1. Resep

Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas untuk Sarapan Pagi

Menentukan menu masakan terkadang sulit untuk diputuskan. Masyarakat umumnya mengkonsumsi makan tiga kali sehari yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Untuk mengkonsumsi makan tidak jarang orang berganti-ganti menu. Hal tersebut tergantung kondisi dan mood masing-masing. 

Sarapan merupakan hal yang penting bagi sebagian orang. Sebab dipagi hari orang-orang membutuhkan asupan energi agar bisa melakukan kegiatan hingga tiba waktu makan siang nanti. Masyarakat Indonesia memilih nasi sebagai sumber energi di pagi hari namun ada kala nya orang – orang tersebut bingung lauk apa yang akan dimakan dengan nasi. 

Untuk mengatasi kebingungan tersebut Kuliner Kota akan memberikan resep menu sarapan pagi yang mudah, cepat serta bergizi yakni resep tumis tempe kacang panjang. Mari simak selengkapnya! 

Nikmatnya Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas untuk Sarapan

Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas Mudah (Sumber: @rindu_ummu_hamzah on Instagram)
Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas Mudah (Sumber: @rindu_ummu_hamzah on Instagram)

Tempe merupakan makanan hasil fermentasi yang berasal dari kedelai. Kedelai merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mengandung banyak protein di dalamnya. Selain itu, makanan ini juga sangat mudah didapatkan karena tersedia mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Harganya yang cenderung ekonomis menjadi nilai tambah untuk makanan ini. 

Untuk yang satu ini pasti sudah tidak asing didengar, salah satu jenis sayuran yang mudah ditemukan juga memiliki kandungan gizi yang banyak dan pastinya baik bagi tubuh. Jenis sayuran tersebut adalah kacang panjang. Sayuran ini mudah ditemukan dimana saja dan harga jualnya pun relatif murah. 

Apa yang terjadi apabila kedua makanan tersebut disatukan menjadi resep tumis tempe kacang panjang? 

Dipastikan akan menghasilkan rasa yang enak dan nikmat serta membuat lidah seperti dimanjakan. Ditambah dengan sensasi pedas yang terdapat pada menu masakan ini akan menambah nafsu makan dan membuat siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan. 

Kali ini Kuliner Kota akan membagikan salah satu resep menu masakan yang membuat orang tidak bisa menolak untuk memasaknya yaitu, resep tumis tempe kacang panjang. Perpaduan dua makanan yang banyak mengandung gizi cocok dijadikan salah satu menu pilihan untuk sarapan pagi. 

Resep tumis tempe kacang panjang selain cocok menjadi menu sarapan pagi juga cocok menjadi menu santapan makan siang. Bagi pecinta makanan pedas resep tumis tempe kacang panjang pedas memang khusus dihadirkan untuk kalian. Menyantap menu masakan yang satu ini akan membuat acara makan menjadi lebih istimewa. 

Kandungan Gizi & Kalori Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas

Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas Enak (Sumber: @fifinimartiyana on Instagram)
Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas Enak (Sumber: @fifinimartiyana on Instagram)

Sebelum membahas resep tumis tempe kacang panjang ada baiknya membahas kandungan gizi dan kalori yang terdapat dalam menu tersebut. Seperti yang sudah disebutkan kedua makanan yang dijadikan bahan utama membuat menu ini memiliki kandungan gizi yang banyak dan baik untuk tubuh. 

Namun proses memasak dari masakan ini adalah dengan menumis. Pada kegiatannya menumis membutuhkan beberapa bahan tambahan lain agar memiliki cita rasa yang enak serta menyatu dengan bahan utamanya. Oleh karena itu Kuliner Kota akan menjelaskan terkait kandungan gizi dan kalori yang terkandung dalam tumis tempe kacang panjang. 

Mengutip dari sumber fatsecret satu porsi resep tumis tempe kacang panjang memiliki berat sebesar kurang lebih 110 gram. Berikut kandungan gizi dan kalori yang terdapat dalam satu porsi: 

Energi 155 kkal 
Lemak 9,39 g 
Lemak Jenuh 1,354 g
Lemak tak Jenuh Ganda 3,074 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 3,929 g 
Kolesterol 0 mg
Protein 9,87 g 
Karbohidrat 10,62 g 
Serat 1,9 g 
Gula 0,95 g
Sodium325 mg
Kalium 341 mg 

Berdasarkan data kandungan gizi yang sudah disebutkan jumlah kalori yang terkandung dalam 1 porsi atau 110 gram resep tumis tempe kacang panjang adalah 155 kkal. Untuk rincian kalorinya adalah 51% lemak, 26% karbohidrat, dan 24% protein. 

Kalori yang terkandung dalam menu masakan ini tidaklah terlalu besar, agar gizi yang didapat lebih bervariasi bisa ditambah dengan menu makanan sehat lainya. Namun perlu diingat untuk membatasi porsinya agar manfaat resep tumis tempe kacang panjang pedas bisa lebih optimal. 

Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas

Resep tumis tempe kacang panjang pedas membutuhkan bahan-bahan yang sederhana. Bahan dapat ditemukan dimana saja dengan harga yang ekonomis. Berikut bahan-bahan utama yang perlu dipersiapkan sebelum memulai memasak:  

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Indonesia Difficulty:Moderate

Servings

20 minutes

Preparing Time

40 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

155 kcal

INGREDIENTS

  1. 200 gram kacang panjang 

  2. 100 gram tempe 

  3. 1 buah tomat

  4. 75 ml air

  5. Minyak goreng secukupnya

  6. 5 buah cabai merah besar (bahan bumbu tumis)

  7. 10 buah cabai rawit (bahan bumbu tumis)

  8. 5 siung bawang merah (bahan bumbu tumis)

  9. 4 siung bawang putih (bahan bumbu tumis)

  10. 2 lembar daun salam (bahan bumbu tumis)

  11. 1/2 ruas jahe (bahan bumbu tumis)

  12. 1 ruas lengkuas (bahan bumbu tumis)

  13. Gula jawa merah sisir secukupnya (bahan bumbu tumis)

  14. Penyedap rasa secukupnya  (bahan bumbu tumis)

  15. Garam secukupnya (bahan bumbu tumis)

  16. 1 sdm kecap manis (bahan bumbu tumis)

DIRECTION

  1. Cuci kacang panjang sampai bersih, potong kacang panjang kurang lebih ukuran 2 – 3 cm  (membuat bumbu tumis)

  2. Lengkuas yang sudah disiapkan, diiris tipis (membuat bumbu tumis)

  3. Geprek jahe kemudian iris tipis cabai rawit (membuat bumbu tumis)

  4. Cabai merah besar, bawang merah dan bawang putih di haluskan (membuat bumbu tumis)

  5. Tempe yang sudah disiapkan, dipotong kotak – kotak (mengolah tempe)

  6. Siapkan wajan, masukan minyak goreng secukupnya tunggu hingga panas (mengolah tempe)

  7. Saat wajan sudah panas, masukan tempe yang sudah dipotong lalu goreng hingga matang dan berubah warna. Kemudian tiriskan (mengolah tempe)

  8. Siapkan minyak goreng kurang lebih 3 sendok makan tunggu sampai panas. Jika sudah panas, masukan bumbu yang sudah dihaluskan seperti lengkuas, cabai rawit, daun salam dan jahe. Tumis bumbu secara merata hingga tercium aroma harum. (membuat tumis tempe kacang panjang pedas)

  9. Jika sudah tercium aromanya, masukan tempe yang sudah digoreng aduk hingga merata dan menyatu dengan bumbu. (membuat tumis tempe kacang panjang pedas)

  10. Kemudian, tambahkan kacang panjang yang sudah dipotong aduk merata hingga kacang panjang layu. (membuat tumis tempe kacang panjang pedas)

  11. Tambahkan air sesuai takaran yang ditentukan, lalu tambahkan gula merah, garam, penyedap rasa dan kecap manis. Aduk hingga larut dan menyatu. (membuat tumis tempe kacang panjang pedas)

  12. Terakhir, masukan tomat yang sudah dipotong. Masak hingga semua bahan dan bumbu meresap. Jika sudah meresap dan matang, angkat dan sajikan. (membuat tumis tempe kacang panjang pedas)<br>

NOTES

Tumis tempe kacang panjang pedas sudah siap. Masakan ini akan lebih nikmat disantap dalam keadaan panas disertai dengan nasi putih yang hangat. 

Baca Juga: Resep Tempe Mendol Pedas Malang, Cocok Disantap Pakai Nasi 

Demikian resep tumis tempe kacang panjang pedas yang Kuliner Kota sudah rangkum. Semoga bisa menjadi menu masakan pilihan untuk kalian. Baca terus resep menarik lainnya ya! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas untuk Sarapan Pagi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]