1. Resep

Resep Keripik Tempe Sederhana untuk Camilan dan Ide Jualan

Kegiatan yang satu ini merupakan yang tidak bisa dihindari oleh hampir semua orang. Saat sedang bersantai, mengobrol, menonton film, mendengarkan lagu hingga sedang di tengah-tengah pekerjaan pun orang pasti melakukan ini. 

Benar sekali! kegiatan tersebut dinamakan ngemil. Orang membeli banyak jenis camilan baik itu yang asin maupun manis untuk dikonsumsi disaat sedang santai. Selain itu, camilan juga kerap menjadi suguhan tamu sebagai teman dari minuman yang diberikan. 

Berbicara tentang camilan, ada satu jenis cemilan yang kalian bisa buat sendiri loh! tidak perlu pergi ke supermarket atau tempat oleh-oleh karena bisa dibuat dirumah. Camilan sederhana nan renyah ini adalah keripik tempe. Mau tau apa resep keripik tempe ini? Simak artikel ini ya! 

Keripik Tempe, Sajian Lezat Cocok untuk Camilan

Keripik Tempe Renyah (Sumber: @siti.khadijah15 on Instagram)
Keripik Tempe Renyah (Sumber: @siti.khadijah15 on Instagram)

Tempe sering dijadikan hidangan untuk dimakan saat menyantap makanan berat. Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini sering dikreasikan menjadi orek tempe, tumis tempe, tempe bacem dan juga tempe goreng. 

Tempe goreng adalah kreasi tempe yang paling sering ditemukan baik yang biasa maupun yang sudah dilumuri tepung. Keduanya memiliki citarasa masing-masing yang rasanya sangat cocok untuk dimakan langsung maupun dengan nasi hangat. Selain menjadi lauk untuk makanan berat, ternyata tempe juga bisa dijadikan camilan. 

Camilan dari tempe ini sering dijumpai di toko oleh-oleh sebagai buah tangan karena sudah mengunjungi suatu daerah. Keripik tempe merupakan camilan renyah dan gurih yang banyak digemari masyarakat. Teksturnya yang kering didukung dengan kemasan yang menarik menjadikan keripik ini cukup populer. 

Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa keripik tempe bisa dibuat sendiri. Resep keripik tempe umumnya menggunakan bahan-bahan yang sederhana yang bisa didapatkan dimana saja. 

Pada kesempatan kali ini Kuliner Kota akan memberikan resep keripik tempe renyah yang bisa kalian buat dirumah. Resep keripik tempe untuk usaha rumahan juga bisa loh! selain menjadi konsumsi sendiri bisa juga jadi ladang rezeki.  

Kandungan Gizi dan Kalori Keripik Tempe

Keripik Tempe Gurih (Sumber: @neng_kriugg on Instagram)
Keripik Tempe Gurih (Sumber: @neng_kriugg on Instagram)

Membuat suatu makanan baik itu makanan ringan ataupun berat perlu diperhatikan juga apa yang terkandung didalamnya. Hal ini agar tidak terjadi konsumsi yang berlebihan. Mengkonsumsi sesuatu yang berlebih tidaklah bagus bagi tubuh karena bisa saja makanan yang kita konsumsi berlebihan tersebut menimbulkan masalah. 

Mengkonsumsi makanan ringan misalnya, di awal sudah disinggung jika ngemil adalah suatu kegiatan yang hampir semua orang tidak dapat hindari. Banyaknya pilihan makanan ringan dengan berbagai rasa selalu mampu membuat orang tergoda untuk mencobanya. 

Resep keripik tempe mempunyai bahan dasar lain dalam pembuatannya. Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat keripik tempe menjadi lebih kaya akan rasa dan menyatu dengan lidah masyarakat yang mengkonsumsinya. Untuk itu, Kuliner Kota akan memberikan penjelasan terkait kandungan gizi dan kalori yang terdapat dalam keripik tempe. 

Menurut sumber kandungan gizi dan kalori yang terkandung di dalam 100 gram dalam keripik tempe adalah sebagai berikut: 

Energi 534 kkal 
Lemak 31,92 g
Lemak Jenuh 7,245 g
Lemak tak Jenuh Ganda 14,048 g 
Lemak tak Jenuh Tunggal 7,77 g
Kolesterol 0 mg
Protein 5,15 g
Karbohidrat 58,41 g
Serat 5,3 g
Gula3,12 g
Sodium 294 mg
Kalium861 mg 

Dari data yang sudah disebutkan bahwa kalori 100 gram keripik tempe sebesar 534 kkal. Untuk rincian kalorinya adalah 53% lemak, 43% karbohidrat dan 4% protein. 

Resep keripik tempe renyah ini menjadi favorit bagi semua orang. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Untuk yang sedang menjalani program mengatur pola makan khususnya penurunan berat badan perlu diperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan. 

Perlu diingat terdapat banyak jenis keripik tempe yang beredar dipasaran. Kandungan gizi dan kalori yang dimiliki keripik – keripik tempe tersebut kemungkinan bisa berbeda. Untuk mengetahui hal tersebut bisa dilihat pada label kandungan gizi di masing-masing kemasan. 

Resep Keripik Tempe Sederhana dan Renyah

Resep keripik tempe ini bisa diikuti dan dibuat sendiri dirumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tergolong sederhana. Selain itu, ikuti juga tipsnya agar resep keripik renyah ini kriuknya bisa bertahan lama. Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat keripik tempe antara lain:  

Recipe By Kuliner Kota
Course: Snack Cusine:Indonesia Difficulty:Easy

Servings

30 minutes

Preparing Time

15 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

534 kcal

INGREDIENTS

  1. Tempe ukuran besar 500 gram, 2 papan 

  2. Tepung beras, 80 gram 

  3. Tepung tapioka, 20 gram

  4. Air, 200 ml

  5. Daun jeruk diiris halus, 2 lembar 

  6. Bawang putih, 2 siung (bumbu halus)

  7. Kemiri, 2 butir (bumbu halus)

  8. Daun jeruk, 3 lembar (bumbu halus)

  9. 1 sendok teh garam (bumbu halus)

  10. ½ sendok makan ketumbar bubuk (bumbu halus)

DIRECTION

  1. Potong tempe menjadi 2 bagian, iris tipis-tipis tempe membentuk persegi panjang lalu sisihkan.

  2. Siapkan mangkuk untuk membuat bahan tepung pelapisnya

  3. Masukan tepung beras, tepung tapioka dan air. airnya dituang sedikit lalu aduk sampai licin jangan sampai menggumpal dan adonan tepung mengental. 

  4. Masukan lagi air sisa tadi agar adonan menjadi encer, untuk keripik tempe ini adonan pelapis diusahakan tidak kental

  5. Tambahkan bumbu halus dan potongan daun jeruk kedalam adonan, kemudian campurkan dan aduk rata 

  6. Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng keripik

  7. Setelah panas, ambil potongan tempe 1 per 1 lalu celupkan pada adonan menggunakan tangan agar tepung tidak menggumpal.

  8. Goreng kedalam minyak panas hingga seluruh permukaan terendam

  9. Goreng hingga berwarna keemasan dan jangan lupa dibalik agar tidak gosong.

  10. setelah kering, angkat dan tiriskan. 

  11. Masukan keripik yang sudah ditiriskan ke dalam oven dengan suhu 100°C selama 20 menit agar keripik bisa tetap renyah. 

  12. setelah keripik jadi, simpan di dalam toples yang kedap udara agar tetap renyah dan tahan lama. 

NOTES

Tips agar resep keripik tempe untuk usaha rumahan berhasil saat dicoba: 

  • Pilihlah tempe papan yang padat supaya tidak mudah hancur.
  • Untuk mendapatkan irisan tempe yang tipis, memotong menggunakan pisau yang tajam.
  • Sehabis di oven, tunggu sampai dingin kemudian simpan di toples yang rapat untuk menjaga tekstur tetap renyah dan kriuk. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Basreng Bandung Praktis, Rasanya Bikin Nagih!

Demikian resep keripik tempe yang Kuliner Kota berikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi ide usaha juga. Baca terus artikel menarik lainnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Keripik Tempe Sederhana untuk Camilan dan Ide Jualan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]