1. Resep

Resep Tumis Kacang Panjang Tempe Kecap Enak Buat Makan Siang

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang melimpah. Beragam jenis sayuran dapat dengan mudah kita temui di pasar. Selain bergizi dan sehat, harga sayuran juga relatif lebih murah dibandingkan dengan daging. Contoh sayuran yang sering dikonsumsi ialah kacang panjang dan tempe.

Biasanya masyarakat mengolah tempe menjadi tempe goreng, sedangkan kacang panjang diolah menjadi campuran sayur asem. Namun, jika kamu bosan dengan menu yang itu-itu saja, dapat mencoba tumis kacang panjang tempe yang lezat dan praktis! Kali ini Kuliner Kota akan membagikan resep tumis kacang panjang tempe untuk makan siang. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Lezatnya Tumis Kacang Panjang Tempe untuk Makan Siang

Tempe Orek (@dapurkobe on Instagram)
Tempe Orek (@dapurkobe on Instagram)

Jika persediaan sayur kamu hanya kacang panjang dan tempe, jangan khawatir karena sayuran tersebut bisa diolah menjadi masakan yang lezat, lho! Tinggal mencampur beberapa bahan masakan dan bumbu dapur, maka menu makan siang kamu sudah siap. Selain harganya murah dan mudah didapatkan, kacang panjang dan tempe memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Salah satu menu masakan sederhana yang dapat kamu coba adalah resep tumis kacang panjang tempe.

Seperti yang kita tahu, tempe merupakan salah satu bahan makanan yang sering menjadi menu utama keluarga Indonesia. Dari sepotong tempe dapat diolah menjadi masakan yang nikmat, seperti tempe goreng, orek tempe, tempe semur, dan lainnya. Sedangkan kacang panjang, sering menjadi bahan campuran masakan, seperti sayur asem, sayur bayam, pecel/karedok, dan lain-lain.

Tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang sudah dibuat dan dikonsumsi sejak berabad-abad silam. Sejarah tempe berasal dari masyarakat Jawa yang sejak abad ke-16 sudah mengenal tempe. Bahkan tempe sendiri disebutkan dalam manuskrip Serat Centhini, lho! Disebutkan tempe sebagai hidangan bernama jae santen tempe (sejenis masakan tempe dengan santan).

Dari mana kata tempe berasal? Asal kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Ketika itu, terdapat makanan berwarna putih yang terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi oleh masyarakat Jawa. Bentuk tumpi tersebut terlihat sama seperti bentuk tempe yang juga berwarna putih. Sehingga karena itu hingga saat ini disebut dengan tempe.

Kacang panjang pun sudah dikonsumsi sejak dahulu kala oleh masyarakat Indonesia. Karena relatif lebih mudah ditanam dan dapat diolah menjadi berbagai masakan, menjadikan kacang panjang salah satu bahan makanan yang selalu digunakan oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Jika kamu tidak memiliki waktu banyak untuk memasak. Maka resep tumis kacang panjang tempe sederhana ini bisa kamu coba karena tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Kandungan Gizi dan Kalori pada Tumis Kacang Panjang Tempe

Tempe Mentah Kaya Nutrisi (@story_4us on Instagram)
Tempe Mentah Kaya Nutrisi (@story_4us on Instagram)

Tak semuanya sayuran murah meriah memiliki gizi yang sedikit. Kacang panjang dan tempe adalah contoh beberapa sayuran yang meskipun murah, namun memiliki segudang manfaat. Dari sepotong tempe dan seikat kacang panjang dapat dijadikan resep tumis kacang panjang tempe sederhana yang tak hanya nikmat, namun juga sehat! Berikut kandungan gizi dan kalori dari kacang panjang dan tempe berdasarkan informasi gizi dari Kementerian Kesehatan RI.

Informasi gizi kacang panjang per 100 gram.

KandunganKomposisi GiziKandunganKomposisi Gizi
Energi39 kal (kalori)Beta Karoten131 mcg
Air88,2 g Kalium 100 mg
Protein3 gFosfor91 mg
Serat1,7 gNatrium28 mg
Karbohidrat7,6 gVitamin B20,1 mg
Vitamin C20 mgNiacin0,3 mg
Kalsium100 mg

Informasi gizi tempe per 100 gram.

KandunganKomposisi GiziKandunganKomposisi Gizi
Energi201 kal (kalori)Fosfor326 mg
Protein20,8 gBesi4 mg
Lemak8,8 gKarotin34 mkg
Hidrat Arang13,5 gVitamin B10,19 mg
Serat1,4 gAir55,3 g
Abu1,6 gKalsium155 mg

Resep Tumis Kacang Panjang Tempe Kecap

Bahan-bahan yang digunakan dalam untuk memasak masakan sederhana ini sangat mudah dicari. Dan kebanyakan bahan tersebut pasti tersedia di dapur kamu. Berikut bahan-bahan, resep, dan cara memasak resep tumis kacang panjang tempe kecap.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Indonesia Difficulty:Easy

Servings

45 minutes

Preparing Time

15 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

300 kcal

INGREDIENTS

  1. 1 papan/200 g tempe (bahan dasar)

  2. 1 ikat/100 g kacang panjang(bahan dasar)

  3. 3 siung bawang merah (bumbu)

  4. 3 siung bawang putih (bumbu)

  5. 2 lembar daun salam (bumbu)

  6. 2 buah cabai merah (bumbu)

  7. 1 ruas jahe (bumbu)

  8. 2 sdm kecap manis (bumbu)

  9. 1 sdm saus tiram (bumbu)

  10. 1 cm lengkuas/laja (bumbu)

  11. Sejumput garam (bumbu)

  12. ¼ sdt merica bubuk (bumbu)

  13. ½ sdt gula pasir (bumbu)

  14. 150 ml air (bumbu)

  15. Minyak secukupnya (bumbu)

DIRECTION

  1. Potong kacang panjang berukuran 3 cm, sisihkan. Potong dadu tempe ukuran 1 cm, lalu goreng hingga matang. Angkat dan sisihkan.

  2. Iris halus bawang merah dan bawang putih. Nyalakan kompor, tumis hingga harum.

  3. Masukkan cabai merah, daun salam, juga jahe dan lengkuas yang sudah dimemarkan, tumis hingga matang.

  4. Tambahkan tempe dan kacang panjang, aduk rata.

  5. Tambahkan merica, garam, gula kecap, saus tiram, dan air. Aduk hingga merata.

  6. Jangan lupa cek rasa. Jika masakan sudah tampak kecoklatan dan mengkilap, angkat dan taruh ke atas  piring.

  7. Tumis kacang panjang tempe kecap siap disantap!

NOTES

Baca Juga: 30 Resep Olahan Tempe Lezat, Kekinian & Gampang dibuat

Bagaimana Sobat Kuliner? Cukup mudah bukan memasak resep tumis kacang panjang tempe kecap ini? Selain sehat dan bergizi, tidak membutuhkan banyak waktu untuk memasak. Sehingga meskipun kamu hanya memiliki waktu sejenak, kamu tetap bisa menyantap masakan lezat dan sehat ini! Sekian informasi resep tumis kacang panjang tempe sederhana Kuliner Kota. Semoga informasi ini berguna, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Tumis Kacang Panjang Tempe Kecap Enak Buat Makan Siang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending