1. Kuliner

30 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari & Modal Rendah [LENGKAP]

Bisnis kuliner selalu terlihat menjanjikan, apalagi dengan adanya berbagai inovasi dan tren makanan baru yang berkembang di masyarakat. Beberapa bisnis makanan bahkan tidak membutuhkan modal yang besar. Ingin tahu bisnis makanan apa sajakah itu? Yuk, langsung saja simak ulasan berbagai ide jualan makanan yang laku setiap hari di bawah ini!

30 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Modalnya Terjangkau!

Berikut adalah berbagai ide jualan makanan yang laku setiap hari yang bisa menginspirasimu untuk membuka usaha sendiri dengan modal rendah. 

1. Tempura

Tempura (sumber: @kkk_drawing on Instagram)
Tempura (sumber: @kkk_drawing on Instagram)

Makanan khas Jepang ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat tempura adalah udang. Namun saat ini kamu juga bisa menjual tempura dengan berbagai variasi, seperti tempura sayuran, ikan, dan jamur.

Karena bahannya yang fleksibel dan cara memasak yang mudah inilah, tempura sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai ide jualan makanan rumahan. Estimasi modal yang kamu butuhkan untuk berjualan makanan ini berkisar dari 500 ribu hingga 1 juta. Sedangkan, satu porsi tempura bisa kamu jual dengan harga Rp. 10.000 – Rp. 25.000.

2. Cilor

Cilor (sumber: @regunancha on Instagram)
Cilor (sumber: @regunancha on Instagram)

Ide jualan makanan yang laku setiap hari berikutnya adalah cilor. Makanan yang sangat populer di Jawa Barat ini sangat digemari oleh banyak orang karena rasa gurih dan tekstur kenyalnya. Cilor biasa disajikan dengan saus atau bubuk cabai untuk menambahkan cita rasa pedas. 

Tapi tahukah kamu, ternyata cilor juga termasuk dalam ide jualan makanan dengan modal 20 ribu saja, lho. Yap, hanya dengan modal 20 ribu bisa kamu membuka usaha cilor skala rumahan yang tidak memerlukan tempat khusus. Untuk mempromosikan jualanmu, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Harga jual cilok satu porsinya bisa kamu jual dengan harga Rp. 5.000.

3. Batagor dan Siomay

Batagor dan Siomay (sumber: @e_ndro on Instagram)
Batagor dan Siomay (sumber: @e_ndro on Instagram)

Baik batagor maupun siomay bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Keduanya memiliki kesamaan bahan baku meski berbeda cara memasaknya, batagor digoreng dan siomay dikukus.

Estimasi modal yang sekiranya kamu butuhkan untuk membuka usaha ini adalah sekitar 1 – 2 jutaan. Batagor dan siomay bisa kamu jual dengan harga Rp. 8.000 sampai Rp. 10.000 untuk satu porsinya.

4. Pempek

Pempek (sumber: @kulinerbandung on Instagram)
Pempek (sumber: @kulinerbandung on Instagram)

Siapa yang tidak tahu makanan khas Palembang yang satu ini? Karena kepopuleranya, pempek memiliki peluang usaha yang sangat menjanjikan. Ide jualan makanan rumahan ini bisa kamu mulai dengan modal sekitar 500 ribu saja.

Namun, jika kamu ingin berjualan pempek di sebuah gerobak atau tempat khusus, maka kamu harus menyiapkan modal lebih, setidaknya 1 sampai 2 jutaan. Harga satu porsi pempek bisa kamu jual dengan rentang Rp. 5.000 – Rp. 8.000.

5. Brownies Kukus

Brownies Kukus (sumber: @koh_aming on Instagram)
Brownies Kukus (sumber: @koh_aming on Instagram)

Oleh-oleh khas Bandung yang satu ini selalu bisa memikat hati banyak orang dengan rasa manisnya yang lezat. Hal hasil, brownies kukus pun menjadi semakin populer dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai ide jualan makanan online kekinian.

Kamu cukup membuat beberapa buah brownies dan mencoba memasarkannya di media sosial. Estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini berkisar dari 500 ribu sampai 1 juta. Untuk harga jualnya, satu brownies berukuran sedang bisa kamu hargai mulai Rp. 50.000-an.

6. Salad Box

Salad Box (sumber: @kulineraddictbdg on Instagram)
Salad Box (sumber: @kulineraddictbdg on Instagram)

Salad box pada umumnya berisi berbagai buah-buahan yang diberi yogurt dan keju. Belakangan ini, salad box sangat digemari karena dapat menjadi alternatif camilan sehat dengan rasa yang lezat.

Untuk ide jualan makanan kekinian yang satu ini, kamu membutuhkan modal awal sekitar 1 jutaan saja. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berjualan salad box juga sangat menggiurkan. Kamu bisa menjual masing-masing boxnya dengan harga mulai 20 – 30 ribu.

7. Dessert

Dessert (sumber: @dapur.bundaaa on Instagram)
Dessert (sumber: @dapur.bundaaa on Instagram)

Selain salad, dessert box juga menjadi primadona di masyarakat. Terutama karena kemasannya yang menarik dan cantik. Kamu juga bisa membuat dessert box yang penuh kejutan dengan kombinasi rasa yang berbeda tiap layer-nya. Ada banyak rasa yang bisa kamu coba tambahkan, mulai dari krim keju, green tea, red velvet, hingga cokelat.

Dessert box juga sangat cocok untuk menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Kamu juga tidak perlu repot-repot menyewa tempat khusus karena bisnis yang satu ini bisa dilakukan dari rumah. Modal awal yang kamu butuhkan hanya berkisar 500 ribu hingga 1 juta saja. Sedangkan satu box dessert bisa kamu jual dengan harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000.

8. Jajanan Tradisional

Jajanan Tradisional (sumber: @iin.primadewi on Instagram)
Jajanan Tradisional (sumber: @iin.primadewi on Instagram)

Jajanan tradisional selalu bisa menjadi ide jualan makanan yang laris di kampung. Apalagi di Indonesia sendiri jajanan ini hampir tidak pernah absen dari berbagai acara-acara besar seperti hajatan. Ada banyak jenis jajanan pasar yang bisa kamu buat untuk memulai bisnismu, contohnya lontong, risol, lemper, dadar gulung, onde-onde, dll.

Perkiraan modal yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu banyak, hanya Rp. 500.000 saja. Setiap jenis makanan bisa kamu hargai dengan harga yang berbeda, mulai dari Rp. 3.000 – Rp. 5.000 per item.

9. Mac N Cheese

Mac N Cheese (sumber: @linasutiono on Instagram)
Mac N Cheese (sumber: @linasutiono on Instagram)

Sekilas mac n cheese sangat mirip dengan makaroni schotel. Untuk membuatnya lebih spesial, kamu bisa menggunakan keju lumer dan tambahan lain seperti daging atau ayam. Tentu saja makanan yang satu ini bisa menjadi ide jualan makanan kekinian yang sangat menarik.

Kamu juga tidak perlu takut untuk memulai usaha mac n cheese, karena kamu bisa mencobanya mulai dari skala kecil dengan modal 500 ribu sampai 1 juta. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menjual makanan ini dalam berbagai ukuran dan kisaran harga Rp. 15.000 – Rp. 30.000 untuk satu porsinya.

10. Potato Tornado

Potato Tornado (sumber: @elbowsmacncheese on Instagram)
Potato Tornado (sumber: @elbowsmacncheese on Instagram)

Gorengan berikut ini sangat mudah untuk dibuat dan pastinya disukai oleh banyak orang. Rasanya yang khas dan teksturnya yang garing adalah pemikat alami yang membuat makanan ini patut masuk ke dalam list ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Mulailah usaha potato tornado dengan modal sekitar 2 – 3 jutaan. Dengan modal ini kamu sudah mendapat peralatan dan tempat yang baik. Biasanya satu tusuk potato tornado dijual dengan harga Rp. 5.000. Jika berhasil, omzet bersih yang bisa kamu dapatkan per harinya bisa mencapai lebih dari 500 ribu.

11. Corndog

Corndog (sumber: @mochinut on Instagram)
Corndog (sumber: @mochinut on Instagram)

Ide jualan makanan yang laku setiap hari ini terinspirasi dari tren Korea yang sedang marak di tengah masyarakat. Corndog aslinya memang merupakan salah satu street food favorit di Korea. Makanan ini terbuat dari sosis yang dibalut dengan tepung jagung tebal. Saat ini banyak juga yang menambahkan isian keju mozarella atau potongan kentang di tepungnya.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal mulai dari 1 hingga 2 juta. Harga satuan dari corndog bergantung pada isian dan variasi rasanya. Namun rata-rata makanan ini biasa dijual dengan harga Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per tusuk.

12. Takoyaki

Takoyaki (sumber: @whattoeatph on Instagram)
Takoyaki (sumber: @whattoeatph on Instagram)

Siapa sih yang tidak suka dengan takoyaki? Makanan yang terbuat dari adonan terigu yang dicetak bulat dan diberi isian gurita di dalamnya ini memiliki cita rasa yang sangat pas untuk lidah orang Indonesia. Apalagi isinya pun bisa diganti sekreatif mungkin, mulai dari keju, udang, atau bahkan ayam. Karena itulah takoyaki dapat menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari dan patut kamu coba.

Untuk membuka usaha takoyaki ini, kamu harus menyiapkan modal sekitar 6 juta. Tapi tenang, dengan harga jual Rp. 20.000 per porsi, berjualan takoyaki bisa meraup keuntungan yang cukup banyak dan dijamin balik modal.

13. Sempol

Sempol (sumber: @solo.foodie on Instagram)
Sempol (sumber: @solo.foodie on Instagram)

Sempol adalah gorengan khas Malang yang terbuat dari tepung tapioka. Biasanya makanan ini menggunakan gilingan ayam atau kornet sebagai campurannya. Karena terbuat dari tepung tapioka, sempol memiliki tekstur yang cukup unik namun justru mampu orang merasa ketagihan. Karena itu pula, sempol bisa menjadi inspirasi ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Harga satu tusuk sempol biasa dijual Rp. 500.00 – Rp. 1. 000. Namun ada juga yang menjual secara paketan, misal Rp. 10.000 isi 8 tusuk. Untuk modal awal untuk membuka usaha ini dari rumah, kamu hanya membutuhkan sekitar 500 ribu.

14. Dimsum

Dimsum (sumber: @widia.ayundyarazka on Instagram)
Dimsum (sumber: @widia.ayundyarazka on Instagram)

Ide jualan makanan yang laku setiap hari berikutnya adalah dimsum. Penggemar dari makanan ini ada dimana-mana dan pastinya bersedia untuk mencoba berbagai varian dimsum yang kamu tawarkan. Jika kamu tertarik untuk membuka kedai dimsum, maka kamu membutuhkan modal sekitar 3 juta. Satu porsi dimsum sendiri biasa dijual dengan harga Rp. 12.000 – Rp. 15.000.

15. Es Krim

Es Krim (sumber: @macheoksperiment on Instagram)
Es Krim (sumber: @macheoksperiment on Instagram)

Makanan yang satu ini sih suka tidak perlu diragukan lagi, baik rasa maupun kepopulerannya. Oleh karena itu, es krim dapat selalu menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari dan pastinya juga menghasilkan omzet tinggi.

Dengan modal awal sekitar 2 juta, kamu sudah bisa mulai membuka bisnis es krim mu sendiri. Untuk satu porsi es krim, kamu bisa mematok harga mulai Rp. 10.000 – Rp. 15.000 tergantung juga pada topping dan varian rasanya.

16. Rice Bowl

Rice Bowl (sumber: @ngemil_lucu on Instagram)
Rice Bowl (sumber: @ngemil_lucu on Instagram)

Masyarakat Indonesia selalu mempunyai minat yang besar terhadap rice bowl. Selain karena rasanya mengenyangkan dan sesuai di lidah, rice bowl juga biasanya sangat dicari untuk dijadikan menu di berbagai acara. Tidak salah lagi, hidangan praktis yang satu ini pasti cocok untuk kamu jadikan ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Satu porsi rice bowl juga bisa kamu hargai dengan cukup tinggi, yaitu mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 35.000. Untuk memulai usaha ini, kamu bisa menyiapkan modal sekitar 1 sampai 2 juta.

17. Minuman Boba

Minuman Boba (sumber: @kerryeatsworld on Instagram)
Minuman Boba (sumber: @kerryeatsworld on Instagram)

Boba telah menjadi salah satu minuman yang paling diminati saat ini. Banyak orang yang rela mengantri hanya untuk mendapatkannya. Melihat hal itu, tentu saja kamu bisa memanfaatkannya sebagai ide jualan makanan yang laku setiap hari dan menguntungkan.

Saat ini, ada banyak franchise boba yang menawarkan paket usahanya dengan harga beragam. Harga franchise yang masih terbilang murah itu berkisar 1 – 2 juta. Atau, jika ingin membuka bisnis boba rumahan, kamu bisa juga mulai dengan modal kurang dari 1 juta. Nantinya, segelas boba dagangan mu bisa dijual dengan harga Rp. 15.000 – Rp. 20.000.

18. Kue Basah Modern

Kue Basah Modern (sumber: @bakingpemula on Instagram)
Kue Basah Modern (sumber: @bakingpemula on Instagram)

Yang dimaksud dengan kue basah modern adalah kue jajanan pasar yang dikemas dan dipasarkan dengan gaya yang lebih kekinian. Contohnya kue basah yang bisa kamu buat, seperti: pie susu, donat kentang, puding, dll. Makanan seperti ini masih sangat digandrungi masyarakat, terutama yang berada di kota besar.

Jika kamu tertarik dengan ide jualan makanan yang laku setiap hari ini,memulainya dengan estimasi modal awal sebesar 500 ribu sampai 1 juta. Untuk harganya bisa kamu sesuaikan dengan masing-masing jenis kue basah, namun secara umum harganya akan berkisar antara Rp. 5.000 – Rp. 8.000 per buah.

19. Cheesecake

Cheesecake (sumber: @seeisall on Instagram)
Cheesecake (sumber: @seeisall on Instagram)

Makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi dengan lidah masyarakat Indonesia. Justru banyak orang yang merasa ketagihan setelah mencobanya sekali. Karena itulah cheesecake juga cocok untuk kamu jadikan sebagai ide jualan makanan online kekinian.

Untuk menghemat modal, kamu bisa membuat cheesecake satuan dalam jar atau box yang dijual dengan harga mulai Rp. 10.000 – Rp. 20.000. Sedangkan modal awalnya sendiri hanya berkisar 1,5 juta saja.

20. Seblak

Seblak (sumber: @seblakblakan.official on Instagram)
Seblak (sumber: @seblakblakan.official on Instagram)

Rasa pedas seblak rupanya berhasil menghipnotis jutaan warga Indonesia. Terbukti dari kepopulerannya yang akhir-akhir ini semakin meroket. Bukan hanya di Bandung atau daerah Jawa Barat, seblak tampaknya juga telah dikenal dan diminati di berbagai wilayah lain. Tak heran jika makanan ini bisa menjadi inspirasi ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Jika kamu ingin mencoba menjual seblak dari rumah, modal awal yang kamu butuhkan hanya sekitar 500 ribu saja. Sedangkan untuk satu porsi seblaknya, kamu bisa jual dengan harga Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

21. Kopi dalam Kemasan

Kopi dalam Kemasan (sumber: @ivanmarchius on Instagram)
Kopi dalam Kemasan (sumber: @ivanmarchius on Instagram)

Kopi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari warga Indonesia. Kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan petani lokal untuk mendapat pasokan biji kopi yang berkualitas dengan harga yang masih terjangkau. Setelah itu, kamu tinggal coba memanfaatkan kekuatan media sosial untuk melakukan branding dan promosi.

Jika merasa sudah menemukan pemasok dan memiliki pengetahuan mengenai biji kopi, maka kamu bisa segera memulai usahanya dengan modal sekitar 2.5 juta. Untuk hasil produknya sendiri kamu bisa jual dengan harga Rp. 50.000 per kilogramnya atau sekitar Rp. 8.000 – Rp. 10.000 per 100 gram.

22. Kebab

Kebab (sumber: @maya_zikri on Instagram)
Kebab (sumber: @maya_zikri on Instagram)

Sekarang berjualan kebab tidak harus selalu di cafe, kamu juga bisa mewujudkan ide jualan makanan yang laku setiap hari ini dari skala kecil dan produksi rumahan. Modal awal yang kamu butuhkan berkisar 500 ribu sampai 1 juta. Namun, jika ingin mempunyai gerobak atau tempat sendiri maka kamu harus menyiapkan modal sedikitnya 3,5 juta.

Harga jual satu kebab ukuran kecil sendiri biasa dipatok sebesar Rp. 10.000. Sedangkan yang berukuran besarnya bisa kamu hargai Rp. 15.000 – Rp. 20.000 tergantung isian dan topping-nya.

23. Toast

Toast (sumber: @summareconmal.bekasi on Instagram)
Toast (sumber: @summareconmal.bekasi on Instagram)

Makanan yang mudah dibuat ini juga bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari dan patut kamu coba. Saat ini, toast memang sedang naik daun di Indonesia. Apalagi dengan image-nya yang sekarang semakin dikenal sebagai teman minum kopi. Target pasarnya sendiri menyasar milenial atau anak-anak muda yang suka makanan kekinian dengan rasa lezat dan mengenyangkan.

Karena kepopulerannya, sekarang ada banyak franchise toast yang menawarkan paket kemitraan murah mulai dari 2 jutaan. Dengan mengikuti kemitraan ini kamu biasanya sudah mendapat brand sekaligus beberapa peralatan yang akan menunjang bisnis mu. Kemitraan ini biasanya mematok harga sebesar Rp. 15.000 – Rp. 20.000 untuk satu buah toast.

24. Kue Cubit

Kue Cubit (sumber: @ivonneniigati on Instagram)
Kue Cubit (sumber: @ivonneniigati on Instagram)

Kue khas Indonesia ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang khas. Cara membuatnya pun mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama. Oleh karena itu, kue cubit sangat pas untuk kamu jadikan sebagai ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Kamu juga bisa membuat kue ini di rumah dan memasarkannya secara online. Dengan begitu modal awal yang kamu butuhkan hanya berkisar 500 ribu – 1 juta saja. Satu porsi kue cubit biasa dijual dengan harga Rp. 8.000 – Rp. 15.000.

25. Martabak Manis Mini

Martabak Manis Mini (sumber: @ourkitchen97 on Instagram)
Martabak Manis Mini (sumber: @ourkitchen97 on Instagram)

Martabak manis selalu menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu, makanan ini sangat cocok untuk menjadi inspirasi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Cukup buat martabak mini dengan rasa dan tampilan yang unik, dan usaha mu pun akan mudah menarik perhatian orang.

Untuk modal awalnya sendiri, kamu membutuhkan kurang lebih 500 ribu saja. Sementara itu, harga satuan untuk martabak mini dipatok sebesar Rp. 5.000.

26. Cilok

Cilok (sumber: @solo.foodie on Instagram)
Cilok (sumber: @solo.foodie on Instagram)

Cilok adalah makanan dengan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatan yang mudah. Meski begitu, rasa gurih dan tekstur kenyalnya berhasil membuat makanan ini menjadi jajanan yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Ide jualan makanan yang laku setiap hari berikut juga tidak perlu modal besar, hanya sekitar 500 ribu saja sudah cukup. Jika menjualnya secara online, kamu bisa mematok harga sebesar Rp. 10.000 – Rp.15.000 tergantung varian dan topping.

27. Sate Taichan

Sate Taichan (sumber: @intankarinaijo on Instagram)
Sate Taichan (sumber: @intankarinaijo on Instagram)

Jenis sate yang berikut ini begitu digemari karena rasanya khas dan lezat. Berbeda dengan lainnya, daging pada sate taichan justru tidak diberi bumbu apa pun. Yang spesial adalah sambal pedas yang biasa menjadi teman makanannya.

Untuk merealisasikan ide jualan makanan yang laku setiap hari ini kamu membutuhkan modal awal sekitar 5 juta lebih. Meski begitu, sate ini bisa dihargai hingga Rp. 25.000 untuk satu porsi yang terdiri 10 tusuknya.

28. Sate Donat

Sate Donat (sumber: @lennacakes17 on Instagram)
Sate Donat (sumber: @lennacakes17 on Instagram)

Donat yang ditusuk dan memiliki tampilan yang menarik ini merupakan ide jualan makanan yang laku setiap hari. Modal untuk usaha ini juga tidak terlalu besar, kamu bisa mulai dengan hanya 500 ribu saja. Yang terpenting adalah membuat sate donat yang unik dan terlihat cantik. Harga satu tusuknya biasa dijual mulai Rp. 2.000 – Rp. 5.000.

29. Catering Makanan Rumahan

Catering Makanan Rumahan (sumber: @komunitas_kuliner on Instagram)
Catering Makanan Rumahan (sumber: @komunitas_kuliner on Instagram)

Usaha catering makanan rumahan dapat begitu menjanjikan, terlebih kamu bisa memulainya dengan modal awal yang terbatas. Dengan hanya 1 juta saja, kamu sudah dapat membuat sampel makanan dan melakukan promosi yang akan menjadi fondasi untuk usaha catering mu. Bagaimana, menarik bukan?

30. Tteokbokki

Tteokbokki (sumber: @co2x5_homecooking on Instagram)
Tteokbokki (sumber: @co2x5_homecooking on Instagram)

Tren Korea yang melanda Indonesia juga rupanya membuat tteokbokki (kue beras) semakin terkenal dan diburu oleh masyarakat. Karena begitu menarik, tteokbokki juga merupakan ide jualan makanan yang laku setiap hari dan menjanjikan. Cara memasaknya pun cenderung mudah, kamu juga bisa menambahkan bahan lain ke dalam menu tteokbokki mu, seperti keju mozarella yang lumer.

Selain usaha tteokbokki secara langsung, kamu juga bisa membuat tteokbokki versi ready to eat dalam kemasan yang praktis. Modal awal untuk membangun usaha makanan ini berkisar mulai 1 – 2 juta. Sedangkan, satu porsi atau kemasan tteokbokki  bisa kamu jual mulai Rp. 15.000 – Rp. 25.000.

Baca juga: Main ke Monas? Ini 30 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba

Itulah berbagai ide jualan makanan yang laku setiap hari dan patut untuk kamu coba. Pastikan juga untuk selalu melihat kesempatan dan peluang yang ada di sekitarmu. Apalagi, saat ini kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang murah meriah namun sangat efektif. Jadi, ayo segera wujudkan ide jualan mu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 30 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari & Modal Rendah [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]

    Trending