1. Tempat Makan

18 Tempat Makan di Semarang yang Enak dan Murah

Cari tempat makan di Semarang yang Enak? Wajib banget untuk cek rekomendasi kuliner Semarang dari Kuliner Kota kali ini. 18 Tempat makan yang kami rekomendasikan merupakan tempat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung. Mulai dari menu yang cocok untuk sarapan hingga makan siang bersama keluarga di Semarang.

Ya, kota dengan keindahan arsitektur bangunan yang kental dengan perpaduan budaya Jawa dan Tiongkok ini melekat di setiap bagian Kota Semarang. Tak hanya sejarah dan arsitektur bangunannya yang wajib dikunjungi, beragam makanan enak dan khas Kota Semarang juga harus kamu cicipi!

Tak perlu bingung mencari tempat makan di semarang, karena 18 rekomendasi tempat makan ini tidak akan mengecewakanmu! Daftar tempat makan berikut merupakan saran dan pilihan favorit para wisatawan yang berkunjung juga warga lokal di Semarang. Catat nama dan alamatnya ya, bersiaplah untuk makan enak hari ini! Let’s check this out!

1. Nasi Ayam Bu Nyoto

Hari yang cerah paling cocok diawali dengan mencari tempat makan di semarang yang khas dan enak, sarapan Nasi Ayam dari Bu Nyoto bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Lapak Bu Nyoto terletak di Jalan MT Haryono, Semarang. Menu andalan dari warung ini adalah Nasi Ayamnya yang terkenal dan melegenda. Nasi Ayam Bu Nyoto sudah ada sejak tahun 1970 an dan awalnya hanya dijual berkeliling, hingga akhirnya menetap di tempat yang sama sampai saat ini.

Apa yang spesial dari Nasi Ayam Bu Nyoto?

Selain sudah melegenda, makanan khas Semarang ini mampu membuat penikmatnya rindu untuk kembali lagi loh! Sudah banyak orang yang kembali dan bahkan berlangganan di warung satu ini. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Semarang, belum sah rasanya kalau belum ikut mengantri dan mencicipi sepiring Nasi Ayam yang lezat milik Bu Nyoto. Satu porsi Nasi Ayam terdiri dari nasi hangat, suwir ayam, labu siam, telur rebus bacem, krecek dan siraman kuah santan opor. Disini juga tersedia beberapa jenis sate untuk melengkapi nikmatnya Nasi Ayam. Porsi yang ditawarkan cukup untuk satu orang dewasa. Menu ini sangat cocok untuk sarapan di pagi hari.

Nasi Ayam Bu Nyoto Tempat Makan di Semarang
Nasi Ayam Bu Nyoto Semarang, Foto oleh IG @ Indahva

Disini juga tersedia beberapa jenis sate untuk melengkapi nikmatnya Nasi Ayam. Porsi yang ditawarkan cukup untuk satu orang dewasa. Menu ini sangat cocok untuk sarapan di pagi hari. Satu porsi Nasi Ayamnya dibanderol harga Rp18.000 saja. Kamu dapat makanan enak, mengenyangkan, khas Kota Semarang dan pastinya ngangenin.

Alamat Jl. MT Haryono (tempatnya berupa warung tenda)
Waktu BukaSenin-Minggu
Pukul 06.00-09.00 WIB
Pukul 19.00-21.00 WIB
HargaNasi Ayam: Rp18.000
1 Tusuk Sate: Rp5.000

2. Asem-Asem Koh Liem

Tempat makan khas Semarang selanjutnya adalah Warung Asem-Asem Koh Liem. Pemilik resto ini bernama Bapak Koh Liem. Beliau merupakan pendiri sekaligus peracik makanan Asem-Asem, menu makanan khas Semarang yang tersedia telah ada sejak tahun 1978. Kuah gurih dan segar dari makanan khas Semarang ini telah memikat banyak hati kalangan remaja hingga dewasa.

Asem-Asem Koh Liem Tempat Makan di Semarang
Asem-Asem Koh Liem Semarang, Foto oleh Sister Stories WordPress Com

Kuah yang segar dan gurih berpadu dengan lembutnya daging yang telah dibumbui hingga meresap, Asem-Asem paling pas untuk dijadikan menu makan siang bersama kawan dan keluarga saat berkunjung ke daerah Gabahan, Semarang. Selain menu best  seller-nya yaitu Asem-Asem, disini juga tersedia makanan khas Tiongkok dan makanan Indonesia lainnya seperti cap jay, bandeng sarden, sayur lodeh dan ayam goreng. Tak perlu meragukan rasa dari masakan yang tersedia, dijamin enak dan melegenda!

Alamat  Jl. Karang Anyar No. 28 C4, Gabahan, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Minggu:
07.00-17.00 WIB
Harga Asem-Asem: Rp35.000
Makanan Lain: Rp8.000-Rp50.000
Minuman: Rp2.000-Rp15.000

3. Leker Paimo

Leker tak hanya sebatas makanan ringan dengan isian meses, keju, dan susu kental manis saja. Disini, kamu bisa memesan Leker dengan lebih banyak jenis isian yang bisa kamu pilih sesuai selera. Perkenalkan, Leker Paimo!

Tempat makan di Semarang terlaris yang menjual Leker dengan isian yang banyak jenisnya, mulai dari yang sederhana hingga isian yang gendut dan cukup untuk mengganjal rasa lapar sebelum makan siang. Bahan adonan dan isian yang dipakai pun merupakan bahan yang berkualitas tinggi, sehingga kenikmatannya tetap terjaga.

Leker Paimo Semarang
Leker Paimo Semarang, Foto oleh Akhsadew Blogspot Com

Kalau berkunjung ke Leker Paimo harus siap untuk antri meskipun tempat makan ini baru saja buka. Namun, rasa dan porsi Leker yang cukup besar akan memuaskan hati dan nagih untuk tidak hanya membeli satu jenis saja, jadi pengen coba semua!

Alamat:  Jl. Karang Anyar No. 37, Gabahan, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Sabtu:
 Pukul 10.00-17.00 WIB
 Minggu: Tutup
Harga Leker: Rp2.000-Rp35.000 

4. Belut Mangut Haji Nasimah

Pecinta olahan belut wajib banget untuk merasakan nikmatnya Belut Mangut Haji Nasimah di Semarang, salah satu tempat makan di semarang yang sangat populer. Sebelum dimasak dengan kuah santan yang gurih pedas, belut diasap terlebih dahulu sehingga rasanya semakin kaya dengan aroma smokey yang menggugah selera. Menu Belut Mangut ini tersedia mulai pagi sampai sore hari, sehingga cocok untuk menjadi menu sarapan dan makan siang.

Belut Mangut Haji Nasimah Semarang
Belut Mangut Haji Nasimah Semarang, Foto oleh Astin Soekanto Com

Warung Ibu Haji Nasimah juga memiliki menu lain seperti ikan belanak goreng, mangut ikan pari, nila bumbu rujak, gorengan, dan berbagai jenis sayur yang juga recomended. Pastikan Belut Mangut Haji Nasimah masuk kedalam daftar kunjungan saat kamu berwisata di Kota Semarang ya!

AlamatJl. Menoreh No.10B, Sampangan, Semarang
Waktu BukaSenin-Sabtu:
Pukul 08.00-17.00 WIB
Minggu: Tutup
HargaMangut Belut : Rp25.000

5. Lumpia gang Lombok

Siapa yang tidak kenal dengan Lumpia Semarang Gang Lombok?

Lumpia Gang Lombok adalah pelopor sajian yang kita kenal dengan nama Lumpia, sekaligus juga merupakan penjual Lumpia tertua yang ada di Kota Semarang bahkan di Indonesia. Kuliner Semarang satu ini merupakan hasil perpaduan dari dua kultur yaitu Tiongkok dan Jawa. Perpaduan akulturasi tersebut terdapat pada isian Lumpia yang terdiri dari udang dan rebung. Setelah dipadukan dengan berbagai bumbu, akhirnya terciptalah makanan lezat satu ini.

Lumpia Gang Lombok Tempat Makan di Semarang
Lumpia Gang Lombok Semarang, Foto oleh Ksm Tour Com

Lumpia Gang Lombok yang dulunya hanya berjualan dengan gerobak akhirnya menetap pada tempat yang sekarang ditempati, yaitu Gang Lombok No. 11. Umur warung Lumpia ini sudah hampir 100 tahun loh! Dalam satu abad, tentunya banyak pelanggan baru dan tetap yang selalu setia untuk membeli cemilan gurih satu ini. Kelezatan isian rebung dan udang yang berpadu telah melegenda dan memang tidak pernah mengecewakan. 

Tersedia dua jenis Lumpia yang bisa kamu dapatkan disini, yaitu Lumpia Basah dan Lumpia Goreng. Perbedaan tersebut terdapat pada tekstur yang ingin kamu rasakan. Kamu juga bisa membawa pulang sekotak Lumpia Gang Lombok untuk oleh-oleh keluarga tercinta loh. Sedap bukan?

Ke Semarang tapi belum sempat mencoba Lumpia legendaris ini? Sepertinya kamu harus kembali lagi untuk merasakan nikmatnya Lumpia yang menjaga cita rasanya secara turun-temurun ini!

Alamat  Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Minggu:
08.00-17.00 WIB
Harga Lumpia Goreng/Basah: Rp17.000.

6. Gudeg Bu Lasmi

Gudeg Semarang berbeda dengan Gudeg Yogyakarta, salah satu kuliner yang hanya bisa Anda temukan ketika mencari tempat makan di semarang. Gudeg di Kota Semarang cenderung lebih memiliki cita rasa yang gurih dan asin jika dibandingkan dengan Gudeg Jogja yang manis. Cita rasa yang berbeda ini cukup bikin penasaran wisatawan yang berkunjung. Kalau kamu mencari tempat terbaik untuk menikmati Gudeg Khas Semarang, Warung Gudeg Bu Lasmi adalah tempat yang paling tepat! Warung ini berada di kawasan Abimanyu sehingga banyak orang yang menyebutnya Warung Gudeg Abimanyu.

Gudeg Bu Lasmi Semarang
Gudeg Bu Lasmi Semarang, Foto oleh Gudeg Abimayu vii6 Bu Lasmi Business Site

Warung Makan Gudeg Bu Lasmi cocok sekali untuk dijadikan menu sarapan dan makan siang. Perpaduan cita rasa yang khas, gurih, dan lezatnya nasi Gudeg Semarang ini dijamin akan bikin kenyang dan mau datang lagi dan lagi!

Alamat Jalan Letnan Jenderal Suprapto No. 29, Purwodinatan, Semarang Tengah
Waktu BukaSenin-Sabtu:
08.30-21.00 WIB
Minggu: Tutup
HargaLumpia Goreng/Basah: Rp45.000
Minuman Saparella: Rp15.000

7. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Pecinta nasi goreng mana suaranya?

Di Kota Semarang terdapat kuliner enak dan terkenal yang menjual nasi goreng sebagai menu utamanya. Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang terletak di sebelah Jembatan Mberok ini menjual nasi goreng dengan rasa gurih dan pedas yang nikmat. Babat yang digunakan telah direbus selama 8 jam lalu digoreng bersamaan dengan bumbu ketika ada yang memesan. 

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Semarang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin Semarang, Foto oleh Kumparan Com

Nasi punel dengan bumbu yang gurih dan babat yang empuk menjadi perpaduan yang pas untuk menu makan siang di Kota Semarang. Kamu bisa request untuk tingkat kepedasan dari nasi goreng yang kamu pesan. Agendakan jam makan siangmu untuk mampir ke Kedai Nasi Goreng Babat Pak Karmin ya!

Alamat Jalan Pemuda, Dadapsari, Semarang Utara
Waktu BukaSenin-Minggu:
08.00-22.30 WIB
Harga Nasi Goreng Babat: Rp20.000.

8. Tahu Pong Semarang

Tahu Pong merupakan salah satu kuliner khas Semarang yang wajib anda cicipi. Kios Tahu Pong Gajah Mada adalah satu kios yang sudah melegenda yang berdiri sejak 1950. Pada awalnya, Tahu Pong Gajah Mada hanya dijajakan menggunakan angkringan, hingga akhirnya pada tahun 1972 menempati sebuah kios resto di Jalan Gajah Mada dan menetap hingga sekarang. Kios Tahu Pong Gajah Mada ini terkenal dengan menu olahan tahu seperti Tahu Pong, Tahu Gimbal, Tahu Emplek dan Tahu Telur.

Tahu Pong Semarang
Tahu Pong Semarang, Foto oleh Ini Baru Id

Jika ingin mencicipi semua makanan tanpa harus membeli satu porsi besar, kamu bisa membeli Tahu Paket Komplit dengan harga yang cukup murah. Rasa khas dari Tahu Pong Semarang yang gurih bisa kamu bagikan dengan keluarga di rumah sebagai oleh-oleh khas Kota Semarang juga loh! Rasanya yang melegenda bikin satu porsi Tahu Pong saja tidak cukup!

Alamat  Jalan Gajah Mada 63 B, Kembangsari, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Sabtu:
10.00-21.00 WIB
Minggu: Tutup
Harga Tahu Komplit: Rp28.000
Menu Tahu: Rp16.000-Rp25.000

9. Sate Gule 29

Bagi pecinta olahan daging, Sate Gule 29 wajib banget untuk jadi list makan siang kamu di Semarang. Terletak di sekitar Kota Tua Semarang, tempat ini cocok sebagai tempat untuk beristirahat dan mengisi perut yang kosong setelah berkeliling. Tempat makan ini sudah melegenda loh! Berdiri sejak 1968, Sate Gule 29 tetap menjaga konsistensi rasa dan kualitas makanan mereka.

Menu recommended yang ditawarkan di tempat ini adalah Gule Kambing. Bagian yang digunakan adalah paha atas dan punggung kambing. Dua bagian tersebut menghasilkan rasa khas dan daging yang lebih empuk. Gurih dan segarnya kuah gule pas banget untuk dinikmati dengan nasi hangat dan minuman Saparella atau yang dikenal dengan root beer Indonesia yang legit dan mampu menghilangkan dahaga.

Sate Gule 29 Semarang
Sate Gule 29 Semarang, Foto oleh Picuki Com
Alamat  Jalan Letnan Jenderal Suprapto No. 29, Purwodinatan, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Sabtu:
08.30-21.00 WIB
Minggu: Tutup
Harga Lumpia Goreng/Basah: Rp45.000
Minuman Saparella: Rp15.000

10. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Tempat makan satu ini juga cukup melegenda loh! Berdiri sejak tahun 1970, Mie Kopyok Pak Dhuwur tetap menjaga rasa dan kualitas makanan yang disajikan. Selama 40 tahun lebih, tempat makan ini telah memperoleh banyak pelanggan setia karena kelezatannya yang khas.

Mie Kopyok Pak Dhuwur Tempat Makan di Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur Semarang, Foto oleh Uniek Kaswarganti Com

Berbeda dengan Mie Kopyok di tempat lain, mie yang digunakan disini adalah mie buatan sendiri. Satu porsi Mie Kopyok Pak Dhuwur berisi potongan lontong, tauge, dan mie yang direbus, lalu disiram dengan kuah segar, diberi topping tahu, kerupuk, kecap dan bumbu cair. Rasa gurih dan manis dari kuah serta ‘kres..kres..’ daritauge dijamin bikin semangat untuk melanjutkan wisata di Kota Semarang!

Alamat Tanjung No. 18A, Sekayu, Semarang Tengah
Waktu Buka Senin-Minggu:
08.00-16.00 WIB
Harga Mie Kopyok: Rp13.000

11. Toko Oen

toko oen Tempat Makan di Semarang
Toko Oen, Foto Oleh Solopos Com

Jika sudah lelah seharian berwisata, istirahatkan tubuh dengan mampir ke Toko Oen di Semarang. Toko Oen menjadi salah satu warung makan terkenal dan legendaris di kotanya. Restoran bernuansa klasik ini terkenal akan menunya yang homemade dan selalu fresh. Toko Oen pun mudah dijangkau keberadaanya karena berada pada pinggir jalan utama, cocok bagi kamu yang ingin segera mencicipi lezatnya hidangan es krim di sini.

Karena konsep klasik ala zaman penjajahan ini masih dilestarikan, maka tak jarang terdapat banyak wisatawan asal Belanda yang datang untuk sekadar merasakan sensasi makan es krim dan hidangan lezat lain. Bukan hanya es krim saja, restoran ini pun menyediakan menu khas Belanda seperti Kastengels. Uitsmijter sampai Huzarensalade.

AlamatJalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Semarang
Waktu Buka08.00 – 21.30 WIB

12. Waroeng Kaligarong

waroeng kaligarong Tempat Makan di Semarang
Waroeng Kaligarong, Foto Oleh Kotatoea Com

Sedang berada di sekitar Simpang Lima? Datang saja ke Waroeng Kaligarong jika ingin makan malam lezat. Tempat makan di Semarang ini menyediakan hidangan khas Nusantara termasuk makanan Semarang. Nuansa tempatnya membuat siapapun nyaman karena bersih dan luas. Tak perlu khawatir kehabisan tempat, Waroeng Kaligarong menyediakan banyak kursi untuk setiap pelanggan apalagi yang sedang membawa keluarga.

Salah satu menu andalannya yakni bebek goreng sambal mangga muda. Dalam sekali gigitan saja empuk daging bebeknya membuat lidah jatuh cinta dan tak bisa berhenti nambah. Menyenangkan bukan menyantap hidangan sembari berbincang hangat dengan keluarga di Waroeng Kaligarong?

AlamatJalan Mayor Jend. D. I. Panjaitan No. 64, Brumbungan, Semarang
Waktu Buka10.00 – 20.00 WIB
HargaMulai Rp25.000

13. Grill On Resto

grill on resto Tempat Makan di Semarang
Grill On Resto, Foto Oleh Twitter Com

Pecinta sate ayam wajib datang ke Grill On Resto jika bertandang ke Semarang. Restoran ini menjadi favorit wisatawan berkat menu sate ayamnya tiada tanding. Tak hanya sate biasa, ada pula sate kalak yang nikmatnya selalu membuat lidah puas.  Soal tempatnya sudah pasti memberikan kenyamanan, dengan konsep yang instagramable juga luas.

Bahkan di sini kamu bisa membawa keluarga atau teman untuk reuni, karena tempatnya yang cukup memadai sebagai sarana berkumpul. Harga yang dipatok untuk setiap hidangan sate pun bervariasi. Tak hanya sate saja, ada pula jenis minuman berupa es teh, jenis kopi, jus buah, milkshake dan masih banyak lagi.

AlamatJalan Pleburan Barat No. 3A, Pleburan, Semarang
Jam Buka10.00 – 22.00 WIB
HargaSekitar Rp15.000

14. Pujasera Simpang Lima

pujasera simpang lima Tempat Makan di Semarang
Pujasera Simpang Lima, Foto Oleh Seputarsemarang Com

Masih bingung mencari hidangan nusantara di Semarang? Pujasera Simpang Lima mesti kamu jadikan tujuan kulineran selanjutnya. Restoran ini sudah bertengger sejak lama, juga dengan julukannya yang menjadi salah satu tempat makan terenak di Semarang. Tempatnya pun strategis membuatmu mudah menemukannya.

Restoran ini berkonsep outdoor dengan tempat yang cukup luas. Dijamin setiap pengunjung dapat merasakan kenyamanan yang belum pernah dirasakan, seperti kamu bisa makan malam sambil menatap pemandangan langit. Jika sudah datang ke sini, kamu seperti disihir dengan segala menu nusantaranya juga akan sulit untuk meninggalkan tempat saking nyaman.

AlamatMugassari, Semarang Selatan, Semarang
Jam Buka17.00 – Dini hari
HargaMulai Rp10.000

15. Restoran Pesta Keboen

restoran pesta keboen Tempat Makan di Semarang
Restoran Pesta Keboen, Foto Oleh Semarangarea Com

Tempat makan Semarang berkonsep klasik selanjutnya adalah Restoran Pesta Keboen. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan sensasi layaknya makan di restoran berbintang. Konsep klasik menonjol dibarengi dengan sentuhan tembok kuning emas yang menakjubkan. Menunya pun tersedia hidangan nusantara dan western.

Termasuk rumah makan legendaris sebab bangunannya pun berdiri cukup lama, yakni sekitar tahun 1850. Walau terbilang cukup tua, namun soal keindahan tempat dan hidangan yang lezat tempat ini selalu menjanjikan. Jika sedang luang ketika di Semarang, tak ada salahnya ajak teman atau anggota keluarga mampir ke sini.

AlamatJalan Veteran No. 29, Lempongsari, Semarang
Jam Buka10.00 – 20.00 WIB

16. Gama Ikan Bakar dan Seafood

gama ikan bakar dan seafoos Tempat Makan di Semarang
Gama Ikan Bakar & Seafood, Foto Oleh 2Pos Com

Satu lagi tempat santap di Semarang memakai bangunan tempo dulu, adalah Gama Ikan Bakar dan Seafood. Restoran ini menempat bangnan lama Belanda yang memiliki ruangan luas dan terbuka. Jumlah kursinya pun banyak, dikarenakan kebanyakan yang datang adalah pengunjung rombongan keluarga.

Sesuai namanya, tempat makan ini menawarkan menu seafood termasuk ikan bakar yang bakal membuat lidahmu menari. Soal harga tentu Gama Ikan Bakar dan Seafood menjamin pelanggannya menyantap banyak hidangan dengan budget terjangkau.

AlamatBangkok, Jalan MT. Haryono No. 870A, Peterongan, Semarang
Jam Buka10.00 – 22.00 WIB
HargaMulai Rp20.000

17. White Rabbit Dessert

white rabbit dessert Tempat Makan di Semarang
White Rabbit Dessert, Foto Oleh Anekawisata Com

White Rabbit Dessert merupakan cafe bergaya Eropa yang ada di Semarang. Tempat makan ini memiliki interior ala Eropa yang akan membuahkan kenyamanan pada siapapun yang berkunjung. Banyak pula pasangan dari daerah lokal dan luar daerah yang datang ke cafe White Rabbit Dessert, karena selain nyaman juga menampilkan kesan romantis.

Berbagai macam dessert yang ditawarkan mulai dari macaroni shottle, cake, sampai minuman western. Termasuk dalam tempat makan populer di Samarinda, cafe ini selalu memberikan pelayanan terbaik juga tak sampai membuat dompet tipis. Jangan sampai melupakan cafe ini sebagai tujuan kulineran romantis ya sobat Kuliner Kota!

AlamatJalan Abdulrahman Saleh No. 225, Manyaran, Semarang
Jam Buka11.00  – 23.00 WIB
HargaSekitar Rp30.000

18. KoenoKoeni Cafe Gallery

Tempat Makan di Semarang koenokoeni cafe
KoenoKoeni Cafe Gallery, Foto Oleh Jejakpiknik Com

Nama KoenoKoeni Cafe Gallery terdengar unik dan asing. Tetapi kenyataanya istilah Koenokoeni merupakan serapan Jawa Kuna Kuni yang berarti kuno atau tua. Restoran ini menjadi salah satu rumah makan terenak dan nyaman di Semarang.

Ruangannya luas dengan bangunan khas Joglo, begitu pula pada hidangan Jawanya mulai dari rawon sampai rujak. Setiap kuliner di tempat ini dibanderol dengan harga terjangkau yang tentu akan membuat perut kenyang. Jika sudah berada di KoenoKoeni Cafe, pengunjung dimanjakan dengan pelayanannya termasuk pada interior ruangan yang klasik.

AlamatJalan Tabanan No. 4, Tegalsari, Semarang
Jam Buka11.00 – 22.00 WIB

Banyak tempat makan di Semarang yang sangat ikonik dan memiliki cita rasa khas. Berbagai macam makanan bisa kamu pilih untuk menu makan siang hari ini. Siapkan perut yang kosong, dan rasakan lezatnya 18 makanan khas Kota Semarang rekomendasi Kuliner Kota untuk menu makan siang hari ini! Jangan lupa untuk bagikan informasi penting ini ke sahabat, kerabat, dan keluarga kamu agar mereka juga tahu nikmatnya makan siang di Kota Semarang ya! Selamat makan!

Baca Juga : 9 Kuliner Malam Semarang yang Enak,Laris dan Populer

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 18 Tempat Makan di Semarang yang Enak dan Murah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending