1. Resep

Resep Orek Tempe Basah Pedas Manis, Cocok untuk Makan Siang

Menyiapkan makanan sehat dan bergizi merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Kebutuhan gizi yang baik dan seimbang dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kestabilan tubuh. Tubuh manusia memerlukan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Jika salah satunya tidak terpenuhi dengan baik maka tubuh akan kekurangan nutrisinya. 

Salah satu kebutuhan nutrisi yang sering mengalami kekurangan adalah protein. Banyak sekali orang tidak memperhatikan nutrisi tersebut dalam mengkonsumsi makanannya sehari-hari. Orang beranggapan untuk memenuhi kebutuhan protein harus memiliki modal yang besar karena makanan yang mengandung hal tersebut umumnya memiliki harga yang cukup mahal. 

Namun banyak dari mereka tidak menyadari bahwa terdapat makanan sederhana dan bermodal sedikit yang memiliki kandungan protein baik bagi kesehatan. Makanan tersebut adalah tempe. Tempe banyak dikreasikan guna memperkaya rasa yang dimilikinya. Salah satu kreasi yang sering ditemukan adalah orek tempe. 

Pada kesempatan kali ini Kuliner Kota akan memberi tahu resep orek tempe yang pastinya disukai oleh masyarakat, khususnya Indonesia. Mari simak resep tersebut dengan membaca artikel ini sampai habis ya! 

Orek Tempe, Masakan Sederhana Cocok untuk Makan Siang

Orek Tempe khas Nusantara (sumber: Kompas)
Orek Tempe khas Nusantara (sumber: Kompas)

Tempe merupakan salah satu makanan populer kebanggaan Indonesia. Makanan ini dapat diolah dan dikreasikan menjadi berbagai macam sajian hidangan seperti, tempe goreng, tempe bacem, tumisan, orek tempe dan masih banyak menu kreasi lainnya. 

Resep tempe orek cukup sering menjadi pilihan masyarakat sebagai menu masakan rumahan sehari-hari. Baik untuk menu makan pagi maupun makan malam. Menu yang satu ini sangat nikmat dimakan dengan menu lokal lainnya. 

Menu lokal yang sering menghadirkan resep tempe orek di tengah-tengah hidangannya diantaranya, nasi uduk yang umumnya disantap saat sarapan pagi. Kemudian menu nasi rames saat makan siang di kantor hingga saat makan malam menu ini tidak luput dihidangkan untuk menemani menu makanan yang lainnya. 

Kreasi resep orek tempe yang akan Kuliner Kota bahas dan berikan pada pembaca semua adalah resep orek tempe basah. Rasa manis dan gurihnya menu lokal yang satu ini sangat menyatu dan akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Ditambah dengan menu lain seperti ayam, ikan, telur dan tidak ketinggalan nasi hangat dapat dipastikan nafsu makan akan bertambah. 

Bumbu yang digunakan untuk membuat resep orek tempe pedas manis relatif mudah didapatkan. Mulai dari pasar tradisional hingga supermarket besar menyediakan bahan utama dari menu lokal ini yang mana adalah tempe. Harga bahan makanan ini pun relatif terjangkau oleh masyarakat karena harganya yang ekonomis. 

Kandungan Gizi dan Kalori pada Orek Tempe

Orek Tempe Enak dan Sederhana (Sumber: Piknik Dong)
Orek Tempe Enak dan Sederhana (Sumber: Piknik Dong)

Tempe adalah salah satu makanan yang berasal dari hasil fermentasi kedelai yang menggunakan jamur Rhizopus oligosporus. Banyak orang yang tidak sadar dan mengetahui bahwa tempe jauh lebih sehat dibandingkan tahu. 

Kedua makanan tersebut sama-sama hasil fermentasi kedelai, namun tempe jauh lebih sehat dibandingkan tahu. Sebab tempe terbuat dari kedelai utuh yang membuat kandungan gizi dari kedelai tersebut tetap sama. Seperti yang diketahui bentuk dari tempe seperti gabungan dari biji biji an yang dipadatkan, biji-biji tersebut merupakan kedelai utuh. 

Namun apakah tempe yang sudah dikreasikan menjadi orek tempe masih memiliki kandungan gizi yang sama? 

Pertanyaan seperti ini sering menjadi pertanyaan khususnya bagi orang-orang yang memiliki kekhawatiran akan berat badannya. Orang yang sedang menjalani program mengatur pola makan baik itu untuk menurunkan berat badan atau menaikan massa otot sering menggunakan tempe sebagai sumber proteinnya. Oleh karena itu Kuliner Kota akan menjelaskan terkait kandungan gizi dan kalori yang terkandung dalam orek tempe. 

Mengutip dari fatsecret kandungan gizi dan kalori yang terkandung di dalam 100 gram resep orek tempe adalah sebagai berikut: 

Energi 175 kkal 
Lemak 8,2 g 
Lemak Jenuh 1,559 g
Lemak tak Jenuh Ganda2,857 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 2,548 g 
Kolesterol 0 mg
Protein 13,11 g
Karbohidrat 15,6 g
Serat 0,5 g
Gula5,13 g
Sodium209 mg
Kalium 380 mg

Berdasarkan data diatas diketahui bahwa dalam 100 gram orek tempe memiliki kalori kurang lebih 175 gram. Rincian yang terkandung dalam kalori tersebut antara lain, 39% lemak, 33% karbohidrat dan 28% protein. 

Kalori yang terkandung dalam resep orek tempe tidak lebih banyak dibandingkan dengan tempe goreng. Manfaat dan kandungan nutrisi yang terkandung dalam menu ini masih dapat diperoleh dengan baik dan optimal. 

Resep orek tempe basah dapat dimasak dengan cara yang lebih sehat. Hal ini dapat dimulai dengan pemilihan minyak goreng yang tepat yang ternyata sangat berpengaruh sebagai awalan rencana hidup sehat. Apabila ditambahkan dengan menu – menu lain yang gizinya seimbang bisa memberikan nilai tambah. 

Resep Orek Tempe Basah Pedas Manis

Resep orek tempe basah yang akan Kuliner kota berikan adalah resep orek tempe pedas manis. Resep yang berasal dari tanah Jawa ini merupakan olahan tempe yang dipotong kecil-kecil umumnya berbentuk kotak seperti dadu. 

Resep tempe pedas yang dimasak menggunakan gula serta kecap memberikan sensasi rasa pedas manis yang gurih serta cocok di lidah kebanyakan orang Indonesia. Berikut bahan – bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat menu ini: 

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Indonesia Difficulty:Moderate

Servings

20 minutes

Cooking Time

40 minutes

Calories

175 kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gram tempe, dipotong dadu 2 cm lalu goreng hingga setengah matang

  2. 3 siung bawang putih, diiris halus

  3. 3 sendok makan Bango Kecap Manis Pedas

  4. 2 lembar daun salam

  5. 2 cm lengkuas

  6. 2 sendok teh royco kaldu ayam

  7. ½ sendok teh gula pasir

  8. ½ sendok teh garam

  9. 200 ml air

  10. 3 sendok makan minyak, untuk menumis

DIRECTION

  1. Panaskan wajan dan minyak, masukan bawang putih lalu tumis hingga harum

  2. Tambahkan lengkuas dan daun salam, tumis semuanya

  3. Masukan tempe, royco kaldu ayam dan bango kecap manis pedas dan air lalu aduk rata

  4. Masak hingga bumbu meresap pada tempe dan air mengering

  5. Angkat orek tempe, lalu sajikan

NOTES

    Resep orek tempe akan lebih nikmat bila disajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya sebagai pelengkap.

Baca juga: 4 Resep Tahu Enak dan Gurih, Ada Resep yang Kekinian!

Demikian resep orek tempe pedas manis yang Kuliner Kota sudah rangkum. Semoga dapat menjadi menu pilihan bagi pembaca semua.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Orek Tempe Basah Pedas Manis, Cocok untuk Makan Siang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending