Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

20 Pusat Oleh-Oleh Surabaya Terlengkap dan Murah!

6 min read

Toko Bhek Putra

Kota Surabaya tidak hanya terkenal dengan ragam wisata kuliner yang khas dan bercita rasa nikmat. Oleh-oleh khas Kota Surabaya pastinya juga sayang untuk dilewatkan. Saat kamu bingung mencari tempat membeli buah tangan khas Surabaya, referensi berbagai jenis pusat oleh-oleh Surabaya dari Kuliner Kota bisa jadi pilihan. Mau tau apa saja pusat oleh-oleh di Surabaya favorit dan hits? Yuk, cek artikel berikut ini!

1. Snow Cake Surabaya

Siapa yang tak kenal dengan makanan kekinian yang satu ini? Kue yang berasal dari kombinasi kue spiku dengan pastry lalu ditambah dengan taburan topping sesuai selera. Untuk mendapatkan Snow Cake Surabaya kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh Surabaya yaitu berbagai macam outlet yang sudah tersebar di seluruh kota. Salah satunya outlet Snow Cake Surabaya yang berada di Jalan Raya Jemursari 91. Tertarik untuk menjadikan oleh-oleh khas satu ini sebagai buah tangan?

Snow Cake Surabaya
Snow Cake Surabaya, Foto oleh Taufik Hidayat

2. Wisata Rasa 

Ingin membawa pulang jajanan yang lagi ngehits di Kota Surabaya? Wisata Rasa tempatnya. Salah satu pusat oleh-oleh Surabaya yang memproduksi Almond Crispy dengan rasa enak dan pastinya bikin ketagihan. Tidak hanya Almond Crispy, Wisata Rasa juga menyediakan beberapa pilihan camilan lain seperti Lapis Surabaya, Kue Blinjo dan Kue Mente yang menjadi oleh-oleh khas di Kota Surabaya dan dapat kamu jadikan buah tangan untuk keluarga, saudara, bahkan tetangga kamu. Soal harga tidak perlu cemas, camilan dari Wisata Rasa ini hanya berkisar mulai dari Rp30.000, tergantung varian rasa yang kamu pilih. 

Wisata Rasa Surabaya
Wisata Rasa Surabaya, Foto oleh Family Goers Com

Selain itu, jangan khawatir, Toko Wisata Rasa ini sudah membuka 4 cabang loh! Diantaranya di Jalan Basuki Rahmat, Jalan Raya Jemursari, Jalan Genteng Besar, dan Jalan Mayjend Sungkono. Buat kamu yang penasaran langsung datang dan borong semua oleh-olehnya ya!

3. Sambal Bu Rudy

Kalangan anak muda biasanya sangat menyukai makanan bercita rasa pedas. Oleh-oleh satu ini juga sangat terkenal dengan sensasi pedasnya yang menggoda selera, namanya Sambal Bu Rudy. Salah satu oleh-oleh sambal yang paling banyak disukai di daerah Surabaya. Diolah dari rempah pilihan dan diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.

Sambal Bu Rudi  Surabaya
Sambal Bu Rudi Surabaya, Foto oleh Teh Pucuk Harum Com

Selain itu, Sambal Bu Rudy ini sangat praktis untuk kamu bawa kemanapun karena dikemas dengan wadah yang ekonomis. Jika kamu ingin mencoba dan membelinya kamu bisa mendatangi Depot Bu Rudy yang terdapat di Jalan Anjasmoro No.45, Kec. Sawahan, Surabaya.

4. Pasar Atom

Siapa yang tidak mengenal pusat perbelanjaan terbesar di Kota Surabaya satu ini. Pasar Atom namanya. Pasar Atom berdiri sejak 1972. Uniknya saat peringatan 17 agustus selalu dirayakan dengan melakukan upacara yang diikuti oleh warga Pasar Atom. Di Pasar Atom kamu bisa menemukan berbagai macam keperluan sampai oleh-oleh khas dari Kota Surabaya. Tepatnya di Jalan Bunguran No. 45, Kota Surabaya yang buka mulai 10.00 sampai 17.00. Tertarik untuk belanja oleh-oleh Surabaya di tempat ini?

Pasar Atom Surabaya
Pasar Atom Surabaya, Foto oleh Pasar Atom Com

5. Toko Oleh-oleh Panen Raya

Mau cari pusat oleh-oleh Surabaya? Toko Oleh-oleh Panen Raya tempatnya. Kamu dapat menemukan segala jenis makanan yang kamu inginkan mulai dari bermacam keripik, bahkan hingga berbagai jenis sambal juga ada di toko ini. Tentunya lengkap dan pastinya ramah di kantong. Recommended bukan untuk dijadikan tempat berbelanja oleh-oleh saat berada di surabaya?

So, jika kamu penasaran ingin mengunjungi Toko Oleh-oleh Panen Raya kamu bisa datang ke Jl. Raya Nginden No.88 B, Baratajaya, Kec. Gubeng, Surabaya. Apalagi Toko Oleh-oleh Panen Raya ini sangat dekat dengan Stasiun Wonokromo loh!. Tunggu apalagi langsung datang dan serbu habis oleh-olehnya ya!

Toko Panen Raya Surabaya
Toko Panen Raya Surabaya, Foto oleh Tia Artis

6. Pasar Turi

Pasar Turi merupakan salah satu tempat yang menjadi favorit untuk berbelanja oleh-oleh saat di Kota Surabaya. Menawarkan mulai dari makanan khas, fashion hingga barang elektronik ada di tempat ini. Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh tapi masih bingung datanglah ke Pasar Turi. Selain terkenal dengan harganya yang murah, Pasar Turi identik dengan pembelian dalam jumlah banyak atau grosiran. Tertarik untuk berbelanja di salah satu pusat oleh-oleh ini?  Untuk itu kamu bisa datang di Jalan Pasar Turi, Jepara, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

Pasar Turi Surabaya
Pasar Turi Surabaya, Foto oleh Wisata Negeri com

7. Dupak Grosir

Jika anda belum sempat mampir belanja ke Pasar Turi, Dupak Grosir bisa jadi salah satu pilihannya.Terletak di Jl. Gundih, Kota Surabaya yang buka mulai pukul 09.00-16.000 menjadikan tempat ini selalu ramai setiap harinya. Kamu bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Surabaya di tempat ini dan pastinya dengan harga yang terjangkau. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk membawa banyak oleh-oleh dari pusat perbelanjaan ini.

Dupak Grosir Surabaya
Pasar Dupak Grosir Surabaya, Foto oleh Sandal Melangkah Com

8. Pasar Genteng

Bagi kamu yang sedang berada di Surabaya, Pasar Genteng harus jadi salah satu pusat oleh-oleh yang wajib dikunjungi saat masih Surabaya. Terletak di Jalan Genteng Besar, Kota Surabaya yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya maupun kota-kota lainnya. Mulai dari aneka kerupuk, olahan ikan bahkan hingga aneka ragam sambal petis juga ada, tentunya untuk harga juga terjangkau. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke pusat oleh-oleh ini saat berada di Surabaya.

Pasar Genteng Surabaya
Pasar Genteng Surabaya, Foto oleh Food Grapher Com

9. Toko Sudi Mampir

Pusat perbelanjaan oleh-oleh yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Toko Sudi Mampir, berdiri sejak tahun 1970-an dan masih eksis sampai hari ini. Menjadi salah satu spot belanja oleh-oleh yang terdapat di kawasan Pasar Genteng yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas Surabaya. Tetapi tentunya Bandeng Asap harus jadi oleh-oleh wajib yang harus kamu bawa pulang karena cita rasa yang nikmat dan bikin ketagihan. 

Toko Sudi Mampir Surabaya
Toko Sudi Mampir Surabaya, Foto oleh Muhammad Nugraha Lazuardy Ramadhan

10. Toko Bhek Putra

Toko Bhek Putra
Toko Bhek Putra, Foto oleh Zonatamasya Blogspot Com

Tidak perlu bingung untuk mendapatkan makanan khas Surabaya, Toko Bhek Putra menjadi salah satu pusat oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Berbagai olahan bandeng mulai dari bandeng presto, bandeng isi atau bandeng asap bisa kamu dapatkan disini untuk menjadi buah tangan. Untuk makanan ringan juga tersedia mulai dari dodol, keripik, bahkan ikan asin pastinya ada dan lengkap. Tentunya beragam buah tangan disini dijual dengan harga bervariasi dan terjangkau. Itulah sebabnya, jangan lupa mampir di Toko yang berada di Jalan Genteng Besar No.75, Genteng, Kota Surabaya.

11. Cak Cuk

Cak Cuk Surabaya
Cak Cuk Surabaya, Foto oleh Pontadox Blogspot Com

Jika sudah berbelanja camilan khas Surabaya, kini saatnya sobat Kuliner Kota berburu ragam pernak perniknya. Pusat oleh-oleh Surabaya Cak Cuk yang menjual beragam kaos dengan motif khas Surabaya ini wajib kamu datangi. Mulai dari motif tulisan dengan bahasa khas arek Suroboyo, desain tempat wisatanya ataupun desain monumen Sura dan Baya kebanggan kota Surabaya. Cukup unik bukan? Nah, untuk itu kamu bisa mengunjungi tokonya yang berada di Jalan Dharmawangsa 35, Surabaya.

12. Surabaya Patata

Surabaya Patata
Surabaya Patata, Foto oleh Surabayapatata Com

Sobat Kuliner Kota pastinya sudah familiar dengan Youtuber kondang Ria Ricis bukan? Namun, bagaimana dengan kue Patata yang diluncurkan oleh Ria Ricis dan Kakaknya? Patata dari bahasa Spanyol artinya kentang, jadi sudah bisa ditebak kalau bahan baku membuat kue ini adalah dari kentang Spanyol. Tampilannya sangat menggoda dengan filling green tea, cheese, nutella, tiramisu, banana chocolate dan krim oreo yang menjadi andalan. Bagi kalian penggemar cake, wajib berkunjung ke outletnya yang ada di Jalan Dharmahusada Nomor 187, Mojo, Kota Surabaya. Per box kue Patata bisa kamu nikmati bersama keluarga dibanderol mulai Rp65.000 – Rp68.000.

13. Sentra UKM Merr

sentra ukm merr
Sentra Ukm Merr, Foto Oleh Surabaya Go Id

Sentra UKM Merr adalah pusat oleh-oleh Surabaya yang selalu menjadi incaran berbelanja buah tangan. Tempat unik ini merupakan wadah bagi pengusaha-pengusaha kecil dan menengah untuk memperdagangkan atau mempromosikan produk mereka. Di Sentra UKM Merr kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam barang lokal dari Surabaya, mulai dari perhiasan, kain batik sampai camilan khasnya.

Tidak hanya itu, keunikan kerajinan tangan khas Surabaya juga bisa kamu temukan disini. Itulah sebabnya ketika kamu sedang bingung mencari tempat berbelanja buah tangan, datang saja ke Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno No. 11, Surabaya. Jadi, mau memborong semua buah tangan dari sini?

14. Abon Daging Sapi Asli Bu Sarti

abon daging sapi asli bu sarti
Abon Daging Sapi Asli Bu Sarti, Foto Oleh Youtube Com

Buah tangan favorit yang juga wajib kamu bawa pulang adalah Abon Sapi Bu Sarti. Pusat oleh-oleh khas Surabaya satu menyediakan buah tangan berupa abon sapi dengan cita rasa gurih, awet dan tentunya cocok dijadikan menu pendamping masakan. Selain itu, kamu juga bisa memilih dua variasi rasa yaitu pedas dan manis. Jadi, ketika bertandang ke Surabaya belum sah rasanya ketika tidak mengunjungi tempat belanja buah tangan Abon Daging Sapi Asli Bu Sarti yang berlokasi di Jalan Padmosusastro No. 86, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya.

15. World Trade Center Surabaya

world trade center surabaya
World Trade Center Surabaya, Foto Oleh Setiapgedung Web Id

World Trade Center adalah pusat oleh-oleh Surabaya yang bertema pasar modern. Memiliki bangunan lima lantai dimana kamu akan menemukan semua buah tangan sampai dengan aksesoris handphone disini. Tempat oleh-oleh ini bakal jadi surganya wisata belanja di Surabaya, untuk itu sempatkan waktu mampir di World Trade Center Surabaya yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 27-31, Embong Kaliasin, Genteng,  Surabaya.

16. Pasar Ampel

pasar ampel
Pasar Ampel, Foto Oleh Ugikmadyo Com

Bagi kalian yang mengunjungi makam Sunan Ampel maka Pasar Ampel wajib banget kamu kunjungi. Di pusat oleh-oleh sekitaran Ampel ini kamu akan menemukan ragam buah tangan mulai dari makanan, aksesoris, pakaian dan masih banyak produk menarik lainnya. Tentunya juga murah meriah dan lengkap, jadi cocok banget dijadikan sebagai tujuan wisata belanja. Pasar Ampel berlokasi di Jalan Ampel Masjid, Surabaya. Jadi, cocok banget bukan dijadikan tempat belanja buah tangan khas Surabaya?

17. Pasar Pantai Kenjeran

pasar pantai kenjeran
Pasar Pantai Kenjeran, Foto Oleh Sewamobilvip Com

Ada beragam pasar tradisional yang dapat kamu temukan ketika berada di Surabaya, salah satunya adalah Pasar Pantai Kenjeran. Pusat oleh-oleh Surabaya yang letaknya dekat dengan Pantai Kenjeran ini menyuguhkan bermacam oleh-oleh mulai dari kerupuk ikan, ikan asap dan terasi. Tentunya harga yang ditawarkan juga murah meriah. Jadi, recomended banget untuk dijadikan surganya wisata belanja ketika berada di Surabaya.

18. Pasar Blauran

pasar blauran
Pasar Blauran, Foto Oleh Lidbahaweres Com

Sedang berburu jajanan tradisional di Kota Pahlawan? So, coba pergi ke Pasar Blauran dan temukan berbagai jenis makanan tradisional yang enak disini. Di pusat oleh-oleh Surabaya ini kamu akan mudah menemukan penjual jajanan tradisional seperti kue usus, kue cucur, lapis, getuk sampai gorengan. Tak hanya eksis dengan kudapan yang melegenda, Pasar Blauran juga tidak mau melewatkan pakaian dan aksesoris cantiknya yang tentunya bisa dijadikan cinderamata. Untuk itu, ketika kamu tertarik datang ke Pasar Blauran, tempat belanja buah tangan ini berlokasi di Jalan Kranggan, Tembok Dukuh, Kecamatan Sawahan, Surabaya.

19. Bogajaya

bogajaya
Bogajaya, Foto Oleh Bogajaya Co Id

Pusat oleh-oleh Surabaya selanjutnya adalah Bogajaya. Toko buah tangan kualitas premium ini menghadirkan berbagai jajanan khas Surabaya seperti sambal Surabaya, almond cheese, kerupuk udang, lapis dan lain-lain. Selain menyediakan aneka macam buah tangan terlengkap, Bogajaya juga jadi salah satu oleh-oleh melegenda sejak tahun 1976. Berada di Jalan Genteng Besar 69, Surabaya, tempat ini wajib jadi jujugan kamu ketika bertandang di Surabaya.

20. Petis Udang Ny. Siok

petis udang ny siok
Petis Udang Ny. Siok, Foto Oleh Bukalapak Com

Petis Udang Ny. Siok, salah satu bahan olahan yang tak bisa kamu lewatkan saat berada di Surabaya. Petis ini merupakan bumbu yang kaya rasa, hangat dan memiliki aroma khas. Produk Petis Udang Ny. Siok menggunakan bahan pilihan dengan kualitas terbaik, halal dan tanpa pengawet. Kamu bisa menemukan keistimewaan petisnya di Jalan Gajah Mada Nomor 34, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Untuk satu kotaknya sekitar Rp35.000. Selain kepopuleran petisnya, pusat oleh-oleh Ny. Siok juga memproduksi terasi dan sambal terasi yang punya cita rasa khas dan nikmat. Jadi, tertarik mampir dan berbelanja buah tangan disini?


Cukup beragam bukan tempat oleh-oleh khas Surabaya di atas? Kamu bisa mengunjungi selagi berada di Surabaya. Jangan lupa siapkan budget dan borong semua oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah. Jadi, ketika kamu bertandang kesini mau mampir ke pusat oleh-oleh mana terlebih dahulu?

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

3 Replies to “20 Pusat Oleh-Oleh Surabaya Terlengkap dan Murah!”

  1. Pernah ke semua tempatnya sih dan recommend bgt tempat-tempatnya. Infonya lengkap bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *