1. Resep

Ini Dia Cara Membuat Lava Cake Untuk Menu Natal Keluarga!

Natal dan tahun baru tinggal sebentar lagi. Artinya kamu juga harus bersiap untuk memilih menu apa yang ingin disajikan pada kedua perayaan ini. Jika kamu menyukai kue yang lebih dan lezat disantap saat hangat, maka lava cake adalah pilihan yang tepat! 

Eits, sebelum mengetahui resepnya, mari kita lihat dulu bagaimana asal usul dan kandungan kalori dari kue cokelat yang satu ini. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Asal Usul Lava Cake, Kue Dengan Lelehan Cokelat Cair Nikmat

Lava cake atau molten lava cake adalah hidangan penutup yang sangat populer, terutama di tahun 90-an. Ketenarannya tidak terlepas dari lelehan cokelat fenomenal yang terdapat di bagian tengahnya. Selain itu, kue lava ini juga mempunyai cerita menarik seputar bagaimana ia ditemukan.

Ada dua chef yang sekaligus mengklaim bahwa merekalah yang menciptakan kue cokelat lava ini. Pada tahun 1981, Michel Bras, yang merupakan seorang chef asal Perancis, mengaku bahwa ia berhasil menemukan jenis kue baru setelah 2 tahun lamanya melakukan berbagai penelitian dan percobaan.

Asal Usul Lava Cake, Kue Dengan Lelehan Cokelat Cair Nikmat (sumber: @completelydelicious on Instagram)
Asal Usul Lava Cake, Kue Dengan Lelehan Cokelat Cair Nikmat (sumber: @completelydelicious on Instagram)

Ia membuat hidangan ini di sebuah restoran bernama Laguiole dengan menggunakan bola ganache beku yang dibungkus menggunakan adonan cokelat biasa. Karena panasnya suhu oven, ganache ini pun meleleh dengan sempurna. Ciri khas dari teknik milik Bras ini adalah bentuk kuenya yang sedikit mengempis karena bagian tengahnya yang kosong setelah ganache meleleh.

Semenjak penemuan ini, lava cake pun mulai dikenal oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat biasa, melainkan juga para elit kelas atas Eropa yang tergila-gila akan kelezatannya.

Enam tahun setelah penemuan Bras, seorang chef di New York bernama Jean-Georges Vongerichten mengajukan klaim yang sama atas lava cake. Yang lucunya, penemuan kedua ini justru terjadi karena sebuah kesalahan.

Saat itu, Vongerichten menggunakan oven dengan suhu yang terlalu rendah sehingga kue-kue cokelatnya tidak dapat matang sempurna. Parahnya lagi, ia melakukan kesalahan ini di sebuah acara yang cukup besar dan ada banyak orang yang mencicipi kue tersebut. Ternyata, bagian tengah yang lumer dan terkesan belum matang ini justru menarik perhatian dan disukai banyak orang.

Meski sama-sama mengklaim telah menemukan lava cake, namun sebenarnya metode pembuatan yang dilakukan Bras dan Vongerichten cukup berbeda. Saat ini, lebih banyak orang yang melakukan dengan metode Vongerichten yang dianggap lebih mudah dan praktis.

Kalori Choco Lava Cake & Tips Untuk Membuatnya Lebih Sehat

Kue yang kaya akan cokelat ini kelezatannya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, kamu pasti penasaran dengan kandungan kalorinya, bukan?

Kalori Lava Cake (sumber: @hranchi_ on Instagram)
Kalori Lava Cake (sumber: @hranchi_ on Instagram)

Menurut situs Fatsecret Indonesia, dalam setengah cup atau 115 gram kue lava, terdapat kalori sebesar 330 kkal. Sementara itu, kue ini juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti 8 gram lemak, 2 gram protein, dan 62 gram karbohidrat.

Dengan kandungan kalori yang cukup tinggi, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi kue lava secara berlebihan. Hal itu dapat meningkatkan resiko naiknya berat badan.

Namun, sebenarnya terdapat juga beberapa cara untuk membuat kue lava yang lebih sehat. Berikut adalah tips spesial untuk para Sobat Kuliner di rumah.

  • Ganti pemakaian tepung terigu biasa dengan tepung oatmeal atau almond yang memiliki karbohidrat lebih rendah dan serat lebih banyak.
  • Ganti penggunaan mentega dengan olive oil yang mengandung lemak tak jenuh.
  • Ganti pemakaian gula putih dengan pemanis alami lain, seperti gula palem atau madu.
  • Gunakan dark chocolate yang lebih sehat daripada milk chocolate.

Resep Lava Cake Tanpa Oven Praktis & Mudah Dengan Hasil Sempurna

Setelah mengetahui kandungan kalorinya, sekarang saatnya kita melihat bagaimana cara membuat lava cake yang praktis dan pastinya anti gagal.

Kali ini Kuliner Kota sudah menyiapkan resep choco lava cake yang mudah dan tanpa perlu menggunakan oven. Oleh karena itu, kamu pasti bisa membuatnya kapan saja dan di mana saja. Yuk, langsung catat resepnya berikut.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Western Difficulty:Medium

Servings

10 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

15 minutes

Calories

330 kcal

INGREDIENTS

  1. 100 gram dark chocolate, cincang

  2. 100 gram mentega

  3. 40 gram gula pasir

  4. 2 butir telur

  5. 3 sdm tepung terigu berprotein sedang

  6. 1 sdm cokelat bubuk

  7. ¼ sdt garam

DIRECTION

  1. Lelehkan mentega di atas api sedang, setelah itu matikan kompor dan masukkan dark chocolate yang sudah dicincang. Penting sekali untuk mematikan dulu api sebelum cokelat dimasukkan, karena cokelat mudah gosong dan pecah.

  2. Aduk hingga dark chocolate meleleh dan larut bersama mentega.

  3. Siapkan wadah lain, campurkan telur, gula, dan garam, kocok menggunakan whisk atau mixer hingga telur menjadi pucat.

  4. Tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk kembali.

  5. Setelah campuran mentega dan dark chocolate dingin, tuangkan ke dalam adonan secara perlahan sambil terus aduk agar tercampur rata.

  6. Olesi cetakan dengan mentega, lalu beri cokelat bubuk di sekelilingnya. Pastikan tidak ada cokelat bubuk yang terlalu menumpuk di dalam cetakan.

  7. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga setengah penuh, kemudian tutup dengan kertas alumunium.

  8. Siapkan teflon, didihkan air kira-kira setinggi ⅓ cetakan.

  9. Setelah air mendidih, masukkan adonan dan tunggu selama 10 menit dengan teflon tertutup dan api kecil.

  10. Resep lava cake tanpa oven selesai.

NOTES

    Baca juga: 15 Resep Kue Natal dan Tahun Baru 2022 Sederhana

    Itulah resep dan cara membuat lava cake yang bisa kamu coba langsung di rumah. Kue yang satu ini memiliki rasa yang super lezat dan cocok dihidangkan selagi hangat. Bukan hanya itu, tampilannya pun cantik dan sangat menggoda.

    Jika kamu membuat lava cake di rumah, pastinya perayaan Natal dan Tahun Baru keluargamu pun akan lebih semarak. Jadi, sudah siapkah kamu untuk mencobanya?

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Ini Dia Cara Membuat Lava Cake Untuk Menu Natal Keluarga!

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

      Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

      Trending

      Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
      Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
      Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]