1. Resep

Resep Plecing Kangkung Spesial, Nutrisi, & Cara Membuatnya

Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok yang memiliki lezat dan rasa menyegarkan. Masakan ini juga kaya akan nutrisi dan kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, kamu wajib untuk mencobanya!

Tidak perlu khawatir, bumbu plecing kangkung sangat mudah untuk dibuat oleh siapa saja. Kamu juga tidak memerlukan peralatan atau keahlian khusus, lho. Pada artikel kali ini, Kuliner Kota akan mengajakmu untuk melihat bagaimana resep plecing kangkung Lombok. Jadi, simak baik-baik pembahasan berikut ya!

Kisah Legendaris Plecing Kangkung, Hidangan Lezat Khas Lombok

Kisah Legendaris Plecing Kangkung (sumber: @seriminaskitchen on Instagram)
Kisah Legendaris Plecing Kangkung (sumber: @seriminaskitchen on Instagram)

Selain terkenal dengan keindahan pantai, Lombok juga terkenal dengan makanan khasnya, salah satunya adalah plecing kangkung. Warga setempat biasa menyebut makanan ini sebagai “plecing kangkong”. Masakan ini sendiri yang terbuat dari kangkung rebus dengan siraman sambal tomat, terasi, dan garam. Untuk menambah kesegarannya, sambal plecing juga biasa ditambah dengan perasan jeruk limau.

Pada resep asli masakan ini, kangkung yang digunakan adalah kangkung air yang dipetik langsung dari sungai. Kangkung jenis ini cenderung memiliki batang yang lebih besar dengan tekstur renyah.

Ada legenda khusus yang menyelimuti cerita asal usul dari plecing kangkung. Konon katanya pada zaman dulu hidup seorang putri yang berwajah sangat cantik. Namun sayang, putri tersebut selalu menutupi wajahnya sehingga tidak ada orang yang pernah melihat kecantikannya secara langsung.

Suatu hari, juru masak di kerajaan di sana menjadi sangat penasaran dengan wajah tuan putri dan bertekad untuk melihatnya. Ia dikenal sebagai juru masak yang handal dengan masakan yang selalu lezat. Oleh karena itu, sang juru masak pun memutuskan untuk menggunakan keahliannya.

Ia kemudian menciptakan sebuah masakan baru dengan cara makan yang sangat unik. Makanan ini terbuat dari sayuran yang panjang, sehingga untuk memakannya orang perlu menengadahkan kepala dan memasukkannya langsung ke mulut. Dengan cara ini sang juru masak berharap dapat melihat wajah tuan putri.

Sang juru masak pun memperkenalkan masakan barunya ke seluruh penghuni istana dan mempersilahkan sang tuan putri untuk mencobanya terlebih dahulu. Pada saat itulah kecantikkan tuan putri akhirnya terungkap dan membuat semua orang yang melihatnya jatuh hati. Plecing kangkung pun menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang dan berkembang hingga saat ini.

Kandungan Nutrisi dan Kalori Plecing Kangkung

Kandungan Nutrisi dan Kalori Plecing Kangkung (sumber: @zeefoodzzz on Instagram)
Kandungan Nutrisi dan Kalori Plecing Kangkung (sumber: @zeefoodzzz on Instagram)

Plecing kangkung adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan cukup rendah kalori. Terbukti dari data menurut situs Nilai Gizi yang menyebutkan bahwa dalam 100 gram kangkung terdapat 75 kkal kalori, 2.80 gram lemak, 10 gram karbohidrat, dan 2.50 gram protein.

Bukan hanya itu, kangkung dengan sambal plecing juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Ada juga kandungan zat besi dan fosfor yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Untuk menjaga nutrisi dari kangkung, sebaiknya proses pemasakan tidak dilakukan terlalu lama, cukup hingga kangkung mulai layu. Namun, mengkonsumsi kangkung secara mentah juga sangat tidak dianjurkan. Itu karena kangkung mentah beresiko mengandung bakteri atau parasit cacing yang berbahaya.

Resep Plecing Kangkung Lombok dan Cara Membuatnya

Memasak kangkung dengan sambal plecing sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa membuatnya dengan waktu yang singkat dan bumbu plecing kangkung yang sederhana. Tertarik mencobanya di rumah? Yuk, langsung ikuti saja cara membuat plecing kangkung di bawah ini.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Side Dish Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

15 minutes

Cooking Time

5 minutes

Calories

75 kcal

INGREDIENTS

  1. 3 ikat kangkung, ambil daunnya saja

  2. 80 gram tauge, rebus

  3. 1 buah jeruk limau, iris-iris bagian pinggirnya

  4. 7 buah cabai keriting

  5. 3 buah cabai rawit merah

  6. 3 buah tomat, potong-potong

  7. 1 sdt gula merah

  8. 1 sdt garam

  9. ½ sdt terasi, bakar atau goreng

  10. ¼ sdt gula pasir

  11. 50 ml minyak goreng

  12. Kacang tanah secukupnya, goreng

DIRECTION

  1. Siangi kangkung yang sudah disiapkan, kemudian cuci hingga bersih dan rebus sebentar (pastikan jangan terlalu lama, hanya sampai mulai layu).

  2. Haluskan cabai keriting, cabai rawit, tomat, gula merah, dan terasi.

  3. Tambahkan garam, gula pasir, dan perasan jeruk limau.

  4. Panaskan minyak hingga mendidih dan berasap, setelah itu siramkan pada bumbu cabai yang sudah dihaluskan dan aduk.

  5. Siapkan piring saji, tata kangkung dan tauge di atasnya, lalu siram dengan sambal plecing dan taburi kacang tanah goreng sesuai selera.

NOTES

    Baca juga: 5 Resep Nasi Pecel Super Lezat, Info Kalori, & Cara Membuat

    Itulah resep plecing kangkung Lombok yang lengkap dengan kandungan nutrisi dan kisah asal usulnya yang melegendaris. Kamu juga bisa membuat kangkung dengan sambal plecing yang lezat di rumah dan menyajikannya sebagai makan siang atau makan malam. Jadi, tunggu apalagi, jangan lupa catat resep di atas ya!

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Resep Plecing Kangkung Spesial, Nutrisi, & Cara Membuatnya

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

      Trending