menyediakan waktu khusus untuk kulineran pada semua tempat makan berikut.

1. Sego Tempong Mbok Wah 

Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi
Sego Tempong Mbok Wah, Foto oleh Breaking News Co Id

Mencari tempat kuliner di Banyuwangi yang sudah terkenal enak? Tidak ada salahnya anda mencoba mampir ke Sego Tempong Mbok Wah. Seperti namanya, tempat makan di Banyuwangi ini menyediakan makanan khas Banyuwangi, yaitu Sego Tempong dengan cita rasa nikmat dan tidak ada duanya.

Tempat ini juga menyediakan aneka seafood seperti kepiting dan cumi. Spesialnya lagi, harga yang ditawarkan di tempat makan Banyuwangi ini juga murah lho! Jadi kamu bisa datang kesini untuk sarapan sampai dengan makan malam saat berada di Banyuwangi.

Alamat: Jalan Gembrung No. 220, Bakungan, Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: 08.00 – 23.00 WIB
Harga: Mulai Rp7.000

2. Rumah Makan Pecel Ayu

Rumah Makan Pecel Ayu Banyuwangi
Rumah Makan Pecel Ayu Foto oleh Google Com

Tempat makan di Banyuwangi ini juga patut kamu kunjungi saat mencari kuliner unik di Banyuwangi, Rumah Makan Pecel Ayu. Tempat makan ini menawarkan menu yang beraneka ragam. Tapi pecel rawon yang sudah melegenda sejak 34 tahun lalu wajib kamu coba. Gurihnya pecel yang dipadukan segarnya kuah rawon bakal bikin tidak ingin berhenti untuk mengunyah sejak suapan pertama. Kamu bisa berwisata kuliner di tempat ini, mulai untuk sarapan sampai makan malam juga bisa. Tertarik untuk mampir dan berwisata kuliner di tempat ini?

Alamat: Jalan Adi Sucipto No.76, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 06.30 – 20.30 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

3. Ayam Pedas Rantinem Genteng

Banyuwangi memang terkenal dengan berbagai macam makanan pedas. Tentu saja tidak boleh lupa dengan Ayam Pedas yang melegenda satu ini. Ayam Pedas Ibu Rantinem yang sudah ada sejak tahun 1970 an ini memiliki cita rasa yang nikmat serta gurih yang mampu membuat kamu menyesal jika harus melewatkan makanan satu ini.

Disajikan secara unik berbeda dengan ayam pedas biasa, ayam pedas Bu Rantinem harus dibakar terlebih dahulu sebelum di rebus dengan kuah santan pedas. Kamu dapat mengunjungi tempat ini dari pukul 16.00-03.00. Penasaran? Langsung saja kunjungi tempatnya, dijamin akan kembali!

Alamat: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Jam Buka: 16.00 – 03.00 WIB
Harga: Sekitar Rp20.000

4. Nasi Tempong Mbok Nah 

Nasi Tempong Mbok Nah Banyuwangi
Nasi Tempong Mbok Nah, Foto oleh Google Com

Tempat kuliner sego tempong lainnya yang tidak kalah enak dan wajib dicoba selama di Banyuwangi adalah Nasi Tempong Mbok Nah. Tempat bersantap di Banyuwangi ini terkenal dengan sajian sego tempong bercita rasa gurih dan bikin nagih. Jadi, saat kamu ingin menikmati kelezatan nasi tempong sebagai menu penutup di malam hari, bisa datang ke Nasi Tempong Mbok Nah juga lho! Dijamin bikin lapar hilang dan akan kembali untuk kedua kalinya.

Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 09.00 – 00.00 WIB
Harga: Mulai Rp5.000

5. Warung Biru 

Warung Biru Banyuwangi
Warung Biru, Foto oleh Picuki Com

Berada di Banyuwangi dan mencari kuliner seafood yang enak? Kamu bisa coba mampir ke Warung Biru. Warung Biru merupakan salah satu warung makan di Banyuwangi yang menyediakan aneka menu berbahan dasar ikan laut, seperti aneka jenis ikan, udang, kepiting hingga cumi. Perpaduan rasa yang khas serta berbahan dasar ikan yang masih segar bakal bikin pecah di mulut saat kamu mulai menyuapnya bersama nasi hangat. Jadi, tertarik untuk mencoba kulineran seafood dengan cita rasa yang bikin kamu datang ke dua kalinya di tempat ini?

Alamat: Jalan Kapten Piere Tendean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 08.00 – 23.00 WIB

6. Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer

Warung Sego Bungkus Gudeg Bu Poer
Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer, Foto oleh Traveloka Com

Lapar saat berwisata ke Banyuwangi dan ingin makan yang praktis sekaligus murah? Kamu bisa datang ke tempat makan Banyuwangi bernama Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer. Berlokasi di tengah kota, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, tempat ini menyajikan aneka menu nasi bungkus sebagai sajian utamanya. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, kamu bisa menikmati seporsi nasi hangat dan suwiran ayam goreng yang disajikan dalam bungkusan daun pisang.

Tidak cukup sampai disitu, bagi kamu yang masih kurang puas dengan satu porsi nasi bungkus, ada aneka lauk juga bisa dipilih sesuai selera. Jadi, bagi kamu yang bingung mencari menu sarapan maupun makan malam dengan harga yang murah tapi mengenyangkan, datang saja ke tempat makan di Banyuwangi, Warung Sego Bungkus & Gudeg Bu Poer.

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp5.000

7. Jaran Goyang Spesial Seafood & Masakan Khas Banyuwangi

Jaran Goyang Spesial Seafood Masakan Khas Banyuwangi
Jaran Goyang Spesial Seafood & Masakan Khas Banyuwangi, Foto oleh Google Com

Jika sedang mencari rumah makan di Banyuwangi untuk acara reuni atau kumpul keluarga, kamu bisa mencoba mengunjungi Jaran Goyang Spesial Seafood & Masakan Khas Banyuwangi. Tempat makan Banyuwangi ini tidak hanya menawarkan konsep tempat yang cocok untuk kumpul keluarga tapi juga aneka masakan khas Banyuwangi dan seafood bercita rasa lezat. Kamu bisa datang ke tempat kuliner ini saat makan siang maupun makan malam. Suasana tempat dengan konsep bertema klasik dilengkapi dengan ornamen bambu, bakal membuat kamu betah berlama-lama berada disini.

Alamat: Jl. Kolonel Sugiono No.91, Tukangkayu, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 12.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp7.000

8. Warung Ikan Bakar Pesona

Warung Ikan Bakar Pesona Banyuwangi
Warung Ikan Bakar Pesona, Foto oleh Sintia Astarina Com

Selain rumah makan Jaran Goyang, Banyuwangi juga memiliki tempat makan seafood yang bisa jadi alternatif pilihan, Warung Ikan Bakar Pesona namanya. Seperti namanya, Warung Ikan Bakar Pesona menyediakan aneka macam seafood yang bisa jadi pilihan, tapi yang jadi menu favorit adalah ikan bakar dengan sambal rica-rica bercita rasa lezat dan tidak ada duanya. Suguhan makanan yang enak dengan suasana tempat yang khas bakal bikin kamu betah berlama-lama disini. Jadi, apakah tertarik untuk berwisata kuliner di tempat Warung Ikan Bakar Pesona?

Alamat: Jl. Ikan Paus No.23, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 13.00 – 21.00

9. Restoran Srengenge Wetan

Restoran Srengenge Wetan
Restoran Srengenge Wetan, Foto oleh Google Com

Mencari tempat makan di Banyuwangi yang menyediakan menu tradisional khas Nusantara dengan nuansa klasik dan santai? Restoran Srengenge Wetan pilihannya. Di tempat makan ini kamu akan disuguhkan aneka menu khas Banyuwangi dengan cita rasa nikmat dan pasti harganya juga terjangkau. Suasana yang khas membuat Restoran Srengenge Wetan cocok jadi pilihan tempat untuk makan siang maupun makan malam.

Alamat: Jalan Panglima Besar Sudirman No.175, Singonegaran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp20.000

10. Warung Ayam Betutu Super Spesial Mbak Timah

Warung Ayam Betutu Super Spesial Mbak Timah
Warung Ayam Betutu Super Spesial Mbak Timah, Foto oleh Google Com

Lokasi Banyuwangi yang berdekatan dengan Pulau Bali menjadikan kuliner khas Bali juga bisa kamu jumpai di Banyuwangi. Ada salah satu tempat makan yang menyediakan salah satu kuliner Bali, ayam betutu yaitu Warung Ayam Betutu Spesial Mbak Timah. Seperti namanya, menu favorit di tempat ini pastinya ayam betutu dengan bumbu pedas serta aroma khas yang menggugah selera. Suasana tempat yang khas serta suguhan ayam betutu bercita rasa menggoda, menjadikan tempat kuliner di Banyuwangi ini wajib dikunjungi.

Alamat: Perum Griya Giri Mulya, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi
Jam Buka: 09.00 – 19.00 WIB
Harga: Sekitar Rp15.000

11. Waroeng Kemarang 

tempat makan di banyuwangi Waroeng Kemarang Banyuwangi
Warung Kemarang, Foto oleh Google Com

Warung makan di Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi adalah Waroeng Kemarang. Tempat makan Banyuwangi ini menyuguhkan konsep suasana hamparan sawah hijau khas pedesaan serta menu tradisional Banyuwangi. Selain tempat dan suasana yang khas, harga aneka menu disini juga cukup terjangkau lho! Jadi, kamu bisa puas kulineran di Warung Kemarang tanpa takut kantong menjadi tipis.

Alamat:  Perkebunan Kalibendo, KM. 5, Desa Tamansuruh, Banyuwangi
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar 10.000

12. Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus

tempat makan di banyuwangi tahu petis dan es degan pak agus
Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus, Foto Oleh Wisatadanhotelmurah Com

Tahu petis memang sudah umum ada di berbagai daerah, namun kamu akan dibuat kenyang dan puas jika sudah menemukan warung Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus Banyuwangi. Tiap porsinya berisi sepuluh tahu hangat dan bisa disantap dengan cabai hijau, garam halus dan petis. Warung ini sudah ada sejak tahun 2010 dan telah membuka beberapa cabang di Banyuwangi dan Jember.

Sambil menikmati kelezatan tahu petis, kamu juga bisa memesan es degan yang cocok diseruput ketika siang hari setelah beraktivitas. Tempatnya bersih, nyaman dan mudah ditemukan. Ukuran tempat yang sempit juga tidak mempengaruhi kebebasan duduk di manapun. Jadi, sambil jalan-jalan di Banyuwangi, paling enak jika sudah membawa tahu petis dan es degan di warung ini.

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Klatak, Banyuwangi
Jam Buka: 24 jam
Harga: Mulai Rp10.000

13. Bakso Kiki Ganteng Banyuwangi

tempat makan di banyuwangi bakso kiki
Bakso Kiki Genteng Banyuwangi, Foto Oleh Facebook Com

Buat kamu yang tertarik mencoba bakso unik di Banyuwangi, sebaiknya datang ke daerah Genteng dan temukan Bakso Kiki Genteng Banyuwangi. Bakso Kiki merupakan salah satu bakso yang menjadi favorit masyarakat terutama ketika menjelang lebaran. Ada berbagai macam menu bakso yang bisa kamu pilih, mulai dari bakso halus, bakso kasar sampai bakso telur.

Sama seperti Tahu Petis dan Es Degan Pak Agus, warung ini memiliki ukuran tempat yang tidak terlalu besar namun tak membuat pengunjungnya kehabisan tempat. Warna orange dari bangunannya semakin menarik perhatian ditambah kenikmatan bakso nendangnya, dijamin harimu akan lebih menyenangkan jika sudah mampir dan mencicipi bakso kikil di warung Bakso Kiki Genteng Banyuwangi.

Alamat: Jalan Temuguruh, Dusun Krajan, Genteng Wetan, Banyuwangi
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

14. Mie Ayam Ahem

tempat makan di banyuwangi mie ayam ahem
Mie Ayam Ahem, Foto Oleh Youtube Com

Jangan mengaku penggemar mie ayam jika belum mengunjung tempat makan di Banyuwangi satu ini, namanya Mie Ayam Ahem. Warung ini berdiri sejak tahun 90-an da terkenal akan kelezatan mie ayamnya yang berhasil menandingi mie ayam di daerah lain. 

Tekstur mienya kenyal ditambah daging ayam yang ekstra banyak. Selain itu, kamu tak perlu khawatir kehabisan tempat karena disini sudah menyediakan banyak kursi dan kursi cadangan untuk rombongan maupun ketika datang sendiri. Semakin lengkap makan mie ayam di warung Mie Ayam Ahem bareng teman.

Alamat: Jalan Imam Bonjol No. 54, Karangrejo, Banyuwangi
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp20.000

16. Warung Soto Pak Salim

tempat makan di banyuwangi warung soto pak salim
Warung Soto Pak Salim, Foto Oleh Tripadvisor Com

Salah satu hidangan yang paling sering dicari wisatawan ketika berkunjung ke suatu tempat adalah soto, dan jika kamu berada di Banyuwangi maka sebaiknya mencoba makan di Warung Soto Pak Salim. Kamu bisa dengan mudah menemukannya karena letaknya yang ada di depan mall. Seperti namanya, warung ini menyajikan soto lezat yang tak pernah redup kepopulerannya.

Selain soto, ada pula menu lain seperti mie goreng, nasi goreng sampai capcay yang bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Karena tempatnya yang lumayan besar, pengunjung dijamin bisa mendapatkan kenyamanan dan pelayanan terbaik. Ajak keluarga mencicipi kelezatan soto khas Banyuwangi di Warung Soto Pak Salim!

Alamat: Jalan A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi
Jam Buka: 06.00 – 22.30 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

17. Warung Pesantogan Kemangi

tempat makan di banyuwangi warung pesantogan
Warung Pesantogan Kemangi, Foto Oleh Travel Detik Com

Menyantap pecel pitik tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa menemukannya di Pesantogan Kemangi. Tempat makan di Banyuwangi ini didirikan pada tahun 2015 dengan bangunan dan ornamen yang dominan tradisional. Di sini juga tersedia sanggar untuk acara penting atau berbagai kegiatan seperti pentas tari dan permainan musik tradisional.

Menu favoritnya adalah pecel pitik dan uyah asem. Ada pula jajanan ringan di antaranya kue kencur, tape buntut dan serabi yang cocok buat teman nongkrong di sore hari. Sambil menyantap dan menunggu hidangan datang, alunan musik dapat menjadi teman terbaik ketika jenuh. Menarik bukan?

Alamat: Jalan Kemiren, Krajan, Kemiren, Banyuwangi
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp15.000

18. Minak Kopi Coffee Shop

tempat makan di banyuwangi minak kopi coffee shop
Minak Kopi Coffee Shop, Foto Oleh M merdeka Com

Buat kamu yang hobi nongkrong ditemani segelas kopi hangat, wajib banget mampir ke Minak Kopi Coffee Shop. Di sini merupakan salah satu tempat yang menyajikan kopi asli Banyuwangi, jadi tak heran jika masyarakat lokal sampai wisatawan mancanegara akan kecewa jika tidak mampir ke kafe satu ini. 

Mengusung konsep vintage dengan desain interior ala cafe luar negeri. Seringnya, pengunjung akan diajak ngobrol tentang cara pembuatan kopi berkualitas yang sekilas dapat menambah pengetahuan. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, walau terkesan menarik dan anak muda banget tapi tempat makan di Banyuwangi ini terkenal dengan harganya yang terjangkau. 

Alamat: Jalan Lemahbang Lor, Krajan, Lemahbangdewo, Banyuwangi
Jam Buka: 16.00 – Dini Hari
Harga: Mulai Rp6.000

Nah, Itulah 18 tempat makan di Banyuwangi yang wajib kamu singgahi versi Kuliner Kota. Siapkan rencana kunjungan khusus ke Banyuwangi dan ciptakan pengalaman menarik agar momen liburan kamu lebih terasa semarak dan berkesan. Jadi, akan singgah berapa lama ke Banyuwangi sebelum melanjutkan liburan ke Pulau Bali?

Baca Juga : 35 Tempat Makan di Bali, Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 18 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Favorit dan Enak
  • 3 Juni 2020

    👍👍👍

    Balas
  • 8 Juni 2020

    kota asal saya, jangan lupa berkunjung !! dijamin enakkk

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Makanan tradisional Sulawesi Selatan punya ciri khas dan cita rasa yang sangat menarik. Tak heran, banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner khas Sulawesi Selatan. Dengan cita rasa yang beragam, mulai dari pedas, manis, hingga kaya akan rempah bisa kamu temukan disana.  Penasaran apa saja makanan tradisional Sulawesi Selatan yang wajib kamu […]

Trending

Gorontalo merupakan provinsi yang terletak pada bagian utara Pulau Sulawesi yang menyimpan kekayaan kuliner yang beragam. Makanan khas Gorontalo yang lezat dan menggugah selera, sayang untuk kamu lewatkan. Gorontalo terkenal sebagai penghasil ikan, tak heran jika makanan khasnya banyak terdapat dari olahan ikan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa makanan khas Gorontalo yang […]
Makanan khas Lombok terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera. Tak hanya keindahan alamnya, kuliner khas Lombok juga menjadi daya tarik para wisatawan saat berkunjung kesana. Apalagi, bumbu-bumbu dalam masakan Lombok juga sangat beragam dan kaya akan rempah, sehingga menghasilkan rasa yang unik dan khas. Jika kamu berkunjung ke Lombok, jangan sampai melewatkan […]