1. Resep

Cara Membuat Teh Bunga Telang, Khasiat, dan Harganya

Tertarik untuk meminum teh bunga telang yang konon kaya akan manfaat itu? Jika iya, maka kamu wajib untuk menyimak artikel yang satu ini. Di sini Kuliner Kota akan mengajakmu untuk mencari tahu tentang khasiat bunga telang, efek samping, dan juga cara membuat teh dari bunga ini. So, pastikan kamu menyimak baik-baik pembahasan di bawah ini ya! 

Bunga Telang, Tanaman Liar dengan Segudang Manfaat

Bunga Telang (sumber: @pandasurya on Instagram)
Bunga Telang (sumber: @pandasurya on Instagram)

Di Indonesia, tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi tumbuh di pekarangan rumah. Beberapa orang bahkan sengaja menanam untuk memanfaatkan bunganya yang dipercaya memiliki segudang manfaat. Namun, sebenarnya apa itu bunga telang?

Bunga telang atau clitoria ternatea adalah tumbuhan Asia Tropis yang termasuk dalam suku polong-polongan. Tanaman ini sangat terkenal dengan bunga yang berwarna biru atau ungu dengan bentuk yang cantik. Meski cukup populer sebagai tanaman hias, beberapa negara justru menjadikannya sebagai bahan obat herba atau pewarna alami.

Di Malaysia, ekstrak bunga ini sering digunakan memberi warna pada nasi ketan. Sementara di Thailand terdapat minuman khusus yang bernama nam dok anchan, minuman ini juga menggunakan bunga telang untuk menghasilkan warna biru yang menggoda.

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia? Di sini, teh bunga telang seringkali dikonsumsi sebagai obat herbal. Itu karena ekstrak bunga ini mengandung berbagai senyawa yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Selain bisa menemukan bunga ini di pinggir jalan atau pekarangan rumah, kamu juga bisa membelinya. Harga bunga telang yang sudah dikeringkan berkisar antara Rp. 10.000 hingga ratusan ribu tergantung pada jumlah dan kualitasnya.

Khasiat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui apa itu bunga telang, selanjutnya mari kita simak berbagai khasiat bunga telang yang bisa kamu rasakan jika mengkonsumsinya dengan teratur. Berikut dia penjelasannya.

Khasiat Bunga Telang (sumber: @kirti7s on Instagram)
Khasiat Bunga Telang (sumber: @kirti7s on Instagram)

1. Meningkatkan Fungsi Memori Otak

Manfaat bunga telang ungu yang satu ini berasal dari senyawa asetilkolin yang terkandung di dalamnya. Pada dasarnya, senyawa yang satu ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal antar sel dalam tubuh. Dengan sinyal inilah, asetilkolin dapat memberi perintah kepada hipokampus (bagian otak yang berkaitan dengan pengolahan memori) untuk menyimpan memori yang dibutuhkan.

Sebenarnya, tubuh kita sudah secara alami menghasilkan asetilkolin, hanya saja jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, konsumsi teh bunga telang dapat membantu memaksimalkan produksi asetilkolin yang akan meningkatkan fungsi memori otak.

2. Meredakan Stres

Berdasarkan penelitian “Pharmacology Biochemistry and Behavior”, diketahui bahwa salah satu manfaat bunga telang ungu adalah untuk meredakan stres. Hal ini dipicu oleh kemampuan bunga telang yang mampu merelaksasi bagian-bagian pada otot pembuluh darah sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

Khasiat bunga telang yang dapat dirasakan setelah mengkonsumsinya bisa dikatakan mirip seperti khasiat obat antidepresan.

3. Membantu Mengatasi Anxiety

Dengan khasiat bunga telang yang dapat meredakan stres, konsumsi teh bunga telang atau produk lain dari bunga ini juga dapat mengurangi tingkat kecemasan atau anxiety seseorang. itu karena rendahnya tingkat stres dapat membuat kerja otak menjadi lebih baik. Hal hasil, stamina dan produktivitas seseorang pun dapat meningkat dan memberikan emosi yang positif sehingga rasa cemas pun akan berkurang.

4. Meredakan Asma

Teh bunga telang mempunyai kemampuan anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala peradangan, pembengkakan, dan jumlah lendir yang diproduksi oleh saluran pernapasan. Hal ini dikemukakan langsung melalui salah satu penelitian yang terdapat di “Journal of Ethnopharmacology” tahun 2011 lalu.

Jika peradangan dalam saluran pernapasan ini dapat diredakan, maka resiko kambuhnya penyakit asma dapat dikurangi. Oleh karena itu, konsumsi teh bunga telang dalam jumlah tertentu sangat dianjurkan untuk penderita asma.

5. Mengandung Zat Anti Kanker

Flavonoid adalah salah satu antioksidan yang terdapat dalam bunga telang. Warna biru pada kelopak bunga ini menjadi salah satu ciri dari kandungan ini dapat terlihat jelas. Hebatnya, dapat berperan dalam memerangi sel kanker dalam tubuh. Terlebih karena senyawa flavonoid dalam bunga telang mengandung kaempferol, delphinin dan quercetin.

6. Mencegah Diabetes

Menurunkan kadar gula dalam tubuh merupakan salah satu khasiat lain dari teh bunga telang. Berdasarkan hasil penelitian dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science”, diketahui bahwa bunga telang mampu memproduksi sel penghasil hormon insulin. Dengan bertambahnya jumlah hormon ini di dalam tubuh, maka penyakit diabetes pun dapat dicegah atau diatasi.

7. Membantu Proses Diet

Adanya senyawa katekin dalam teh bunga telang dapat membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badannya. Itu karena senyawa ini berperan dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga proses diet dapat berlangsung dengan lebih cepat.

Efek Samping atau Bahaya Bunga Telang

Efek Samping atau Bahaya Bunga Telang (sumber: @amami__ on Instagram)

Meski memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, ternyata bunga telang justru tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal itu sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan efek samping yang merugikan, contohnya seperti mual dan diare. Demi mencegah munculnya efek negatif ini, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi bunga telang.

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Di bawah ini Kuliner Kota sudah menyiapkan cara membuat teh bunga telang yang sangat praktis dan mudah. Pastikan kamu mengikuti setiap langkahnya dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

Recipe By Kuliner Kota
Course: Beverages Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

5 minutes

Calories

kcal

INGREDIENTS

  1. 10 kelopak bunga telang

  2. 200 ml air

  3. 3 cm jahe, pipihkan (opsional)

  4. 3 sdm gula pasir (opsional)

DIRECTION

  1. Jemur bunga telang yang baru dipetik di bawah sinar matahari hingga kering sempurna, kira-kira selama 1 sampai 2 hari.

  2. Siapkan gelas saji, masukkan gula pasir dan bunga telah ke dalamnya.

  3. Setelah itu, didihkan air bersama potongan jahe yang sudah dipipihkan.

  4. Tuang air yang baru mendidih ke dalam gelas saji.

  5. Tunggu hingga sekitar 15 menit sampai warna pada bunga telang luntur dan merubah airnya menjadi kebiruan.

  6. Agar lebih mudah saat diminum, saring atau buang kelopak bunga telang yang sudah tidak terpakai.

NOTES

    Baca juga: Resep Minuman Es Lidah Buaya, Cara Membuat, & Manfaatnya

    Itu dia cara membuat teh bunga telang, lengkap dengan khasiat dan efek samping yang mungkin ditimbulkannya. Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak akan merasa ragu lagi untuk membuat minuman bunga telang mu sendiri di rumah. Selamat mencoba!

    Tidak ada komentar

    Komentar untuk: Cara Membuat Teh Bunga Telang, Khasiat, dan Harganya

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      ARTIKEL TERBARU

      Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
      Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

      Trending

      Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]