20 Menu Hidangan Natal Khas Indonesia, Spesial & Dijamin Enak

Salah satu hidangan natal: poffertjes (sumber: @creperieco on Instagram)
Salah satu hidangan natal: poffertjes (sumber: @creperieco on Instagram)
Daftar isi

Natal adalah salah satu waktu favorit untuk berkumpul bersama sanak saudara dan seluruh keluarga besar. Karena itu, tidak akan lengkap rasanya jika kamu tidak menyajikan berbagai hidangan natal khas Indonesia yang spesial dan lezat di atas meja makanmu.

Jika masih bingung dengan makanan natal khas Indonesia apa saja yang bisa kamu sajikan, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyimak pembahasan yang telah dirangkum oleh Kuliner Kota berikut.

20 Hidangan Natal Khas Indonesia yang Wajib Ada di Meja Makan Keluarga

Berikut ini Kuliner kota sudah menyiapkan 20 hidangan natal khas Indonesia yang wajib kamu sajikan di rumah. Yuk, simak bahasan lengkapnya di bawah ini!

1. Nastar

Nastar (sumber: @koh_aming on Instagram)
Nastar (sumber: @koh_aming on Instagram)

Kue kering yang satu ini rasanya wajib ada ketika perayaan hari-hari besar di Indonesia, tidak terkecuali Natal. Nastar terbuat dari tepung, telur, dan mentega yang diberi isian berupa selai nanas. Namanya sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda dengan asal kata ananas (nanas) dan taart (kue tar).

Saat ini kamu juga bisa membuat nastar dengan berbagai variasi menarik, seperti menggunakan selai coklat atau selai stroberi untuk isiannya. Biasanya makanan natal yang satu ini disajikan untuk menyambut para tamu yang berkunjung ke rumah.

Artikel Terkait

2. Ayam Rica-Rica

Ayam Rica-Rica (sumber: @1001resepmasakon Instagram)
Ayam Rica-Rica (sumber: @1001resepmasakon Instagram)

Hidangan natal ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Dalam bahasa Manado, arti dari rica adalah “pedas” atau “cabai” sehingga secara harfiah ayam rica-rica sama dengan ayam pedas atau ayam yang dibumbui dengan cabai.

Bumbu merah yang terbuat dari cabai dan tambahan bahan lain (seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan jahe) menambahkan rasa pedas dari hidangan khas natal di Indonesia ini. Hidangan natal ini juga sangat cocok untuk dimakan bersama nasi hangat dan taburan bawang goreng.

3. Kue Bagea

Kue Bagea (sumber: @kaliskukis on Instagram)
Kue Bagea (sumber: @kaliskukis on Instagram)

Berasal dari Maluku, makanan natal berikut terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan terigu, gula halus, kayu manis, biji pala, serta cengkeh bubuk. Ada juga yang menambahkan biji kenari atau walnut untuk menambah rasa gurih.

Pada umumnya, kue bagea memiliki bentuk bulat dengan warna putih atau coklat pucat yang didapat dari hasil pemanggangan. Untuk mendapat aroma yang lebih khas, kamu juga bisa membungkusnya dengan daun lontar atau daun enau sebelum dipanggang.

4. Kue Jahe

Kue Jahe (sumber: @na_ta_bel on Instagram)
Kue Jahe (sumber: @na_ta_bel on Instagram)

Sajian kue dengan campuran jahe ini sudah lama menjadi makanan natal favorit di Eropa. Itu karena rasa unik dari rempah yang ada di kue jahe saat cocok dimakan pada saat musim dingin.  Kue jahe menggunakan rempah-rempah berupa jahe, cengkeh, dan kayu manis.

Baca Juga:  10 Resep Olahan Jagung Manis, Lezat & Praktis Untuk Keluarga

Kamu bisa membuat kue ini juga dibuat dengan berbagai macam bentuk Untuk menarik perhatian anak-anak, mulai dari bentuk tanaman, hewan, hingga orang-orangan. Biasanya, kegiatan menghias kue jahe seringkali menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu menjelang hari raya natal.

5. Poffertjes

Poffertjes (sumber: @hapvandedag on Instagram)
Poffertjes (sumber: @hapvandedag on Instagram)

Merupakan adaptasi kue tradisional Belanda, poffertjes menjadi salah satu makanan natal favorit yang biasa disantap saat sarapan di pagi natal pertama. Kue ini mirip dengan panekuk, hanya saja ukurannya lebih kecil dan teksturnya lebih lembut.

Di Indonesia sendiri, makanan ini disebut dengan poporcis dan sangat populer di Maluku. Poffertjes khas Maluku memiliki keunikan karena menggunakan labu kuning yang telah dihaluskan sebagai bahan campurannya.

6. Pai Daging/Buah

Pai Buah (sumber: @juli3sdiary on Instagram)
Pai Buah (sumber: @juli3sdiary on Instagram)

Saat natal, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak membuat pai. Hidangan natal ini terbuat dari kulit kue kering renyah yang dipanggang dengan isian berupa buah atau daging di bagian atasnya. Selain rasanya yang enak, pai juga dapat mengenyangkan dan terlihat cantik sehingga sangat cocok untuk dimakan bersama keluarga di saat natal.

7. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo (sumber: @jogjabikinlaper on Instagram
Babi Panggang Karo (sumber: @jogjabikinlaper on Instagram

Hidangan berupa babi panggang yang berasal dari suku Karo adalah makanan khas natal yang sangat digemari, terutama di daerah Sumtera Utara. Makanan ini berbeda dari babi panggang lainnya karena dihidangkan dalam potongan kecil dan hanya menggunakan bagian daging pilihan saja.

Untuk penyajiannya, hidangan natal ini biasa ditemani dengan daun singkong dan kecombrang yang terlebih dahulu dihaluskan. Ada juga saus khusus yang terbuat dari darah babi yang dimasak dengan bara api dan diberi bumbu yang khas.

8. Klappertaart

Klappertaart (sumber: @pacipluk on Instagram)
Klappertaart (sumber: @pacipluk on Instagram)

Berikutnya ada makanan natal khas Indonesia yang berasal dari Manado, yaitu klappertaart. Bahan dasar untuk membuatnya terdiri dari campuran tepung terigu, kelapa, mentega, telur, dan susu. Resep ini sebenarnya mendapat pengaruh dari Belanda yang menduduki Manado pada masa penjajahan dulu.

Dengan rasanya yang manis, makanan natal ini sangat cocok bila disajikan sebagai makanan penutup. Untuk rasa yang lebih maksimal, kamu juga bisa memakan klappertaart dalam keadaan dingin.

9. Sup Brenebon

Sup Brenebon (sumber: @yudhaarimurti on Instagram)
Sup Brenebon (sumber: @yudhaarimurti on Instagram)

Di daerah Manado dan sekitarnya, sup brenebon atau sup kacang merah adalah hidangan natal yang tidak boleh terlewatkan. Sama seperti klappertaart, sup ini juga mendapat pengaruh dari masakan Belanda. Bahkan, nama brenebon sendiri berasa dari bahasa Belanda, yaitu bruine (coklat) dan bonen (kacang).

Baca Juga:  Daftar Menu, Lokasi Terdekat, & Harga Kopi Kenangan Terbaru 2023

Kuah dari sup brenebon berasal dari kaldu daging yang ditambah dengan bumbu seperti bawang putih, merica, dan rempah-rempah seperti biji pala dan cengkeh.

10. Ayam Kodok

Ayam Kodok (sumber: @winarheza on Instagram)
Ayam Kodok (sumber: @winarheza on Instagram)

Makanan natal ini pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda pada masa penjajahan dulu. Dengan menggunakan bahan dan rempah yang ada di Indonesia, mereka berhasil menciptakan suatu makanan dengan gaya barat yang cocok dihidangkan saat hari-hari besar. 

Penamaan ayam kodok diambil dari bentuk ayam pada hidangan natal ini yang terlihat lebar dan pipih karena sudah tidak bertulang.

11. Ikan Woku

Ikan Woku (sumber: @emmy_gho on Instagram)
Ikan Woku (sumber: @emmy_gho on Instagram)

Olahan ikan dengan bumbu woku juga seringkali disajikan sebagai makanan khas natal di Indonesia. Hidangan natal ini masih termasuk ke dalam masakan Minahasa, Sulawesi Utara. Nama woku sendiri merujuk pada kuah kuning yang dihasilkan dari berbagai bumbu dan bahan, seperti  kunyit, jahe, kemiri, belimbing sayur, dan cabai. Sedangkan, ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tenggiri atau tongkol.

12. Ayam Budu Budu

Ayam Budu Budu (sumber: @pawonkulo on Instagram)
Ayam Budu Budu (sumber: @pawonkulo on Instagram)

Hidangan natal yang terbuat dari ayam ini biasa dinikmati oleh masyarakat Makassar. Rasa dari ayam budu budu sendiri terbilang cukup menyegarkan. Itu karena masakan khas natal ini menambahkan campuran dari air jeruk nipis, air asam jawa, dan jahe. Agar lebih nikmat, ayam budu budu biasa dinikmati dengan sepiring nasi hangat.

13. Kue Lampet

Kue Lampet (sumber: @rockstartiket on Instagram)
Kue Lampet (sumber: @rockstartiket on Instagram)

Lampet atau disebut lappet adalah makanan natal khas Indonesia dari Tapanuli. Adonan kue ini terbuat dari tepung beras dan kelapa parut, sementara isiannya diberi gula merah yang biasanya akan lumer ketika dimasak. Bentuk dari kue lampet seperti limas atau kerucut kemudian dibungkus menggunakan daun pisang untuk menambah aroma yang khas.

14. Ikan Mas Arsik

Ikan Mas Arsik (sumber: @ulieparjekong on Instagram)
Ikan Mas Arsik (sumber: @ulieparjekong on Instagram)

Masyarakat Medan biasanya selalu menyajikan ikan mas dengan bumbu arsik sebagai hidangan natal mereka. Bumbu arsik adalah bumbu khas Batak yang dibuat dengan rempah-rempah lokal, seperti andaliman, lokio, asam patikala, dan kecombrang. Untuk proses memasaknya, cukup rebus saja ikan mas dengan semua rempah dan bumbu.

15. Selat Solo

Selat Solo (sumber: @infomakansolo on Instagram)
Selat Solo (sumber: @infomakansolo on Instagram)

Salah satu hidangan natal yang terkenal di Jawa Tengah, khususnya Solo adalah selat Solo. Kata ‘selat’ sebenarnya mengacu pada salad, meski begitu makanan natal yang satu ini lebih mirip dengan bistik yang disajikan bersama sayuran, seperti buncis, kentang, wortel dan selada. Pelengkap tambahan dari selat Solo biasanya berupa kuah manis khas Jawa yang teksturnya sedikit encer.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Tempat Makan di Purwokerto, Pasti Enak!

16. Ikan Bumbu Kuning

Ikan Bumbu Kuning (sumber: @menurendahkalori on Instagram)
Ikan Bumbu Kuning (sumber: @menurendahkalori on Instagram)

Olahan ikan dengan bumbu kuning sudah sejak lama menjadi salah satu hidangan natal favorit masyarakat Ambon. Bumbu kuning yang khas ini terbuat dari campuran kunyit dan rempah-rempah. Untuk menambah kelezatannya, cobalah makan ikan bumbu kuning bersama dengan papeda yang merupakan makanan pokok dari orang Indonesia Timur.

17. Eggnog

Eggnog (sumber: @redbeardtattoo777 on Instagram)
Eggnog (sumber: @redbeardtattoo777 on Instagram)

Di negara Barat, natal umumnya bertepatan dengan musim dingin. Oleh karena itu, mereka membuat makanan natal yang dapat membantu menghangatkan tubuh, seperti salah satunya eggnog. 

Minuman manis ini terbuat dari kuning telur yang dikocok dan diberi gula, susu, pala, kayu manis serta minuman beralkohol (brendi, rum, atau whiski). Untuk menambahkan aroma, eggnog juga bisa ditambahkan dengan ekstrak vanili.

18. Cupcake Snow Choco

Cupcake Snow Choco (sumber: @cupcakes.now on Instagram)
Cupcake Snow Choco (sumber: @cupcakes.now on Instagram)

Jika kamu suka dengan kue-kue yang terlihat cantik, kamu bisa membuat cupcake snow choco sebagai makanan natal pilihanmu. Meski sekilas seperti cupcake biasa, kamu bisa membuatnya dengan dekorasi berupa whipping cream berwarna putih yang akan terlihat seperti salju.

19. Pa’piong

Pa’piong (sumber: @infotoraja on Instagram)
Pa’piong (sumber: @infotoraja on Instagram)

Hidangan natal khas Toraja ini terbuat dari campuran daging babi atau ayam, parutan kelapa, dan bumbu-bumbu pilihan seperti cincangan bawang putih, jahe, serta serai. Keunikan dari pa’piong terletak pada cara masaknya yang menggunakan potongan bambu sebagai wadah sebelum hidangan khas natal ini dibakar secara tradisional.

20. Permen Batang

Permen Batang (sumber: Farmers' Almanac
Permen Batang (sumber: Farmers’ Almanac

Anak-anak sangat menggemari makanan natal berikut ini, apalagi kalau bukan permen batang. Kamu bisa membuat permen batang secantik mungkin dengan warna dan bentuk yang menarik. Salah satu bentuk yang paling populer adalah bentuk tongkat. Selain sederhana dan indah, permen batang berbentuk tongkat ini juga seolah melambangkan tongkat penggembala sapi yang mendatangi Yesus.

Demikianlah 20 menu hidangan natal khas Indonesia yang pasti akan membuat natal di rumahmu semakin semarak dan spesial. Apalagi beberapa makanan natal di atas bisa kamu coba buat sendiri di rumah dengan bahan dan peralatan yang sederhana. Jadi, ayo segera  rencanakan dan pilih hidangan natal mana yang akan kamu sajikan tahun ini!

Baca juga: 15 Resep Kue Natal dan Tahun Baru 2021 Sederhana

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *