1. Resep

Resep Churros Renyah Tahan Lama, Enak & Gampang Dibuat

Akhir-akhir ini, churros banyak sekali dijual di berbagai tempat mulai dari cafe, coffee shop, restoran, sampai penjual kaki lima. Mengapa makanan ini terkenal dan bagaimana cara membuatnya? Pada kesempatan kali ini, Kuliner Kota akan membahas tentang resep churros dan bagaimana makanan ini populer di Indonesia. Simak informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Mengenal Churros, Makanan Ringan ala Spanyol

Sebelum mencari tahu lebih dalam tentang resep churros, kita akan mengenal apa itu churros terlebih dahulu. Churros adalah salah makanan ringan atau camilan khas Spanyol. Selain Spanyol, camilan ini juga cukup terkenal di daerah Amerika Latin.

Beberapa orang bahkan menyebutkan churros sebagai donat ala Spanyol. Secara adonan dan rasa memang churros mirip sekali dengan donat. Cara memasak  churros pun juga mirip dengan donat yaitu dengan cara digoreng dalam minyak panas. Hal yang membedakannya adalah bentuk.

Churros memiliki bentuk yang memanjang dan lurus, sedangkan donat berbentuk bulat dan berlubang di bagian tengahnya. Terlebih, churros tidak diolesi topping-topping layaknya donat. Cara menikmatinya adalah dengan mencocolkannya atau mencelupkan churros ke coklat leleh seperti mencocolkan french fries pada sambal atau saus tomat.

Makanan ringan satu ini terbilang cukup mudah dibuat oleh siapapun. Resep churros sendiri juga tidak begitu sulit dan bahannya sudah ada di sekitar. Ketenaran churros di Indonesia sendiri naik pada masa pandemi ketika banyak orang terpaksa tetap di rumah. Banyak orang mencoba resep churros dan akhirnya ketenaran camilan ini bertahan sampai sekarang.

Kandungan Gizi Churros

Meskipun churros adalah camilan, tapi makanan ini memiliki kandungan gizi juga, lho. Berikut adalah kandungan gizi dalam satu churros:

  • Energi: 116 kkal
  • Lemak: 7,35 gram
  • Protein: 0,73 gram
  • Karbohidrat: 11,94 gram
  • Kalium: 8 mg
  • Sodium: 37 mg
  • Gula: 6,55 gram
  • Serat: 0,2 gram
  • Kolesterol: 2 mg

Jika kamu tertarik, kamu dapat mencoba resep churros sebagai sarapan. Kandungan gizi yang sudah disebutkan di atas dapat dikatakan cukup untuk memberi kamu tenaga di pagi hari sebelum memulai aktifitas. 

Churros sendiri juga sering menjadi menu sarapan bagi orang orang Amerika Latin dan Spanyol. Kandungan gula dan karbohidratnya memberikan tenaga untuk tubuh supaya dapat melakukan aktivitas dengan optimal karena kandungan gulanya juga tidak terlalu banyak. 

Resep Churros Sederhana

Selanjutnya Kuliner Kota akan membahas tentang resep churros renyah tahan lama dan tentunya lezat. Berikut adalah bahan-bahan serta cara membuat churros yang sudah dibuat oleh Kuliner Kota:

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Spanish Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

116 kcal

INGREDIENTS

  1. 250 ml air matang

  2. 100 gram mentega

  3. 150 gr tepung terigu

  4. 1/4 sendok teh garam

  5. 3 butir telur

  6. Minyak goreng

DIRECTION

  1. Langkah pertama membuat churros adalah merebus air bersama dengan mentega dan garam. Setelah itu, masukkan bahan-bahan lainnya, tunggu sampai air mendidih dan mentega yang sudah dimasukkan tadi meleleh.

  2. Setelah air mendidih dan mentega meleleh, kamu dapat memasukkan tepung terigu, aduk sampai menjadi adonan yang menggumpal dan kalis. Aduk adonan yang sudah terbentuk tersebut sampai tidak menempel pada panci.

  3. Untuk menambah variasi resep churros, kamu juga dapat menambahkan bahan lain seperti remah-remah oreo, susu bubuk milo, atau serpihan biskuit yang sudah dihaluskan. Hal ini dapat kamu tambahkan sesuai selera, jadi terserah kamu untuk berkreasi dengan resep churros satu ini.

  4. Setelah adonan sudah jadi kalis dan tidak menempel pada wadah, kamu dapat memindahkan adonan churros tersebut ke dalam baskom baru dan mendiamkannya sampai sampai dingin.

  5. Langkah selanjutnya adalah memasukkan telur ke dalam adonan. Perlu diingat, kamu perlu memasukkan telur secara bertahap satu per satu, bukan sekaligus. Telur dapat kamu masukkan jika adonan tadi sudah dalam keadaan dingin. Jika adonan yang panas diberi telur maka hanya akan membuat adonan churros rusak.

  6. Kamu dapat mengaduk adonan churros dan telur tersebut menggunakan mixer tapi dengan kecepatan paling rendah.

  7. Setelah tercampur, masukkan adonan ke dalam piping bag dengan ukuran spuit sesuai selera kamu. Kamu dapat melapisi piping bag lagi supaya spuit tidak gampang lepas.

  8. Selagi kamu mempersiapkan adonan churros menggunakan piping bag, kamu dapat memanaskan wajan dengan api sedang terlebih dahulu.

  9. Jika minyak dalam wajan sudah panas, kamu dapat memasukkan adonan tadi ke dalam wajan. Jangan menggunakan api besar ketika memasak churros karena minyak yang terlalu panas dapat membuat resep churros gagal atau churros menjadi gosong.

NOTES

    Meskipun terlihat mudah, kamu tetap perlu memperhatikan detail-detail kecil ketika membuat churros. Pada percobaan pertama mungkin belum sempurna tapi kamu dapat mencobanya lagi supaya resep churros yang kamu buat menjadi sempurna. Sebagai pendamping churros, kamu dapat menggunakan saus coklat leleh atau selai buah-buahan ditemani dengan secangkir cappucino hangat supaya terasa lebih nikmat.

Baca juga: Terbukti Enak, Inilah Resep Banana Nugget yang Mudah

Demikian pembahasan Kuliner Kota kali ini tentang resep churros yang renyah tahan lama dan mudah dibuat. Kamu dapat mencobanya sendiri di rumah dan memberikannya pada orang-orang terdekat. Semoga resep Kuliner Kota kali ini membantu kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Churros Renyah Tahan Lama, Enak & Gampang Dibuat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]