1. Kuliner

16 Makanan Khas Jawa Timur Yang Terkenal Enak Bikin Nagih!

Jenuhnya rutinitas dan pekerjaan mengharuskan kita untuk rehat sejenak dan berlibur. Provinsi Jawa Timur dengan berbagai tujuan kota yang menyimpan ragam destinasi menarik maupun kuliner bercita rasa unik dan bikin nagih. Kamu bisa datang ke Kota Malang, Kediri, Surabaya dan berbagai pilihan kota lainnya untuk menikmati keindahan alam maupun ragam makanan khas Jawa Timur.

Untuk itu, bagi kamu yang sedang ingin bertandang ke Jawa Timur, Kuliner Kota punya rekomendasi 20 kuliner khas Jawa Timur yang bisa kamu cicipi. Tidak hanya punya cita rasa khas Jawa Timuran yang kaya rempah berbagai kuliner ini pastinya juga nikmat dan bikin nagih. Penasaran apa saja kuliner Jawa Timur tersebut? Yuk cek penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Bakso Malang

Bakso Malang
Bakso Malang, Foto Oleh Klik Hotel Com

Bagi kalian penyuka kuliner bakso, maka saat berada di Jawa Timur, Bakso Malang wajib kamu coba. Meskipun kamu bisa menjumpai Bakso Malang di berbagai kota di Indonesia, tapi akan kurang sah jika belum mencobanya dari kota dimana ia berasal. Satu porsi Bakso Malang berisikan bihun, tahu, bakso, gorengan dan tidak lupa siraman kuah hangat bercita rasa gurih.

Makanan khas Jawa Timur itu, akan terasa makin nikmat saat disantap pada cuaca dingin Kota Malang. Perpaduan cita rasa gurih dan nikmat akan lebih mengenyangkan jika kamu mengkonsumsinya bersama potongan lontong. Tidak cukup sampai disitu, Bakso Malang juga murah meriah lho. Jadi, sudah enak, murah meriah juga. Recomended banget untuk jadi pilihan kulineran saat berada di Malang.

Tempat: Bakso President
Alamat: Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang.
Harga: Rp30.000 – Rp50.000

2. Rawon

Rawon
Rawon, Foto Oleh I Ytimg Com

Tidak hanya bakso, yang jadi kuliner khas Jawa Timur yang populer di kalangan wisatawan, Rawon juga jadi alternatif olahan daging yang tak kalah nikmat. Rawon sendiri merupakan olahan daging sapi, yang dimasak dengan aneka macam bumbu serta disajikan bersama tauge, telur, asin dan kerupuk udang.

Makanan khas Jawa Timur ini juga sering disebut sebagai si hitam lezat. Warna hitam dari olahan rawon didapatkan dari proses memasaknya menggunakan tambahan kluwek. Kuliner Jawa Timur ini juga akan terasa makin nikmat saat disantap bersama seporsi nasi hangat serta tambahan mendol, maupun tempe saat berada di Kota Malang. Jadi, kalau berwisata di Malang selain bakso Malang, juga wajib coba kuliner Rawon ya sobat Kuliner Kota! 🙂

Tempat: Rawon Nguling
Alamat: Jalan Zainul Arifin Nomor 62, RT 01/RW 01 Kiduldalem, Klojen.
Harga: Mulai Rp40.000 

3. Pecel

Pecel
Pecel, Foto Oleh Indo Indians Com

Bagi kalian yang berada di area Jawa Timur pasti akan menemukan Pecel untuk menu sarapan. Pecel sendiri merupakan masakan khas Jawa Timur yang terbuat dari kacang tanah sangrai, cabai, kecur, bawang merah, cabai serta aneka macam bumbu lainnya. Pecel khas Jawa Timur akan disajikan bersama sayuran hijau, kecambah dan peyek. 

Bagi sobat Kuliner Kota yang ingin mencoba Pecel sebagai makanan saat berada di Jawa Timur maka akan menemukan dua varian bumbu pecel. Bumbu pecel khas Blitar terbuat dari kacang tanah dan bumbu pecel khas Kediri terbuat dari tempe yang sudah basi atau orang-orang menyebutkan dengan nama sambal tumpang. Jadi, jangan kaget ya saat menemukan pecel di daerah Blitar berbeda dengan Kediri!


Tempat: Nasi Pecel Tumpang Bu Eni (Kediri)
              Pecel Mbok Bari Blitar (Blitar)
Alamat: di depan jalan masuk Stasiun Kediri.
            Jalan Ir. Soekarno No. 189, Sentul, Kepanjen Kidul, Kota Blitar.

4. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Lontong Kupang, Foto Oleh Moondog Gies Music Com

Kuliner khas Jawa Timur selanjutnya ini merupakan makanan khas Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo, Lontong Kupang namanya. Lontong Kupang merupakan makanan yang terbuat dari kupang putih atau sejenis kerang laut berukuran kecil. Oleh karena itulah, Lontong Kupang menjadi makanan khas Jawa Timur yang mudah ditemukan di pesisir Jatim. 

Satu porsi Lontong Kupang berisikan irisan lontong, letho, kupang dan petis. Tidak lupa jeruk nipis dan tambahan bawang goreng agar lebih nikmat. Perpaduan cita rasa gurih dengan kuah pekat khas Lontong Kupang menjadikan sempurna sejak suapan pertama kamu menikmatinya. 

Tempat: Kupang Kraton Bu Ning
Alamat: Pasar Lama Kraton Nomor 3 Jalan Stasiun, Kraton, Karangketug, Gadingrejo, Pasuruan.
Harga: Rp10.000 – Rp15.000

5. Gethuk Pisang

Getuk Pisang
Gethuk Pisang, Foto Oleh Twitter Com

Bagi kamu pecinta olahan pisang wajib banget mencoba makanan khas Jawa Timur, Gethuk Pisang. Gethuk Pisang merupakan jajanan khas dari Kediri yang terbuat dari pisang raja nangka. Memiliki cita rasa khas perpaduan antara manis dan asam membuat makanan ini cocok disantap sebagai teman ngopi maupun ngeteh. Tidak hanya cita rasanya yang nikmat, Gethuk pisang juga tahan lama dan cocok dijadikan sebagai buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Jadi, tertarik mencicipinya ataupun membawanya sebagai oleh-oleh?

Tempat: Gethuk Pisang Rojo Nongko SHR
Alamat: Jalan Miri, RT02/RW04, Ngasem, Ngasem, Kediri.
Harga: Mulai Rp10.000

6. Sate Madura

Sate Madura
Sate Madura, Foto Oleh Rmah Mesin Com

Bagi kalian pecinta sate, maka saat berada di Jatim wajib banget mencoba Sate Madura. Sate Madura merupakan kuliner khas Jawa Timur yang berasal dari Madura. Seperti sate pada umumnya, Sate Madura terbuat dari daging ayam, kambing atau sapi. Bedanya proses pemanggangan Sate Madura khas Jawa Timur menggunakan batok kelapa. Jadi, dijamin cita rasanya nikmat dengan aroma khas yang bikin siapapun tergoda. Untuk mencicipi kuliner Jawa Timur satu ini, pastinya kamu bisa menjumpainya di seluruh kota area Jatim. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tempat: Suramadu Resto & Cafe
Alamat: Jalan Raya Cantian Tangkel Bangkalan, Genangkah, Burneh, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.
Harga: Mulai Rp15.000

7. Brem

Brem
Brem, Foto Oleh Api Om Yago Com

Bertandang di Jatim, akan semakin lengkap jika kamu mencoba Brem. Brem merupakan makanan khas Jawa Timur berbahan endapan ketan hitam yang mengalami proses fermentasi selama satu hari. Cita rasa brem yang manis dan menyisakan sensasi sejuk di mulut membuat makanan khas yang berasal dari Madiun ini selalu jadi incaran untuk dibawa pulang. Untuk mendapatkan Brem khas Madiun ini juga cukup mudah, kamu bisa menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Kota Jawa Timur.

Tempat: Toko Mirasa 1
Alamat: Jalan Panglima Sudirman Nomor 210, Pandean, Taman, Madiun.

8. Lontong Balap

Lontong Balap
Lontong Balap, Foto Oleh 4 Bp Blogspot Com

Berada di Jawa Timur khususnya Ibukota provinsi Surabaya, maka wajib banget mencoba Lontong Balap. Lontong Balap merupakan hidangan dengan isian, lontong, tahu, tauge, letho, bawang goreng, daun bawang serta siraman kuah segar. Memiliki perpaduan cita rasa gurih dan segar akan terasa makin nikmat saat disantap bersama sate kerang. Tidak hanya itu, Lontong Balap juga murah meriah lho sobat Kuliner Kota! Sudah murah, mengenyangkan lagi. Jadi cocok banget dijadikan menu makan siang saat berada di Jawa Timur.

Tempat: Lontong Balap Garuda Pak Gendut
Alamat: Jalan Embong Malang Nomor 38, Genteng, Surabaya..
Harga: Mulai Rp17.000

9. Sego Tempong

Sego Tempong
Sego Tempong, Foto Oleh Cdn Idn Times Com

Bergeser ke daerah Banyuwangi ada salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba, Sego Tempong. Sego Tempong atau Nasi Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi yang berisikan seporsi nasi hangat, sayuran rebus, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung serta sambal mentah yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, jeruk limau, cabe rawit dan aneka bumbu lainnya.

Perpaduan cita rasa khas dengan sambal pedas yang segar bakal bikin kamu tergoda untuk menyuapnya lagi dan lagi. Oleh karena itu, saat kamu bertandang ke Jatim wajib banget mampir ke Banyuwangi dan mencoba kelezatan kuliner khas satu ini.

Tempat: Sego Tempong Mbok Nah
Alamat: Jalan Kolonel Sugiono Nomor 16, Kertosari, Banyuwangi.
Harga: Mulai Rp15.000

10. Rujak Cingur

Rujak Cingur
Rujak Cingur, Foto Oleh Blog Airy Rooms Com

Bagi kamu pecinta olahan rujak, maka wajib banget mencoba Rujak Cingur saat berada di Jawa Timur. Rujak Cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari campuran buahan-buahan segar seperti, timun, bengkoang, nanas dan mangga. Tidak hanya aneka buah, Rujak Cingur juga sajikan bersama lontong, kangkung, potongan cingur (hidung sapi) serta siraman kuah bumbu kacang yang sudah dicampur petis.

Perpaduan rasa manis, segar dengan tekstur kenyal dari cingur sukses bikin siapapun ketagihan mencobanya berulang kali. Tidak hanya nikmat, pastinya juga mengenyangkan lho sobat Kuliner Kota! Jadi, cocok banget untuk dijadikan menu makan siang saat berada di Jatim. 

Tempat: Rujak Cingur Ahmad Jaiz
Alamat: Jalan Achmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya.
Harga: Rp45.000 – Rp60.000

11. Tahu Tek

Tahu Tek
Tahu Tek, Foto Oleh Img Qraved Co

Jika kalian pecinta tahu campur, maka wajib banget mencoba Tahu Tek saat berada di Jawa Timur. Tahu Tek merupakan makanan khas Jatim yang terdiri dari tahu, lontong, tauge, kentang serta ulekan bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Cita rasanya yang nikmat dan memiliki nama yang cukup unik membuat oalah Tahu Tek ini cocok jadi sajian makan malam saat berada di Surabaya. Sensasi rasa manis, gurih dan pastinya mengenyangkan serta murah meriah membuat Tahu Tek wajib banget kamu coba.

Tempat: Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen
Alamat: Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Kota Surabaya
Harga: Rp7.000 – Rp12.000

12. Nasi Krawu

Nasi Krawu
Nasi Krawu, Foto Oleh I Ytimg Com

Berada di area Jatim, maka Nasi Krawu wajib banget kamu coba. Nasi Krawu merupakan kuliner khas dari Kota Gresik. Dimana dalam satu porsi Nasi Krawu kamu akan mendapatkan nasi yang dibungkus daun pisang serta tambahan lauk semur daging, serundeng, jeroan sapi, sambal terasi dan suwiran daging sapi.

Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan membuat Nasi Krawu cocok dijadikan menu sarapan maupun makan siang. Perlu sobat Kuliner Kota tahu, krawu dalam bahasa Jawa artinya adalah campur. Jadi, kuliner khas Jawa Timur ini juga sering disebut nasi campur.

Tempat: Nasi Krawu Bu Tiban
Alamat: Kayoon St Nomor 33, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.

13. Ayam Lodho 

Ayam Lodho
Ayam Lodho, Foto Oleh Info Kuliner Com

Menginjakan kaki di area Jawa Timur khususnya di Tulungagung maka wajib banget coba Ayam Lodho. Ayam Lodho merupakan makanan khas Jawa Timur berbahan dasar ayam dengan dua pilihan kuah yaitu kuah encer dan kuah kental. Perpaduan cita rasa gurih yang khas dari bumbu Ayam Lodho membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya. 

Selain itu, Ayam Lodho juga tidak hanya terkenal di daerah Tulungagung lho sobat Kuliner Kota! Kamu juga bisa menjumpainya di salah satu tempat makan di Blitar. Jadi, mau ke Blitar ataupun Tulungagung, Jangan lupa icip-icip Ayam Lodho 🙂

Tempat: Warung Tewel Mbah Martumi (Blitar)
Alamat: Jalan Mastrip No. 05, Desa Ngoran, Nglegok, Rejosan, Kota Blitar 

14. Rujak Soto

Rujak Soto
Rujak Soto, Foto Oleh Tfa Manasek Com

Bagi kalian pecinta olahan soto dan rujak maka saat berada di Jatim kuliner ini bisa kamu nikmati dalam satu piring. Rujak Soto, salah satu makanan khas Jawa Timuran yang berasal dari Banyuwangi. Dimana kamu akan mendapatkan perpaduan cita rasa yang sempurna antara segarnya rujak dipadukan gurihnya kuah soto. Tidak hanya itu, Rujak Soto akan makin terasa lengkap dan mengenyangkan saat disantap bersama potongan lontong. Jadi, tertarik untuk mencoba Rujak Soto saat berada di area Jawa Timur?

Tempat: Pondok Rujak Soto.
Alamat: Jalan Basuki Rahmat Nomor 113, Singotrunan, Banyuwangi.

15. Pecel Lele

Pecel Lele
Pecel Lele, Foto Oleh Big Pocket 17 Com

Bagi kamu yang berada di area Jawa Timur dan ingin menikmati makanan pinggir jalan, maka pasti akan menemukan Pecel Lele. Pecel Lele atau sering disebut dengan pecak lele merupakan makanan khas Lamongan berbahan dasar ikan lele yang disajikan bersama sambal, lalapan dan nasi hangat. Cita rasanya yang nikmat dan pastinya murah meriah menjadikan kuliner ini bisa jadi pilihan menu kuliner malam di Jawa Timur.

16. Pecel Rawon

Pecel Rawon
Pecel Rawon, Foto Oleh Piknik Dong Com

Tidak hanya rujak soto yang bisa kamu nikmati dalam satu porsi di Jawa Timur, masih ada Pecel Rawon yang juga bisa dinikmati dalam satu piring. Pecel Rawon merupakan perpaduan antara sayuran lengkap, bumbu pecel yang dipadukan dengan kuah rawon serta potongan daging. Perpaduan cita rasa unik, gurih dengan tekstur daging yang empuk sukses bikin kamu ingin menyuap lagi dan lagi. Pecel Rawon juga merupakan makanan khas Banyuwangi, jadi recomended banget saat singgah di Banyuwangi sebelum ke Pulau Bali mencicipi makanan khas Jawa Timur satu ini.

Tempat: Rumah Makan Pecel Ayu .
Alamat: Jalan Adi Sucipto, Nomor 65, Banyuwangi.

Itu dia 16 makanan khas Jawa Timur yang terkenal enak dan wajib banget kamu coba. Masih ada banyak pilihan makanan khas dari kota-kota lain di Jawa Timur, mulai dari makanan ekstrim, berkuah, sampai dengan aneka jajanan bercita rasa manis, gurih dan bikin nagih. Untuk itu yuk berlibur di Jawa Timur dan cobain makanan khas Malang, makanan khas Blitar, makanan khas Kediri dan berbagai pilihan kuliner lainnya.

Baca Juga : 30 Makanan Khas Jawa Tengah Asli Paling Populer

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 16 Makanan Khas Jawa Timur Yang Terkenal Enak Bikin Nagih!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending