Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

Datang ke Jakarta, Mari Ngegayem Makanan Khas Betawi Ini!

4 min read

Bir pletok khas Betawi

Kota Jakarta yang berulang tahun ke 493 di tahun ini masih menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan yang ada di Indonesia. Keanekaragaman wisata dan budaya Betawi menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mulai dari seni, kebudayaan sampai kuliner khas Betawi semuanya saling berkaitan dan menjadi kekhasan yang selalu dicari para wisatawan yang datang. Selain itu, ragam kuliner Betawi juga tidak perlu diragukan lagi rasanya. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki rencana datang ke Ibukota, jangan lupa simak ulasan makanan khas Betawi versi Kuliner Kota dibawah ini ya!

1. Gado–Gado

Gado - Gado khas Betawi
Gado-Gado khas Betawi, Foto Oleh Masak Apa Hari Ini Com

Bagi kalian seorang vegetarian maka Makanan khas Betawi ini bakal jadi favorit kamu, Gado-Gado. Seperti namanya, Gado–Gado merupakan olahan makanan yang terbuat dari komposisi sayur mayur segar dan pastinya menyehatkan. Misalnya saja pakcoy, kubis, wortel, kacang panjang, toge, tomat dilengkapi dengan irisan tahu tempe dan lontong yang disiram kuah kacang dengan racikan bumbu khusus, ditambah dengan taburan emping gurih di atasnya bakal makin lengkap dan pecah di mulut. Selain itu, Gado–Gado juga banyak diburu berbagai kalangan karena harganya yang relatif murah dan rasa yang enak. Tidak hanya itu Kuliner Jakarta ini juga cukup mudah ditemukan mulai dari pedagang kaki lima sampai di restoran berbintang menjadikan Gado-Gado sebagai menu yang tidak boleh terlupakan. Jadi, mau mencoba Gado-Gado khas Betawi?

2.  Soto Betawi

Soto Khas Betawi
Soto Khas Betawi, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Soto Betawi merupakan kuliner yang berasal dari Jakarta, sepintas tidak jauh berbeda dengan soto di daerah lainnya. Yang menjadi pembeda soto betawi dengan soto lainnya terletak pada kuah kental yang berasal dari campuran santan yang dikombinasikan dengan susu dan aneka racikan rempah khusus. Soto Betawi juga dilengkapi isian yang bisa dipilih sesuai selera, misalnya saja daging sapi beserta jeroan dan organ sapi. Akan semakin nikmat jika kamu menyantap Soto Betawi bersama nasi hangat. Tidak hanya warga lokal Ibukota saja yang menyukainya makanan khas Jakarta yang satu ini tapi masyarakat pendatang hingga wisatawan pun banyak yang gemar mengkonsumsinya. Gimana, tertarik untuk mencicipi makanan khas Betawi ini saat ke Jakarta?

3.  Ketoprak

Bingung memilih menu makan siang ketika berada di Jakarta? Jangan khawatir, ada kuliner Jakarta ketoprak yang bisa dijadikan menu makan siang. Kuliner khas Jakarta Ketoprak dijual hampir di setiap sudut kota dengan harga yang relatif terjangkau di kantong. Oleh karena itu tak heran jika makanan satu ini menjadi menu favorit oleh banyak kalangan.

Ketoprak Khas Betawi
Ketoprak Khas Betawi, Foto oleh Pegi Pegi Com

Ketoprak sendiri berisikan irisan lontong maupun ketupat yang dilengkapi dengan mie bihun, toge dan tahu, lalu disiram bumbu kacang diatasnya agar semakin nikmat saat disantap. Terakhir jangan lupa tambahkan kerupuk di atasnya dan ketoprak pun siap dinikmati. Nikmat, mengenyangkan dan terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencicipinya.

4.  Nasi Kebuli

Nasi Kebuli merupakan makanan khas dari masyarakat Timur Tengah yang dikenal dengan masakan nasi briyani. Namun, keturunan Arab yang ada di kampung betawi telah beradaptasi dengan budaya setempat. Sehingga tercipta makanan khas Jakarta yang unik. Olahan nasi yang dimasak bersama dengan kaldu kambing dan rempah pilihan menjadikan cita rasa gurih dan nikmat saat di santap.

Nasi Kebuli khas Betawi
Nasi Kebuli khas Betawi, Foto oleh Sajian Sedap Grid Com

Biar semakin nikmat biasanya ditambahkan santan kental atau susu kambing. Nasi Kebuli dihidangkan bersama tumisan daging kambing. Masyarakat Betawi biasanya menyantap dan menghidangkan nasi kebuli dengan tambahan asinan dari nanas. Terbayang kan, seperti apa nikmatnya makanan khas Betawi ini?

5.  Semur Jengkol

Semur Jengkol khas Betawi
Semur Jengkol khas Betawi, Foto oleh Idn Times Com

Kuliner khas ini memiliki nama Semur Jengkol. Makanan yang memiliki kandungan asam amino, sulfur dan belerang membuat makanan satu ini memiliki bau yang khas ketika dimakan. Rasa pulen, legit dan teksturnya yang lembut membuat banyak orang hobi makan kuliner Betawi yang satu ini. Sebelum disemur, Jengkol dimasak direndam dengan air kapur terlebih dahulu lalu di rebus menggunakan daun jeruk untuk  dapat menetralisirkan bau yang dihasilkan saat makan maupun setelah memakan Jengkol. Bagaimana tertarik untuk mencicipi makanan khas Betawi ini?

6.  Kerak Telor

Liburan ke Jakarta tak lengkap rasanya jika tidak mencoba Kerak Telor, yang menjadi salah satu kuliner khasnya. Menjadi makanan yang digemari banyak orang, Kerak Telor menyajikan cita rasa lezat dan gurih. Terbuat dari olahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ditambah dengan ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng lalu ditaburi bawang goreng di atasnya.

Kerak telor khas Betawi
Kerak telor khas Betawi, Foto oleh Pesona Travel

Kerak Telor memiliki cara unik dalam proses masaknya, ketika telur sudah dalam keadaan setengah matang, wajan dibalik ke arah arang panas lalu dibiarkan hingga matang sampai menjadi kerak. Di jual dengan harga yang terjangkau, kuliner Betawi satu ini banyak dicari. Jadi, jangan lupa mencoba makanan khas Betawi yang satu ini ya!

7.  Kue Cucur

Kue cucur khas Betawi
Kue cucur khas Betawi, Foto oleh Tanda Seru Id

Kue cucur merupakan jajanan tradisional khas Betawi. Kue cucur memiliki cita rasa yang manis, legit dan gurih dengan tekstur yang lembut di bagian tengah kue dan rasa gurih pada bagian pinggirnya. Diolah dari bahan beras dan gula merah yang dimasak dengan cara digoreng dengan minyak panas menjadikan Kue Cucur nikmat disantap dalam keadaan hangat. Jadi, kapan nih mau mencoba makanan khas Jakarta satu ini?

Baca Juga : Tempat Makan di Jakarta

8.  Putu Mayang

Putu mayang khas Betawi
Putu mayang khas Betawi, Foto oleh Sajian Sedap Grid Id

Putu Mayang merupakan kue tradisional khas Betawi yang dibuat dari olahan tepung kanji atau tepung beras  yang memiliki bentuk seperti mie, dimasukkan kedalam campuran santan kelapa, lalu disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Uniknya makanan khas Betawi ini memiliki warna warni yang menarik sehingga menjadi daya tarik bagi para pembeli. Tidak hanya tampilannya yang menarik, cita rasa dari Putu Mayang juga manis, legit dan bikin siapa saja jatuh hati. Jadi, bagi kamu yang berencana berkunjung ke Ibu Kota jangan lupa untuk icip-icp kuliner Betawi satu ini.

9.  Bir Pletok

Bir pletok khas Betawi
Bir pletok khas Betawi, Foto oleh Aneka Resep Id

Bir pletok bukanlah bir biasa. Bir yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan tidak akan membuat mabuk karena tidak mengandung alkohol di dalamnya. Bir ini dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah khas Indonesia serta campuran jahe, daun pandan wangi dan serai. Untuk menarik pembeli, Bir Pletok biasanya dicampur dengan tambahan kayu secang, yang akan membuat warna Bir menjadi merah ketika ditambahkan air panas. Bagaimana? Tertarik untuk merasakan kesegaran Bir Pletok sebagai teman berwisata kuliner Jakarta?

10. Asinan Betawi

Kuliner khas Betawi yang satu ini bisa dijadikan menu diet juga loh! Asinan Betawi merupakan olahan yang terdiri dari beraneka ragam sayur mayur segar. Mulai dari sayur kol, sawi, toge, selada dan tahu putih. Kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang tanah yang membuat rasanya semakin nikmat dan gurih.

Asinan khas Betawi
Asinan khas Betawi, Foto oleh Arah Com

Bumbu tersebut juga diberi sedikit campuran cuka dan cabai untuk memberikan cita rasa pedas dan segar. Para penjual asinan Betawi biasanya juga menambahkan kerupuk kuning yang renyah dan gurih. Terbayang bukan, nikmat dan segarnya kuliner Betawi ini?

Bagaimana? sudah menemukan makan apa yang akan dicoba ketika singgah di Kota Jakarta? Memiliki cita rasa manis, legit, asin, pedas hingga gurih menjadikan setiap orang ingin merasakan kuliner khas Jakarta.  Jadi sobat Kuliner Kota kapan nih kamu mau berkunjung ke Jakarta dan mencoba semua kuliner di atas?

Last Updated on August 15, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

One Reply to “Datang ke Jakarta, Mari Ngegayem Makanan Khas Betawi Ini!”

  1. Wahh mantabs gan, dari halaman ini, saya bisa tau, kalau nasi kebuli itu asal jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *