1. Oleh-Oleh Khas

7 Oleh-oleh Khas Bogor yang Terkenal Enak Incaran Wisatawan

Berkunjung ke luar kota tidak lengkap rasanya kalau tidak membawa pulang oleh-oleh khas dari kota tersebut. Bagi anda yang sedang berwisata di kawasan kota Bogor, ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa anda bawa pulang. Selain terkenal dengan souvenir khas seperti kaos unchal, batik tulis, dan wayang goleknya, berbagai kuliner Bogor juga menjadi oleh-oleh yang paling dicari oleh para wisatawan.

Dari sekian banyak makanan yang lezat dan khas di Bogor, beberapa makanan berikut terpilih menjadi kuliner Bogor yang paling cocok dilihat dari segi keawetan makanan, bentuk, rasa, dan kepopuleran untuk dijadikan oleh-oleh. Mau tahu apa saja? Check this out!

1. Asinan Bogor

Daftar Isi

Kuliner khas Bogor satu ini juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke kampung halaman. Kuah asinan yang segar akan membuat orang yang menikmatinya ingin lagi dan lagi. Perpaduan berbagai buah tropis, kuah asinan, dan kerupuk mie sangat sempurna untuk dibagikan dengan kerabat dan keluarga di rumah.

Asinan Bogor
Asinan Bogor, Foto oleh Cookin Id

Salah satu tempat terbaik untuk membeli Asinan Bogor adalah Asinan Sedang Gedung Dalam di Jalan Siliwangi, Sukasari, Bogor. Ada 3 macam asinan yang bisa kamu pilih disini, yaitu buah, sayuran, dan campuran. Oleh-oleh Asinan Bogor akan bertahan dari 2 hingga 5 hari dalam kondisi terpisah antara isian, kuah, dan kerupuk mie. Dari tampilannya saja sudah bikin ngiler! Sekali merasakan lezatnya Asinan Bogor, kamu pasti akan merindukan segarnya makanan khas Bogor satu ini.

2. Roti Unyil

Siapa yang tidak tahu oleh-oleh khas satu ini. Roti Unyil Bogor, roti dengan ukuran kecil dibandingkan dengan roti pada umumnya. Meskipun ukurannya kecil, rasa roti yang ditawarkan tidak kalah nikmat dengan isian dan topping sebagai pelengkapnya. Roti Unyil memiliki berbagai macam varian isian seiring berkembangnya zaman dan selera masyarakat .

Roti Unyil Bogor
Roti Unyil Bogor, Foto oleh Bukalapak

Roti Unyil yang paling terkenal di Kota Bogor adalah Roti Unyil Venus. Toko kue satu ini sudah melegenda loh! Harga yang ditawarkan juga cukup murah yaitu Rp1.600 untuk satu potong roti. Jangan khawatir, Roti Unyil dapat bertahan 3 hari di suhu ruangan dan 7 hari di dalam kulkas. So, bagi kamu yang akan melakukan perjalanan jauh, Roti Unyil menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Makaroni Panggang

Setelah Roti Unyil, oleh-oleh selanjutnya adalah makanan gurih Makaroni Panggang. MP atau Makaroni Panggang Bogor merupakan kuliner pasta yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia tentunya. Banyak wisatawan yang mengagendakan untuk membeli Makaroni Panggang sebelum kembali ke kota asal.

Makaroni Panggang Bogor, Foto oleh Traveling Yuk Com

Apa yang membedakan Makaroni Panggang Bogor dengan makanan yang lain?

Cita rasa yang ditawarkan oleh MP Bogor sangatlah nikmat. Sudah banyak orang yang membuktikannya. Salah satu kios yang sudah terkenal dengan Makaroni Panggangnya yaitu MP Bogor di Jalan Salak No 24, Bogor Tengah. Makaroni Panggang Bogor tersedia dalam beberapa ukuran kecil, sedang, dan besar. Kisaran harga yang ditawarkan cukup terbayarkan dengan nikmatnya makanan satu ini, yaitu mulai Rp35.000 sampai Rp210.000. Kalau berkunjung ke Bogor, wajib banget bawa pulang makanan satu ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

4. Lapis Talas Bogor 

Oleh-oleh satu ini punya kelembutan yang bikin nagih. Lapis Talas Bogor,  jajanan kue yang berbahan dasar ubi talas yang memiliki rasa manis yang khas. Cita rasa tradisional diolah dan dikombinasikan dengan berbagai macam varian rasa modern seperti keju, coklat, susu, dan kopi menjadi perpaduan yang pas dan sempurna untuk sebuah makanan penutup.

Lapis Talas Bogor
Lapis Talas Bogor, Foto oleh Marketeers Com

Dari sekian banyak penjual lapis talas yang ada di kota Bogor, Lapis Talas Bogor Sangkuriang menjadi salah satu tempat oleh-oleh khas kota Bogor yang paling sering dikunjungi. Dengan harga 30 ribu saja, kamu sudah bisa membawa pulang satu kotak Lapis Talas Bogor yang manis dan legitnya nggak kelewatan. Dijamin satu kotak Lapis Talas Bogor saja tidak cukup untuk kamu jadikan oleh-oleh.

5. Peuyeum

Nggak afdol rasanya jika berkunjung ke Bogor tidak membawa oleh-oleh Peuyeum. Berdasarkan rekomendasi dari warga lokal, Peuyeum daerah Puncak Bogor menjadi makanan wajib dan paling sering dibeli oleh pengunjung. Peuyeum terbuat dari singkong dan difermentasikan sehingga rasa manis yang khas akan tercipta.

peuyeum khas bogor
Peuyeum Bogor, Foto oleh Utingunying Blogspot Com

Peuyeum berbeda dengan tape singkong. Perbedaan yang paling terlihat adalah dari tekstur dan peragian. Peragian Peuyeum menggunakan ragi dua kali lebih banyak dari tape singkong. Selain itu, tekstur Peuyeum lebih keras dari tape singkong, sampai-sampai banyak pedagang yang menjajakan Peuyeum dengan cara digantung. Karena tekstur yang lebih padat dan kering, Peuyeum memiliki daya tahan lebih lama jika dibandingkan dengan tape singkong.

Apakah kamu sudah pernah merasakan rasa unik dari makanan khas Jawa Barat satu ini?

6. Kacang Bogor

Tanaman kacang yang khas di Bogor ini memiliki bentuk dan ukuran yang lebih besar dari kacang tanah biasa. Rasa gurih dan sedikit manis membuat Kacang Bogor sering dicari banyak orang untuk oleh-oleh. Ada banyak cara untuk menikmati Kacang Bogor, seperti direbus dan digoreng.

Kacang khas bogor
Kacang Bogor, Foto oleh Traveloka Com

Jika kamu menginginkan kacang yang crunchy dan renyah, Kacang Bogor goreng adalah cara terbaik untuk kamu. Tetapi, apabila kamu ingin ngemil yang lebih sehat, kamu bisa memilih Kacang Bogor rebus. Cemilan khas Bogor satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman.

7. Ubi Bakar 

Udara dingin Kota Bogor membuat selera makan kamu akan meningkat. Jika kamu menginginkan makanan yang pas untuk mengganjal perut saat udara dingin menyerang, Ubi Bakar menjadi opsi yang dapat kamu pilih. Manis gula alami dari ubi akan membuat rasa lapar kamu berkurang.

Ubi Bakar khas bogor
Ubi Bakar Bogor, Foto oleh Food Detik Com

Proses bakar akan membuat ubi menjadi lebih lembut dan lebih lezat dengan aroma smokey. Legitnya Ubi Bakar cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh dan bekal makanan di perjalanan saat kembali ke kota asal.

Kota Bogor memang identik dengan berbagai macam pilihan oleh-oleh khas yang tersedia. Saat memilih oleh-oleh, ada baiknya memperhitungkan waktu durasi perjalanan kembali ke rumah. Hal ini sangat berpengaruh pada ketahanan makanan untuk tetap berada dalam kondisi baik dan layak untuk dimakan (tidak basi).

Semoga artikel di atas dapat membantu kamu dalam mencari referensi makanan oleh-oleh khas di Kota Bogor. Selamat berwisata dan selamat berbelanja!

Baca Juga : Rekomendasi Kuliner Malam Bogor Paling Maknyus

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Oleh-oleh Khas Bogor yang Terkenal Enak Incaran Wisatawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending