Tutorial Cara Membuat Adonan Pempek Palembang Lembut

Cara Membuat Adonan Pempek yang Lembut (sumber: Instagram)
Cara Membuat Adonan Pempek yang Lembut (sumber: Instagram)
Daftar isi

Pempek adalah salah satu makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan dan sagu. Karena berbahan dasar ikan, pempek menjadi salah satu makanan yang bergizi tinggi. Kenikmatan pempek terkenal hingga ke penjuru negeri, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan restoran atau penjual pempek khas Palembang. 

Namun, seringkali kita menemukan kualitas pempek yang berbeda-beda antar para penjual. Hal ini tergantung dari bahan dasar yang digunakan dan juga harga yang dijual. Selain itu, masing-masing penjual memiliki cara membuat adonan pempek yang berbeda-beda.

Meskipun seharusnya menggunakan ikan agar cita rasa yang dihasilkan pun nikmat, masih terdapat penjual yang tidak menggunakan ikan sebagai salah satu bahan bakunya. Dan tekstur pempek yang dihasilkan pun masih terdapat yang tidak lembut atau keras ketika dimakan.

Sebenarnya, selain membeli di restoran atau penjual, kamu juga bisa membuat pempek di rumah, lho! Cara memasaknya tidak terlalu rumit dan bahan-bahan yang diperlukan pun tidak sulit ditemukan. Kali ini, Kuliner Kota akan membahas bagaimana cara membuat adonan pempek Palembang. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Pempek, Kuliner Nikmat Khas Palembang

Seperti yang kita ketahui, pempek merupakan salah satu kuliner khas Palembang. Dengan penyajiannya yang disantap bersama saus kehitaman bernama cuko atau cuka yang pedas. Karena rasanya yang enak, lambat laun pempek menjadi terkenal, dan akhirnya tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. 

Artikel Terkait

Baca Juga:  5 Cara Membuat Boba dari Nutrijel Mudah, Bisa Untuk Jualan Lho!

Setiap masyarakat di daerah tertentu mempunyai lidah dan selera yang berbeda-beda, karena itu terkadang cita rasa pempek di setiap daerah terasa beda dibandingkan dengan pempek yang asli Palembang. Karena rasa yang berbeda-beda, buat kamu yang tinggal di luar pulau Sumatra, dapat mencoba cara membuat adonan pempek agar dapat menyesuaikan cita rasa pempek sesuai dengan selera kamu dan keluarga.

Pempek terdiri atas beberapa jenis, di antaranya kapal selam, lenjer, adaan, keriting, kulit, pistel, lenggang, dan lainnya. Terbuat dari daging ikan yang lembut dan dicampur dengan tepung sagu, pempek pun kaya akan kandungan gizi dan kalori yang tinggi. 

Ikan yang dapat digunakan untuk membuat pempek, yaitu ikan tenggiri, gabus, kakap merah, kuniran, ekor kuning, mata goyang, tongkol, nila, lele, dan lainnya. Penggunaan jenis ikan dapat dipilih sesuai dengan selera, rasa, harga, dan tekstur yang kamu inginkan. Selain itu, penggunaan jenis ikan dapat memengaruhi tingkat kelembutan pempek, lho! Karena itu penting untuk mengetahui cara membuat adonan pempek yang benar.

Kandungan Gizi & Kalori pada Pempek Palembang

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk tubuh kita. Mengonsumsi pempek tidak hanya nikmat, namun juga sehat, lho! Terdapat beberapa kandungan gizi dan kalori dalam pempek yang kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Berikut data kandungan gizi per 100 gram pempek berbahan ikan tenggiri berdasarkan data Kemenkes RI.

  • Energi: 173 kalori
  • Kalsium: 164 miligram
  • Karbohidrat: 33,4 gram
  • Lemak: 1,2 gram
  • Protein: 7,2 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Vitamin B2: 0,02 miligram
Baca Juga:  Resep Kapurung, Kuliner Lezat Sulawesi Selatan & Cara Membuat

Kandungan gizi pada pempek tenggiri termasuk cukup tinggi adalah kandungan, protein, kalori, karbohidrat, dan kalsium. Dan mengkonsumsi pempek tenggiri dapat memperlancar sistem peredaran darah, mengatasi dan menurunkan resiko anemia, mendukung perkembangan janin, dan efek positif lainnya.

Cara Membuat Adonan Pempek Palembang Lembut & Enak

Jika kamu ingin mengkonsumsi pempek sesuai dengan selera, rasa, dan kebutuhan gizi yang diperlukan, kamu dapat membuatnya di rumah. Selain terjaga mutunya, harganya yang lebih murah, dan praktis tidak usah membeli ke restoran atau penjual terdekat. Namun, bagaimana cara membuat adonan pempek lembut agar rasanya lebih mantap? Yuk, simak pembahasan Kuliner Kota di bawah ini.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Appetizer Cusine:Indonesian Difficulty:Medium

Servings

10 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

173 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 gr ikan tenggiri, belida, atau gabus

  2. 100 gr santan

  3. 150 gr tepung sagu

  4. 4-5 siung bawang putih

  5. 1 butir putih telur

  6. 1 tangkai daun bawang

  7. ½ sdm garam

  8. ½ sdt penyedap bubuk

  9. ½ sdm gula

  10. ½ sdt penyedap bubuk

  11. ½ baking powder

  12. ½ sdt bubuk lada

DIRECTION

  1. Cacah halus daun bawang dan haluskan bawang putih, kemudian sisihkan.

  2. Haluskan daging ikan, dapat diuleni menggunakan tangan atau agar lebih halus dapat menggunakan mixer<em> </em>khusus daging. Taruh daging di mangkuk atau wadah besar.

  3. Masukkan putih telur, gula, dan bubuk penyedap ke dalam olahan daging. Aduh secara merata.

  4. Masukkan irisan daun bawang, bawah putih yang sudah dihaluskan, garam, baking powder, dan lada, aduk secara merata.

  5. Masukkan santan, aduk kembali secara merata.

  6. Sambil diaduk, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit.

  7. Setelah semua bahan tercampur, olesi sendok dan tangan dengan sedikit minyak, lalu cetak adonan bulat-bulan atau bentuk lain sesuai keinginan.

  8. Setelah tercetak semua, kukus adonan hingga matang. Setelah itu, pempek siap digoreng.

  9. Ketika penyajian, goreng pempek yang sudah dikukus hingga kering, sajikan di atas mangkuk dan guyur dengan kuah cuko. Pempek Palembang siap disantap!

Baca Juga:  10 Tempat Ngopi Di Sentul yang Dijamin Bikin Betah!

NOTES

Baca Juga: Resep Churros Renyah Tahan Lama, Enak & Gampang Dibuat

Nah, bagaimana Sobat Kuliner, sudah tergugah untuk membuat pempek sendiri di rumah? Selain enak, mengonsumsi pempek secara rutin pun dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lho! Asalkan tidak berlebihan ya, karena kuah cuko sendiri memiliki cita rasa asam, pedas, dan manis. Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai pedas, dapat mengurangi penggunaan cabai. 

Sekian informasi mengenai cara membuat adonan pempek Palembang. Semoga informasi ini membantu, ya!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *