Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

11 Tempat Makan di Surabaya Melegenda, Enak & Murah

5 min read

Rawon Setan Surabaya

Surabaya memang cukup terkenal akan sejarah, budaya dan wisata kuliner Surabaya yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari tempat makan yang sudah lama berdiri dan melegenda hingga menu belut Surabaya yang spesial. Kali ini Kuliner Kota akan memberikan rekomendasi tempat makan di Surabaya lengkap dengan alamat dan harga menu yang paling banyak dibeli. Penasaran? Yuk cek artikel rekomendasi tempat kuliner Surabaya yang melegenda berikut ini!

1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong Balap menjadi kuliner Surabaya nomer satu yang legendaris dan wajib dicoba. Salah satu tempat makan di Surabaya yang menawarkan Lontong Balap dengan cita rasa yang nikmat adalah Lontong Balap Garuda Pak gendut. Lontong Balap Pak Gendut sudah ada sejak tahun 1958. Selain tempatnya yang melegenda, seporsi Lontong Balap di tempat ini berisi irisan lontong, tahu, lentho yang dicampur dengan tauge dan disiram kuah gurih hangat.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut Surabaya
Lontong Balap Garuda Pak Gendut Surabaya, Foto oleh Info Makan Com

Tentunya harus ditambahkan petis dan bawang goreng yang ditaburkan di atasnya agar makin nikmat saat disantap. Tenang saja! Untuk harga per porsi dari Lontong Balap Garuda Pak Gendut hanya Rp10.000 saja, murah bukan? Biar nggak penasaran bagaimana nikmatnya kamu bisa datang Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang berada di Jalan Prof. Dr. Moestopo No 11, Surabaya. Cukup berjalan 1,1 km saja dari stasiun Gubeng maka kamu akan menemukan tempat makan Surabaya yang legendaris ini.

2. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Tempat makan di Surabaya selanjutnya adalah Rujak Cingur Ahmad Jaiz  yang sudah terkenal sejak tahun 1970-an dan melegenda hingga saat ini. Tempat makan Surabaya ini buka pada pukul 11.00-17.00. Jadi, sangat cocok untuk  menjadi menu siang hari kamu saat menikmati cuaca panas di Kota Surabaya, dijamin semakin mantap. Rujak Cingur Ahmad Jaiz terkenal akan bumbu rujaknya yang khas yaitu menggunakan kacang mete.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz Surabaya
Rujak Cingur Ahmad Jais Surabaya, Foto oleh Koran Jakarta Com

Perpaduan dari cingur yang empuk dan kenyal dengan berbagai komponen lainnya seperti lontong, campuran beberapa sayur dan buah dalam satu porsi rujak cingur menjadikan menu makanan ini akan pecah di mulut kamu. Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp45.000 – Rp60.000 per porsinya.

Meskipun terbilang cukup mahal tapi kenikmatan yang kamu dapatkan bakal bikin ingin mencobanya untuk kedua kali. Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini berada di Jalan Achmad Jais No. 40, Peneleh, Genteng, Surabaya yaitu sekitar 2,2 km dari Stasiun Surabaya Gubeng. Cukup strategis bukan?

3. Tahu Campur Kalasan 

Tidak heran apabila di Kota Surabaya banyak pedagang dan warung yang menyediakan menu Tahu Campur. Kuliner satu ini sudah menjadi makanan khas buat warga Surabaya. Bagi kamu yang mencari tempat makan Tahu Campur favorit warga Surabaya, Tahu Campur Kalasan bisa kamu coba. Tempat makan di Surabaya yang buka mulai pukul 11.00 – 23.00 selalu ramai dikunjungi para pembeli.

Tahu Campur Kalasan Tempat Makan di Surabaya
Tahu Campur Kalasan Surabaya, Foto oleh Family Goers Com

Satu porsi Tahu Campur Kalasan terdiri dari campuran tahu, lontong, irisan daging sapi, mie kuning, tauge, daun selada, lento singkong dan bawang goreng. Tidak lupa pula ditambahkan dengan bumbu petis untuk menambah cita rasa pedas, manis dan gurih yang bakal pecah di mulut. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp20.000 per porsi kamu bisa menikmati kuliner satu ini. Berlokasi di Jalan Kalasan, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya.

4. Tahu Telor Pak Jayen

Kuliner satu ini sudah sangat melegenda dan menjadi favorit oleh semua kalangan. Tidak hanya kalangan mahasiswa yang menyukai makanan ini bahkan turis mancanegara juga rela mengantri demi mencicipi nikmatnya Tahu Telur dan Tahu Tek Pak Jayen. Meskipun tempatnya ini dianggap kurang nyaman karena berada di pinggiran jalan. Tetapi cita rasa yang nikmat bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya.

Tahu Telor Pak Jayen Surabaya
Tahu Telor Pak Jayen Surabaya, Foto oleh Wakuliner Com

Cita rasa gurih dan pedas yang disajikan dari Tahu Telor Pak Jayen bersama bumbu petis tentunya bakal nampol berpadu di mulut kamu. Seporsi Tahu Telor Pak Jayen ini dibandrol dengan kisaran harga sekitar Rp10.000 cukup murah bukan?  Tempat makan di Surabaya ini, berlokasi di Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Kota Surabaya yang buka mulai pukul 16.00 – 00.00. Jadi, tempat kuliner Surabaya ini bisa jadi pilihan untuk kulineran malam kamu.

5. Rawon Surabaya(Rawon Setan)

Tak lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke Kota Surabaya tanpa mencicipi makanan yang hits dan populer ini. Dari namanya saja tentu akan membuat kamu berpikir dan merasa penasaran, Rawon Setan. Salah satu tempat makan rawon di Surabaya yang mendapat julukan seperti itu karena dahulu hanya buka pada pukul 23.00.

Rawon Setan Tempat Makan di Surabaya
Rawon Setan Surabaya, Foto oleh Ksm Tour Com

Namun kamu tidak perlu khawatir tempat makan di Surabaya ini sekarang sudah buka mulai pagi hingga dini hari. Harga per porsi dari makanan cukup terjangkau mulai dari Rp12.000 – Rp30.000. Kuliner satu ini bakal bikin kamu ketagihan datang kedua kali, komponen bumbu kluweknya yang hitam pekat dengan perpaduan aroma yang khas pastinya bakal meningkatkan selera makan kamu. Rawon setan berlokasi di depan Hotel JW Marriot Surabaya, tepatnya di Jalan Embong Malang 78.

Baca Juga : Kuliner Malam Surabaya

6. Semanggi Suroboyo

Semanggi Surabaya atau yang biasa disebut dengan Pecel Semanggi merupakan makanan tradisional khas dari Kota Surabaya. Makanan ini termasuk makanan yang langka dan jarang ditemui di Kota Lain. Hanya di Surabaya kamu dapat mencicipi kenikmatan dari Pecel Semanggi. Kuliner ini berasal dari daun semanggi yang sudah dikukus dan disajikan dengan campuran tauge dan sayuran kangkung ditambah dengan kriuknya kerupuk puli dan disiram dengan bumbu khas yang terbuat dari ketela rambat yang dicampur dengan gula merah, kacang tanah dan petis. Uniknya makanan ini tidak diberikan sendok atau garpu. Kamu dapat memakan nya dengan menggunakan krupuk puli. Pecel Semanggi ini juga tidak disajikan dengan lontong ataupun nasi. Jadi kuliner yang satu ini cocok untuk mengganjal perut kamu yang kosong.

Pecel Semangi Surabaya
Pecel Semangi Surabaya, Foto oleh Viva Co Id

Buat kamu yang ingin mencari Pecel Semanggi kamu dapat menjumpainya di Taman Bungkul Surabaya. Makanan ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah kantong karena hanya Rp10.000 per porsi. Untuk jam buka tempat makan Surabaya yang satu ini tidak dapat dipastikan karena Pecel Semanggi ini dijual dengan berkeliling atau dipinggir Jalan Taman Bungkul.

7. Bebek Goreng Sinjay 

Siapa yang tak mengenal kuliner satu ini. Makanan yang awalnya dari kota Bangkalan Madura ini dianggap sangat populer di Kota Surabaya, Bebek Goreng Sinjay. Bebek Goreng yang dilumuri bumbu khas yang sudah diracik menggunakan berbagai rempah-rempah tentunya membuat kriuk dan gurih saat disajikan yang menggoda lidah kamu untuk mencicipinya, Ditambah dengan sajian sambal pencit yang berasal dari mangga muda menjadikan cita rasa pedas asam yang semakin bikin ngiler. 

Bebek Goreng Sinjay Surabaya
Bebek Goreng Sinjay Surabaya, Foto M Kaskus Co id

Bebek Goreng Sinjay memiliki berbagai cabang jadi kamu tidak perlu bingung memilih tempat makan mana yang akan kamu kunjungi. Pilih saja yang paling dekat dengan penginapan Kamu. Salah satu pilihan tempat makan di Surabaya ini adalah di Jalan Dharmahusada No. 160B, Gubeng, Surabaya yang buka mulai pukul 09.30-20.00. Dibanderol mulai Rp35.000 per porsinya, cukup mahal memang namun kelezatan bebek goreng khas tempat makan Surabaya ini bakal bikin kamu ketagihan.  

8. Soto Gubeng Pojok

Soto Gubeng Pojok Surabaya
Soto Gubeng Pojok Surabaya, Foto oleh Traveloka Com

Siapa yang tidak tau menu kuliner yang satu ini? Soto, kuliner yang bisa dijumpai pada berbagai macam kota di Indonesia. Ada tempat makan Soto yang wajib kamu kunjungi saat berada di Surabaya, Soto Gubeng Pojok namanya. Sudah ada sejak tahun 1950 an, cita rasa kuahnya yang menggoda dengan beraneka jenisnya isian yang dibanderol mulai dari Rp20.000 – Rp30.000 per porsinya membuat Soto Gubeng selalu menjadi incaran para wisatawan yang datang di Kota Surabaya. Berada di Jalan Kusuma Bangsa No.30, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya yang buka mulai pukul 06.30-16.00 menjadikan tempat makan di Surabaya ini recomended sebagai tempat pilihan untuk sarapan kamu saat berada di Kota Surabaya. Tertarik untuk sarapan soto di tempat ini?

9. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangarandi Surabaya
Es Krim Zangarandi Surabaya, Foto oleh Phinemo com

Bagi kamu yangs sedang bingung cari dessert, Es Krim Zangrandi bisa jadi salah satu tempat makan di Surabaya pilihan kamu. Sudah ada sejak 1930 dan menyediakan berbagai variannya es krim sebagai menu utama nya membuat tempat ini disenangi oleh semua kalangan pecinta Es Krim. Untuk menikmati dessert di tempat ini kamu harus mengeluarkan budget mulai Rp20.000 – Rp55.000 saja. Buat kamu yang penasaran lokasinya dessert yang satu ini, kamu dapat menjumpainya di Jalan Yos Sudarso No.15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya yang buka mulai pukul 10.00 – 22.00.

10.  Nasi Empal Pengampon

Nasi Empal Pengampon Tempat Makan di Surabaya
Nasi Empal Pengampon Surabaya, Foto oleh Tripadvisor Com

Buat kamu pecinta kuliner daging menu yang satu ini sangat recomended banget loh! Karena cita rasa dari dagingnya yang empuk dan disuwir-suwir menjadi mudah saat kamu ingin menyantapnya. Nasi Empal Pengampon salah satu tempat makan di Surabaya yang menyediakan menu makanan mulai dari Nasi Empal, bubur ayam, makanan chinese maupun makanan yang mengandung daging babi ada disini. Berlokasi di Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya. Untuk harganya dibanderol mulai Rp25.000 per porsinya dan buka mulai pukul 08.00-14.00 dilanjutkan kembali buka mulai pukul 17.00. Jadi, tempat makan ini paling recomended dijadikan untuk makan siang saat berada di Surabaya. 

11. Spesial Belut Surabaya

Spesial Belut Surabaya
Spesial Belut Surabaya, Foto oleh Wakuliner Com

Kamu pecinta belut? Pastinya tidak asing lagi dengan Warung Spesial Belut Surabaya. Saat berada di Kota Surabaya kamu wajib mencicipi menu belut di tempat ini. Cita rasa gurih dan kriuk dari si belut  yang disajikan dengan sambal membuat kuliner satu ini akan memanjakan lidah kamu mulai dari suapan pertama. Rasa sambal yang khas dengan cita rasa bawang putihnya tentu menambah sensasi pedas yang khas dan bikin nagih. Untuk harga, tak perlu khawatir hanya mulai dari Rp15.000 – Rp30.000 kamu dapat menikmati berbagai menu olahan belut di tempat ini. Berlokasi di  Jalan Banyu Urip Kidul IV / 39 (Bok Abang) Surabaya.

Nah, buat kamu yang sedang berkunjung ke Kota Surabaya tentunya tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi tempat makan di Surabaya rekomendasi dari Kuliner Kota di atas. Untuk cita rasanya tidak perlu diragukan lagi bakal bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah. So, buat kamu yang suka travelling dan wisata kuliner, jangan melewatkan untuk mengunjungi 11 tempat diatas ya sobat Kuliner Kota!

Last Updated on September 4, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

One Reply to “11 Tempat Makan di Surabaya Melegenda, Enak & Murah”

  1. Mantap rekomendasinya……
    Saya pernah nyobain rawon setan dan rasanya emang enak banget….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *