1. Resep

Cara Membuat Bir Pletok Betawi, Cuma Perlu 5 Langkah!

Bir Pletok mungkin merupakan minuman tradisional yang sangat terkenal di daerah Betawi. Bagi kamu yang berdomisili di luar Jakarta, apakah kamu sudah pernah mencicipi segarnya Bir Pletok Ini? Jangan salah, meskipun namanya Bir, minuman khas Betawi yang satu ini sama sekali nggak mengandung alkohol, kok.

Bir pletok sendiri merupakan minuman yang komposisi utamanya yaitu rempah-rempah. Kali ini, Kuliner Kota akan membagikan resep bir pletok yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat Bir Pletok ini? Langsung saja, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Bir Pletok, Minuman Tradisional Khas Tanah Betawi

Bir pletok merupakan minuman penyegar biasa dan tidak mengandung alkohol. Meskipun namanya Bir, namun minuman Bir Pletok ini tidak memabukkan sama sekali. Nama Bir sendiri berasal dari kata bir’un berarti abyar atau sumber mata air.

Minuman yang satu ini dinamai Bir Pletok karena jika kita menaruh campuran rempah-rempah tersebut ke dalam sebuah bambu, dan jika bambunya ditutup lalu dibuka, kemudian dituang, maka keluarlah suara pletok. Ini merupakan suatu alasan mengapa minuman tersebut dinamai Bir Pletok. Lalu, saat ditaruh di teko dan dicampur es batu kemudian dikocok, saat kamu membukanya, kamu akan mendengar bunyi pletok juga.

Kamu juga perlu tahu bahwa sebenarnya Bir Pletok juga sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Hal ini diawali sejak masyarakat Betawi memperhatikan bangsa Belanda yang memiliki kebiasaan minum bir sehingga masyarakat Betawi memodifikasi sebuah minuman dari bahan rempah-rempah. Kemudian, masyarakat Betawi meracik tersebut menjadi Bir Pletok.

Cara Membuat Bir Pletok Betawi

Bir pletok terbuat dari campuran banyak rempah dan agar warnanya lebih menarik ditambahkan kayu secang yang akan memberikan warna merah jika diseduh dengan air panas, untuk warna hijau biasanya ditambahkan pandan. Berikut resep dan cara membuatnya.

Cara Membuat Bir Pletok (sumber - @kosoeka.manis on Instagram)

Resep Bir Pletok Betawi

Kuliner Kota
Prep Time 20 minutes
Cook Time 30 minutes
Course Drinks
Cuisine Indonesian
Servings 3 people

Ingredients
  

  • Secukupnya Jahe
  • Secukupnya Kayu manis
  • Secukupnya Cengkeh
  • Secukupnya Kapulaga
  • Secukupnya Pala
  • Secukupnya Serai
  • Secukupnya Kayu secang

Instructions
 

  • Jahe dibakar hingga berwarna sedikit kecoklatan, lalu digeprek menggunakan ulekan ataupun alat geprek lainnya
  • Kayu manis, serai, kapulaga, pala cengkeh dan kayu secang dicuci bersih
  • Semua bahan dicampur dalam air bersih, kemudian direbus selama 15 menit
  • Campuran direbus kembali hingga mendidih
  • Hasil rebusan disaring dan siap diminum, bisa ditambahkan es batu jika ingin lebih segar
Keyword Cara Membuat Bir Pletok

Khasiat Bir Pletok

Khasiat Bir Pletok (sumber - @ber3_catering on Instagram)
Khasiat Bir Pletok (sumber – @ber3_catering on Instagram)

Bir Pletok biasanya dikonsumsi saat malam hari digunakan untuk penghangat, apabila diminum bir ini terasa pedas dan membuat tubuh terasa hangat

Khasiat dari minuman bir pletok ini adalah untuk memperlancar peredaran darah, meredakan nyeri lambung, radang sendi, dan masuk angin serta mengurangi rasa mual, batuk dan gejala flu ringan.

Selain itu, Bir Pletok juga mampu meningkatkan nafsu makan, membantu menurunkan tekanan darah, dan lain sebagainya. Meskipun nama dari minuman ini seperti minuman memabukkan, siapa sangka jika minuman ini tidak memabukkan sama sekali bahkan minuman ini mengandung banyak khasiat baik bagi tubuh kita karena kandungan rempah-rempahnya.

Minuman ini pun bisa dikonsumsi kapanpun, karena bahan untuk membuatnya juga berasal dari rempah-rempah alami sehingga tidak menimbulkan efek samping apapun. Kamu tidak perlu khawatir kalau semua anggota keluarga minum minuman ini, karena minuman ini aman untuk segala usia, namun bisa diberikan kadar pedas yang lebih rendah jika yang meminum adalah anak kecil atau balita. 

Baca juga: Enak & Segarnya Es Kuwut Bali, 3 Resep Ini Cocok buat Jualan

Setelah membaca dan mengetahui cara membuat Bir Pletok di atas, pasti kamu akan semangat untuk coba membuatnya bukan? Dengan bahan yang tergolong mudah didapatkan dan cara membuat Bir Pletok yang juga sederhana, kamu tak perlu ragu untuk mencoba memasak dan menghidangkannya untuk keluarga kamu. 

Demikianlah resep cara membuat Bir Pletok dari Kuliner Kota, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Bir Pletok Betawi, Cuma Perlu 5 Langkah!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]