Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

20 Tempat Makan di Malang Hits dan Favorit Wisatawan!

8 min read

Rumah Makan Inggil Malang

Kota Malang terkenal memiliki udara yang dingin dengan bermacam tujuan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Untuk mendukung roda perekonomian dalam bidang pariwisata pastinya wisata kuliner menjadi salah satu destinasi yang banyak ditawarkan. Berbagai tempat makan di Malang dengan suasana khas wajib banget kamu kunjungi.

Ada pilihan tempat makan Malang yang sudah melegenda dan ramai pengunjung setiap harinya. Untuk itu, jika kamu pergi ke Kota Malang, 20 tempat makan di Malang ini wajib didatangi. Berikut daftar 20 tempat makan tersebut:

1. Bakso President

Bakso President Malang
Bakso President Malang, Foto oleh Jarang Panas Com

Kota Malang memang terkenal dengan kuliner baksonya. Tak lengkap rasanya jika kamu sudah berada di Kota Malang namun tidak mencoba sensasi kuliner bakso di kota ini. Bakso President, tempat makan bakso yang sudah ada sejak tahun 1977. 

Cita rasa bakso yang nikmat ditemani dengan suasana dingin Kota Malang memang bakal bikin kangen datang untuk kedua kalinya. Letaknya persis di samping rel kereta api sehingga kamu dapat merasakan sensasi makan bakso dengan suasana unik.

Alamat: Jalan Batanghari No. 5, Malang
Jam Buka: 08.00 – 21,30 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

2. Toko Oen Malang

Toko Oen Malang
Toko Oen Malang, Foto oleh Sport Tourism

Bagi kamu pecinta es cream, Malang punya tempat makan es cream enak dan sudah melegenda, suasana yang ditawarkan pun bikin betah nongkrong lama-lama disini. Toko Oen Malang, salah satu kedai es cream legendaris yang sudah ada sejak 1930. Cita rasa es cream yang manis dan teksturnya lembut pastinya bikin ketagihan!

Jika kamu datang ke tempat ini, wajib mencoba rasa Tutty Fruity Cassata yang terbuat dari bahan dasar buah-buahan dan morkus dengan cita rasa kopi. Terbayang kan sensasi rasanya seperti apa? Rasakan sendiri nikmatnya makan es cream ditemani dengan suasana tempo dulu, pastinya bikin ingin lama-lama berada disini bukan? Toko Oen Malang juga menyediakan menu lain seperti nasi goreng, steak, dan kue kering. Jadi, tidak ada alasan untuk melewatkan datang ke tempat ini.

Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Malang
Jam Buka: 09.00 – 21.30 WIB

3. Bakso Bakar Pak Man

Masih seputar kuliner bakso di Kota Malang, ada tempat makan bakso yang sudah melegenda dengan menu Bakso Bakar sebagai sajian utamanya. Tempat makan ini menyuguhkan menu olahan Bakso Bakar dengan cita rasa nikmat dan pastinya bikin nagih. Sebelum dibakar, olahan bakso dilumuri dengan saus, kecap dan bumbu-bumbu agar beraroma sedap serta makin menggugah selera.

Bakso Bakar Pak Man
Bakso Bakar Pak Man, Foto oleh Hello Tummy Blogspot Com

Bakso Bakar Pak Man sudah berdiri sejak tahun 1997 dan masih eksis sampai sekarang sebagai tempat makan yang enak dengan harga murah pastinya. So, jangan lewatkan sensasi makan bakso di Kota Malang dengan cara yang berbeda seperti di tempat ini ya! Dijamin nikmat dan bikin ketagihan.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 19A, Malang
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB
Harga: Sekitar Rp7.000

4. Pos Ketan Legenda

Udara dingin di Kota Malang memang paling nikmat untuk dijadikan momentum kulineran yang hangat. Ada salah satu kedai yang menjual olahan ketan sejak tahun 1967. Pos Ketan Legenda namanya, tempat makan yang menawarkan cita rasa olahan ketan dengan berbagai varian topping ini pastinya nikmat dan menggugah selera!

Pos Ketan Legenda Malang
Pos Ketan Legenda Malang, Foto oleh Blog Mamikos Com

Akan sangat menyesal jika kamu tidak menikmati kuliner khas Malang ini, ditemani dengan dinginnya udara Malang dengan kelap-kelip lampu di sekitaran alun-alun bakal bikin kangen untuk datang lagi ke Kota Malang.

Alamat: Jalan KH Agus Salim Batu (Kawasan Alun-alun Batu)
Jam Buka: 15.00 – 00.00 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

5. Pecel Kawi Malang

Pecel Kawi Malang
Pecel Kawi Malang, Foto oleh Arif Setiawan Com

Tempat makan di Malang selanjutnya yang wajib kamu datangi adalah Pecel Kawi Malang. Seperti namanya, tempat makan di Malang satu ini menyuguhkan kuliner Pecel melegenda yang sudah ada sejak tahun 1979. Gurihnya sambal kacang dilengkapi dengan berbagai macam sayuran membuat makanan ini cocok disantap sebagai menu sarapan pagi. 

Cita rasa yang nikmat dipadukan dengan berbagai lauk tambahannya, cocok untuk menemani waktu pagi sebelum berangkat berwisata di Kota Malang. Kenyang, murah dan pastinya bikin nagih!

Alamat: Jalan Kawi Atas No. 43B, Malang
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

6. Rumah Makan Inggil

Rumah Makan Inggil Malang
Rumah Makan Inggil Malang, Foto oleh Dewi Rieka Com

Malang punya salah satu restoran yang berdiri sejak tahun 2012 dan bakal bikin kamu kembali ke suasana Jawa tempo dulu. Rumah Makan Inggil, restoran dengan konsep resto dan museum dalam satu tempat. Datang ke tempat makan ini dan kamu akan terhipnotis dengan interior, konsep bangunan, sampai menu makanan tempo dulu yang disajikan, mulai dari jagung, penyetan, rawon, dan berbagai menu lainnya yang nikmat dan menggugah selera. Kamu bisa menikmati kuliner unik ini lengkap dengan suasana yang pastinya bikin betah berlama-lama apalagi dengan harga terjangkau.

Alamat: Jalan Gajahmada No. 4, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

7. Mie Gajah Mada

Bagi kamu yang lebih menyukai kuliner mie daripada bakso, Kota Malang juga punya tempat makan mie dengan cita rasa yang nikmat dan pastinya bakal bikin kamu ketagihan. Menu paling favorit di tempat ini adalah pangsit mie ayam jamur. Satu porsi pangsit mie ayam jamur terdiri dari potongan jamur, daging ayam suwir, sawi, serta taburan bawang goreng dan daun bawang. Tak ketinggalan kuah bening yang gurihnya tiada tara! Nikmat disantap di tengah dinginnya suasana di Kota Malang.

Mie Gajah Mada Malang
Mie Gajah Mada Malang, Foto oleh Google Maps

Tempat makan enak ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an dan masih mempertahankan cita rasanya sampai saat ini. Tidak heran jika selalu ramai setiap harinya. Pastinya bikin kenyang dan ketagihan untuk mencobanya!

Alamat: Jalan Pasar Besar No, 17 A, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 09.00 – 14.30 WIB
Harga: Sekitar Rp24.000

8. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng
Tahu Lontong Lonceng Malang, Foto oleh Travelling Yuk Com

Tempat makan legendaris dengan kuliner yang pastinya enak dan ramah di kantong berikutnya adalah Tahu Lontong Lonceng. Kuliner wajib yang harus kamu coba saat datang kesini adalah tahu telur lontong yang dihidangkan dengan sambal petis yang diletakkan di dasar piring, lalu diberi irisan lontong, setelah itu ditaburi lagi dengan tahu telur. Enak, nikmat dan pastinya ramah untuk kantong Penasaran kan? Wajib coba ya!

Alamat: Jalan Laksamana Martadinata No. 66, Malang
Jam Buka: 10.45 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

9. Javanine

javanine
Javanine, Foto Oleh Malangculinary Com

Jika umumnya tempat makan khas Jawa identik dengan unsur tradisional, akan berbeda dengan Javanine yang penuh dengan interior era modernisasi. Tempat ini menawarkan beragam kuliner khas Jawa, tapi interior berkonsep elegan dan modern. Meski demikian, kamu masih bisa mendapat lezatnya hidangan dengan harga terjangkau.

Salah satu menu favorit di sini adalah bebek crispy. Tempatnya pun luas dengan banyak kursi yang mengelilingi meja besar. Javanine cocok sebagai tujuan kulineran keluarga ketika berkunjung ke Malang.

Alamat: Jalan Pahlawan Trip A5, Oro-oro Dowo, Malang
Jam Buka:  11.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai Rp30.000

10. Depot Sate Landak Bu Ria

depot sate landak
Depot Sate Landak, Foto Oleh Makanlagi Com

Salah satu kuliner paling digemari di Malang adalah sate landak, kamu bisa mendapatkannya di Depot Sate Landak Bu Ria. Tempat makan di Malang ini sudah berdiri dan tersohor sejak tahun 2001, tak heran keberadaannya begitu dicari wisatawan walau belum termasuk warung makan legendaris. Sate landak yang ditawarkan pun lembut dan gurih. Beberapa olahan sup juga tersedia sebagai penghangat tubuh ketika malam hari. Kalau sudah menetapkan tujuan ke Depot Sate Landak Bu Ria, dijamin kamu akan ketagihan dan susah melupakan lezat satenya.

Alamat: Jalan Raya Bugis Gg. 1 Jalan Bugis No. 47, Boro Bugis
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp25.000

11. Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo

waroeng bamboe
Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo, Foto Oleh Sylviarhodia WordPress Com

Berkonsep lesehan dengan kolam ikan dibawahnya membuat Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo semakin hits. Kamu bisa menyantap berbagai kuliner khas ditemani pemandangan ikan hias dan sejuknya nuansa outdoor. Ada sekitar seribu ikan koi berada dibawah lesehan, kamu pun bisa memberinya makan dan sedikit bermain dengan ikan-ikan. Di tempat ini pengunjung akan menemukan beragam olahan ikan mulai dari ikan goreng sampai ikan bakar. Harganya pun cukup terjangkau buat porsi keluarga. Menarik bukan?

Alamat: Jalan Raya Punten, Punten, Batu
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB

12. Soto Geprak Mbah Djo

soto geprak mbah djo
Soto Geprak Mbah Djo, Foto Oleh Travelmalangbali Blogspot Com

Sajian soto di Soto Geprak Mbah Djo menjadi sajian yang pas saat berkunjung ke Kota Malang.  Warung soto ini sudah ada sejak tahun 1959 dan populer karena rasa sotonya berbeda dengan sajian soto lain. Walau ukuran tempatnya terlihat sempit sehingga beberapa pengunjung harus mengantri atau sengaja berdesakan untuk menikmati kuliner, tetapi bukan hanya omongan soal cita rasa soto khasnya. Dijamin kamu tak akan kecewa setelah sekian lama menunggu antrian berkat hidangannya yang legendaris.

Alamat: Jalan Letjend S. Parman No. 77 – 79, Purwantoro, Malang
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Harga: Sekitar Rp8.000

13. Nasi Bakmoy Hok Lay

nasi bakmoy hok lay
Nasi Bakmoy Hok Lay, Foto Oleh Travel Kompas Com

Jika penasaran apa itu nasi bakmoy, maka datang saja ke warung Nasi Bakmoy Depot Hok Lay. Berdiri sejak tahun 1946, tempat makan di malang ini termasuk yang legendaris dan populer. Warung ini pun menawarkan beragam hidangan chinese dan minuman legendaris fosco yang lezat serta harganya terjangkau.

Dari luar warung ini terlihat biasa dan sempit, namun setelah masuk kamu akan disuguhkan dengan banyak kursi dan meja besar. Ajak juga keluarga dan teman kalau mau mencicipi lezatnya nasi dengan topping ayam dan siraman kuah manis.

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10, Sukoharjo, Malang
Jam Buka: 09.00 – 13.30 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

14. Cafe Jagung Jaya Abadi

cafe jagung bakar jaya abadi
Cafe Jagung Bakar Jaya Abadi, Foto Oleh Prizebox Com

Jagung bakar menjadi santapan yang pas ketika berada di Malang, apalagi kalau sudah mampir ke Cafe Jagung Jaya Abadi. Di sini pengunjung akan mendapatkan beragam kuliner modern termasuk olahan jagung bakar yang memiliki rasa bervariasi mulai dari manis, barbeque, asin, keju, original dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga dapat menikmati banyak dessert lezat lain seperti pisang goreng, roti bakar sampai STMJ.

Karena menyajikan hidangan daerah dan beberapa olahan dessert, maka cafe ini didesain simpel juga lebih mengarah pada unsur tradisional. Kenyamanan setelah berwisata akan kamu rasakan setelah berkunjung ke Cafe Jagung Jaya Abadi.

Alamat: Jalan Pulosari No. 15, Gading Kasri, Malang
Jam Buka: 17.00 – 01.00 WIB
Harga: Sekitar Rp5.000

15. Depot Han Tjwan Sing

depot han tjwan sing
Depot Han Tjwan Sing, Foto Oleh Ngalam Co

Depot Han Tjwan Sing menjadi favorit wisatawan karena menawarkan jajanan harga terjangkau dengan cita rasa lezat. Termasuk onde-onde, jajanan khas ini menjadi kudapan spesial dan terlaris di tokonya. Tekstur kenyal dan ukurannya lumayan besar membuat onde-onde di Depot Han Tjwan Sing semakin ramai. Tempat makan di Malang ini letaknya di depan jalan raya, jadi wisatawan anyar pun bisa menemukannya dengan mudah. Kalau tertarik, kamu bisa datang dengan keluarga atau teman dan bersama-sama mencicipi lezatnya kudapan khas.

Alamat: Jalan R. Wahidin No. 123, Krajan, Kalirejo, Malang
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga: Sekitar Rp7.000

16. Pondok Desa Kampung Telaga

pondok desa kampung telaga
Pondok Desa Kampung Telaga, Foto Oleh DolanDolen Com

Rumah makan Pondok Desa Kampung Telaga menawarkan nuansa asri yang susah didapatkan di tempat lain. Di bawah tempat makan ini terdapat danau berisi ribuan ikan koi yang dapat membuat suasana makan lebih terasa seru. Beragam menu yang ditawarkan mulai dari aneka olahan tumis, ikan kakap bakar, sayuran dan cumi goreng.

Pondok Desa Kampung Telaga memberi kenyamanan pada setiap pengunjung, misal dengan banyaknya meja kursi dan fasilitas Free Wifi. Kamu juga bisa menikmati kesejukan jejeran pepohonan hijau rindang saat sedang menikmati kuliner.

Alamat: Jalan Raya Griya Permata Alam, Ngijo, Karangploso, Malang
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

17. Warung Ronde Titoni

warung ronde titoni
Warung Ronde Titoni, Foto Oleh Malang Merdeka Com

Kalau mau menikmati segarnya ronde, datang saja ke Warung Ronde Titoni. Wedang ronde bisa jadi penghangat tubuh ketika cuaca dingin di Malang. Bukan hanya minuman, di sini pun menyediakan jajanan seperti gorengan atau cakwe.

Alamat: Jalan Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Malang
Jam Buka: 18.00 – 00.00 WIB
Harga: Sekitar Rp5.000

18. Warung Lama Haji Ridwan

warung lama haji ridwan
Warung Lama Haji Ridwan, Foto Oleh Malang Merdeka Com

Sejak tahun 1925, Warung Lama Haji Ridwan menjadi jujugan utama pendatang ketika berada di Malang. Setiap kulinernya bercita rasa tradisional yang tak pernah berubah baik dari penampilan sampai resepnya. Di sini kamu akan merasakan sensasi berbeda seperti zaman dulu, ditambah dengan furnitur dan beberapa hiasan lama yang menarik.

Salah satu menu andalannya yakni ayam panggang bumbu rujak. Selain itu, ada pula sate usus sapi, nasi rawon dan sate komoh yang menemani lezatnya ayam panggang. Tempatnya pun bersih dan nyaman, jadi kamu tak perlu ragu memilih duduk di manapun. Tertarik berkunjung ke tempat makan di Malang satu ini?

Alamat: Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Malang
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

19. Ikan Goreng Pangeran Muda

ikan goreng pangeran muda
Ikan Goreng Pangeran Muda, Foto Oleh Google Com

Ikan goreng seakan tak bisa lepas dari menu hidangan di tempat makan Malang, termasuk ketika sudah mengunjungi restoran Ikan Goreng Pangeran Muda. Disini menyediakan berbagai olahan ikan termasuk ikan goreng, ada pula sup ikan, ikan bakar dan beberapa menu lain.

Uniknya, restoran ini menyajikan makanan menggunakan nama tokoh pewayangan, seperti untuk menu ikan gurame dinamakan Arjuna Crispy, ikan patin goreng dijuluki Kurawa Gadis dan olahan udang dinamai Nakula Pangeran Muda. Tak hanya soal menunya yang menarik, interior ruangannya pun didesain senyaman mungkin dengan konsep pewayangan.

Alamat: Jalan Soekarno Hatta (Depan Universitas Politeknik Negeri Malang)
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000 – Rp60.000

20. Padi Resto Galeri

padi resto galeri
Padi Resto Galeri, Foto Oleh Kompas Com

Padi Resto Galeri menawarkan konsep galeri yang bisa menjadi pilihan kulineran bersama keluarga. Selain itu, di sini kamu akan menemukan beragam hidangan modern seperti beef monte carlo dan norwegian salmon. Bukan hanya itu, pengunjung pun dimanjakan dengan beragam hidangan nusantara yang lezat dan berbeda dari menu nusantara lain. Meski setiap makanannya tergolong mewah, resto ini tetap memasang harga terjangkau buat dompet anak muda. Jadi, tak perlu lagi ragu mampir ke Padi Resto Galeri ya sobat Kuliner Kota!

Alamat: Jalan Cerme No. 16, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Cukup membuat kamu bingung, bukan? Jangan terlalu lama berpikir ingin mendahulukan datang ke tempat makan enak mana terlebih dulu. Pilihlah yang paling dekat dengan penginapan dan jangan lupa pastikan dulu melalui Google Maps untuk jam bukannya, ya! Nikmati suasananya dan rasakan enaknya kulineran di Kota Malang yang pastinya bakal bikin kamu kangen dan ketagihan selalu, selamat kulineran!

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

One Reply to “20 Tempat Makan di Malang Hits dan Favorit Wisatawan!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *