1. Kuliner Malam

9 Kuliner Malam Semarang yang Enak,Laris dan Populer

Pergi ke Semarang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas yang kaya akan rasa termasuk wisata kuliner malam Semarang yang wajib banget untuk kamu coba. Banyak kedai makanan enak di Kota Semarang yang justru hanya buka pada jam pulang kantor. Bagi kamu yang sedang mencari referensi tempat makan malam yang enak di Semarang, artikel kali ini cocok untuk kamu! Berikut 9 tempat makan malam di Semarang yang pasti bikin ngiler dan tidak akan mengecewakanmu:

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Malam hari memang waktu nikmat untuk makan nasi goreng. Kota Semarang punya kuliner yang mampu membuat hati para pecinta nasi goreng merasa senang. Nasi Goreng Babat dari Pak Karmin namanya, kedai nasi goreng yang sudah terkenal ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Menu nasi goreng babatnya yang gurih, manis, dan pedas, telah mengambil hati para pembeli untuk datang kembali. Babat empuk yang direbus selama 8 jam, baru akan digoreng ketika ada yang memesan, sehingga rasa babatnya pun akan terasa manis dan tetap lembut. Bumbu yang digunakan pun merupakan perpaduan dari banyak rempah sehingga babat tidak berbau amis.

Nasi Goreng Babat Pak Kamir Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Kamir Semarang, Foto oleh Kumparan Com

Satu porsi Nasi Goreng Babat disajikan dengan lauk telur dadar yang besar. Untuk memberikan rasa segar pada menu ini, acar timun bisa kamu tambahkan ke nasi goreng supaya rasanya semakin mantap. 

Pak Karmin membuka kedai Nasi Goreng Babatnya mulai pukul 11.00 – 22.30.  Siap-siap antri ya, karena kedai Pak Karmin tak pernah sepi pelanggan! Nikmatnya sepiring Nasi Goreng Babat yang hangat siap melengkapi wisata kuliner malam di Semarang kamu.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Alamat Jalan Pemuda, Dadapsari, Semarang Utara
Waktu Buka Senin-Minggu, 11.00-22.30 WIB
Harga Rp40.000

2. Pasar Semawis

Wisata kuliner malam Semarang satu ini sudah cukup terkenal di berbagai kalangan, mulai dari warga lokal, wisatawan, food vlogger, hingga youtuber pun telah banyak yang mencicipinya. Pasar Semawis namanya, pasar malam di Semarang ini menyediakan begitu banyak menu makanan. 

Kalau kamu ingin mengunjungi Pasar Semawis, pastikan kamu datang di saat weekend ya! Karena Pasar Semawis hanya buka pada hari Jumat sampai Minggu saja. Pada awal diadakannya, tahun 2004, festival pasar malam ini hanya tersedia pada hari raya Imlek saja. Sampai akhirnya, pada tahun 2005, Pasar Semawis buka setiap malam di tiap akhir pekan. 

Pasar Serawis Semarang
Pasar Semawis Semarang, Foto oleh Travel Tribunnews Com

Sepanjang jalan tersedia berbagai stand makanan yang menjual makanan khas Semarang, mulai dari cemilan hingga aneka jenis sajian makanan berat. Tak hanya makanan khas, di Pasar Semawis juga tersedia minuman segar, seafood bakar, makanan asal negeri Korea, serta makanan lezat lainnya. Jika kamu berencana untuk berkunjung dan berwisata kuliner di Pasar Semawis, pastikan perut kamu dalam keadaan kosong ya, sehingga kamu bisa mencicipi berbagai makanan yang ada disini!

Lezatnya makanan, segarnya es rainbow, dan hangatnya kearifan masyarakat lokal siap menghiasi malammu di Kota Semarang yang akan semakin berkesan dengan berkunjung ke Pasar Semawis

Pasar Semawis

Alamat Gang Warung, Kauman, Semarang Tengah
Waktu Buka Jumat-Minggu, 18.00-23.00 WIB

3. Angkringan Blendoek

Tempat kuliner malam Semarang yang satu ini selalu ramai pengunjung. Mulai dari anak muda yang datang untuk nongkrong, hingga keluarga besar yang ingin menghabiskan waktu dengan makan malam bersama. Di Angkringan Blendoek, kamu bisa menikmati syahdunya malam di Kota Semarang, sembari menikmati kelezatan nasi kucing dan mendengarkan live music. 

Angkringan Blendoek menyediakan berbagai jenis makanan yang bisa kamu pilih. Nasi bungkus, gorengan, sate dan kue yang tersedia disini bisa bikin kamu lapar mata karena banyaknya macam makanan yang siap menggugah selera makanmu loh! Harga yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau, satu porsi aneka nasi bungkus disini dibanderol hanya Rp2.500 saja. Sedangkan untuk gorengannya dimulai harga  hanya Rp1.500 dan Rp2.500 untuk lauk sate. 

Angkringan Blendoek Semarang
Angkringan Blendoek Semarang, Foto oleh Busy Org

Tempat yang nyaman dengan makanan yang dijamin enak tapi murah-meriah! Cocok sekali untuk wisatawan ingin menekan budget saat berwisata kuliner di Semarang. Tertarik untuk mampir?

Angkringan Blendoek

Alamat Jalan Gajahmada No.130, Gabahan, Semarang Tengah
Waktu Buka Hari & Jam Buka: Senin-Minggu, 17.30-23.00 WIB
Harga Nasi Bungkus        Rp2.500
Gorengan              Rp1.500
Sate                        Rp2.500

4. Warung Makan Mbak Tum

Bosan dengan kuliner malam Semarang dengan menu lalapan? Cobalah untuk mampir ke Warung Makan Mbak Tum yang ada di daerah Peterongan. Buka mulai pukul 17.00, warung ini selalu ramai dikunjungi warga lokal hingga wisatawan yang ingin mencari menu makan malam yang unik. Menu yang terkenal disini adalah Sego Koyor atau Nasi Koyor.

Koyor adalah sebutan untuk otot, lemak, atau gajih sapi yang dimasak dengan bumbu dan rempah. Makanan berkuah dengan kelembutan koyor ini cocok menjadi teman malam di Kota Semarang. Kecap khusus yang digunakan, mampu memberikan kenikmatan yang khas, sehingga menghasilkan perpaduan asin, manis, dan gurih yang sempurna.

Warung Makan Mbak Tum Semarang
Warung Makan Mbak Tum Semarang, Foto oleh Tripadvisor Co Id

Seporsi Nasi Koyor dilengkapi dengan Gudeg Semarang yang cenderung asin. Makanan yang sempurna untuk menutup hari; kenikmatan Koyor dan Gudeg dari Warung Makan Mbak Tum.

Warung Makan Mbak Tum

Alamat Jalan MT Haryono No.713, Peterongan, Semarang Tengah
Waktu Buka Hari & Jam Buka: Senin-Minggu, 17.00-05.00 WIB
Harga Rp15.000-Rp25.000

5. Nasi Gandul Pak Memet

Menu makanan berkuah memang paling pas untuk udara malam dingin. Dari sekian banyak makanan berkuah yang ada di Semarang, Nasi Gandul bisa menjadi opsi kuliner malam Semarang kamu hari ini. Kuah segar dengan potongan daging dan jeroan yang empuk bikin Nasi Gandul menjadi menu favorit untuk makan malam di Kota Semarang. Tempat terbaik untuk menikmati makanan khas Semarang satu ini adalah Warung Nasi Gandul Pak Memet.

Cita rasa yang ditawarkan selalu cocok dengan selera banyak orang. Rempah dan kecap khusus yang digunakan mampu menambah daftar pelanggan setia dari warung ini. Kedai Nasi Gandul Pak Memet terletak di pinggiran jalan raya dan tidak sebagus restoran bintang lima. Tetapi, meja makan yang tersedia hampir tidak ada yang kosong dan selalu ramai.

Nasi Gandul Pak Memet Semarang
Nasi Gandul Pak Memet Semarang, Foto oleh Tripadvisor Com

Jika berkunjung ke Kota Semarang, Nasi Gandul Pak Memet wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata kuliner yang harus kamu kunjungi ya!

Nasi Gandul Pak Memet

AlamatJalan Dokter Cipto 12, Bugangan, Semarang Timur
Waktu BukaSenin-Minggu, 16.30-21.30 WIB
HargaMulai Rp15.000

6. Thien Thien Lay

Penggemar martabak manis wajib banget untuk mampir ke tempat ini! Thien Thien Lay. Kedai martabak tertua yang ada di Kota Semarang ini sudah berjualan sejak tahun 1981 dan sudah memasuki generasi kedua. Disini, martabak manis disebut kue Bandung.

Cita rasa khas yang masih tetap sama dari awal berdiri membuat Kue Bandung Thien Thien Lay selalu laris diburu pelanggan. Resep yang digunakan Tjhia Tjhin Hoo adalah adonan asli Bangka. Dari awal berdiri hingga sekarang, resep dan bahan tepung terigu yang digunakan pun tetap sama.

Thien Thien Lay Semarang
Thien Thien Lay Semarang, Foto oleh Kinciakincia Com

Kedai Thien Thien Lay menyediakan dua jenis adonan dasar Kue Bandung, yaitu adonan putih dan hitam manis. Keduanya dijamin legit dan manis tetapi tidak bikin eneg. Isian topping yang diberikan pun tidak pelit loh! Kalau kamu ingin mencicipi dua topping dalam satu adonan martabak, kamu bisa request separuh-separuh.

Selain Kue Bandung, disini juga tersedia kue pukis dengan toping yang beragam. Satu kotak Kue Bandung atau Martabak Manis dibanderol mulai Rp50.000-Rp135.000, sesuai isian yang anda pilih. Harga diatas tentunya sesuai dengan kualitas, rasa, dan porsi yang akan kamu dapatkan. Legitnya Kue Bandung legendaris dari Thien Thien Lay cocok untuk menemani kuliner malam di Semarang bersama keluarga dan pasangan. Hubungan makin sweet dengan Kue Bandung Thien Thien Lay yang legit.

Thien Thien Lay

Alamat Jalan MH Thamrin 67,  Miroto, Semarang Tengah
Waktu BukaSenin-Minggu, 17.00-22.30 WIB
Harga Rp50.000-Rp135,000

7. Pisang Plenet Pemuda

Usai makan makanan berat, kini saatnya kita masuk ke makanan penutup. Mengkonsumsi buah pisang sebagai hidangan penutup sepertinya pas banget ya untuk menjadi pilihan? Cemilan sehat dan khas ini memang tidak pernah lepas dari wisata kuliner malam di Semarang. Pisang Plenet! Makanan yang terbuat dari pisang kepok yang dibakar lalu diapit dan ditekan menggunakan dua buah balok kayu. Setelah itu pisang dipipihkan dan diberi toping atau selai yang bisa kamu pilih. Disini tersedia varian selai nanas, gula halus, mentega, dan coklat.

Pisang Plenet Semarang
Pisang Plenet Semarang, Foto oleh Travel Kompas Com

Satu porsi Pisang Plenet dijual seharga Rp10.000 untuk 4 pisang beserta dengan toping. Manis alami dari buah pisang dan aroma smokey dari bakaran disajikan dengan cara yang unik. Sempatkan mampir ke Pisang Plenet Pemuda di depan Pasar Sri Ratu untuk mencicipi nikmatnya Pisang Plenet yang sudah melegenda ini ya! Karamelisasi bakaran kuliner malam Semarang ini pasti bikin kamu ketagihan!

Pisang Plenet Pemuda

Alamat Jalan Pemuda, Pandansari, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Minggu, 14.00-23.00 WIB
Harga Rp10.00

8. Es Puter Conglik

Setelah menikmati kuliner malam Semarang yang gurih, bagaimana dengan makanan penutup yang manis dan segar. Es Puter Conglik bisa menjadi referensi untuk kamu. Conglik merupakan singkatan dari Kacong Cilik (anak kecil) sebutan bagi pemilik yang sudah membantu ayahnya berjualan es puter sejak masih anak-anak. Sehingga terciptalah nama Es Puter Conglik.

Menu dessert manis dan dingin ini termasuk makanan legendaris di Semarang yang wajib kamu coba! Pak Sukimin -Conglik- telah meneruskan bisnis ayahnya dan berjualan es puter sejak tahun 1982. Cita rasa dan tekstur yang khas masih terjaga meskipun sudah berjualan selama puluhan tahun.

Es Puter Conglik Semarang
Es Puter Conglik Semarang, Foto oleh Hp4jateng Files WordPress Com

Disini tersedia empat rasa favorit dan rekomendasi langsung dari pemiliknya, yaitu kelapa muda, durian, alpukat, dan coklat. Berbeda dengan es puter pada umumnya, tekstur Es Puter Conglik sedikit kasar tetapi tidak bikin gatal di tenggorokan. Satu porsi es puter disajikan lengkap dengan potongan roti, mutiara, dan parutan kelapa. Es Puter Conglik yang manisnya alami dan pas ini bisa menyegarkan tubuh setelah berwisata kuliner malam ini. 

Es Puter Conglik

Alamat Jalan KH Ahmad Dahlan 11, Karangkidul, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Minggu, 18.00-00.00 WIB
Harga Rp15.000-Rp30.000

9. Kacang Ijo Kapuran

Minum wedang di malam hari memang sangatlah nikmat. Ingin mencari minuman hangat di Kota Semarang? Kacang Ijo Kapuran jawaban yang tepat! Telah berjualan sejak 1975 membuat Kacang Ijo Kapuran menjadi salah satu tempat kuliner di Semarang yang telah melegenda. Tempat ini sangat cocok untuk nongkrong dan menghangatkan tubuh di tengah angin malam Semarang yang dingin.

Disini tersedia tiga wedang yang telah menjadi favorit banyak orang, yaitu wedang kacang tanah, kacang ijo, dan ketan duren. Kacang tanah yang digunakan sudah direbus terlebih dahulu sehingga teksturnya sangat lembut. Kuah wedang kacang tidak mengandung santan ya, cita rasa segar dan hangat pasti bikin badan kamu lebih segar.

Kacang Ijo Kapuran Semarang
Kacang Ijo Kapuran Semarang, Foto oleh Garvingoei Com

Bagi yang ingin merasakan minuman dingin yang khas Semarang banget juga ada disini, Es Kacang Tanah namanya. Campuran kacang rebus yang lembut, es batu, kuah santan, dan sirup merah sangatlah sempurna untuk dicoba. Segar dan manis untuk menutup wisata kuliner malam di Semarang.

Kacang Ijo Kapuran

Alamat Jalan Ki Mangunkarso, Jagalan, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Sabtu, 15.00-22.00 WIB 
Harga Rp7.000


Berwisata kuliner malam Semarang tidak kalah seru dengan wisata kuliner pada siang hari. Banyak makanan enak yang baru bisa kamu nikmati setelah jam pulang kantor dan makan malam tiba. Menurut kalian, dari sembilan makanan di atas, manakah yang berada di urutan nomor satu daftar destinasi wisata kuliner malam kamu di Semarang?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 9 Kuliner Malam Semarang yang Enak,Laris dan Populer

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending