1. Tempat oleh-oleh

Alamat, Daftar Harga, & Menu di Pabrik Bakpia Pathok 25

Siapa yang tidak tahu Bakpia Pathok 25? Salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Yogyakarta. Walaupun terdapat sekian banyak merek bakpia yang berjejer di Yogyakarta, Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu yang paling terkenal dengan cita rasanya dan sudah menjadi bagian ciri khas Jogja, lho! 

Selain memesan, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik Bakpia Pathok 25 dan ikut melihat proses pembuatannya. Setelah itu bisa mencicipi bakpia hangat yang baru keluar dari oven. Nah, kali ini Kuliner Kota akan membahas mengenai sejarah, alamat, jam buka, dan daftar harga dan menu Bakpia Pathok 25. Yuk simak informasinya berikut ini!

Lezatnya Bakpia Pathok, Oleh-Oleh Legendaris Khas Jogja

Bakpia Rasa Kacang Hijau (@bakpiapathok25official on Instagram)
Bakpia Rasa Kacang Hijau (@bakpiapathok25official on Instagram)

Jika mengenai tempat wisata di Yogyakarta pasti yang terlintas di pikiran kita adalah Keraton atau Taman Sari. Sedangkan mengenai makanan khas Jogja, Bakpia Pathok 25 tak terpisahkan dari titel oleh-oleh legendaris khas Jogja. Kemudian tak hanya menjadi oleh-oleh, Bakpia Pathok 25 sudah menjadi ciri khas Jogja, alasannya karena bakpia ini dikenal dengan cita rasanya yang lezat. Pada mulanya, sudah sejak dulu sudah dijadikan andalan makanan khas oleh-oleh Yogyakarta. Jika kamu pergi ke Yogyakarta, pasti banyak sekali teman atau saudara yang minta dibawakan bakpia ini. Alasannya selain lezat, harganya pun sesuai dengan kualitas dan mutu yang dijamin. 

Namun, selain kamu bisa memesan bakpia, tentu saja kamu juga bisa melihat proses pembuatannya di pabrik Bakpia Pathok 25 Jogja. Di samping kamu dapat mengamati bagaimana bakpia dibuat, kamu juga bisa menikmati bakpia hangat yang baru keluar dari oven, lho! Selain itu, bakpia yang dijual langsung di pabriknya lebih murah dibandingkan beli di outlet utamanya.

Sejarah Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok Premium (@day.mall on Instagram)
Bakpia Pathok Premium (@day.mall on Instagram)

Pabrik Bakpia Pathok 25 didirikan oleh Tan Aris Nio, seorang keturunan Tionghoa pada tahun 1948. Asal mula nama Bakpia Pathok ialah diambil dari nama kampung Pathuk, Jogja, tempat didirikannya pabrik ini. Sedangkan angka 25 diambil dari nomor rumah Tan Aris Nio dan dijadikan merek dagang sejak tahun 1980. Pada mulanya, bakpia ini merupakan roti isi yang berisikan daging babi. Namun, setelah berkembang sekian lama dan mayoritas masyarakat Jogja adalah muslim, isian bakpia mulai dimodifikasi dengan kacang hijau. Hingga kini terdapat banyak varian rasa yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kesukaan pelanggan.

Faktanya, saat ini Pabrik Bakpia Pathok 25 sudah diwariskan kepada anak Tan Aris Nio, yaitu Arlen Sanjaya. Dalam setiap harinya, jumlah produksi bakpia tidak tetap karena produk yang disajikan selalu hangat dan baru. Namun, biasanya pabrik memproduksi 5-7 adonan dengan setiap satu adonan dapat menghabiskan 15 kg tepung terigu.

Jika sedang ramai atau musim liburan, produksi dapat mencapai 10-15 adonan setiap harinya. Meskipun bakpia yang hangat lebih nikmat rasanya, Sobat Kuliner jangan khawatir untuk membawa pulang bakpia ini. Karena untuk ketahanan, Bakpia Pathok 25 mampu bertahan hingga 6-7 hari. Jika ingin tahan lebih lama, masukkan ke dalam kulkas atau freezer dan bisa bertahan sekitar 3 bulan.

Bakpia ini sudah mempunyai 5 outlet cabang yang tersebar di seluruh Jogja. Berikut toko cabang beserta alamatnya.

1. Bakpia Pathok 25 Pathok Jaya

Lokasi: Jl. Karel Sasuit Tubun No.12-14, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261

2. Bakpia Pathok 25

Lokasi: Jl. Karel Sasuit Tubun No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132

3. Bakpia Pathok 25 Kembang Jaya

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto Jl. Kembang Raya No.Km, RW.9, Karangploso, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

4. Bakpia 25 Bandara Jaya 

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.KM 9, Sambelegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

5. Bakpia Pathok 25 Jogja

Lokasi: Jl. Patukan Jl. Bhayangkara Ng 1 No.631, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261

Tak hanya dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, ternyata outlet cabang dan pabrik Bakpia Pathok 25 di Jogja ini sering kali dikunjungi wisatawan mancanegara. Contohnya seperti dari Amerika Serikat, Malaysia, dan Belanda. Wah, sangat legendaris, ya! 

Alamat & Jam Buka Pabrik Bakpia Pathok 25 di Jogja

Selanjutnya jika kamu ingin mengunjungi pabrik Bakpia Pathok 25, bisa datang ke alamat Jl. AIP II KS Tubun No. 504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian untuk lokasinya persis di belakang Malioboro dan sedikit masuk gang, sehingga kondisinya tidak seramai pengunjung di outletnya.

Lalu, jam buka pabrik Bakpia Pathok 25 mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 23.00 malam. Meskipun begitu, kamu tak usah khawatir dengan kualitasnya, karena pabrik Bakpia Pathok 25 selalu memproduksi bakpia yang baru dan hangat.

Daftar Harga dan Menu di Pabrik Bakpia Pathok 25

Untuk satu dus Bakpia Pathok 25 terdiri dari 15 biji bakpia dengan harga mulai dari 35 ribu hingga 50 ribu rupiah. Berikut daftar harga dan varian rasanya.

Varian

Harga

Kacang HijauRp. 45.000
NanasRp. 45.000
CoklatRp. 45.000
KejuRp. 45.000
Aneka RasaRp. 55.000
Premium KejuRp. 55.000
Premium Kacang HijauRp. 55.000
Premium CoklatRp. 55.000
Premium CappucinoRp. 55.000
Premium DurianRp. 65.000
Premium Ubi Ungu Rp. 55.000
Premium Kumbu HitamRp. 55.000
Premium Green TeaRp. 55.000


Baca Juga:  Legitnya Tiramisusu by Chocomory Khas Bandung yang Viral!

Sobat Kuliner, perlu ingat bahwa harga dapat sewaktu-waktu berubah, ya. Sehingga bisa saja harga di toko juga pabrik berbeda dengan yang tercantum di sini. Bagaimana Sobat Kuliner, sudah tertarik membeli oleh-oleh legendaris Jogja ini? Bagi kamu yang berasal dari luar kota, makanan khas Jogja ini jangan sampai terlewat untuk dicicipi. 

Karena sayang rasanya sudah jauh-jauh ke Yogyakarta, namun belum pernah mencoba Bakpia Pathok 25. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk datang ke pabrik Bakpia Pathok 25 agar dapat mencoba bakpia yang masih hangat. Nah, itu dia informasi mengena toko dan pabrik Bakpia Pathok 25. Semoga bermanfaat, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Alamat, Daftar Harga, & Menu di Pabrik Bakpia Pathok 25

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]