Rekomendasi Kuliner Malam Bogor Paling Maknyus

Jalan-jalan di Kota Bogor, street food jembatan merah memang paling pas sebagai pilihan tempat kuliner malam Bogor.
Daftar isi

Jika berkunjung ke Kota Bogor, tidak lengkap jika tidak mencicipi berbagai macam makanan yang ada disana. Ketika di siang hari jalan-jalan ke tempat wisata, kamu bisa memanfaatkan waktu malam untuk wisata kuliner malam Bogor yaitu street food atau kuliner pedagang kaki lima.

Di Kota Bogor sendiri ada sebuah tempat dimana di sepanjang jalannya dipenuhi dengan berbagai makanan yang ditawarkan. Kawasan ini bernama Jembatan Merah Bogor. Terletak hanya 2 menit dari Stasiun Kota Bogor, Jembatan Merah berada di daerah jalan Merdeka yang cukup strategis sehingga anda tidak perlu kebingungan mencari tempat ini

Pasar kuliner Jembatan Merah mulai beroperasional pada pukul 4 sore pukul 1 dini hari. Karena itulah banyak orang yang datang ke pasar malam ini untuk mencari makan malam dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak hanya warga lokal, Jembatan Merah menjadi salah satu wisata yang mulai dikunjungi wisatawan yang datang ke Kota Bogor.

Mencicipi kuliner malam Bogor di Jembatan Merah sangat menyenangkan. Berbeda dengan restoran dan rumah makan, street food adalah cara terbaik dalam menikmati makanan khas dengan keramahan warga lokal. Hiruk pikuk pengunjung dan dinginnya malam kota Bogor menjadikan cara hunting kuliner satu ini sangat seru. Dari sekian banyak makanan yang ada di Jembatan Merah, ada beberapa tempat makan wajib dan harus kamu datangi. Mulai makanan pembuka hingga dessert atau makanan penutup telah kami rangkum dalam 7 street food yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Jembatan Merah Bogor.

1. Dimsum 

Mengawali jelajah dan kuliner malam Bogor, terdapat dimsum khas Bogor yang hangat dan gurih untuk kamu. Berada di depan Plaza Jembatan Merah, tempat makan dimsum satu ini masih berupa gerobak berwarna putih dengan tulisan “Dimsum” warna merah pada kaca depan. Rasa dimsum yang ditawarkan tidak kalah dengan restoran chinese, pastinya Ngeunah pisan euy!

Artikel Terkait

Dimsum Bogor
Dimsum Bogor, Foto oleh Ramesia Com

Disini tersedia berbagai varian isian dimsum seperti isian udang, kepiting, ayam wortel, telur dan jamur. Kamu bisa mix isian sesuai selera. Isian dimsum yang gendut, kulit pangsit yang lembut, dan disajikan hangat-hangat. Semakin lezat dengan siraman sambal yang asam, pedas dan manis.

Baca Juga:  6 Kuliner Malam Cirebon Lezat dan Bikin Nambah Terus

Jangan khawatir, harga yang ditawarkan murah banget lho. Harga satu buah dimsum cukup Rp3.000 – Rp5.000 saja! Harga yang sangat terjangkau untuk kelezatan dimsum yang bikin rindu dan ingin kembali lagi

2. Nasi Uduk Legendaris

Di depan toko Laris ada nasi uduk yang sudah cukup legendaris dan terkenal di instagram. Nasi Uduk Legenda ini sudah berjualan lebih dari 20 tahun, bahkan pemiliknya sekarang adalah generasi ketiga. dengan nasi punel yang hangat dan bumbu racikan keluarga yang khas menjadi salah satu yang paling dirindukan dari nasi uduk satu ini.

Nasi Uduk Legendaris
Nasi Uduk Legendaris Bogor, Foto oleh IG @uduklegendaris

Tenang, makan disini tidak akan menguras dompet kamu. Lauk yang tersedia memiliki harga mulai Rp5.000. Di antara banyaknya lauk yang ditawarkan, jengkol dan dendeng paru menjadi pilihan favorit. Dengan rasa manis, lembut serta bumbunya meresap hingga ke dalam. Porsi nasi uduk legendaris ini juga pas untuk ukuran makan malam. 

3. Doclang 405

Makanan khas kota Bogor satu ini sudah dikenal banyak orang. Warga Bogor bilang “Belum sah wisata ke Bogor kalau belum makan Doclang 405”. Kuliner doclang memang sangat khas dan tentunya tidak bisa kamu dapatkan di kota lain.

Doclang adalah sebuah singkatan dari bumbu ledok nganggo kacang, yang berarti bumbu lengket atau pliket pakai kacang. Doclang 405 adalah tempat terfavorit di Kota Bogor. 405 adalah nama pemilik dan pendirinya yaitu pak Haji Aos. Lapak pak haji Aos berada di depan toko Terang.

Doclang 405 Bogor
Doclang 405 Bogor, Foto oleh Andi Zein Com

Doclang 405 sendiri buka 24 jam dan selalu ramai pada jam sarapan, makan siang, makan sore, dan makan malam. Bagi kamu yang masih asing dengan nama makanan satu ini, jadi doclang adalah makanan yang terdiri dari kupat, tahu, kentang, telur dan terakhir adalah kerupuk. Bahan-bahan tersebut dipotong lalu disiram dengan kuah kental tadi.

Baca Juga:  9 Tempat Kuliner Malam Blitar Enak Dan Nendang Abis

Berbeda dengan ketupat biasa, Doclang 405 menggunakan daun kunyit sebagai bungkusannya. Ini membuat ketupat menjadi lebih wangi dan memiliki rasa yang berbeda. Selain itu, tahu yang digunakan pun spesial, yaitu menggunakan tahu kuning. Sudah terbayangkan lezat dan gurihnya Doclang 405 satu ini?

4. Martabak Ketan Hitam Nirwana

Pecinta martabak mana nih suaranya? 

Di kawasan Wisata Kuliner Merdeka Jembatan Merah Bogor ada martabak yang unik dan sudah melegenda loh. Martabak ketan hitam Nirwana. Martabak Manis Nirwana terletak di depan toko “Terang” dan Doclang 405. Berbeda dengan martabak lain dengan isian coklat, keju, atau kacang, martabak satu ini memiliki isian ketan hitam yang legit dan manis. Martabak ketan hitam menjadi makanan yang hits di tahun 90-an.

Martabak Ketan Hitam Nirwana
Martabak Ketan Hitam Nirwana Bogor, Foto oleh Travelling Yuk Com

Sampai sekarang masih banyak orang yang suka dengan cita rasa manis legit satu ini. Adonan martabak yang fluffy dan lembut ditambah dengan isian ketan hitam yang tebal sangat sempurna untuk makan bersama keluarga. Meskipun menggunakan ketan hitam, martabak manis satu ini nggak bikin eneg. Manis yang pas dan rasa legit yang tidak kelewatan. Harga satu kotak martabak ketan hitam dibanderol mulai Rp 15,000 sampai Rp40.000 aja! Kamu bisa membawa pulang legitnya martabak ketan hitam yang bisa bikin kamu nostalgia.

5. Bubur Ayam Kumis

Di tengah udara malam Bogor yang dingin, sepertinya menjadi waktu yang paling pas untuk  menghangatkan tubuh dengan makan bubur ayam. Di kawasan Jembatan Merah ada pedagang bubur ayam yang sudah berjualan sejak lama dan selalu dicari ketika di kawasan Jalan Merdeka. Lapak tersebut bernama Bubur Ayam Kumis.

Baca Juga:  7 Kuliner Malam Makassar Yang Nikmat Untuk Disantap
Bubur Ayam Pak Kumis
Bubur Ayam Pak Kumis Bogor, Foto oleh Idn Times

Cukup dengan Rp17.000 kamu akan mendapatkan satu porsi bubur ayam dengan sate jeroan. Satu porsi bubur ayam kumis terdiri dari bubur ayam yang hangat, toping suwiran ayam, remahan kerupuk, kacang tanah, sate usus, dan sate ampela. Kalau kamu suka pedas, kamu bisa menambahkan sambal yang gurih dan pedas sangat cocok berpadu dengan hangatnya bubur ayam. Kenikmatan hakiki untuk menghangatkan tubuh di malam hari.

6. Kue Pukis

Makanan manis satu ini menjadi kue yang cocok untuk melengkapi wisata kuliner malam di Jembatan Merah. Kue pukis dengan adonan yang lembut dan bagian luar yang crunchy sangat pas dimakan saat hangat. Aroma manis pukis yang khas membuat banyak orang tidak bisa menolak untuk membelinya.

Kue-Pukis
Kue Pukis Bogor, Foto oleh Kampung Kaleng

Di sepanjang jalan Merdeka, ada satu lapak pukis yang menjajakan pukis dengan berbagai varian rasa. Mulai dari coklat, kacang, dan keju tersedia disini. Harga satu pukis hanya Rp2.500 saja. Kamu bisa membeli satu kotak pukis untuk mengganjal perut di malam hari.

7. Es Teler Alpukat

Setelah berkeliling daerah Jembatan merah, sepertinya segelas Es Teler Alpukat akan menutup wisata kuliner malam kali ini. Serutan es, potongan buah nangka dan alpukat, siraman kuah santan dan legitnya sirup cocopandan menjadi perpaduan yang sempurna. Lelah dan penat setelah berjalan jauh, akan terbayar dengan kesegaran Es Teler Alpukat ini.

Es Teler Alpukat
Es Teler Alpukat Bogor, Foto oleh Google Maps

Jembatan Merah Bogor bisa dibilang menjadi destinasi pilihan yang menyediakan banyak makanan dalam satu kawasan. Sangat cocok sekali untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu tetapi ingin mencicipi berbagai makanan khas dari Kota Bogor. Kota ini juga ramah bagi para backpacker yang memilih untuk berjalan kaki ketika travelling.

Berwisata di Jembatan Merah Bogor lebih puas ketika perutmu dalam keadaan kosong. Jadi kamu akan lebih menikmati lezat dan gurihnya makanan yang dijajakan. Sudah siap menikmati lezatnya kuliner malam Bogor?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *